cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
WACANA DIDAKTIKA
ISSN : 23379820     EISSN : 25798464     DOI : -
WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2015)" : 11 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA Andi, Herman Jufri
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.178

Abstract

Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasanminimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswadistimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.
IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING FLASH CARD AT FORTH GRADE STUDENTS IN SDN LAWANGAN DAYA 2 PAMEKASAN Setiyawan, Arisandi
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.157

Abstract

From the preliminary research of the fourth graders of SDN Lawangan Daya 2Pamekasan, it showed that most of the students had a lack of vocabulary mastery. This research is conducted to find an effective and appropriate strategy to improve students‟ vocabulary mastery by using flashcard. Therefore, the appropriate design for this research is Classroom Action Research (CAR). The researcher implemented the strategy in one cycle, those are: planning, implementing, observing and reflecting. The result of the class vocabulay test is analyzed quantitatively, while the result of the data achieved from observation class is analyzed qualitatively. The finding shows that the students‟ vocabulary mastery increase significantly from the preliminary research. The result can be concluded that (1) teaching and learning process needs an appropriate and effecctive strategy, (2) flashcard is considered as an appropriate technique to improve the students‟ vocabulary mastery.
ANALISIS SINYAL SEISMIK TREMOR HARMONIK DAN TREMOR SPASMODIK GUNUNGAPI SEMERU, JAWA TIMUR – INDONESIA Wildani, Arin
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.163

Abstract

Tremor vulkanik merupakan salah satu aktivitas seismik yang biasa terekam disekiar gunungapi aktif yang dapat menjadi tanda akan adanya suatu letusan. Salahsatu cara untuk mengetahui karakteristik dari aktivitas sutu gunungapi yaitu dengan analisis spektral. Penelitian ini menggunakan data aktivitas seismik gunungapi Semeru yang terekam pada tahun 2009 di tiga stasiun seismik yaitu Leker, Tretes dan Besukbang. Seleksi data dilakukan dengan memilih sinyal yang memiliki kenampakan sinyal yang bagus pada ketiga stasiun. Berdasarkan kenampakan sinyal, data hasil seleksi diklasifikasikedalam dua kelompok yaitu tremor spasmodik dan tremor harmonik. Analisis spektral dilakukan dengan menerapkan Fast Fourier Transform pada sinyal yang terpilih. Berdasarkan hasil analisis didapatkan frekuensi tremor spasmodik G.Semeru berkisar 1,56 Hz - 1,86 Hz dan frekuensi dasar dari tremor harmonik berkisar antara 1,14 - 2,50 Hz. Kejadian tremor vulkanik di gunung Semeru diduga merupakan hasil osilasi gas didalam pipa konduit, dimana kestabilan pulsa tekanan yang terdapat didalam pipa konduit menghasilkan tremor harmonik dan jika kestabilan itu tidak dicapai maka menjadi sumbermunculnya tremor spasmodik
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN METODE PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA SABILUL MUTTAQIEN Kholida MS, S. Ida
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.164

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XI MA Sabilul Muttaqien padamata pelajaran fisika disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga kurang tepat, serta sistem belajar siswa masih individual. Upaya untuk menuntaskan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model kooperatif dan metode peta konsep. Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas XI MA Sabilulmuttaqien dengan diterapkannya model kooperatif dengan metode peta konsep. (2). Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MA Sabilul Muttaqien tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dari Siklus I sampai Siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan persentase yaitu, Siklus I (55%), Siklus II (80%), Siklus III (90%) dan aktivitas siswa sangat antusias di mana dapat dilihat di lampiran aktivitas siswa. Hasil evaluasi pretespostesyaitu dari 10,00% (tidak tuntas) menjadi 95,00%(tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan metode peta konsep dapat menuntaskan hasil belajar fisika dan aktivitas siswa MA Sabilul Muttaqien pada pokok bahasan Gerak Melingkar.
STUDI ANALISIS FASA DAN UKURAN KRISTAL SPINEL MGAL2O4 DENGAN METODE PENCAMPURAN LOGAM TERLARUT ASAM KLORIDA Umama, Chairatul
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.176

Abstract

Telah dilakukan sintesis serbuk MgAl2O4 (spinel MA) dengan metodepencampuran logam terlarut. Bahan dasar yang digunakan adalah Mg-Al denganperbandingan mol 1:2 dengan variasi komposisi Mg (4.8;10;20;30;40 dan 60% berat) - Al (95.2;90;80;70;60 dan 40% berat). Masing-masing logam dilarutkan ke dalam HCl 37%. Kemudian mencampurkan kedua larutan tersebut selama 5 jam lalu mengeringkan hasilnya pada temperatur 100-105ºC. Serbuk hasil pengeringan kemudian di uji DSCTGA, selanjutnya dikalsinasi pada temperatur kalsinasi 750ºC dengan waktu tahan 1 jam. Serbuk yang telah dikalsinasi, dikarakterisasi menggunakan XRD, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak Rietica untuk analisis komposisi fasa dan Ukuran kristal dianalisis menggunakan MAUD. Ukuran dan distribusi partikel dari sampel MA4975dikarakterisasi menggunakan TEM-ED. Hasil sintesis yang diperoleh dengan variasi komposisi Mg-Al menggunakan metode pencampuran logam terlarut menghasilkan fasa utama spinel MA dan fasa sekunder berupa periklas. Penambahan massa Al meningkatkan fraksi berat fasa MA dan menurunkan fraksi berat fasa periklas. Fraksi berat spinel secara umum mengalami peningkatan sekitar 5-10% pada setiap penambahan komposisi Aldengan fraksi berat tertinggi terdapat pada sampel MA4975 sebesar 99,2% dan fraksi berat periklas tertinggi diperoleh pada sampel MA6475 sebesar 28,6%. Ukuran kristal MA ratarata yang diperoleh pada temperatur 750° adalah 11 nm.
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN CERMIN DATAR anto, supri
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan modelpembelajaran inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test nonequivalen control group design. Populasi penelitian di SMP Ma‟arif 09 Pamekasan kelas VIII, dan sampelnya adalah kelas VIII-1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 14 siswa menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri sedangkan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 12 siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari nilai rata-rata kelas nilai prestasi belajar di kelas eksperimenadalah 32.85 sedangkan di kelas kontrol adalah 28.75. Sedangkan dari perhitungan statistik menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2.093 sedangkan ttabel = 2.064 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian thitung > ttabel, maka nilai tersebut menunjukkan adanya perbedaan signifikan terhadap skor prestasi belajar diantara keduanya. Menurut rerata g factor diperoleh 0,47 (kategori sedang) untuk kelas eksperimen dengan rentang g factor(0,08 – 0,71) sedangkan untuk kelas kontrol rerata g factor sebesar 0,34 (kategori sedang) dengan rentang g factor (0,08 – 0,71). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
THE IMPLEMENTATION OF FLASHCARD GAME ON VOCABULARY MASTERY Yunitaka Baharudin, Dinar Vincy
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.175

Abstract

Learning vocabulary is difficult for some students. There are a number of factors causing the difficulty of learning vocabulary: first is from students‟ point of view who argued that a lot of various different vocabularies should be learned by the students in a short time in which they memorize them but often forget. Second is from teacher‟s point of view who said that teachers‟ technique (traditional memorization) and media (power point) in teaching vocabulary were almost never changed for a long time. Therefore this study is aimed at investigating the effectiveness of teaching vocabulary using flashcard game on vocabulary mastery.
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) AT ENGLISH LANGUAGE TEACHING Rijal, Samsi
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.162

Abstract

The goal of teaching and learning English language in Indonesia is not relevantwith the objective of curiculum, it makes students are able to use English language as communication. In addition, Most of teachers use traditional method or strategy that focuses on teacher or teacher center. So, students are not olny unactive in joining the class but also feel bored. Dealing with this phenomena, the teachers must change their teaching from teacher center to student center. One of strategies which focoses on students is STAD (Students Team Achievement Devision). It is also one of cooperative approaces that leads students more active in the class. By using this strategy students will enjoy joining the class because they do with their freinds in understanding the material, they are motivated to do the best with their friends, and the most impotant is how they learn to have resposibility in a team.
TEACHING ENGLISH TO KID AT HOME Yuliawati, Fitrah
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.174

Abstract

Children learn naturally when they are having fun. Children feel more comfortable and confident when they know what to expect. Repetition is essential children often need to hear words and phrases many times before they feel ready to produce them themselves. Established a routine for your English time at hom, it is better to have short, frequent sessions than long, infrequent ones. Fifteen minutes is enough for very young children. Parents can gradually make sessions longer as child gets older and their concentration span increases. Parents have to enthusiastic and give children lots of encouragement andpraise. Children will pick up on enthusiasm for the language. Whatever parents approach, the most important thing is to relax, have fun and make English an enjoyable experience for both parents and child. Many parents are eager to help their kids learn English from a young age. One of the most important factors in teaching foreign languages to young children is helping them form positive perceptions of communicating with foreign languages.A great advantage of early childhood second language exposure is that it helps children form a positive impression of foreign languages. When children are exposed to a foreign language from a very young age, they tend to view the language positively andlearning another language becomes something they are very comfortable with. However, if you force a young child to speak a second language even when they are resisting, you run the risk of creating a negative impression of that language.
TEACHING AND LEARNING ACTIVITIES OUTSIDE THE CLASSROOM TO IMPROVE THE QUALITY OF LEARNING FOR STUDENTS Hidayah, Linta Wafdan
WACANA DIDAKTIKA Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/wd.v3i2.161

Abstract

Teaching and learning can become inherently spontaneous and student-centeredwhen moved from the confines of the classroom into the world at large. From the collaborative learning atmosphere that results from the unique relationships developed outside the classroom, to the deep learning that occurs when students must put into practice “in the real world” what they have theorized about from behind a desk, field experiences are unmatched in their learning potential. Field experiences early in a student‟s career can be formative and can inspire students to continue in a field. The outside the classroom learning experience, commonly known as “field trip”, is a type of experiential learning which get students away from the formal classroom into a new environment. It can as simple as taking the class out on to the campus for a drawing exercise. Outside classroom activities can include summer field camps, extended stays atresearch stations and even a semester abroad.. the potential benefits for teaching and learning outside the classroom activities can be enormous . putting a class into a different physical setting generates a bond among class members and creates a learning community. Sometimes simply getting to the field trip destination is an opportunity for students to get to know each other, as well as their instructor. Active field trips can also offer unprecedented opportunities for experiential learning.

Page 1 of 2 | Total Record : 11