cover
Contact Name
Otto Fajarianto
Contact Email
ofajarianto@gmail.com
Phone
+6281296890687
Journal Mail Official
jurnal.konvergensi@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jalan Gatot Subroto Kav. 96-97, Mampang Prapatan, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 2086342X     EISSN : 25280546     DOI : https://doi.org/10.51353/kvg.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi memilik e-ISSN 2528-0546 dan p-ISSN 2086-342X. Hasil-hasil penelitian yang disajikan dalam Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi ini hanyalah sebagian kecil dari kekayaan intelektual, namun kami berharap dapat memberikan inspirasi untuk pengembangan kajian-kajian komunikasi selanjutnya. Dukungan dan kontribusi nyata pembaca sekalian sangatlah kami harapkan untuk terbitan Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi selanjutnya. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi terbit dalam setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Pengiriman artikel dapat dilakukan melalui daring dengan melakukan registrasi terlebih dahulu pada website ini. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima artikel pada bidang kajian komunikasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi" : 5 Documents clear
BUDAYA JAWA DALAM MEMPERKUAT PERSONAL BRANDING VLOG BAYU EKO MOEKTITO Kurniawaty Yusuf
Konvergensi Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.038 KB)

Abstract

AbstrakKehadiran teknologi digital mendorong pemanfaatan media sosial dalam berbagai bidang, yang menciptakan keuntungan bagi pekerjaan dan karir. Video Blog (Vlog) yang memanfaatkan platform youtube seringkali digunakan untuk kegiatan marketing, bukan hanya untuk menjual produk, tetapi juga untuk mengkomunikasikan identitas pribadi seseorang. Vlog dapat menghadirkan berbagai aspek kehidupan seseorang melalui kekuatan audio visual, jika ditambahkan dengan unsur budaya, dapat menciptakan keunikan tersendiri dalam memperkuatpersonal branding seseorang. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana peranan budaya Jawa dapat dimanfaatkan untuk memperkuat personal branding seseorang melalui pemanfaatan vlog. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui studikasus pada vlog Bayu Eko Moektito. Hasil penelitian ini, diharapkan mampu memperkaya kajian mengenai personal branding yang menekankan karakter dan budaya Jawa, melaluipenggunaan vlog.Kata Kunci: vlog, budaya, Jawa, personal branding
URGENSI LITERASI MEDIA DIGITAL BAGI PEMILIH PEMULA DALAM MENGHADAPI PEMILU 2019 Tri Wahyuti
Konvergensi Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2095.447 KB)

Abstract

AbstrakPenggunan media internet di era digital saat ini telah menjadi suatu hal yang populer di kalangan anak muda. Melalui perangkat komputer maupun ponsel pribadi anak muda dapat berselancar di dunia maya untuk memenuhi kebutuhannya seperti mencari informasi maupunhiburan. Dalam konteks media baru, pengguna berperan aktif baik dalam menerima informasi maupun menyampaikan informasi. Menghadapi era pemilu 2019 mendatang, anak muda terutama pemilih pemula akan dihadapkan pada informasi-informasi yang diterimanya melalui internet terutama pada masa kampanye yang akan berlangsung pada 13 Oktober 2018 hingga 13 April 2019. Kemampuan anak muda atau pemilih pemula dalam menyaring berita dan atau menjadikannya sebuah rujukan pada masa kampanye 2019, membutuhkan suatu kompetensi literasi media yang dikenal sebagai kemampuan individu atau individual competence, yakni suatu kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memanfaatkan media, dilihat dari kemampuan personal dan kemampuan sosial. Tulisan ini memaparkan sejauhmana urgensi kemampuan literasi media digital anak muda terutama pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2019.Kata Kunci: literasi media, digital, politik, pemilu 2019, pemilih pemula, individual competence, personal competence, social competence.
CADAR ONLINE Atika Budhi Utami
Konvergensi Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.251 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian akan membahas tentang fenomena menjamurnya komunitas cadar di media online di kalangan perempuan muda Muslim di Indonesia. Eksistensi mereka di media sosial Facebook atau Instagram semakin tinggi. Akun-akun media sosial kelompok bercadar pun semakin marak dan mempunyai banyak followers. Lini masa yang tampil pada akun media sosial niqabsquadindonesia beragam mulai dari seminar, pengajian, kegiatan sosial, sampai mode islami. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah akun media sosial Niqab Squad. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan sisi positif dan negatif komunitas perempuan bercadar di media sosial. Sisi positif menunjukkan bahwa komunitas cadar online membuka peluang bagi individu bercadar untuk memilih hubungan sosial yang mereka inginkan tanpa kendala waktu, ruang, dan jarak.Sisi negatif menunjukkan bahwa komunitas ini tidak melakukan banyak interaksi dengan para pengikutnya dan tidak memaksimalkan penggunaan media sosial.Kata kunci: Cadar, komunitas, online, media sosial.
STRATEGI JAWA POS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MEDIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Veza Aditya Lenggawa
Konvergensi Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.659 KB)

Abstract

AbstrakSebagai salah satu surat kabar terbesar di Indonesia, Jawa Pos telah menorehkan sejarah panjang dalam perjalanan bisnis media cetak hingga saat ini. Jawa Pos berpusat di Surabaya dengan oplah terbesar di Jawa Timur sebesar 559.000 secara Nasional. Jawa Pos adalah koran dengan jaringan terbesar di Indonesia yang memiliki kurang lebih 210 Media Grup, baik media cetak, maupun stasiun televisi lokal yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Area edar Jawa Pos sendiri meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, NTB, Bali, dan DKI Jakarta. Menurut data survey Nielsen, saat ini Jawa Pos merupakan koran dengan pembaca terbanyakdi Indonesia, survey yang diselenggarakan di sebelas kota tersebut menempatkan Jawa Pos sebagai peringkat pertama Top Daily Newspaper dengan tingkat keterbacaan mencapai 942.000 (Q2 2018). Akan tetapi, di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, eksistensi Jawa Pos yang hingga awal 2000-an mengalami masa keemasan semakin terancam, menghadapi tantangan yang muncul dari beberapa media baru, kekuatan Jawa Pos seaka-akan tergerus oleh agresivitas saluran media baru yang terus tumbuh dan berkembang di tengah gencarnya persaingan industri bisnis media di Indonesia. Oleh karenanya, Jawa Posperlu menjalankan beberapa strategi dalam upaya menghadapi persaingan industri media diera digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif; yaitu proses penyelidikan untuk memahami masalah sosial atau manusia, berdasarkan penggambaranholistik atas permasalahan yang dihadapi melalui studi literatur dari beberapa sumber ilmiah lainnya. Penelitian ini berusaha untuk mengelaborasi beberapa strategi komunikasi perusahaan media, khususnya yang terjadi di Jawa Pos sebagai bagian dari respon terhadap kerasnya persaingan ekonomi bisnis media di era digital.Kata kunci: Strategi Komunikasi, Bisnis Media, Jawa Pos, Era Industri 4.0
MENINJAU AUTOMATED JOURNALISM: TANTANGAN DAN PELUANG DI INDUSTRI MEDIA DI INDONESIA Kencana Ariestyani
Konvergensi Vol 2 No 2 (2021): Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.872 KB)

Abstract

AbstrakPerkembangan teknologi yang semakin pesat membuat robot menggantikan peran manusia dalam bekerja di hampir semua lini kehidupan. Saat ini teknologi robot pun merambah dunia jurnalisme, dikenal dengan nama automated journalism atau robot journalism—seolah menegaskan pernyataan Pavlik (2000: 229) bahwa “journalism has always been shaped by technology”. Automated journalism atau konten jurnalistik yang diproduksi secara otonom melalui algoritme komputer semakin menonjol di ruang redaksi. Algoritme dapat membuatberita dari data terstruktur dan secara otomatis mengirimkannya. Hal ini berjalan dengan sangat baik ketika topiknya berulang dan data tersedia sesuai permintaan. Saat ini, algoritme menghasilkan laporan olahraga; berita keuangan; dan cuaca, termasuk peringatan gempa bumi (Aljazairi, 2016:6). Teknologi ini memungkinkan produksi ribuanberita secara cepatdan murah. Bahkan membuat lebih sedikit kesalahan daripada human journalist (jurnalis manusia). Di satu sisi, automated journalism dapat dilihat sebagai peluang untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, ditinjau dari segi ekonomimedia pemanfaatan teknologi automated journalism ditengarai lebih efisien. Namun di sisi lain, kualitas konten berita yang dihasilkan automated journalism patut dipertanyakan. Disiplin verifikasi yang dilakukan jurnalis manusia menjadi terabaikan bila berita dihasilkanoleh jurnalisme robot.Begitu pun dengan kredibilitas berita produksi automated journalism. Di Indonesia portal berita online Beritagar.id adalah pionir implementasi jurnalisme robot. Dengan telaah literatur terkait penelitian sebelumnya tentang automated journalismatau robotjournalism, tulisan ini bertujuan untuk mengupas bagaimana tantangan penggunaan automated journalismdan peluangnya bila diterapkan di industri media Indonesia.Kata kunci:automated journalism; robot journalist;algoritma; robot jurnalis; artificial intelligence

Page 1 of 1 | Total Record : 5