cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2019)" : 6 Documents clear
PERSONAL BRANDING POLITISI GENERASI MILLENNIALS STUDI DESKRIPTIF PERSONAL BRANDING FALDO MALDINI SEBAGAI POLITISI GENERASI MILLENNIALS Dinda Afifah Khoerrunnisa; Diah Fatma Sjoraida; Centurion Chandratama Priyatna
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.306 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.7260

Abstract

Generasi millennials mulai terjun ke dunia politik dan memerlukan brand-nya masing-masing. Faldo Maldini merupakan salah satu politisi millennials yang masuk kedalam sepuluh politisi dengan brand otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran personal branding Faldo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa standar yang diterapkan Faldo dalam membentuk personal branding-nya terbagi menjadi dua yaitu standar teknis dan standar praktis. Standar teknis digunakan dalam mengelola akun sosial media dengan foto berkualitas dan juga selalu berusaha membalas komentar. Selanjutnya standar konten yang berkonsep berdasarkan data dan fakta, cara penyampaian yang bagus dan menambah wawasan setiap harinya. Standar praktis yang dilakukan adalah berinteraksi dengan masyarakat dengan berupaya tidak membangun benteng pembeda antara dirinya dengan masyarakat dan tidak menjadikan lawan politiknya menjadi musuh. Gaya yang dimiliki Faldo Maldini dalam personal branding-nya terbagi menjadi dua yaitu kepribadian dan penampilan. Penampilan Faldo Maldini dalam berpakaian yang santai dan tidak kaku serta sederhana. Adapun ciri khas Faldo yang mengkhususkan kompetensi yang dimilikinya yaitu cara ia berdialek, sikap kritis dan oposan. Hal yang menjadikannya berbeda yaitu berpegang teguh pada ideology dan juga sikap kedewasaan dalam berpolitik. Sedangkan kepribadiannya adalah ramah, bersinergi, orisinil dan sikap konfrontasi. Kata-kata Kunci: Personal Branding; Politisi; Generasi Milenial; Faldo Maldini
PROGRAM KLIPING MEDIA SEBAGAI KEGIATAN MEDIA MONITORING DIVISI HUMAS DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO DISTRIBUSI JAWA BARAT Syauqy Lukman Friedel; Tulus Friedel
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.724 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.7261

Abstract

Dalam kajian Public Relations, ekspose media massa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Media monitoring terkait pemberitaan, peliputan, dan beragam ekspose media massa terkait perusahaan atau institusi, mutlak menjadi artikel yang harus dilakukan Public Relations. Artikel ini berisi kajian deskriptif tentang program kliping media sebagai bagian dati aktivitas media monitoring Divisi Humas PT. PLN Disjabar. Dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penelusuran pustaka untuk menggambarkan tahapan-tahapan media monitoring di PT. PLN Disjabar. Aktivitas media monitoring terdiri dari menghitung pemberitaan, melihat posisi tulisan, melihat luas kolom, dan analisis isi. Secara umum, aktivitas kliping media yang dilakukan oleh Divisi Humas PT. PLN Disjabar sebagai bagian dari media monitoring sudah terprogram dengan cukup baik, terlaksana secara sistematis sebagai bagian dari aktivitas rutin Divisi Humas. Meskipun demikian, kajian ini juga memberikan beberapa rekomendasi perbaikan terkait aktivitas-aktivitas tersebut. Kata Kunci: Media Monitoring, kliping media, public relations, PLN
Komunikasi Keluarga Buruh Perempuan Isti Nursih Wahyuni
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.25 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.6827

Abstract

Komunikasi keluarga adalah adalah salah satu kunci kebahagiaan keluarga. Komunikasi keluarga menjalankan fungsi keluarga, oleh karena itu jika terjadi masalah komunkasi keluarga akan berpengaruh pada kelangsungan hidup keluarga tersebut. Bekerjanya seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak akan mengurangi kuantitas komunikasi antara ibu dan anak tersebut. Studi ini akan mengeksplorasi komunikasi antara ibu yang bekerja menjadi buruh pabrik dengan anaknya. Penelitian menggunakan paradigma subyektif interpretif, metode fenomenologi dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan telaah dokumen untuk mengelaborasi penghayatan pengalaman atas lima ibu rumah tangga yang menjadi buruh pabrik terkait motif bekerja, makna pekerjaan dan bagaimana tindakan komunikasi dengan anaknya. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi, Teori konstruksi realitas, dan teori interaksi simbolik. Tujuan penelitian adalah untuk menggali informasi mendalam bagaimana motif, makna pekerjaan dan tindakan komunikasi dalam konteks komunikasi antar pribadi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa motif ibu bekerja yang diklasifikasikan Shutz sebagai in order motive yang terdiri dari motif ekonomi, membantu suami, mewujudkan cita-cita, dan jenuh. Motif kedua because motives demi anak agar anak tidak mengalami nasib yang sama dengan mereka. Penelitian juga mengungkap makna pekerjaan mereka sebagai takdir hidup, sesuatu yang bukan ideal, upaya kemandirian, ibadah dan pembuktian penghargaan atas karya/ kinerja dan aktualisasi diri. Tindakan komunikasi terdiri dari komunikasi verbal terdiri dari komunikasi tatap muka dan bermedia, dan komunikasi non verbal. Kata kunci: Motif, komunikasi keluarga, tinakan komunkasi.
The Influence of Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Positioning Toward Brand Awareness on Novice Voters in West Java Jasmine Alya Pramesthi; Berlian Primadani Satria Putri
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.423 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.6562

Abstract

If the positioning of a political party has been deemed right on target, of course, the target market targeted by the political party feels familiar or aware of the presence of the political party, especially if the political party is newly established to bring up brand awareness of the political party. One of the new political parties competing in the 2019 General Election is the Indonesian Solidarity Party (PSI). As a new participant party in the 2019 General Election, PSI tried to form a position in the minds of the public as a millennial party. The purpose of this study was to determine the positioning of PSI as measured by positioning dimensions, namely the points of difference and points of parity that have an influence on brand awareness as measured by its level, namely unaware brand, brand recognition, brand recall, and top of mind in the novice voter in West Java. This research uses quantitative research methods with the type of inferential research. Data from this study were distributed through online questionnaires. The sampling technique of this study is probability sampling with a simple random sampling method. Data were analyzed using a simple linear regression test through the IBM SPSS version22. From the results of data analysis that has been done shows that the positioning of PSI (X) significantly influences brand awareness of 0.44 or 44% while 56% of other factors are not explained in this study.
KOMPARASI MEDIA PERFORMANCE DALAM PEMBERITAAN PASCA REUNI 212 winda hardyanti
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.269 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.6921

Abstract

Media bisa melakukan dua strategi dalam agenda setting. Yaitu melakukan framing atau melakukan black out. Operasi black out media melibatkan scenario tertentu untuk ‘menenggelamkan’ berita tertentu. Namun berdasarkan kaidah jurnalistik, pemberitaan harus tetap diberitakan dengan cara-cara profesionalisme. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti isi media pasca Reuni 212. Peneliti menganalisis dengan pendekatan ilmiah sesuai kajian content analysis dalam ilmu komunikasi, seperti apa media cetak dan media online (portal berita online) arus utama mengkonstruksikan beritanya dalam konteks pasca kejadianReuni 212. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa jika detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan belum bisa menjalankan profesionalisme sebagai jurnalis karena masih ditemui unsur berita yang tidak lengkap. Detik.com dan okezone.com dalam menyajikan pemberitaan masih memihak dan belum bisa bersikap netral. Fenomena Talking Journalism dan fenomena Pseudo-Journalism dalam pemberitaan di portal berita online ditemukan dalam penelitian ini. Jurnalisme semu atau dikenal sebagai pseudo journalism memanfaatkan sumber berita dari satu sisi saja dan tidak cover both sides, padahal kaidah jurnalistik memastikan bahwa berita itu kredibel jika memiliki minimal dua narasumber. Kata kunci: media performance, analisis isi, media online
Literasi Informasi Pemilih Pemula Provinsi Banten Pada Berita Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 Darwis Sagita; Puspita Asri Praceka; Ari Pandu Witantra
Jurnal Riset Komunikasi Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.279 KB) | DOI: 10.31506/jrk.v10i2.7259

Abstract

Pemilih pemula yang pada umumnya berada pada tingkat pendidikan SLTA atau masa kuliah, karena berada pada range usia paling banyak menggunakan media digital. Selain itu masa pada usia tersebut terbilang masih minim dalam pengetahuan politik dibandingkan pada tingkat usia pemilih diatasnya. Maka dengan latar belakang pemaparan diatas, kami memutuskan untuk mencermati lebih jauh dalam penelitian bagaimana literasi informasi pemilih pemula provinsi banten pada berita pemilihan presiden dan pakil presiden 2019. Penelitian ini menggunakan teori utama liteasi informasi; rujukan, evaluasi dan penggunaan simpulan informasi. Dengan metode pencariaan data Focus Group Discussion (FGD) yang menghadirkan perwakilan pemilih pemula di daerah Banten. Dengan hasil penelitian ; rujukan sumber informasi pemilih pemula tak lepas dari penggunaan media, khususnya media sosial. Selain media sosial, beberapa media online pun mereka rujuk namun mereka pada umumnya tidak merujuk media konvensional seperti surat kabar dan televisi. Evaluasi informasi oleh pemilih pemula terkait momen pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan dengan membaca lebih dari satu media online, walaupun mereka tidak cukup memahami semua kepemilikan media online yang dikonsumsi. Dan Penggunaan kesimpulan informasi tentang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden oleh pemilih pemula pada umumnya hanya untuk konsumsi pribadi, beberapa lainnya digunakan untuk menjadi bahan diskusi dalam aplikasi Group wattsap. Kata Kunci: Literasi Informasi, Pemilih Pemula

Page 1 of 1 | Total Record : 6