cover
Contact Name
Misbah
Contact Email
misbah_pfis@ulm.ac.id
Phone
+628975586104
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Brigjen H. Hasan Basry Street, Mail Box 87 Building of Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 25499955     EISSN : 25499963     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) published three times a year in February, June, and October. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles about the results of research in the field of physics education including: Learning models , Learning methods, Learning media , Assessment, Teaching materials Curriculum
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019" : 5 Documents clear
Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sosial Peserta Didik Girik Jean Fery Yani Bangun; Mustika Wati; Sarah Miriam
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.53 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i2.1035

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan modul fisika menggunakan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains dan sikap sosial peserta didik, dengan tujuan khusus yaitu untuk mendeskripsikan: 1) validitas modul, 2) kepraktisan modul, dan 3) efektivitas modul. Jenis penelitian yaitu R & D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas XI PMIA 1 berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari lembar validasi modul, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, lembar pengamatan keterampilan proses sains dan sikap sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) validitas modul dilihat dari hasil lembar validitas ahli akademisi dan praktisi berkategori sangat baik, 2) kepraktisan modul dilihat dari lembar keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik, dan 3) efektivitas modul dilihat dari tes hasil belajar berkategori sedang, pencapaian keterampilan proses sains dilihat dari hasil pengamatan berkategori baik, dan pencapaian sikap sosial dilihat dari hasil pengamatan berkategori baik. Disimpulkan bahwa modul fisika menggunakan model inkuiri terbimbing valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan Saudah Saudah; Muhammad Arifuddin; Suyidno Suyidno
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.036 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i2.1029

Abstract

Tingkat pemahaman konsep fisika siswa yang rendah memberikan dampak rendah aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mendiskripsikan cara meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa melalui model PBF. Penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart terdiri dari 2 siklus, yangmencakup perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data melalui observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan observasi aktivitas siswa, dan tes pemahaman konsep, Kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan: (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I maupun siklus II dapat tercapai dengan baik/sangat baik, (2) siklus I aktivitas siswamemperoleh kriteria baik (mendengarkan penjelasan guru dan berdiskusi dengan kelompok) dan kriteria kurang (memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan), mengalami peningkatan pada siklus II menjadi baik/sangat baik, dan (3) secara klasikal ketuntasan pemahaman konsep siswa untuk siklus I sebesar 13,33% (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi 86,67% (tuntas). Diperoleh simpulan yaitu pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui model PBF pada materi tekanan.
Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Karlina Karlina; Eko Susilowati; Sarah Miriam
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.105 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i2.1030

Abstract

Minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, minat , dan  hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 2 siklus setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik, 2) Minat peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkat dari 74 dengan  kriteria baik menjadi 82 dengan kriteria sangat baik, dan 3) Hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 23,3% menjadi sebesar 80%. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Materi Usaha dan Energi melalui Problem Based Instruction Saidah Saidah; Samsuni Samsuni; Ikhwan Khairu Sadiqin; Jamilah Jamilah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.077 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i2.1031

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi kondisi siswa SMAN 1 Daha Utara terkendala dalam menyelesaikan soal perhitungan pada materi Usaha dan Energi sehingga mengakibatkan hasil belajar cenderung rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus PTK mengikut pendapat John Elliot yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 29 orang siswa. Instumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus 1 berada pada kualifiaksi cukup baik dengan persentase 44,83% meningkat menjadi kualifikasi baik pada siklus II sebesar 55,17%. Hasil belajar siswa XI IPA-1 SMAN 1 Daha Utara pada materi usaha dan energy dengan problem based instruction terjadi peningkatan.
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbai melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal Noor Latifah Hasani; Sri Hartini; Syubhan Annur
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2019): JUNI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.507 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i2.1034

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains (KPS) yang berkategori kurang baik dan karakter kayuh baimbai yang berkategori cukup baik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan KPS dan karakter kayuh baimbai melalui modul fisika bermuatan kearifan lokal dengan model kooperatif. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin berjumlah 27 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi karakter kayuh baimbai, lembar penilaian KPS, dan tes hasil belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan : 1) keterlaksanaan RPP siklus I 80,14% berkategori baik dan pada siklus II 81,99% berkategori sangat baik; 2) KPS pada siklus I 81,13% berkategori baik dan siklus II 91,2% berkategori baik; 3) karakter kayuh baimbai pada siklus I 3,94 berkategori baik dan siklus II 4,4 berkategori baik; dan 4) hasil belajar siswa siklus I 88,90% berkategori tuntas dan siklus II 92,60% berkategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan proses sains dan karakter kayuh baimbai siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin pada materi fluida statis meningkat setelah diterapkan modul fisika bermuatan kearifan lokal dengan model kooperatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5