cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016" : 5 Documents clear
Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout) Dianti, Neni
Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Iklan Magnum versi pink and black dan Magnum versi Indonesia Raisa Hangout sarat akan simbol dan makna gaya hidup hedonis dengan ukuran kesenangan sebagai pusat utamanya dikonstruksi menjadi suatu hal yang semestinya. Penelitian ini menggunakan semiotika lima kode Roland Barthes yang berupa kode hermeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, serta kode gnomik yang terdapat pada iklan magnum. Paradigma pada penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Hasil penelitian ini adalah a) kode hermeneutik,simbol berperan dalam membentuk makna gaya hidup akan kesenangan b) kode semik,pengkonstruksian nilai-nilai wanita modern dibentuk menjadi kualitas impian kesenangan wanita kini, c) kode simbolik, penggunaan properti seperti pakaian, aksesoris, kesan warna, teknik pengambilan gambar untuk menangkap penggambaran situasi setting tempat suasana yang terbangun serta ekspresi yang menjadi visualisasi daya tarik pesan, d) kode proairetik,simbol kesenangan dipetakan seakan mengiring hidup hanya untuk kesenangan semata, e) kode gnomik ,konstruksi cara hidup bangsa luar yang divisualisasikan oleh simbol dan makna sehingga kita merasa lumrah memandang kebudayaan barat. Kata kunci : iklan magnum versi pink and black dan magnum versi Indonesia Raisa hangout, gaya hidup hedonisme, semiotika, lima kode Roland Barthes.
Seksualitas Dan Komoditas Dibalik Tubuh Perempuan Dalam Iklan (Analisis Semiotika Terhadap Komoditas Tubuh Perempuan Dalam Iklan) Septa Priana, Ronny Yudhi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Komodifikasi seksualitas tubuh perempuan dalam sebuah tayangan iklan dianggap sebagai hal yang lumrah dan diyakini merupakan suatu kewajaran. Hal ini tidak terlepas dari budaya patriaki kita yang sangat kental, yang nyudutkan pada tindakan laki-laki terhadap perempuan semata pada alat pertukaraan, artinya perempuan untuk mendapatkan suatu nilai harus melalui pertukaran. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana kemudian media menempatkan perempuan dalam kaitan ekonomi politik media, dan bagaimana sesungguhnya realitas dan kedudukan perempuan tersebut di masyarakat. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk melihat konstruksi perempuan pada iklan melalui Kode-kode semiotik pada sebuah iklan. Data Penelitian adalah sebuah iklan yang dianggap mengesploitasi tubuh perempuan dan mengkomodifikasikannya dalam betuk tayangan iklan televisi dalam hal ini peneliti memilih Iklan Cat Avian sebagai objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis dari kode-kode yang digunakan dalam iklan, memperlihatkan bahwa media lebih cenderung menempatkan diri pada motif ekonomi yang dibangun dalam kapiltalisme media yang berujung pada suksesnya iklan tanpa menghiraukan pada aspek etika, kesan eksploitasi dalam adegan iklan sangatlah kental, serta kecenderungan pelecehan pada perempuan secara tidak sadar menjadi suatu pemahaman yang biasa, baik dalam kalangan perempuan itu sendiri yang baik secara sadar ataupun tidak kemudian tidak empermasalahkannya. Oleh karenanya ketegasan akan regulator terhadap kode etik periklanan haruslah menjadi kunci utama untuk menekan pada pelanggaran iklan seperti ini. Kata Kunci : Komodifikasi, Seksualitas, Semiotika, Roland Barthes,
Pelaksanaan Spacial Event Culture For Peace Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Generasi Muda Terhadap Kebudayaan Bangsa Ramadhan, Rio Firman
Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan riset, perencanaan, desain, koordinasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh panitia pelaksana CIOFF Indonesia dalam mengadakan special event “Culture for Peace” dalam meningkatkan Awareness terhadap CIOFF Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk riset yang dilakukan oleh panitia pelaksana “Culture for Peace” adalah wawancara dengan berbagai organsiasi budaya yang melakukan kegiatan kebudayaan di daerahnya, hal ini dilakukan untuk menentukan jenis acara dan agaimana pengemasan konsep yang harus dilakukan oleh CIOFF Indonesia sesuai dengan tema Culture for Peace yang diwujudkan dalam konten acara, pencahayaan, warna dan pengisi acara yang mewakili keberagaman kebudayaan Indonesia. Untuk menjaga koordinasi dalam tim maka dilakukan rapat besar dan rapat koordinasi secara rutin, selain itu juga koordinasi dilakukan dengan pihak eksternal. Hasil evaluasi pada special event “Culture for Peace” bisa dilihat dari jumlah peserta yang datang, media exposure yang cukup tinggi dan respons penonton yang baik. Kata kunci : Cioff, Cioff Indonesia, Manajemen Special Event, Awareness
Anak Koin dan Kemiskinan Tersturktur Handanigtias, Uliviana Restu
Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Anak koin adalah istilah untuk menyebutkan sejumlah anak-anak yang beratraksi terjun dari kapal Feri yang sedang bersandar untuk mengejar koin yang dilempar oleh penumpang. Semakin banyak penumpang yang melepar koin maka semakin lama anak-anak tersebut menyelam kedalam laut. Atraksi ini telah dilakukan turun temurun, dari bapak ke anak, dari paman ke keponakan, dan seterusnya. Kengerian penumpang yang menyaksikan anak-anak terjun dari atas kapal Feri, justru disalurkan dengan memberi uang kepada mereka. Hal ini memicu anak-anak tersebut untuk meneruskan aktivitas tersebut sebagai sarana untuk mendapatkan uang walaupun bertaruh nyawa. Penelitian ini secara sederhana akan melihat bagaimana anak koin telah dilestarikan oleh masyarakat agar tetap miskin melalui pendekatan interaksi simbolik Mead dan Blummer. Hasil penelitian menggambarkan bahwa masyarakat secara sosial memiliki kepedulian tetapi secara personal, masyarakat enggan untuk keluar dari zona nyamannya dan melihat realitas sebagai bagian dari kehidupannya. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa faktor uang selalu menjadi alasan bagi masyarakat untuk membenarkan tindakannya terhadap anak koin. Dalam hal ini, anak koin sebagai subjek, memperlihatkan sikap tidak peduli dengan dirinya sendiri dan lebih mementingkan keakraban yang terjalin dengan sesama anak koin dan bagaimana mereka menjadikan aktivitas tersebut sebagai profesi untuk memperoleh uang. Kata kunci: anak koin, interaksi simbolik, kemiskinan terstruktur
Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT): Tinjauan Berita Surat Kabar Di Indonesia Syuderajat, Fajar
Jurnal Riset Komunikasi Vol 7, No 1 (2016): JRK Vol 7 No. 1 Juni 2016
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.627 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT): Tinjauan Berita Surat Kabar di Indonesia.” Dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk KDRT; (2) mengetahui apa penyebabnya; (3) menganalisis dan merekomendasikan solusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan populasi terbitan Harian Kompas pada rentang waktu Januari-Agustus 2014. Dari 233 terbitan, terdapat 49 berita mengenai kekerasan domestik yang terdiri dari 12 kasus kekerasan seksual, 1 psikologis, 29 fisik, dan 7 berlatar belakang ekonomi. Kesimpulan penelitian: Bentuk-bentuk KDRT yang terjadi yaitu kekerasan seksual, psikologis, fisik, dan ekonomi; Penyebab terjadinya KDRT ialah sifat agresif manusia yang didukung oleh rasa superioritas yang lahir karena sistem patriarkis serta kemampuan berkomunikasi untuk memecahkan masalah yang rendah; Dan rekomendasi solusinya adalah agar pemerintah membuat undang-undang khusus yang menangani KDRT, serta merubah mind- set patriarkis menjadi mind-set gender yang berkeadilan melalui serangkaian pendidikan dan pembelajaran. Di samping itu juga dibutuhkan regulasi yang ketat tentang tayangan kekerasan dan pornografi di media massa, yang membuat masyarakat menjadi permisif dengan kekerasan dan penganiayaan seksual.

Page 1 of 1 | Total Record : 5