cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02856911     EISSN : 25281518     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2021): Maret" : 20 Documents clear
Analisa peramalan penjualan produk retailer pada pt.abc menggunakan laporan penjualan 2018 dan 2019 Francisca Hermawan; Set Diana Stephani; Yudith Dyah Hapsari
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.8454

Abstract

Tujuan penulis melakukan penelitian pada bisnis UMKM PT ABC untuk mengetahui tingkat penjualan produk isi tabung gas dan air mineral kemasan gallon tahun 2018 dan 2019, dan ramalan penjualan tahun 2020 dan 2021 dengan metode Regresi Linier Sederhana. Data yang digunakan data sekunder yaitu data penjualan 2018 dan 2019 sedangkan data lain diperoleh dari studi pustaka dari buku-buku, website, jurnal internasional/nasional. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target penjualan PT. ABC sudah berhasil karena dapat menjual diatas target yang telah ditentukan perbulan yaitu sebesar 10.000 pcs kemasan gallon, gas 3 kg sebanyak 5.000 dan gas 12kg sebanyak 500. Selama 2 tahun periode penelitian yang dilaksanakan, perusahaan tidak memiliki peningkatan ataupun penurunan target penjualan. Penelitian ini mencangkup 2 tahun laporan penjualan dengan mencangkup 12 bulan pertahun sehingga total bulan yang digunakan ialah 24 bulan. Data tahun yang digunakan ialah tahun 2018 sampai tahun 2019.
Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja sebagai variabel intervening dalam meningkatkan kinerja Lisa Harry Sulistiyowati; Agustina Agustina
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.8342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja pada salah satu perusahaan benang di Cirebon .Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif, dalam penelitian ini terdapat satu 1 variable independen yaitu pelatihan dan satu variable intervening yaitu motivasi serta satu 1 variable dependen yaitu kinerja. Populasi dalam penelitian inisebanyak 56 karyawan benang PT. A Cirebon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik penarikan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi ganda serta uji hipotesis menggunakan analisis regresi variable intervening dengan metode kausal step dengan menggunakan bantuan Aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil persamaan yang didapatkan maka dinyatakan bahwa motivasi kerja bisa dijadikan variabel intervening dalam pengaruh pelatihan terhadap kinerja, walaupun pengaruhnya hanya 0,333
Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee Shafira Ramadhanti Salsyabila; Aditya Ryan Pradipta; Danang Kusnanto
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.8509

Abstract

Minat Beli pada marketplace Shopee dapat dipengaruhi oleh Promosi dan Kualitas Pelayanan yang baik, dimana Promosi yang baik dapat meningkatkan Minat Beli berbelanja online di marketplace Shopee. Kualitas Pelayanan yang baik akan berpengaruh terhadap Promosi, sehingga Minat Beli berbelanja online di marketplace Shopee semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada marketplace Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 186 responden menggunakan metode Insidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh parsial promosi terhadap Minat Beli pada marketplace Shopee secara signifikan sebesar 37.4%. Terdapat adanya pengaruh parsial kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace Shopee secara signifikan sebesar 18%. Kemudian adanya pengaruh simultan promosi dan kualitas Pelayanan terhadap minat Beli pada marketplace Shopee secara positif dan signifikan sebesar 55,4% sedangkan sisanya 44,6% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Potensi wirausaha geowisata pasca bencana alam likuifaksi Risnawati Risnawati; Wiri Wirastuti; Sri Wanti; Surayya Surayya; Asriadi Asriadi; Riswandi Riswandi
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.8707

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan potensi wirausaha geowisata di lokasi daerah Balaroa pasca bencana likuifaksi yang terjadi pada 28 September 2018. Geowisata merupakan objek kepariwisataan yang terbentuk dari alam itu sendiri dan memanfaatkan alam sebagai objek utama. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu menguraikan secara langsung berdasarkan apa yang ditemukan dilapangan melalui observasi, pengamatan, wawancara, studi lapangan, serta studi kepustakaan. Adapun hasil pada penelitian adalah terdapat beberapa potensi geowisata yang dapat dimanfaatkan sebagai wirausaha yaitu sektor pariwisata seperti restoran dan rumah makan, industri kerajinan, dan budaya. Sektor perkebunan yakni sektor agrowisata, sektor peternakan seperti ternak kambing, sapi, dan kuda, dan sektir lainnya yang mendukung destinasi geowisata di daerah Likuifaksi Balaroa.
Manajemen komunikasi politik dalam kebijakan amnesti pajak di indonesia Sari Arsita
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.9072

Abstract

Pembangunan yang berlangsung selama ini di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkannya, pemerintah harus meningkatkan sumber penerimaan dalam negeri dari pajak. Salah satunya melalui kebijakan pengampunan pajak. Penelitian ini membahas tentang peranan manajemen komunikasi politik dan hambatannya dalam pelaksanaan kebijakan amnesti pajak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah pemerintah menjalankan perannya sebagai komunikator politik dengan memanfaatkan media komunikasi yang ada seperti media online. Perkembangan teknologi dan informasi ini memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk mengakses dan memberikan feedback dari pesan yang disampaikan pemerintah secara langsung dan cepat. Hambatan yang ada dalam komunikasi politik kebijakan amnesti pajak adalah kompetensi komunikasi yang tidak mumpuni pada SDM administratif dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. 
Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian impulsif pizza hut delivery Adillia Nur Fadillah; Hilda Katini Rusmayanti; Alip Alfian; Abdul Yusuf
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.9109

Abstract

Di era globalisasi saat  ini, perkembangan mengenai  ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi mengalami perubahan setiap harinya  pesat dan berkembang terjadi di seluruh masyarakat, salah satunya perubahan gaya hidup seseorang dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Hasil ekspansi industri makanan berupa restoran cepat saji. Perusahaan perlu untuk mengetahui pengaruh pembelian impulsif dalam keputusan pembelian pizza hut delivery. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian impulsif pizza hut delivery. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pizza hut delivery yang diperlukan setidaknya satu pengiriman pembelian, dan sampelnya adalah sampel acak hingga 204 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemasaran langsung mempunyai pengaruh secara parsial atau signifikan terhadap pengambilan keputusan pada waktu yang bersamaanpembelian pizza hut.
Klasifikasi shopping motivation konsumen berdasarkan store atmosphere dan loyalitas konsumen Nindya Azhari Wiranti
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.7288

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Lotte Mart Wholesale Pasar Rebo selama bulan Desember-Januari 2019 sebanyak 150 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan slovin diperoleh berjumlah 108 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah Klasifikasi CART. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang memilih Adventure/explore shopping berada di klasifikasi usia. Responden yang memilih value shopping ada di klasifikasi shopping motivation, general exterior, act, usia, dan general inteior. Responden yang memilih idea shopping ada di klasifikasi act, usia, dan aware. Responden yang memilih Social shopping berada di klasifikasi appeal, dan general interior. Dan responden yang memilih general exterior berada di klasifikasi appeal dan aware. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lotte Mart di sukai dari store armosphere dan loyalitas konsumen berdasarkan shopping motivation.
Pengaruh e-service quality terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi e-commerce shopee Aminatu Juhria; Nurtika Meinitasari; Fadel Iqbal Fauzi; Abdul Yusuf
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.9132

Abstract

Situs E-commerce Shopee saat ini menjadi Situs E-commerce terbanyak yang  digunakan masyarakat Indonesia. Saat periode januari 2018 didapatkan data shopee menempati peringkat pertama  terbanyak  37% responden menggunakan aplikasi shopee pada Riset online yang sudah diteliti di Snapcart kepada  6.000 responden. Maka penulis memprediksi adanya faktor yang memperngaruhi pengunaan tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk, menganalisi, dan menjelaskan adakah pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan di situs E-commerce Shopee. Dalam penelitian ini ada dua  variable yang diteliti, yaitu E-Service Quality (X) dan Kepuasan Pelanggan (Y). Metode untuk menganalisis data yang dipergunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Demi menghasilkan jumlah sampel yang representative, jadi penjumlahan  total sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Karawang. Analisis data menghasilkan pengaruh positif dari variable E-service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil data yang di analisis  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Service Quality (X) dan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial.
Pengaruh business groups, cash dan ownership concentration terhadap corporate social responsibility disclosure Arif Setiawan; Irsan Tricahyadinata
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.8694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris tentang dampak dari Business Groups, Cash dan Ownership Concentration terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Sub Sektor Coal Mining yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode penelitian ini adalah 2013-2018, dengan populasi berjumlah 26 perusahaan dan jumlah sampel berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 17 perusahaan. Menggunakan alat analisis regresi data panel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa business groups berpengaruh positif tidak signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure, cash berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure, ownership concentration berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure.
Mirror analisis perdagangan luar negeri indonesia dengan china 2019 Suhud Widiyanto
JURNAL MANAJEMEN Vol 13, No 1 (2021): Maret
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jmmn.v13i1.9172

Abstract

China merupakan negara super power di Kawasan Asia, untuk Indonesia sendiri China merupakan mintra dagang utama, dimana 85%-90% impor Indonesia berasal dari China. Perdagangan luar negeri merupakan sumber devisa bagi negara, tentunya banyak pihak yang terlibat dalam perdagangan luar negeri, tidak hanya importir, eksportir tetapi juga pemangku kepentingan pemerintah. Sebagai kekuatan ekonomi baru China semakin menunjukkan kapabilitasnya dalam perdagangan luar negeri. Dalam memenuhi kebutuhan data statistik perdagangan luar negeri baik untuk kebijakan, investasi, pariwisata, pendidikan, maupun sebagai penerimaan devisa, maka diperlukan kualitas data perdagangan luar negeri yang memiliki standar baku. Sejak dibukanya jalur kerja sama ekonomi lintas kawasan, kemitraan Indonesia-China semakin erat. Tujuan analisa ini untuk mengetahui kualitas perdagangan luar negeri Indonesia-China, dengan menggunakan metode mirror analysis. Tulisan ini juga mengkaji alasan dibalik ketidaksesuaian akan data impor dan ekspor kedua negara. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, penulis mencoba melakukan perhitungan perdagangan luar negeri antara Indonesia-China untuk mendapatkan perbedaan kedua negara tersebut dan menyajikannya dalam 2 digit Harmonize System (HS) dan 6 digit HS. Hasil penelitian menyimpulkan secara keseluruhan, baik komoditi impor dan ekspor mengalami perbedaan yang signifikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20