cover
Contact Name
Mia Dwianna
Contact Email
mia.dwiana@untirta.ac.id
Phone
+6287832743759
Journal Mail Official
jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id
Editorial Address
Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten.
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
ISSN : -     EISSN : 26864754     DOI : DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk
Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political Communication 7. Gender Studies
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020)" : 6 Documents clear
Analisis Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Kampanye Petani Milenial Bambang --- Arianto
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.9915

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran akun media sosial yang dikategorikan sebagai akun buzzer dalam memperkuat kampanye petani milenial. Akun buzzer media sosial ini bertugas untuk memperkuat akun resmi (official) Kementerian Pertanian. Sehingga akun official Kementerian Pertanian bisa menjadi akun influencer yang dapat mempengaruhi warganet dan mengajak akun buzzer dan follower lainnya untuk bisa ikut memperkuat kampanye pertanian dengan menyediakan berbagai konten kreatif. Pemilihan konten kreatif digunakan agar pesan dari kampanye petani milenial ini dapat menarik perhatian dan atensi generasi milenial. Dengan begitu, minat generasi milenial untuk menjadi petani akan semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data Social Network Analytic (SNA) dari Drone Emprit Academic dalam menganalisis percakapan perihal petani milenial di media sosial. Artikel ini menemukan bahwa peran akun buzzer media sosial telah berkontribusi dalam upaya memperkuat kampanye petani milenial di media sosial. Artikel ini juga mengungkapkan bahwa buzzer media sosial turut memperkuat setiap konten kampanye di media sosial.
STRATEGI KOMUNIKASI JANNATA DAILY HIJAB DALAM MENAMBAH FOLLOWERS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM Halimatus Zahro Yananingtyas
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.9556

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Jannata Daily Hijab Dalam Menambah Followers Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dalam Menambah Followers Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan di Instagram, serta untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan dari strategi komunikasi pemasaran Jannata Daily Hijab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara daring dan studi literatur melalui akun Instagram @jannatadailyhijab. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi pemasaran @jannatadailyhijab dalam ranah positioning cenderung perlu diperbaiki, sedangkan dalam strategi komunikasi pemasaran yang digunakan hanya Advertising, Direct Marketing dan WOM, sedangkan dalam ranah peningkatan followers instagram hanya beberapa komponen yang terpenuhi yaitu publish new content frequently, share the instagram account, dan stay consistent. Perlu adanya tambahan beberapa komponen lain dalam strategi komunikasi pemasaran akan terciptanya followers yang lebih tinggi untuk peningkatan penjualan produk @jannatadailyhijab.
Teori Penetrasi Sosial dalam Pengungkapan Diri Homoseksual kepada Keluarganya Nadya Valerie Shanaz
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.10071

Abstract

Perbedaan pandangan mengenai orientasi seksual dan normal yang diadopsi di Indonesia telah mempengaruhi keputusan kaum homoseksual dalam mengungkapkan jati dirinya kepada lingkungannya, terutama keluarga. Perilaku homoseksual tidak dianggap normal dan oleh karena itu tidak dapat diterima di masyarakat karena dianggap sebagai perilaku menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana proses keterbukaan diri kaum homoseksual terhadap keluarganya dan faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan dalam pengungkapan jati diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur terhadap 10 jurnal yang telah dikumpulkan berdasarkan ketersesuaian dengan topik yang dibahas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain komunikasi interpersonal, keterbukaan diri, dan teori penetrasi sosial. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa proses keterbukaan diri berlangsung secara berbeda antar tiap partisipan homoseksual. Proses komunikasi yang terjadi dalam pengungkapan orientasi seksual tidak terjadi secara verbal saja, namun secara non verbal melalui perubahan penampilan menjadi feminin. Hambatan juga ditemukan dalam proses pengungkapan diri kepada keluarga, yang paling utama didasari oleh ketakutan akan mengecewakan keluarga. Meski demikian, homoseksual tetap memilih untuk mengungkapkan jati dirinya kepada keluarga karena berbagai alasan, baik secara internal melalui keinginan pribadi maupun dorongan pihak eksternal.
Komunikasi Pembangunan Terintegrasi Kota Serang Berbasis Bale Sandi Maya Syifa Mutiara Ummah; Ail Muldi; Rahmi Winangsih
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.10058

Abstract

Bale Sandi maya merupakan ruang pengawasan yang memanfaatkan teknologi digital berupa layar yang menampilkan segala bentuk informasi pada proses kegiatan pembangunan Kota Serang. Pemerintah Kota Serang mengimplemantasikan Bale Sandi Maya sebagai upaya pembangunan menuju smart city. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Serang dalam mewujudkan pembangunan kota cerdas dengan memanfaatkan Bale Sandi Maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan observasi wawancara, dokumemntasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan Komunikasi terintegrasi yang terdapat di Bale Sandi Maya Kota Serang terlaksana melalui penyaluran jaringan internet melalui OPD hingga kelurahan dengan pedekatan top down planning. Konvergensi media yang dikelola pemerintah Kota Serang terpusat pada Bale Sandi Maya. Media komunikasi pemerintah Kota Serang melalui Bale Sandi Maya merupakan penerapan sistem pemerintahan elektronic government. Umpan balik Masyarakat Kota Serang terjadi dalam bentuk aduan, laporan, saran, dan pendapat yang diberikan pada aplikasi Rabeg, website PPID, media sosial, dan siaga 112. Kata Kunci: Bale Sandi Maya, Komunikasi Pembangunan, Smart City
Teknologi Komunikasi Dalam Implementasi Nilai Inklusi Bagi Penyandang Disabilitas Fathiya Nur Rahmi
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.9483

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dapat menjadi solusi di tengah permasalahan sosial. Salah satu permasalahan sosial adalah minimnya penerapan nilai inklusi bagi penyandang disabilitas. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penggunaan teknologi komunikasi dalam implementasi nilai inklusi bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis lembaga yang fokus dalam memperjuangkan hak bagi penyandang disabilitas. Dimana lembaga tersebut membuat platform digital yang dapat membangun lingkungan sosial yang aksesibel dan mengurangi hambatan bagi penyandang disabilitas khususnya di bidang kerja. Melalui penelitian ini juga diketahui jika upaya lembaga dalam menggunakan platform digital sudah tepat dalam mengimplementasikan nilai inklusi bagi penyandang disabilitas. Sehingga kedepannya diharapkan semakin banyak elemen masyarakat yang dapat mengoptimalkan perkembangan teknologi komunikasi menjadi solusi dari permasalahan sosial. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
DIGITALISASI UMKM SEBAGAI HASIL INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SAHABAT UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19 Virgia Aida Handini; Wahyuni Choiriyati
Jurnal Riset Komunikasi Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31506/jrk.v11i2.9682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran inovasi sosial yang dilakukan oleh komunitas Sahabat UMKM dalam memberdayakan UMKM Indonesia ditengah pandemi COVID-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Model Inovasi Sosial karya N. Choi dan S. Majumdar. Hasilnya, untuk membantu UMKM bertahan dalam menghadapi Pandemi COVID-19, Sahabat UMKM mengubah gaya komunikasi pemasaran UMKM Indonesia melalui penerapan inovasi sosial. Dalam pembentukan digitalisasi, pelaku UMKM harus mengikuti beberapa tahap diantaranya, 1) Melakukan pendaftaran member melalui website; 2) bergabung ke dalam grup WhatsApp Sahabat UMKM sebagai wadah berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang publikasikan melalui website sahabatUMKM dan M-News.co.id; 3) mengikuti kelas komunitas untuk mengkomunikasikan produk yang dimiliki melalui Brand Story Telling dan Copywriting; 4) melakukan Preview Produk Partner yaitu kerja sama dengan Startup dan e-commerce Sahabat UMKM; 5) Menyediakan Sahabat UMKM Store. Adapun setelah mengikuti tahap-tahap tersebut, pelaku UMKM mendapatkan legalitas bisnis, melakukan periklanan secara online, bergabung bersama Bekraf, e-commerce dan Startup. Terakhir, terkait masa pandemi COVID-19, diharapkan setiap UMKM dapat bertahan dengan cepat beradaptasi dan melakukan perubahan komunikasi pemasaran kearah digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6