cover
Contact Name
Kuswanto
Contact Email
kuswanto.fkip@unja.ac.id
Phone
+62341-585913
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen (JPBM)(Journal Bussines and Management Education) is published three times a year in July, September, and November, It contains business and management education articles, consisting of; Education Administration, Education Trade System, Entrepreneurship Education, and Bussines and Management Education, written in an Indonesian and foreign language. The article is published in the form of research results and the results of thought.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015" : 8 Documents clear
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Berbasis Kurikulum 2013 Achmad Alfian Irawan; Djoko Dwi Kusumajanto
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.028 KB)

Abstract

This research aims to determine the Increase Activity and Student’s Results in Analysis and Market Research subject for the tenth grade students of Marketing 1 at SMK Negeri 1 Pasuruan in 2014/2015 academic year. The type of this research is classroom action research (CAR). Subjects are the tenth grade students of Marketing 1 class X SMK 1 Pasuruan in 2014/2015 academic year. Data collection was done by using tests, observations, field notes, interviews, student questionnaire responses and documentation. The research is implemented within two cycles. Each cycle includes four phases of activities, which are: 1) planning the action, 2) implementing the action, 3) observation, and 4) reflection. The research findings showed that the implementation Think Pair Share that is: (a) thinking, (b) pairing (c) sharing. Results of the research showed that (1) Implementation of the learning goes well, as evidenced by an increase in activity and student learning outcomes, (2) learning activities of students increased from 37.91% the percentage of the first cycle to 87.60% in the second cycle, (3) the results of student learning consists of cognitive, affective, and psychomotor percentage 44.19% increase from the first cycle to 85.56% in the second cycle (4) barriers that occur can be overcome with the reflection solutions in the form of advice from teachers subjects and observer (5) The response of students to the implementation of cooperative learning model of TPS to get a good appreciation and enthusiasm by the students with an average value of percentage of 87.76%. One of the constraints of the application of the learning model think pair share that need better time management so that teachers should be more careful in managing time.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran analisis dan riset pasar kelas X Pemasaran 1 semester genap 2014/2015 di SMK PGRI 3 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X Penasaran 1 SMK Negeri 1 Pasuruan tahun 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model Think Pair Share yaitu: (a) Berfikir mandiri (b) Berpasangan (c) berbagi. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Penerapan pembelajaran berjalan dari dengan baik, terbukti dengan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa, (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dari persentase 37,91% pada siklus I menjadi 87,60% pada siklus II, (3) Hasil belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif, dan psikomotor yang meningkat dari persentase 44,19% pada siklus I menjadi 85,56% pada siklus II (4) Hambatan  yang terjadi dapat diatasi dengan adanya solusi dalam refleksi berupa saran dari guru mata pelajaran dan observer (5) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS mendapatkan apresiasi dan antusias yang baik oleh siswa dengan nilai presentase rata-rata 87,76%. Salah satu kendala penerapan model pembelajaran think pair share yaitu memerlukan manajemen waktu yang lebih baik sehingga guru harus lebih cermat dalam memanajemen waktu.  
Pengaruh Adopsi Jejaring Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Sarjana di Indonesia Finnah Fourqoniah
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.789 KB)

Abstract

Social networks can be used as a means to foster interest in entrepreneurship in accordance with the theory of social learning and konektivisme. Although there is much debate about the benefits of social networking, this study suggests that online social networking adopsir expected to affect the growth of entrepreneurship intention Indonesian students. The approach of this research is explanatory research with hypothesis testing procedures to address concerns and research purposes. Collecting data in this study is done by giving questionnaires to respondents online via facebook and google survey forms. 1500 survey participation request is sent to potential respondents. 343 respondents completed questionnaires so the response rate of this study was 22.87%. The results showed that 1) the adoption of social networking online positive and significant effect on entrepreneurial intentions. 2) the adoption of social networking online positive and significant impact on the perceived desirability and perceived feasibility 3) perceived desirability and perceived feasibility positive and significant impact on the intention to entrepreneurship. The theoretical implications of these results is the expansion of the model Entreprenurial Event Theory (EET) and provides empirical evidence that social networking online aopsi variables affect the formation of entrepreneurial intentions directly or through the mediation of perceived desirability and perceived feasibility. Social networks give effect to the entrepreneurial learning process informally based connectivity theory and social learning theory, therefore it is advisable to all parties concerned to be able to empower the media to the effectiveness and efficiency of entrepreneurial learning.Abstrak : Jejaring sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk menumbuhkan minat berwirausaha sesuai dengan teori pembelajaran sosial dan konektivisme. Walaupun terdapat banyak perdebatan tentang manfaat jejaring sosial, penelitian ini menduga bahwa adopsir jejaring sosial online diduga mempengaruhi tumbuhnya niat berwirausaha mahasiswa Indonesia.Pendekatan penelitian ini adalah explanatory research dengan prosedur pengujian hipotesis untuk menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kepada responden secara online melalui facebook survey dan google forms. 1500 permohonan partisipasi survey dikirimkan kepada calon responden. 343 responden mengisi angket sehingga respon rate penelitian ini adalah 22.87%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) adopsi jejaring sosial online berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. 2) adopsi jejaring sosial online berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived desirability dan perceived feasibility 3) perceived desirability dan perceived feasibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausahaImplikasi teoretik hasil penelitian ini yaitu perluasan model Entreprenurial Event Theory (EET) dan memberikan bukti empiris bahwa variabel aopsi jejaring sosial online mempengaruhi pembentukan intensi berwirausaha secara langsung maupun melalui mediasi perceived desirability dan perceived feasibility. Jejaring sosial memberi pengaruh terhadap proses pembelajaran wirausaha secara informal berdasarkan teori konektivitas dan teori belajar sosial, oleh karena itu disarankan kepada semua pihak yang terkait untuk dapat memberdayakan media ini guna efektivitas dan efisiensi pembelajaran wirausaha.   
Implementasi Kurikulum 2013 Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang Dian Tatim Mussolikhah; I Nyoman Suputra
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.941 KB)

Abstract

This research was conducted with the aim of: to describe how the implementation of Curriculum 2013 in Office Administration program (APK) at SMK Negeri 1 Turen Malang.This research uses descriptive research approach. Data collected by using observation, interviews and documentation. The instrument used to collect data in the form of human instrument. Based on analysis of these data, we concluded as follows. First, the implementation of Curriculum 2013 in Office Administration Program (APK) at SMK Negeri 1 Turen has been performing well, but has not been implemented to the maximum. Second, teacher’s understanding on the implementation of Curriculum 2013 at SMK Negeri 1 Turen has been good. Third, the supporting curriculum 2013 implementation factors is that teachers already understand the curriculum 2013, its guidelines (lesson plan, syllabus, instrument rating) has been prepared by the government, an adequate infrastructure. Inhibiting factors during the implementation of Curriculum 2013 the lack of involvement of the student, assessment or evaluation of learning, learning resources still exist. Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah implementasi Kurikulum 2013 pada program keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa human instrument. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Implementasi Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) di SMK Negeri 1 Turen sudah terlaksana dengan baik, namun belum terlaksana secara maksimal. Kedua, Pemahaman guru Administrasi Perkantoran berkaitan dengan penerapan pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Turen sudah baik. Ketiga, Faktor pendukung Implementasi Kurikulum 2013 para guru sudah mengerti mengenai Kurikulum 2013, pedoman Kurikulum 2013 (RPP, Silabus, Instrument Penilaian) sudah disiapkan pemerintah, sarana-prasarana yang memadai. Faktor penghambat Implementasi Kurikulum 2013 kurangnya keaktifan siswa, penilaian atau evaluasi pembelajaran, sumber belajar masih belum ada.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Fetri Nur Cahyani; Mohammad Arief
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.067 KB)

Abstract

The purpose of this study is: 1) to produce teaching materials in the form of Guided Inquiry-Based Learning Strategy Module for Personnel Administration for the eleventh grade students of Office Administration Program; 2) determine the feasibility of the module through the validation test; and 3) determine whether or not there is an increase in student learning outcomes between before and after using the module. This type of research is research and development. Research indicates that the product after being validated matter experts and expert modules are fit for use. Student learning outcomes after using this module increases.Abstrak:  Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar yang berupa Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk siswa SMK kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 2) mengetahui kelayakan modul melalui uji validasi, dan 3) mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan modul. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan.  Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk setelah divalidasi ahli materi dan ahli modul adalah layak digunakan. Hasil belajar siswa setelah menggunakan modul ini mengalami kenaika  
Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Berprestasi dan Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Pengruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa SMK Wahyu Oktaviatul Janah; Agung Winarno
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.982 KB)

Abstract

This study aims to examine effect of internship experience, achievement motivation, self-efficacy on entrepreneurship intention. This research did to students of SMKN 1 Banyuwangi, the sample was don by using proportional ramdom sampling. Based on the resultas, internship experience and self-efficacy is a significant positive effect on the entrepreneurship intention, but there is no significant positive effect achievement motivation on the entrepreneurship intention. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman praktik kerja industri, motivasi berprestasi, keyakinan diri terhadap intensi berwirausaha. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMKN 1 Banyuwangi, sampling menggunakan metode Proportional Random, dan analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman praktik kerja industri dan keyakinan diri berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha, adapun motivasi berprestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha.   
Pembelajaran Etika Bisnis Berbasis Kearifan Lokal Heri Pratikto
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.289 KB)

Abstract

This article aims to discuss the importance of business ethics, business ethics learning challenges, local knowledge as a source of business ethics, and learning business ethics. Business people must commit to uphold ethics, because the business process is a process of value creation, the process of creating anything useful to humanity. Real value creation in business will only happen if it is done by means of an ethical or moral. Unscrupulous way only generate value destruction, does not deserve to be called participation in development, but withdrawals and destruction of society. Business education challenges are: globalization, technological development, competency-based business, the business as a systems perspective, the quality revolution, change. Local wisdom tribes of Indonesia in general contain religious values, humanity, solidarity, tolerance, mutual trust, solidarity and social awareness can build elements of social capital and business capital, antaralain such as confidence, trust, social networks. Strengthening social capital derived from the values of local wisdom ethnic Indonesia is very important that continued effort of preservation and inheritance from one generation to the next, especially when intensified struck individualism of modern life in this global era. So that local knowledge can be implemented and inherited, need to be found to the approach and strategy of a more contextual with the conditions of the development of Indonesian society. Pembelajajaran business ethics based on local wisdom through scientifik approach to cooperative learning, with a variety of models with a focus on the students, becoming an effective learning approach that is feasible is recommended to educators. Success and failure of business ethics education will greatly affect the public's role in the establishment and implementation of the rules and principles of life.Abstrak: Artikel ini bertujuan membahas pentingnya etika bisnis, tantangan pembelajaran etika bisnis, kearifan local sebagai sumber etika bisnis, dan pembelajaran etika bisnis. Pelaku bisnis harus berkomitmen menjunjung tinggi etika, karena proses bisnis merupakan proses penciptaan nilai, proses penciptaan apapun yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Real value creation dalam bisnis hanya akan terjadi jika dilakukan dengan cara-cara  etis atau bermoral. Cara yang tidak bermoral hanya menghasilkan value destruction, tidak pantas disebut partisipasi dalam pembangunan, melainkan pemunduran dan perusakan masyarakat. Tantangan pendidikan bisnis diantaranya adalah: globalisasi, perkembangan teknologi, bisnis berbasis kompetensi, perspektif bisnis sebagai sistem, revolusi kualitas, perubahan. Kearifan lokal suku-suku bangsa Indonesia pada umumnya berisi nilai-nilai religious, kemanusiaan, kebersamaan, toleransi, saling percaya, solidaritas dan kepedulian social dapat membangun elemen-elemen  modal social dan modal bisnis, antaralain seperti kepercayaan, amanah, jejaring social. Penguatan modal social yang bersumber dari nilai-nilai kearifan local suku bangsa Indonesia tersebut sangat penting terus diupayakan pelestarian dan pewarisannya dari satu generasi ke generasi berikutnya, terutama disaat individualism semakin menguat melanda kehidupan modern di era global ini. Agar kearifan local dapat diimplementasikan dan diwariskan, perlu terus ditemukan pendekatan dan strategi yang lebih kontekstual dengan kondisi perkembangan masyarakat Indonesia. Pembelajajaran etika bisnis berbasis kearifan lokal melalui pendekatan scientifik dengan pembelajaran kooperatif, dengan berbagai model dengan berfokus pada siswa, menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif yang layak direkomendasikan kepada para pendidik. Berhasil dan gagalnya pendidikan etika bisnis akan sangat berpengaruh terhadap peran masyarakat dalam pembentukan serta pelaksanaan peraturan dan prinsip-prinsip kehidupan.  
Pemberdayaan Kelompok Petani Ikan Tawar Sholikhan -; Madziatul Churiyah
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.323 KB)

Abstract

The aim of this study is to describe the group's empowerment program freshwater fish farmers in the village of Surabayan districts. Lamongan. This study used survey method with a case study approach. Subjects were freshwater fish farmer groups in Kec. Sukodadi Kab. Lamongan. The analytical method used is descriptive analysis. This empowerment program packaged in the training and mentoring of fishery product processing and business management. Training results showed high productivity ranging from the activities of input, process and output.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  memaparkan program pemberdayaan kelompok petani ikan tawar di Desa Surabayan kab. Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah  kelompok tani ikan tawar di  Kecamatan Sukodadi Kab. Lamongan. Metode analisis yang digunakan yaitu  analisis deskriptif. Program pemberdayaan  ini dikemas dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan pengolahan hasil perikanan dan manajemen usaha. Hasil pelatihan menunjukkan produktivitas yang tinggi mulai dari kegiatan input, proses dan output.    
Pengaruh Konflik Peran, Kelelahan Emosional Terhadap Komitmen Organisasi pada Guru Sri Rahayuningsih; Sholikhan -
JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen) VOL 1, NO.3, NOVEMBER 2015
Publisher : JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.447 KB)

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of role conflict and emotional exhaustion of teachers and commitment to the organization. The experiment was conducted on teacher SMPN 2 and SMPN 12 Malang, amounting to 64 people and hypothesis testing is done by using path analysis. The results  of this study suggest that there is no direct effect of role conflict and emotional exhaustion on commitment to the organization, but both of them (role conflict and emotional exhaustion) had an indirect influence on organizational commitment.  Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh konflik peran dan kelelahan emosional guru dan komitmen terhadap organisasi. Penelitian dilakukan pada guru SMPN 2 dan SMPN 12 Malang yang berjumlah 64 orang dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh langsung dari konflik peran dan kelelahan emosional pada komitmen terhadap organisasi, tetapi keduanya (konflik peran dan kelelahan emosional) memiliki pengaruh tidak langsung terhadap komitmen organisasi.  

Page 1 of 1 | Total Record : 8