cover
Contact Name
Nadya Safitri, S.T., M.Kom.
Contact Email
nadyasafitri@binainsani.ac.id
Phone
+6282214400040
Journal Mail Official
jmbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bina Insani
ISSN : 25286919     EISSN : 25286919     DOI : -
Jurnal Mahasiswa Bina Insani merupakan jurnal interdisiplin yang melingkupi aspek-aspek tentang Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, Ekonomi Makro dan Mikro, Kesekretarisan, Komunikasi, Humas, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing, dan Administrasi Kantor. Jurnal ini juga mengkaji Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang Keputusan. Selain itu Lingkup kajian jurnal ini juga meliputi substansi-substansi berikut: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keperilakuan, Sistem Informasi Akuntansi, Pengauditan, Etika Profesi, Perpajakan , Akuntansi Syariah, Pendidikan Akuntansi, Good Governance, Corporate Social Responsibility, Fraud & Forensic Accounting. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Agustus dan Februari).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 119 Documents
Prosedur Penilaian Kinerja Karyawan Operator Departemen Produksi Pada PT Martina Berto Tbk. Anisah Anisah; Siti Rahmawati
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.853 KB)

Abstract

Abstrak: Penilaian kinerja merupakan suatu evaluasi untuk mengetahui semua kekurangan kinerja karyawan yang akan ditemukan pada saat melakukan penilaian. Dalam hal ini penilaian kinerja sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan motivasi bagi karyawan, agar terus dapat bekerja dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Prosedur Penilaian Kinerja Karyawan Operator Departemen Produksi pada PT Martina Berto Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan cara membandingkan prosedur penilaian kinerja di perusahaan dengan konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur penilaian kinerja karyawan pertama dimulai dengan mengidentifikasi tujuan penilaian, ke dua menetapkan kriteria penilaian yang digunakan berdasarkan hubungan dengan pekerjaan dan karakteristik individu, ke tiga memeriksa pekerjaan yang dijalankan berdasarkan job description, penilaian dilakukan 6 bulan sekali untuk karyawan kontrak, sedangkan 1 tahun sekali untuk karyawan tetap, ke empat menilai kinerja pihak yang menilai yaitu atasan langsung dan tidak langsung, metode yang digunakan dalam penilaian adalah metode skala penilaian, ke lima mendiskusikan penilaian bersama karyawan dan terakhir tindak lanjut yang diberikan dari hasil penilaian berupa pemberian penghargaan atau hukuman, untuk karyawan kontrak penghargaan diberikan berupa diperpanjang atau diangkat menjadi karyawan tetap, hukuman berupa kontraknya diputus, sedangkan karyawan tetap hukuman berupa mutasi dan demosi, penghargaan berupa kenaikan gaji yang cukup tinggi dan promosi. Kata kunci: Penilaian kinerja, operator produksi Abstract: The performance assessment is an evaluation to determine any deficiencies employee performance to be found at the time of assessment. The performance assessment is very important for companies to provide motivation for employees, to continue working properly. The purpose of this study was to determine The Procedure of Employee Operator Performance Evaluation in Production Department on PT Martina Berto Tbk. The method used is descriptive analysis technique by comparing the company's performance in the assessment procedure with the concept. The results showed that the performance appraisal procedure first begins with identifying the purpose of the assessment, The second establishes the assessment criteria used were based on The second set of assessment criteria used were based on the relationship between work and individual characteristics, The third check work undertaken by job description, assessment is carried out once every 6 months for contract employees, while one year for permanent employees, The fourth judge the performance of people who judge are the direct and indirect boss, the methods used in the assessment is rating scales method, Fifth discuss joint assessment of employees and the last follow-up were given the results of the assessment in the form of reward or punishment, for contract employees reward is given in the form of extended or appointed as permanent employees, punishment in the form of contract was terminated, while permanent employees punishment in the form of mutation and demotion, rewards in the form quite high salary increase and promotions. Keywords: Assessment of performance, production operator
Sistem Informasi Pengiriman Barang Hasil Produksi pada PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) Menggunakan Metode Waterfall Syamsul Anwar; Nadya Safitri
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Februari 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.108 KB)

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi dapat memberikan manfaat dengan memberikan kemudahan dalam menintegrasi suatu data sehingga dapat lebih mudah dan terorganisir dengan baik. Sistem Informasi sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan agar dapat menunjang kebutuhan operasional perusahaan. Dengan begitu banyaknya tahapan proses pengiriman maka sangat dibutuhkan sistem informasi yang akan membantu untuk mempermudah dalam pengolahan data pengiriman yang meliputi data jenis kirim atau data pengirim, dengan tujuan mempermudah dalam pengolahan data lebih optimal dan efektif. Kata Kunci: Pengiriman Barang Hasil Produksi, Sistem Informasi, UML(Unifield Modeling Language), Waterfall. Abstract : Information technology can provide benefits to ease in integrating the data so that it can more easily and well-organized. Information systems are indispensable in a company in order to support the operational needs of the company. With so many stages of the delivery process so desperately needed an information system that will help to facilitate the delivery of data processing including data types or data send sender , in order to facilitate the processing of data is more optimal and effective . Keywords: Information Systems, Shipping Production, UML (Unified Modeling Language), Waterfall.
Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Pada Hotel Posters MICE Ari Prabowo; Endang Retnoningsih
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Februari 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.082 KB)

Abstract

Abstrak: Reservasi hotel merupakan suatu kegiatan dimana seorang pelanggan datang ke hotel memesan kamar dan menginap di kamar yang telah dipesan. Pemesanan dilakukan oleh pelanggan, pada hotel Posters MICE proses pendataan pelanggan yang akan menginap masih dilakukan dengan manual. Sehingga membuat pelanggan harus datang ke hotel untuk melakukan pemesanan secara langsung. Sistem informasi reservasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mempercepat pendaftaran atau registrasi saat di bagian resepsionis. Pembatalan pun dapat langsung di kelola oleh admin atau resepsionis. Sehingga memberikan kemudahan lain dalam melakukan pemesanan. Dalam membuat system informasi ini menggunakan metode pengembangan sistem berupa waterfall . Pada saat pembuatan program menggunakan visual basic NET 2010. Untuk database yang digunakan untuk membuat database pada menggunakan sqlserver 2008. Penerapan sistem informasi ini dapat membantu para pegawai dalam mendata pelanggan yang menginap serta mengelola kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam menunjang bisnis hotel. Kata Kunci: hotel, sistem informasi Abstract: Hotel reservations an activity in which a customer came to the hotel to book a room and stay in the rooms that had been booked. Booking is done by the customer, the hotels Posters MICE customer data collection process that will stay is still done by hand. Thus making the customer must come to the hotel to make a reservation directly. The reservation information system is an application that can help speed up the registration or registration time at the front desk. Cancellations can be directly managed by the admin or receptionist. Thus providing another convenience in making reservations. In making this information system using the method of system development in the form of a waterfall. At the time of making the program using Visual Basic .NET 2010. For a database used to create the database using sqlserver 2008. The implementation of this information can help employees to log the customer who stay and manage the information requirements needed to support the hotel business. Keywords: hotel, information system
Analisis Laporan Keuangan PT Ciputra Property Tbk Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Perusahaan Pada Periode 2011-2014 Cindy Yuliane Khanjaya; Triyogo Moelyo Adi
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.102 KB)

Abstract

Abstrak: PT Ciputra Property Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang property, banyak perusahaan sejenis sehingga perusahaan harus dapat bersaing dan bertahan dengan perusahaan lainnya, untuk menilai kinerja perusahaan diperlukan alat ukur tertentu. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis rasio keuangan. Tujuan peneliti yaitu untuk memberi gambaran tentang keadaan laporan keuangan perusahaan dengan membandingkan rata-rata industri. Jenis data yang peneliti dapat yaitu data sekunder ekternal yang peneliti dapat dari web Bursa Efek Indonesia. Hasil dari analisis laporan keuangan perusahaan sebagai berikut : (1) Rasio likuiditas perusahaan mengalami penurunan, tetapi perusahaan masih dalam keadaan liquid. (2) Rasio solvabilitas perusahaan mengalami kenaikan, tetapi perusahaan masih dalam keadaan solvable. (3) Rasio profitabilitas perusahaan untuk rasio laba kotor dan laba bersih lebih baik dibanding dengan rata-rata industri, sedangkan rasio return on asset dan return on equity kurang baik dibandingkan dengan rata-rata industri. (4) Rasio aktivitas perusahaan masih kurang baik dibandingkan dengan rata-rata industri. Kata kunci: Laporan Keuangan, Rasio Aktivitas, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio profitabilitas Abstract: PT Ciputra Property Tbk is one company that is engaged in property, many of its peers so the company should be able to compete and survive with other companies, to assess the performance of the company required a certain measuring devices. In this case the researchers used financial ratio analysis. Destination researchers is to give an overview of the state of the company's financial statements by comparing the industry average. The type of data that researchers can namely external secondary data that researchers can from the web Bursa Efek Indonesia. The results of the analysis of the company's financial statements as follows (1) Company's liquidity ratio has decreased, but the company is still in a liquid state. (2) The company's solvency ratio increased, but the company is still in a state of solvable. (3) Profitability ratios for the ratio of gross profit and net profit is better than the industry average, while the ratio of return on assets and return on equity is less good than the industry average. (4) The ratio of the company's activities is still not good compared with the industry average Keywords: Financial Statement, Activity Ratio, Liquidity Ratio, Solvency Ratio, Profitability ratios
Sistem Informasi Pemilihan Siswa Terbaik SMP Tinta Emas Indonesia Bangga Tua Siregar; Herlawati Herlawati
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1076.004 KB)

Abstract

Abstrak:Dalam menentukan siswa terbaik akan selalu menjadi proses yang memerlukan waktu yang lama dan rumit. SMP Tinta Emas Indonesia dalam hal pemilihan siswa terbaik sudah memiliki kirteria yang diharus dimiliki siswa, yaitu nilai akademik, ahklak atau prilaku, kedispilinan, dan keaktifan siswa dalam organisasi sekolah. Pembuatan dan pengembangan sebuah sistem pemilihan dengan menggunakan Metode Waterfall dan yang mengacu pada Metode Perbandingan Eksponensial bertujuan untuk mempermudah pihak sekolah dalam menentukan siswa terbaik. Metode Perbandingan Eksponensial merupakan metode yang mampu menentukan prioritas alternatif keputusan dengan menggunakan beberapa kriteria. Penentuan nilai bobot dan nilai kepentingan dalam setiap kriteria sangat diperlukan untuk mempermudah dalam proses perhitungan dengan metode perbandingan eksponensial. Proses implementasi sistem informasi pemilihan siswa terbaik dilakukan dengan sample 20 orang siswa. Hasil dari implementasi didapatkan bahwa siswa bernama Camelia Fathum memperoleh nilai tertinggi dengan skor 779, dan siswa bernama Widya Indah Setyani memperoleh nilai terendah dengan skor 165. Kata Kunci :Metode Perbandingan Eksponensial, Sistem Pemilihan Siswa Terbaik, Waterfall. Abstract:In terms of determine the best student which would require hard process and takes such a long time. SMP Tinta Emas Indonesia had already own criterias that students should achieve in case of selection the best students there are; academic values, morals and behaviours, disciplinary and student's activeness in school organization. The establishment and development of selection system with “Waterfall Method” which also refers to “Exponential Comparison Method” has purpose to facilitate the school to decided the best student. The exponential comparison method is a method that able to determine an alternative decision priority with some criterias. Determination the score and values of interest in each criteria is needed to simplify the counting process in this method. The implementation process of this system information is to deciding the best student, we took 20 students in first grade on SMP Tinta Emas Indonesia as samples. The result showed that student named Camellia Fathum got the highest score with 779 point, and Widya Indah Setyani got 165 point as the lowest score.information technology devices are expected to facilitate IT departments in data processing at any time using the website facility. Keywords: Best Student Selection System, Exponential Comparison Method, Waterfall Method.
Sistem Informasi Pemesanan Barang Produksi Pada PT JCO Donuts And Coffee Menggunakan Metode Waterfall Gayuh Royan Pramadhan; Rama Adistya Nurtjahya Pamudji
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Februari 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.019 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan Penulisan Tugas Akhir ini adalah memberikan gambaran tentang sistem yang berjalan pada PT. Jco Donuts And Coffee. Metode yang digunakan adalah metodologi Iterassi. Perancangan yaitu dengan pembuatan diagram Use Case, ERD, rancangan masukan dan keluaran. Aplikasi Pemesanan ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan Sql Server. Hasil yang didapat dari Aplikasi Pemesanan yaitu mempermudah proses pemesanan konsumen serta dalam memperoleh informasi dalam melakukan pemesanan Kata Kunci: analisis pekerjaan, asuransi, proses, uraian pekerjaan. Abstract: A Company needs to carry out job analysis, because job analysis is one of process to get an overview of the work. Job analysis has phases which will generate job description and job specification effectively and efficiently. The purpose of this research is to know the process of the preparation of job description based on phases of job analysis administration underwriting/claim staff, technique section in company and the methods used to conduct research is by interview and the data of the company. The result showed that the company carried out phases are, planning job analysis, preparing job analysis, implementation job analysis, and evaluation job analysis of the phases, the phases generate job description. Keywords: job analysis, insurance, process, job description.
Analisis Prosedur Pengendalian Intern Penjualan Kredit Pada PT Prima Orbit Saahdila Indrijayanti; Natalia Titik Wiyani
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2016)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.842 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini berfokus pada prosedur penjualan kredit yang diterapkan perusahaan dalam mendukung upaya peningkatan pengendalian intern PT Prima Orbit. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pada keadaan yang sebenarnya yang diperoleh dari data skunder dan primer untuk mengetahui dan menganalisis pemasalahan yang ada pada objek penelitian sehingga dapat memeberikan saran dari permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian pada PT Prima Orbit menunjukan bahwa Perusahaan tidak memiliki beberapa dokumen yang seharusnya diperlukan dalam siklus pendapatan seperti faktur penjualan, salinan kredit, dan catatan piutang pelanggan serta masih terjadi perangkapan tugas seperti fungsi penjualan merangkap fungsi kredit. Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Prosedur, Penjualan Kredit, Pengendalian Intern Abstract: The purpose of this study focuses on credit sales procedure applied by the company in support of efforts to improve internal control PT Prima Orbit. This research was conducted with a qualitative descriptive method by describing the actual circumstances derived from primary and secondary data to identify and analyze the existing problems in the research object so it can be giving out advice from the problems encountered. Results of research at PT Prima Orbit indicates that the Company does not have some documents that should be required in the revenue cycle such as sales invoices, copies of credit and notes receivable customers and is still occur germinating tasks such as sales functions concurrently credit function. Keywords: Accounting Information Systems, Procedures, Credit Sales, Internal Control
Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Prosedur Penggajian Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Direktorat Jendral Perhubungan Udara Chalimatun Sa’diah; Khalisah Visiana Subekti
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.768 KB)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Sistem Pengendalian Intern terhadap Prosedur Penggajian PNS yang sesuai dengan komponen COSO dan PP No.60 Tahun 2008 pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Sistem pengendalian intern penggajian PNS pada Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menunjukkan bahwa pengendalian internal telah dilakukan dengan baik. Terdapat pemisahan fungsi yang sesuai dengan struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang baik, serta praktik yang sehat dalam pelaksanaan fungsi setiap unit organisasi. Kata Kunci:Sistem Pengendalian Intern, Sistem, Prosedur Penggajian Abstract:This study aims to know about the system internal control procedures salary of civil servants in accordance with components COSO and PP the government regulation No.60 2008 in Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Data collections method used observation, interview, and the library study. While the method of analysis the data used qualitative analysis. The research has been done can be concluded that the existence of the structure of the organization have limits the authority and responsibility of the separation a duty in any activity and authorizing proper. Internal control system of the recitation civil servants or PNS in Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara shows that controllinggood. There are separation functions corresponding to those of the structure of the organization, system authorization and procedures recording good, and practices that kind in the implementation of the function of all organizational unit. Keywords:Internal control system, system, procedure salary
Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Obat Pada Apotek Nabila CareBekasi Tirta Alvi Fagasta; Widyo Wicaksono; Rita Wahyuni Arifin
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Agustus 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.987 KB)

Abstract

Abstrak:Sistem informasi merupakan bagian penting dalam mengelola dan menjalankan semua kegiatan. Satu diantaranya adalah sistem informasi penjualan dan pembelian obat, sistem informasi penjualan dan pembelian obat yang sekarang ini digunakan di Apotek Nabila Care Bekasi masih belum menggunakan sistem informasi berbasis komputer. Dalam memenuhi kebutuhan apotek khususnya untuk menangani masalah penjualan dan pembelian obat,pembuatan laporan, sistem penjualan dan pembeliannya belum berjalan secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan sehingga apotek masih membutuhkan sistem yang lebih baik dengan menggunakan sistem komputerisasi. Metode pengembangan sistem, penulis menggunakan metode Waterfall dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Sedangkan alat bantunya menggunakan UML. Implementasi dan rancangan program penulis menggunakan Visual Studio 2005 dengan SQL Server sebagai Databasenya serta Crystal Report sebagai tampilan dari output aplikasi yang penulis buat. Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi penjualan dan pembelian obat pada Apotek Nabila Care Bekasi diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data penjualan dan pembelian obat dengan cara meminimalisasi atau bahkan menghilangkan kesalahan, sehingga sasaran dan tujuan dari Apotek Nabila Care Bekasi dapat tercapai secara maksimal. Kata Kunci:Sistem Informasi, Apotek, Obat, Penjualan, Pembelian. Abstract:The information system is an important part in managing and running all the activities. One of them is the information system of sales and purchase of medicines, information systems sales and purchase of drugs currently used in the Pharmacy Care Nabila Bekasi still not using the computer-based information systems. In meeting the needs of pharmacies, especially for dealing with the sale and purchase of drugs, report generation, sales and purchase system has not run optimally as expected so the pharmacy still need a better system by using a computerized system. System development methods in the preparation of this thesis, the author use the Waterfall method with data collection techniques used were interviewed, observation, and literature. While supporting equipment using UML. Implementation and program design author using Visual Studio 2005 with SQL Server as the database is and Crystal Report as a display of the output application that the author made. With the implementation of information system applications sales and purchase of medicines in pharmacies Nabila Care Bekasi is expected to simplify and speed up data processing, sales and purchase of drugs in a way to minimize or even eliminate the error, so that the goals and objectives of Nabila Care Pharmacy Bekasi can be achieved to the fullest. Keywords:Information System, Pharmacy, Drug, Sales ,Purchasing.
Proses Menangani Surat Masuk Pada Bagian Sekretariat Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung Agusfina Agusfina; Selfiana Selfiana
JURNAL MAHASISWA BINA INSANI Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Bina Insani (Februari 2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.662 KB)

Abstract

Abstrak: Surat adaah alat komunikasi penyampaian informasi secara tertulis dari satu pihak ke pihak lain. Surat yang berasal dari eksternal yaitu surat yang berasal dari Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II. Proses menangani surat masuk eksternal yaitu surat perihal penerusan surat Kepala KPP Batam Utara No. S-6170/WPJ.02/KP.08/2015 himbauan konfirmasi kebenaran atas transaksi penyerahan BKP/JKP ke kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam dan surat permintaan daftar usulan peserta leadership development program tahap pertama menerima surat, membuka amplop, menyortir, mencatat yaitu merekam surat, menyerahkan, dan menyimpan di ordner ke dalam lemari arsip. Surat masuk yang berasal dari internal yaitu Nota Dinas dari Kepala Seksi Pemeriksaan dan Kepala Seksi Waskon III. Proses menangani surat masuk internal yaitu nota dinas perihal pembahasan perhitungan Wajib Pajak sesuai INS-04/PJ/2015, dan Nota Dinas dengan perihal permohonan nomor sekuen untuk proses pencetakan KEP pembetulan STP tahap pertama menerima, menyerahkan, sekretaris tidak melakukan pencatatan, mengarsipkan, men-scan, sekretaris tidak mendistribusi nota dinas, dan menyimpan nota dinas di lemari arsip. Kata kunci: Surat, diterima, disortir, dicatat, menyerahkan, disimpan. Abstract: Mail is a communication tool to deliver information in writing from one party to another party. Incoming mail from the external is a letter from the Regional Office DGT West Java II. Process external handle incoming mail is a letter concerning the forwarding letter head of local North Batam No. S-6170 / WPJ.02 / KP.08 / 2015 call for confirmation of the truth on delivery transactions BKP / JKP to a free trade zone and free port of Batam and a request letter proposed list of participants leadership development program's first phase received a letter, opening envelopes, sorting, noting namely record mail, deliver, and store in ordner into a filing cabinet. Incoming mail that comes from an internal memorandum that the Office of Inspection Section Chief and Section Head Waskon III. The process of handling incoming mail ie internal memos regarding the discussion of the calculation of the taxpayer in accordance INS-04 / PJ / 2015, and the Memorandum of Office with the subject application for number sequences for the printing process KEP rectification STP first stage receives, delivers, the secretary did not record, archive, download -scan, the secretary did not distribute memos and store memos in the file cabinet. Keywords: Letter, received, sorted, recorded, surrender, stored.

Page 1 of 12 | Total Record : 119