cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Warta Ardhia : Jurnal Perhubungan Udara
ISSN : 02159066     EISSN : 25284045     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Warta Ardhia is an Air Transport Journal containing research, review related to evaluation policy and technological development with the scope of air transport, airport, aircraft, flight navigation, aviation human resources, flight safety and security. Warta Ardhia is managed by Civil Aviation Research and Development Center of Ministry of Transportation of The Republic Indonesia and published 2 (two) times a year, June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 43, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan Potensi Kertajati Sebagai Aerocity Tri Tjahjono; Eny Yuliawati
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.22 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.274.43-50

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan untuk mengembangkan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka dan menjadikan tata ruang kawasan sekitarnya terintegrasi menjadikan kota bandar udara (aero-city). Penelitian ini membahas pengembangan sebuah kota bandar udara atau aerotropolis bendasarkan studi literatur (meta analisis) yang kemudian dikaitkan dengan konsep tata ruang Kertajati maupun konteks Kota Cirebon Raya dan permasalahan maupun potensi yang ada. Di dalam pengelolaannya, dikarenakan sumber pembiayaan dari pemerintah pusat, maka perlu dibuat Badan Pelayanan Umum (BLU) untuk penanganan bandara dan PT. BIJB dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menangani kawasan sekitarnya agar konsep Aero-City dapat terwujud. Kemitraan Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) juga dimungkinkan baik di fasilitas ke bandar-udaraan maupun fasilitas penunjang. [West Java International Airport and The Potential of Kertajati as The Aerocity] West Java Provincial Government has decided to develop West Java International Airport (BIJB) in Kertajati, Majalengka Regency, and plan to integrate its surrounding region as an aerocity. This paper discusses the development of an airport as a city, or aerotropolis, based on literature review (meta analysis) which is then associated with the concept of Kertajati spatial management as well as the context of Greater Cirebon Area and the existing problems as well as the potential. Since the central government acts as a financing source, it is important to establish a public service agency that will support the management of airport within its technical part while the BIJB enterprise, that is formed by West Java Provincial Government will be focused to actualize the concept of aerocity. Therefore the partnership of the Government with Business Entities is also possible both in airport facilities or airport supporting facilities.
Pengaruh Penyeimbangan Pergerakan Pesawat terhadap Peningkatan Kinerja Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Soekarno-Hatta) Muhammad Iqbal Rachmansyah; Nahdalina Nahdalina
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1359.102 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.281.13-26

Abstract

Pertumbuhan permintaan arus pergerakan penumpang dan pesawat tiap periode waktu harus diikuti dengan ketersediaan infrastruktur yang cukup. Namun masalah yang umumnya terjadi adalah kondisi dimana kapasitas infrastruktur tidak dapat meningkat secara simultan dengan peningkatan jumlah pergerakan tersebut. Apabila pergerakan melebihi kapasitas, maka akan terjadi kondisi ketidakseimbangan pergerakan dan kapasitas, yang akan berimplikasi pada menurunnya tingkat pelayanan atau kinerja pada Bandara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langkah penyeimbangan pergerakan pesawat terhadap peningkatan kinerja Bandara pada masa yang akan datang. Optimasi penyeimbangan pergerakan pesawat dilakukan dengan penggunaan pesawat dengan kapasitas yang lebih besar untuk rute domestik dan peningkatan nilai PLF untuk rute internasional, sedangkan kapasitas sisi udara, khususnya runway akan dianalisis dengan menggunakan metode FAA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyeimbangan pergerakan, baik pada rute internasional dan domestik akan menurunkan tingkat pergerakan pesawat pada tahun proyeksi. Kinerja runway yang dimanifestasikan dalam rasio D/C menunjukkan adanya penurunan kejenuhan sebesar 16% pada kondisi dimana telah dilakukannya optimasi pergerakan. [Influence of Aircraft Movement Balancing towards Airport Performance Improvement (Case Study: Soekarno-Hatta International Airport)] The demand growth of passanger and aircraft movement flows over a period of time should be followed by adequate infrastructure availability. However, the most common problem is the condition where the existing infrastructure capacity can not increase simultaneously with an increase in the number of movements. If the movement exceeds the existing capacity, there will be an imbalance condition of movement and capacity, which will have implications on the decrease of service level or performance at the airport. This study aims to analyze the effect of balancing the movement of aircraft towards the improvement of airport performance in the future. The balancing optimization of aircraft movement is carried out with the use of aircraft with greater capacity for domestic routes and increased PLF value for international routes, while air side capacity, especially runways will be analyzed using the FAA method. The results show that balancing movements, both on international and domestic routes will decrease the level of aircraft movement during the projection year. The runway performance manifested in the movement (D) to capacity (C) ratio shows a 16% reduction in saturation under conditions where movement optimization has been performed.
Pengaruh Fasilitas, Layanan dan Informasi Aksesibilitas Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung Dina Yuliana
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1127.586 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.235.27-42

Abstract

Mobilitas masyarakat yang semakin meningkat akibat dari peningkatan aktivitas dengan tata guna lahan yang bervariasi di Jawa Barat, hal ini menyebabkan Bandara internasional Husein Sastranegara dituntut untuk dapat meningkatkan kinerja layanan dan fasilitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh fasilitas, layanan dan informasi aksesbilitas terhadap kinerja pelayanan bandara di Bandara Husein Sastranegara berdasarkan tingkat kepuasan penumpang 2) untuk melakukan evaluasi pelaksanaan standar pelayanan bandar udara di Bandara Husein Sastranegara, dan 3) mengukur kinerja pelayanan bandara berdasarkan persepsi penumpang angkutan udara di Bandara Husein Sastranegara. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kinerja dan analisis jalur. Pengambilan sampel dengan non-probability sampling melalui metode judgment sampling dengan responden 102 orang penumpang penerbangan dalam negeri dan 100 orang penumpang penerbangan ke luar negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas, kualitas layanan, dan aksesibilitas informasi secara gabungan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan angkutan udara dalam negeri sebesar 60,3%. Fasilitas, kualitas layanan, informasi aksesbilitas secara gabungan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan angkutan udara luar negeri sebesar 51,2%. Nilai Indeks Kinerja pelayanan bandara berdasarkan kepuasan penumpang angkutan udara dalam negeri sebesar 77,73% (kategori baik). Nilai Indeks Kinerja pelayanan bandara berdasarkan kepuasan penumpang angkutan udara ke luar negeri sebesar 71,67% (kategori baik). [The Influence of Facility, Service and Accessibility Information on Passenger Satisfaction Level at Husein Sastranegara Airport–Bandung] The increasing mobility of society resulting from increased activity with varying land uses in West Java, Husein Sastranegara international airport is required to improve the performance of its services and facilities. The purpose of this research is 1) to know the effect of facility, service and information of accessibility to airport service performance at Husein Sastranegara Airport based on passenger satisfaction level. 2) to evaluate the implementation of airport service standards at Husein Sastranegara Airport, and 3) measure the performance of airport services based on the perception of air transport passengers at Husein Sastranegara Airport. The method of analysis in this study using the method of performance analysis and path analysis. Sampling with non-probability sampling through judgment sampling method with 102 respondents of domestic flight passengers and 100 passengers flight abroad. The results showed that the facility, service quality, and accessibility of information in aggregate affect the level of satisfaction of air transport in the country amounted to 60.3%. Facilities, quality of service, accessibility and information in aggregate affect the level of satisfaction of air transport abroad amounted to 51.2%. Index Performance of airport service based on domestic air passenger transportation satisfaction of 77.73% (good category). Index Performance of airport service based on the satisfaction of air transport passengers abroad of 71.67% (good category).
Data Mining pada Data Quick Access Recorder untuk Peningkatan Keselamatan Penerbangan Mahardi Sadono; Javensius Sembiring
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1633.189 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.280.1-12

Abstract

Keberadaan angin vertikal dan kekasaran permukaan landasan merupakanan parameter yang perlu diperhatikan terutama saat fase pendekatan (approach) hinggamendarat (landing)dan saat lepas landas (take-off) di bandar udara, karenakedua parameterdi atasmempengaruhi keselamatanpesawat udarasaat fase tersebut. Sementara itu,sampai saat ini belum ada peralatan yang dapat dipergunakan untuk melihat kecenderungan adanya angin vertikal maupun rendahnya koefisen gesek landasan. Makalah ini memaparkan teknik pengolahan data Quick Access Recorderuntuk mengestimasi parameter tersebut, kecepatan angin arah vertikal pada fase pendekatan sampai fase landingdan koefisien friksi runwaypada fase landing. Oleh karena kedua parameter di atas tidak direkam pada Quick Access Recorder maka diperlukan cara lain untuk mendapatkan parameter tersebut yaitu dengan teknik identifikasi sistem. Proses validasi dalam rangka meningkatkan keyakinan terhadap parameter yang diperoleh juga akan dilakukan. Teknik pengolahan data yang dipaparkan melibatkan dinamika gerak pesawat udara dan estimator. Bila semua airline memberikan data penerbangannya, tendensi keadanya angin vertikal dan penurunan koefisien friksi landasan akan segera didapatkan sehingga baik airline maupun bandar udara dapat melakukan antisipasi untuk keselamatan penerbangan. [The Data Mining on Quick Access Recorder for Flight Safety Improvement] Vertical wind and runway surface roughness are the most concerned parameters when the aircraft initiating the procedures of approach-to-landing and take-off at an airport, due to they will affect the safety of the aircraft in those phases. In the meantime, there is no equipment that can be used to assess the chance of vertical wind emergence as well as the decline of runway surface friction. This paper describes Quick Access Recoder data processing technique for estimating those parameters, the speed of vertical wind in the approach-to-landing phase and runway friction coefficient in the landing phase. Due to those parameters does not recorded in Quick Access Recorder then system identification technique is utilized in order to obtain both of parameters. Validation process is sequenced to increase the confidence level. The described data processing technique involving the aircrafts motion dynamics and the estimator. In case all the airline provide their flight data, the tendency of vertical wind and the difference of runway friction can be calculated promptly so that the airline and the airport can take anticipation action for maintaining the safety level of the flight.
Pembelajaran dari Pelayanan Bandar Udara Terhadap Aktivitas General Aviation diAmerika Serikat Dedes Kusumawati
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1212.467 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.278.51-62

Abstract

Saat ini, kegiatan general aviation memiliki pertumbuhan yang signifikan di dunia penerbangan. Bahkan, kategori bandar udara terbanyak di Amerika Serikat adalah bandar udara general aviation. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman pelayanan bandar udara untuk mendukung aktivitas general aviation berdasarkan pengalaman Amerika Serikat dalam merencanakan skebandarudaraan nasional sehingga dapat memberikan rekomendasi kepada Indonesia dalam mengembangkan bandar udara yang sesuai untuk kegiatan general aviation. Penelitian ini menggunakan strategi kualitatif melalui studi kasus dan metode perbandingan untuk 2 kasus Amerika Serikat dan Indonesia. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kepada pengelola General Aviation Terminal (GAT) di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai dan pengelola Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma. Data sekunder berasal dari studi dokumentasi. Berdasarkan pengalaman di Amerika Serikat, beberapa rekomendasi antara lain pertimbangan untuk bandar udara general aviation dalam perencanaan kebandarudaraan nasional, pengembangan kriteria bandar udara general aviation, perencanaan fungsi dan aktivitas untuk bandar udara general aviation, dan penyediaan fasilitas di bandar udara general aviation. [Lesson Learned from Airport Services for General Aviation Activities in United States] Nowadays, general aviation activities have significant growth in aviation world. Addition, the highest airport category in United States is general aviation airport. The purpose of this research is to get understanding about airport services to support general aviation activities based on United States; experience in national airport planning to give recommendations for Indonesia in developing airports that compatible with general aviation activities. This research uses qualitative strategy through case study and comparative analysis for two cases the United States and Indonesia. Primary data from was collected through observation and interview with official representative of General Aviation Terminal (GAT) in Ngurah Rai Internasional Airport and manager of Halim Perdanakusuma International Airport. Secondary data came from documentation study. Based on the United States, experience, the recommendations are consideration for general aviation airport on national airport planning, development of basic criteria for general aviation airport, planning of function and activities for general aviation airport, and provision for general aviation airport facilities.
Dukungan Bandara Sekitar Terhadap Pengembangan Candi Borobudur Sebagai Destinasi Wisata Prioritas Eny Yuliawati; Yati Nurhayati
WARTA ARDHIA Vol 43, No 1 (2017)
Publisher : Research and Development Agency of The Ministry of Transportation

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1191.843 KB) | DOI: 10.25104/wa.v43i1.277.63-78

Abstract

Ketersediaan infrastruktur transportasi merupakan elemen kunci dalam pengembangan obyek tujuan wisata. Sebagai institusi yang bertanggung jawab terhadap kegiatan transportasi nasional Kementerian Perhubungan mempunyai andil dalam memberikan dukungan infrastruktur transportasi terhadap 10 destinasi wisata prioritas. Penetapan pada sepuluh destinasi pariwisata dimaksud sebagai upaya terobosan membuat “Bali Baru” di Indonesia.  Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata prioritas tersebut tentu perlu menyiapkan infrastruktur transportasi yang dapat menunjang kemudahan aksesibilitas wisatawan. Salah satu upayanya adalah dengan pembenahan infrastruktur aksesibilitas melalui kemudahan dalam menggunakan  moda transportasi udara. Merujuk pada permasalahan tersebut penelitian ini diharapkan dapat merumuskan strategi dalam meningkatkan aksesibilitas melalui optimalisasi bandara sekitar untuk mendukung kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur. [The Support of Surrounding Airports for Borobudur Temple Development as a Top Priority Tourist Destination] Transportation infrastructure is a key element for the development of tourist destination. The Ministry of Transportation as the institution that responsible for the national transportation activities has a role in providing transportation infrastructure that supports the ten priority tourist destinations. The strengthening of the ten priority tourist destinations is intended as an attempt to create a "new Bali" in Indonesia. The Borobudur temple as one of the priority tourist destinations needs a transportation infrastructure in order to support the accessibility. One of the programs is providing convenience air transportation access. This study aims to provide strategies to improve the Borobudur Temple accessibility through the optimization of surrounding airports. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6