cover
Contact Name
Haqiqi Rafsanjani
Contact Email
rafsanjanihaqiqi@gmail.com
Phone
+6281250614657
Journal Mail Official
jurnalmasharifal-syariah@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya Jl. Sutorejo No. 59, Surabaya – Jawa Timur – Indonesia. Telp (031) 381-1966 Email: jurnalmasharifal-syariah@um-surabaya.ac.id, Website: www.um-surabaya.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
ISSN : 25276344     EISSN : 25805800     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/jms.v6i3.7248
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This journal is published three times a year (April, August and December). This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on islamic banking, islamic finance, islamic microfinance institutions, non-bank financial institutions, islamic capital market, islamic economic and other themes related to Islamic finance.
Articles 62 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023)" : 62 Documents clear
Penerapan Akad Wakalah Bil Ujrah pada Perbankan Syariah: Studi Kualitatif Persepsi Mahasiswa PascaSarjana M. Ziqhri anhar Nst; Andri Soemitra
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.17358

Abstract

Dalam agama Islam akad adalah sesuatu hal yang sangat panting yang dapat membedakan antara hal yang halal dengan yang haram, walaupun sesuatu pekerjaan yang sama dilakukan tetapi tanpa adanya kontrak atau perjanjian terlebih dahulu maka pekerjaan itu bisa menjadi sesuatu yang dilarang. Dari akad inilah kemudian akan lahir tindakan yang harus juga sesuai dengan aturan Yang ada dalam kontrak, oleh karena itu perbedaan akad ini dapat menunjukan mana kontrak yang jenisnya bisnis atau mencari untung dan mana kontrak yang jenisnya tidak mengharapkan keuntungan duniawi atau tanpa mengharap imbalan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan mengkombinasikan antara analisis dokumen dan diperkaya dengan teknik wawancara, hasil dari penelitian ini yaitu bagaimana penerapan wakalah bil ujroh pada asuransi (bank isurance), penerapan Penerapan Akad Wakalah bil Ujroh pada Letter of Credit (LC) dan penerapan Penerapan Akad Wakalah bil Ujroh pada (DPLK) penerapan tersebut sudah sesuai dengan syariat.
Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Pembiayaan terhadap Market Share pada Bank Umum Syariah melalui Asset sebagai Variabel Intevening dari Tahun 2017-2021 Laila Nur Sabila
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18045

Abstract

Penelitian ini menganalisa pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Pembiayaan terhadap Market Share (MS) melalui Aset sebagai variabel intervening di Perbankan Syariah Indonesia tahun 2017-2021. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh aset langsung dan tidak langsung antara variabel DPK dan pembiayaan terhadap Market Share perbankan Syariah di Indonesia. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif sengan populasi Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling diperoleh 4 Bank Umum Syariah (BUS) periode 2017-2021. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel DPK, pembiayaan, dan asset secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap market share perbankan syariah. Secara parsial, variabel DPK berpengaruh dan signifikan terhadap asset, variabel pembiayaan berpengaruh dan signifikan terhadap asset, variabel asset berpengaruh dan signifikan terhadap market share, variabel DPK tidak berpengaruh terhadap market share, dan variabel pembiayaan berpengaruh negative terhadap market share. DPK terhadap MS melalui Aset sebagai variabel intervening mempunyai nilai koefisien jalur yang tidak signifikan sehingga asset belum bisa menjadi mediasi antara DPK dan MS.Kata kunci: DPK, Pembiayaan, Aset, Market Share
Pengaruh DPK dan CAR terhadap Pembiayaan Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2015-2021 Panca Lestari Rahmawati
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.16360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Capital Adequacy Ratio terhadap Pembiayaan Mudharabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia (periode 2015-2021). Sampel diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, terdapat enam bank yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dana Pihak Ketiga berpengaruh secara positif terhadap Pembiayaan Mudharabah, sedangkan Capital Adequacy Ratio tidak memiliki pengaruh terhadap Pembiayaan Mudharabah. Namun secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap Pembiayaan Mudharabah.
Analisis Determinan dan Motivasi Mahasantri Menggunakan Tabungan di Bank Syariah Cici Insiyah; Lisniati Lisniati
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18225

Abstract

AbstractThis study aims to analyze the factors and motivations of the daughters of the intensive IDIA program in using Islamic bank savings. The phenomenon raised in this study concerns the interest in saving for female students who live in a religious environment, namely at Islamic boarding schools and the low interest in saving for female students from the FEBI faculty. To examine this problem, researchers used a qualitative case study approach. The research subjects were IDIA intensive program students who saved at Islamic banks. Data collection is done through observation, interviews and documentation. Based on the results of the study, it is stated that the factors that influence students saving behavior, in Islamic banks, are that generally students save from the remaining pocket money sent by their parents every month. future needs Even though female students have a low level of financial literacy, they still have good self-control in using financial resources, as well as strong religiosity and avoid riba. Meanwhile, the biggest motivation that encourages students to save in Islamic banks is to anticipate future needs. Out of 241 mahasantri, there are 23% of mahasantri who have saving behavior. According to Chen Volpe, a good level of financial literacy is <60%. If the percentage is interpreted into Chen Volpe's level of financial literacy, the level of student financial literacy is very low.Keywords: Factors, Motivation to Save, Mahasantri, Sharia Bank
Pengaruh Inflasi, Bank Size, CAR, dan FDR terhadap Tingkat NPF Bank Victoria Syariah Tahun 2013-2021 dengan Pendekatan Robust Regression Lelis Nabila Falabibah; Rendra Erdkhadifa
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18155

Abstract

Non Performing Financing shows the level of problem financing in Islamic banks ranging from substandard to non-performing groups caused by bank external and internal factors. The purpose of this study was to determine the effect of external and internal bank factors on the NPF level of Bank Victoria Syariah. The research approach uses a quantitative approach and associative type of research to determine the relationship between inflation, bank size, CAR, and FDR variables on Bank Victoria Syariah's NPF. The sample in this study is Bank Victoria Syariah's quarterly financial reports for 2013 to 2021 including data on NPF, bank size, CAR, and FDR along with published data on Bank Indonesia's inflation from 2013-2021. The process of data analysis using a robust regression analysis-S estimation. The results of this research show that inflation, bank size, and CAR have an influence on NPF. The FDR variable shows no effect on the NPF level of Bank Victoria Syariah.
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah Riskia Putri; Fadilah Fadilah
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18568

Abstract

Abstrak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan di BPRS Bhakti Sumekar kemudian dijabarkan dalam dua fokus penelitian yaitu pertama strategi pemasaran produk pembiayaan KPR Syariah dan kedua untuk mengetahui strategi manakah yang paling efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah dan untuk mengetahui strategi yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran 4p (Product, Price, Place, Promotion). Sedangkan strategi yang paling efektif adalah strategi promosi, dimana pihak bank bersosialisasi kesemua instansi dan membagikan brosur secara langsung ke masyarakat. Pemasaran yang dilakukan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep sudah sesuai syariah dan selalu mengedepankan pelayanan yang optimal serta menjunjung tinggi etika, moral dan akhlak dalam segala kegiatan operasional. Kata kunci: Strategi Pemasaran ;Pembiayaan ; KPR Syariah
Analisis Peran Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indoesia (IZI) Sumatera Utara dalam Menyalurkan Dana CSR (Corporate Social Responsibility) Perusahaan Dedek Melisa; Tri Inda Fadhila Rahma; Mawaddah Irham
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18686

Abstract

Hadirnya LAZ IZI SUMUT untuk membantu perusahaan dalam mengelola dana csr perusahaan dengan professional, bersih, transparan dan amanat. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, prosedur, program-program, peluang dan tantangan LAZ IZI Sumut dalam menyalurkan dana CSR (Corporate Social responsibility) perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah LAZ Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Cabang Sumut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hal-hal sebagai berikut: Peran LAZ Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut dalam menyalurkan dana csr perusahaan yaitu membantu perusahaan PT. Permina Gas ONSA (Operational Nort Sumatera Area) dalam pengelolaan, penyaluran dan pelaksanaan program. Ada 2 prosedur dalam penyaluran dana csr yaitu pertama prosedur penyaluran dana csr dan Kedua, prosedur alur penerima manfaat. Program-program yang dilaksanakan untuk penyaluran dana CSR perusahaan melalui lembaga amil zakat IZI Sumatera Utara terdiri atas dua program, yaitu program penyaluran dana konsumtif, dan program penyaluran dana produktif. Peluang bagi pihak lembaga yaitu menjadi lembaga yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat dan dapat menambah kepercayaan kepada perusahaan-perusahaan lainnya untuk menyalurkan dana CSR melalui IZI Sumut. Dan  kendala dan tantangan yang dialami LAZ IZI Sumut yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam hal keseriusan, konsistensi, dan kemauan dalam menjalankan program dengan baik.Kata Kunci: Peran, Dana Corporate Sosial Responsibility, Perusahaan.
Penggunaan Dana Lembaga Ekonomi Desa (LED) dalam Meningkatkan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Persfektif Maqasid Syariah (Studi Masyarakat Desa Sei Bamban, Kecamatan Batang Sarangan, Langkat) Reni Dwijaya; Kamila K; Nursantri Yanti
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18753

Abstract

AbstractThis paper aims to see how the use of Sumber Rezeki Village Economic Institution (LED) funds in Sei Bamban Village, Batang Serangan District in increasing the welfare and empowerment of the community in the perspective of maqashid sharia, by conducting in-depth research using qualitative methods with a descriptive approach by extracting data sources through observation, interviews and documentation. Furthermore, data triangulation techniques were carried out at the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions to see the validity of the data. The results of the study show that the funds lent by Sumber Rezeki LED are not in accordance with the values and principles of maqashid sharia. However, LED Sumber Rezeki's other actions are in accordance with the principles and values of maqashid sharia. Thereby increasing the welfare and empowerment of the people of Sei Bamban Village, Batang Serangan District.Keywords: Maqasid Sharia; Welfare and Empowerment; Village Economic Institution Fund (LED)
Pengaruh Promosi Shopee Affiliate, Promosi Bellow The Line, dan Positive Emotion terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee di UINSU) Kinanti Putri Bestari; Muhammad Arif; Mawaddah Irham
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.18688

Abstract

Penelitian Kinanti Putri Bestari (2023) Skripsi berjudul, “Pengaruh promosishopee affiliate, promosi bellow the line, dan positive emotion terhadapkeputusan pembelian impulsif secara online (Studi kasus mahasiswa pengguna aplikasi shopee di UINSU)” dengan dosen pembimbing skripsi 1 Bapak Dr. Muhammad Arif, MA serta dosen pembimbing 2 Ibu Mawaddah Irham, M.E.I.Penelitian ini bertujuan guna menelaah pengaruh shopee affiliate, promosibellow the line serta positive emotion terhadap pembelian impulsif secara online pada mahasiswa UINSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data mengenakan kuisioner dengan teknik simple randomsampling sejumlah 99,67 namun saya bulatkan menjadi 100 responden. Dengancatatan siswa aktif UINSU. Semua variabel independen mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen. PromosiShopee Affiliate tidak berpengaruh dengan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Promosi Below The Line tidak berpengaruh dengan signifikan terhadapKeputusan Pembelian Impulsif. Positive Emotion berdampak dengan konkret serta signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Hal ini dapat dilihat dari skor thitung ialah sebesar 5,094 serta koefisien regresi (β) 1,708 dengan probabilitas (p) = 0,000 dan menandakan bahwa semakin tinggi nilai Positive Emotion, maka semakin tinggi Keputusan Pembelian Impulsifnya. Berdasarkan ketentuan uji F dimana skor probabilitas (p) ≤ 0,05, maka dapat dikatakan bahwaPromosi Shopee Affiliate, Promosi Below The Line, Positive Emotion dengan simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif secara online pada mahasiswa UINSU.Kata Kunci : Promosi Shopee Affiliate, Promosi Bellow The Line, Positive Emotion, Pembelian Impulsif
Penerapan Green Economy dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pemanfaatan Lahan Kosong Pekarangan Rumah: Studi Literatur Riview Firqotus Sa'idah; Nasruddin Nasruddin; Madnasir Madnasir; Muhammad Iqbal Fasa
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 8 No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/jms.v8i2.16422

Abstract

The environment is the main thing that needs to be preserved by humans, the problems that often occur in this country are not spared from environmental problems. So that this problem is not only the individual responsibility of a State but also the responsibility of all human beings in the world. This article aims to describe the concept of a green economy in an effort to increase community income through the use of yard land that plays a role in environmental conservation in the form of coolness, harmony, beauty, and even helping to mitigate greenhouse gases. The research was conducted qualitatively using literature analysis tools or review of review.  Literature review studies are a method used by researchers to collect data or find out sources related to this topic that can be obtained from various sources such as journals, books, the internet, and other sources. The data was obtained by searching for literature sources.  The result in this study is that the green economy is an economic behavioral concept that pays attention to economic growth along with the concept of preventing damage to the natural environment and declining environmental quality. Which results in an increase in human well-being and social well-being.  One of them is the use of yard land which currently focuses on vegetable cultivation businesses that can meet family needs and be sold to increase family income.  By preserving theenvironment the family's income increases, human welfare and social welfare will be fulfilled.