cover
Contact Name
Sri Hariyani
Contact Email
pi@unikama.ac.id
Phone
+6281332496234
Journal Mail Official
srihariyani@unikama.ac.id
Editorial Address
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Jl. Supriadi No 48 Malang. Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Pi: Mathematics Education Journal
ISSN : 25975161     EISSN : 25976915     DOI : https://doi.org/10.21067/pmej
Core Subject : Education,
Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of mathematics. We welcome authors for original research articles aims on Mathematics Education. Subjects suitable for publication include, but are not limited to the following fields: 1. Learning mathematics 2. Media development of mathematics 3. Assesment and evaluation in mathematics 4. Mathematics curriculum 5. Thinking Process
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2018): October" : 6 Documents clear
LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK Karina Pekasih Dewi Wulandari; Retno Marsitin; Tri Candra Wulandari
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.386 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2743

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui penerapan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Kartika IV-9 Malang. Sampel penelitian adalah kelas VII C dan VII D yang masing-masing berjumlah 31 peserta didik. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Analisis data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah 61,49serta perlakuan yang diberikan pada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 39,39. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Kartika IV-9 Malang.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL TALKING STICK Mohamad Syafi’i; Kiki Fatmalawati
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.666 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2782

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan kegiatan memberikan pertanyaan kepada siswa lain dengan cara melempar bola kertas. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran dengan media tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Asyariah Gintung, Tangerang pada bulan Maret sampai April 2017. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model Snowball Throwing adalah 80,1 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model Talking Stick adalah 60,83. Dalam penelitian komparasional ini, pengujian hipotesis statistik menggunakan uji – t. Hasil analisis data uji beda dua rata – rata hasil belajar matematika menggunakan uji – t diperoleh thitung = 6.712 dan ttabel = 2.002 dengan dk = 58 dan a = 0.05 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Talking Stick.
NILAI AWAL PADA METODE NEWTON-RAPHSON YANG DIMODIFIKASI DALAM PENENTUAN AKAR PERSAMAAN Patrisius Batarius
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.326 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2784

Abstract

Penentuan akar suatu persamaan berarti membuat persamaan tersebut sama dengan nol f(x)=0. Beberapa metode numerik bisa digunakan untuk menentukan akar persamaan yang bentuknya sangat kompleks. Akan tetapi untuk akar ganda, beberapa metode numerik seperti metode bisection, metode regulafalsi, metode Newton-Raphson, metode Secant memiliki kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penentuan nilai awal pada metode Newton-Raphson yang dimodifikasi dalam mementukan akar persamaan yang memiliki akar ganda. Simulasi dilakukan pada persamaan yang memiliki 1 akar tunggal dan 2 akar ganda atau lebih. Dengan metode Newton-Raphson nilai awal yang dipilih dekat dengan akar tunggal maka akarnya terletak pada sekitar atau sama dengan akar tunggal. Namun dengan metode Newton-Raphson yang dimodifikasi pemilihan nilai awal lebih dekat dengan akar tunggal, nilai akar yang dihasilkan menunjuk pada akar ganda.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Septia Eka Cahya Arum Lestari; Sri Hariyani; Nyamik Rahayu
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.176 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2785

Abstract

Pembelajaran yang kurang bervariasi pada siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang menyebabkan siswa bosan dalam pembelajaran, sehingga siswa cenderung menjadi pendengar saja. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, perlu digunakan metode pembelajaran menarik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar matematikapada siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP PGRI 6 Malang dan peneliti yang bertindak sebagai guru. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasanhasil belajar matematika meningkat dari 63,6% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 83,3% siswa yang tuntas pada siklus II.Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa sebesar 19,7%,sehingga terbukti bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KELAS VIII BERCIRIKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA Soffie Kirana; Zuhrotun Nazihah
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.985 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2786

Abstract

Ketersediaan LKS matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Pasuruan yang digunakan saat ini kurang menarik dan inovatif. Hal tersebut menjadikan siswa kurang aktif serta memaknai pembelajaran yang diterima. Oleh karena itu, perlu disusun dan dikembangkan LKS yang berkualitas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS bercirikan RME yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan ( design), dan 3) pengembangan (development). Berdasarkan analisis data terhadap uji kevalidan LKS diperoleh 3,69. Hasil uji coba terhadap uji kepraktisan pada aktivitas siswa diperoleh 4,45 dan aktivitas guru 4,63. Dan hasil uji coba terhadap uji keefektifan diperoleh rata-rata nilai akhir siswa adalah 87,87, sedangkan hasil analisis uji keefektifan produk diperoleh 86,6%. Berdasarkan data tersebut maka produk yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BERBASIS IT MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEMESTER IV IAIN TULUNGAGUNG MELALUI SIKLUS SELF REGULATED LEARNING Dewi Asmarani
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 1 No. 3 (2018): October
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.536 KB) | DOI: 10.21067/pmej.v1i3.2788

Abstract

IAIN Tulungagung sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesiaberkewajiban turut serta mewujudkan generasi muda yang cerdas, bermoral, berakhlak, kreatif,komunikatif, toleran dalam kehidupan dan tidak gagap teknologi. Semakin pesatnyakemajuanTeknologi dan Informasi (IT) sangat berpengaruh terhadap perubahan kurikulum diIAIN Tulungagung. Salah satu kurikulum yang telah berhasil diwujudkan adalah munculnyamatakuliah Pembelajaran Matematika Berbasis IT. Untuk mencapai tujuan dari matakuliahtersebut diperlukan strategi khusus dalam mengajar. Banyak kendala yang harus dihadapi olehdosen ketika mengajarkannya. Sebagai contoh kurangnya sikap kemandirian mahasiswa dalambelajar atau sering kita sebut dengan Self Regulated Learning (SRL). Rendahya SRLmahasiswa ini berdampak pada rendahnya keterampilan juga nilai akademik mahasiswa. Olehkarena itu tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan PembelajaranMatematika Berbasis IT mahasiswa melalui siklus SRL. Siklus tersebut terdiri dari beberapafase. Adapun fase-fase yang dimaksud adalah fase perencanaan (forethought), fasemenampilkan (performance), dan fase refleksi (reflection). Berdasarkan masalah di ataspenelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswaSemester IV A Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Sedangkan instrumen yangdigunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi, lembar tugas, danlembar tes praktik. Dan hasil yang didapatkan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan semakinmeningkatnya kemampuan akademik dan terampilnya mahasiswa dalam mengoperasikanberbagai macam software baru seperti Maple, Autoplay, Geogebra, Lectora Inspire, dan SPSS.

Page 1 of 1 | Total Record : 6