cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
tikam_lib@umpo.ac.id
Editorial Address
Jl. Budi Utomo No. 10 Kelurahan Ronowijayan, Kecamatan Siman 63471 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Publication Library and Information Science
ISSN : -     EISSN : 25987852     DOI : -
Core Subject : Science,
Publication Library and Information Science is a Journal of Periodical Publication managed by Technical Unit of Library (UPT Perpustakaan) Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018)" : 6 Documents clear
MENJAWAB KENDALA PERPUSTAKAAN DENGAN IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT Muhammad Rifky Nurpratama
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.498 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.958

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, perpustakaan memiliki kendala untuk berkembang. Dimulai dari mainset buruk masyarakat terhadap perpustakaan, hingga ketidaksiapan internal untuk maju, bahkan ditambah dengan hadirnya internet yang semakin menggantikan perpustakaan sebagai tempat sumber informasi. Maka dari itu, knowledge management dapat dijadikan solusi karena pada dasarnya knowledge management diterapkan untuk mengatasi ketidaksiapan atau permasalahan internal, yang fungsi dan manfaatnya tidak hanya bagi perbaikan internal dengan menangkap pengetahuan yang tersimpan oleh karyawan serta juga bagi eksternal, sebagai pemicu ide atas masalah yang dihadapi. Langkah yang dapat ditempuh dalam knowledge management untuk mengatasi kendala di perpustakaan yaitu, pertama adalah people, dengan menyamakan persepsi dan memberikan kesempatan serta visibilitas kepada pustakawan untuk berkontribusi dalam aktifitas manajerial. Kedua, adalah process dengan menjalankan aktifitas knowledge sharing, namun perlu dilengkapi dengan langkah konkrit seperti penjadwalan, topik bahasan dan output yang akan dihasilkan. Ketiga, adalah technology dengan membentuk ruang diskusi online yang dinamakan portal knowledge management dalam lingkup internal dan hanya dapat diakses dalam lingkup intranet.Kata Kunci: kendala perpustakaan, manajemen pengetahuan, berbagi pengetahuan
RANCANGAN IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PERPUSTAKAAN DI MIM GANDATAPA BANYUMAS Abdul Aziz
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.024 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.981

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2015. Gerakan ini ditujukan untuk sekolah agar dapat melaksanakan sesuai tahapannya, yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Ketiga tahapan Gerakan Literasi Sekolah tersebut dapat dilakukan sekolah melalui program dan fasilitas sekolah agar siswa menjadi literat. Fasilitas yang penting untuk dimiliki sekolah dalam GLS ini diantaranya perpustakaan sekolah. MIM Gandatapa Sumbang sebagai sekolah dasar yang belum memiliki perpustakaan sekolah merasa perlu untuk membuat rancangan perpustakaan sekolah untuk kemajuan literasi siswa-siswanya. Makalah ini memaparkan tentang rancangan perpustakaan sekolah yang meliputi pengembangan koleksi, desain interior perpustakaan, dan klasifikasi koleksi. Pengembangan koleksi dengan tidak selamanya harus membeli, dapat memanfaatkan CSR dari instansi yang menyediakan hibah buku. Desain interior perpustakaan sekolah dasar (MI) dapat disesuaikan dengan kesukaan anak-anak agar tertarik untuk datang ke perpustakaan. Klasifikasi koleksi idealnya menggunakan system klasifikasi yang berlaku internasional agar jika suatu saat berkembang lebih besar sudah lebih siap. Hal ini dirasakan perlu berdasar  gerakan literasi sekolah yang sudah dilaksanakan MIM Gandatapa pada tahap pembiasaan selama ini. 
PERILAKU INFORMASI PROFESI PUSTAKAWAN Amanda Candra Pratiwi
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.891 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.983

Abstract

IMPLEMENTASI SISTEM INSTITUTIONAL REPOSITORY HASIL KARYA ILMIAH SIVITAS AKADEMIKA POLITEKNIK NEGERI MALANG (Studi Pengembangan Sistem Menggunakan System Development Life Cycle: SDLC) Ach. Nizam Rifqi
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.451 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.912

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi dalam kehidupan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi memiliki tuntutan untuk dapat semkin berkembang agar nantinya tidak ditinggalkan oleh para pengguna salah satunya melalui pengembangan koleksi yang tidak hanya terbatas tercetak namun juga berbasiskan digital terlebih juga sumber-sumber internal institusi/lembaga agar dapat terkelola dan dimanfaatkan. Dalam perkembangannya perpustakaan digital tersebut mulai berkembang sebuah paradigma dalam suatu institusi-institusi baik lembaga formal ataupun non formal sebagai wadah akses dari layanan koleksi digital milik mereka atau yang biasa disebut institutional repository (IR). Kajian mengenai “Implementasi Sistem Institutional Repository Hasil Karya Ilmiah Sivitas Akademika Politeknik Negeri Malang” bertujuan untuk mengetahu bagaimana UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang di dalam menjawab tantangan di atas tersebut melalui penerapan repository sebagai wadah informasi konten digital. Metode yang digunakan dalam proses implementasi menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses implementasi yang dilakukan menggunakan analisa pengembangan SDLC (System Development Life Cyle) model Waterfall yang terdiri dari tujuh tahapan meliputi: requirements specification (pengkajian kebutuhan), design (perancangan awal), implementation (penerapan rancangan di lapangan), integration (peleburan hasil), testing (ujicoba), installation (pemasangan akhir) dan perawatan (maintenance). Semua tujuh tahap tersebut kemudian dilakukan penyesuaian dengan lingkungan khususnya di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai penyelenggara proses implementasi institutional repository.
PERAN PUSTAKAWAN DALAM LAYANANDATABASE ONLINE DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN YOGYAKARTA Sapto Harmoko
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.008 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.937

Abstract

Peran pustakawan dalam layanan database online di perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta merupakan aspek penting dalam layanan pelaksanaan belajar mengajar (PBM) dan unsur pendukung pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat. Pesatnya kemajuan teknologi informasi memberikan dampak perubahan pada kebijakan pengembangan dan pelayanan koleksi perpustakaan. Perpustakaan di era informasi mulai beralih dari materi informasi tercetak ke materi digital yang terkumpul dalam database online. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran pustakawan dalam layanan database online di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Peran pustakawan yang profesional dan fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan dalam membantu dan membimbing pemustaka mencari dan menemukan sumber informasi. Peran pustakawan perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakartadalam memberikan layanan database online diantaranya : a. Membantu pemustaka menemukan sumber-sumber informasi yang diperlukan dan menawarkan bimbingan penelusuran informasi melalui database online;  b. Menjawab pertanyaan referens, baik secara langsung, online atau melalui telepon; c. Membantu dan membimbing pemustaka dalam penggunaan katalog, database dan sumber-sumber informasi online lainnya; d. Membantu menemukan sumber informasi yang berada diluar atau di perpustakaan lain; e. Membantu para dosen dan mahasiswa mendapatkan hasil-hasil riset terdahulu berkenaan dengan subjek penelitian; f. Memberikan orientasi perpustakaan; g. Mengajarkan literasi riset dan informasi. Dalam mendukung peran pustakawan terdapat beberapa program antara lain : layanan database online dengan program sosialisasi informasi literatasi (SOLIT), dan membuat buku panduan daftar database penelitian kesehatan
UTILIZATION OF ONLINE LIBRARY SERVICES IN INDONESIA Al Muhdil Karim; Evi Zakiyah
Publication Library and Information Science Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.7 KB) | DOI: 10.24269/pls.v2i1.938

Abstract

Abstrack. This study describes the utilization of online library services by the Indonesian community in general. In addition, this article describes what efforts undertaken by the Government of Indonesia through the National Library of the Republic of Indonesia in increasing interest in reading Indonesian society where many issues or research results nuanced read Indonesian story is ranked lower than the other countries. However, the Government of Indonesia is not facing such problems, several plans and innovations have been implemented, namely the development of National Library with an attractive design, making many online services such as Indonesia One Search, KIN, Portal e-resources and so forth. In the last year, people who visited the library exceeded the target, which in 2015, library visitors amounted to 3,676,309 and in 2016 increased to 4,326,475 visitors.

Page 1 of 1 | Total Record : 6