cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 25284061     EISSN : 25284053     DOI : -
Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi bidang penelitian di teknik informatika, ilmu komputer, jaringan komputer, sistem informasi, desain grafis, pengelolaan citra dan multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2017)" : 5 Documents clear
Arsitektur Informasi Untuk Electronic Procurement Pada PT. Smooth Jaya Mandiri Setiawan, Panji Rachmat; Awwal, Adri
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).679

Abstract

PT. Smooth Jaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang Barang dan Jasa. Mereka dalam pemasarannya menawarkan mulai dari konstruksi, spesialis tower, perdaganangan umum, spesialis kompresor udara dan pengering udara, spesialis genset, spesialis pendingin, spesialis boiler, pemasangan pipa, komisioner mesin industri, pelayanan provider telekomunikasi. PT. Smooth Jaya Mandiri sendiri berusaha menjadi suatu perusahaan yang selalu bergerak maju, kreatif, inovatif serta tanggap dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Selalu menjalin kerjasama yang sehat dengan para mitra usaha mereka agar dapat menempatkan kepuasan mitra usaha sebagai prioritas utama. Dengan latar belakang PT. Smooth Jaya Mandiri sebagai perusahaan penyedia jasa dan  pengadaan barang maka salah satu tools e-business yang tepat digunakan adalah electronic procurement terutama electronic maintenance repair and overhaul, electronic bidding, electronic purchase order, serta electronic sourcing. Arsitektur Electronic Procurement atau e-proc adalah arsitektur dari sebuah infrastruktur teknologi dan aplikasi pengadaan elektronik yang menjembatani proses bisnis pengadaan dalam transaksi bisnis – kepada – bisnis (B2B) atau Bisnis – Kepada – Konsumen (B2C). Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan Value Chain Analysis untuk memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada. Lalu pada aktivitas bisnis yang telah terpetakan, dilakukanlah perancangan arsitektur informasi TOGAF dan Zachman Framework. Langkah berikutnya adalah membuat prototype untuk yang kemudian dilanjutkan perhitungan Business Process Improvement pada ruang lingkup yang ditentukan.
Penerapan Metode Round Robin Pada Jaringan Multihoming Di Computer Cluster Arta, Yudhi
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).677

Abstract

Pentingnya sebuah informasi saat ini dituntut sebuah sistem sanggup memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya pelayanan informasi dengan media website. Meningkatnya jumlah akses terhadap website mengakibatkan beban kerja webserver menjadi meningkat dan tidak bisa diatasi dengan single server. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan metode cluster load balance. Pada dasarnya cluster load balance bekerja dengan membagikan beban kerja webserver secara terdistribusi ke beberapa node server agar website menjadi seimbang. Algoritma penjadwalan weighted round robin dapat menyeimbangkan beban dengan menentukan jumlah bobot ke masing-masing node server. Dengan adanya load balance dengan menggunakan algoritma penjadwalan diharapkan mampu mencegah terjadinya request yang overload, meratakan beban kerja webserver, dan mempercepat respon time serta throughput terhadap kinerja webserver.
Evaluasi Kinerja Wireless 802.11N untuk E Learning Siswanto, Apri
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).557

Abstract

Penelitian ini merupakan evaluasi kinerja tentang wireless LAN (WLAN) 802.11N yang diimplementasikan dalam suatu lingkungan fakultas. Dalam penelitian ini di bangun server E Learning dan akan di akses menggunakan Wireless LAN 802.11N. Simulasi ini menggunakan Perangkat Lunak Riverbed Modeler. Penelitian ini merupakan sebuah simulasi untuk memperkirakan jumlah klien pengguna web dan aplikasi jaringan lainnya yang bisa didukung oleh Wireless LAN 802.11N dengan memberikan   beban jaringan tertentu. Pada penelitian ini simulasi menghasilkan tampilan bahwa WLAN IEEE 802.11N bisa mendukung sampai lebih dari 100 klien pengguna e-learning dengan aktifitas web browsing.
Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura) Labellapansa, Ause; Asrining Ratri, Mega Restu
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).676

Abstract

Istana Siak Sri Indrapura merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Riau yang biasa dikenal sebagai Istana Siak . Minat masyarakat terhadap bangunan bersejarah bisa saja semakin berkurang dikarenakan kurangnya informasi yang diperoleh. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan semakin berkurang pula pengetahuan generasi yang akan datang terhadap sejarah yang ada di negeri sendiri. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan komputer melalui pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Aplikasi dengan AR ini digunakan untuk Istana Siak Sri Indrapura berbasis android sehingga dapat menarik minat masyarakat serta mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Istana Siak. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengarahkan kamera aplikasi ke marker yang telah tersedia sehingga menampilkan objek 3D. Marker yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga buah yang menampilkan Istana Siak, Istana Siak lantai satu, dan Istana Siak lantai dua.
Prototype Pendeteksi Jumlah Orang Dalam Ruangan Syafitri, Nesi; Saputra, Adri
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/itjrd.2017.vol1(2).678

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang suatu sistem deteksi wajah pada manusia dengan menggunakan metode Viola Jones. Metode Viola Jones dikenal memiliki kecepatan dan keakuratan yang tinggi karena menggabungkan beberapa konsep (Haar Features, Integral Image, AdaBoost, dan Cascade Classifier) menjadi sebuah metode utama untuk mendeteksi objek. Banyak dari sistem deteksi tersebut menggunakan OpenCV sebagai librari deteksi objek. Hal ini dikarenakan librari OpenCV menerapkan metode Viola Jones kedalam sistem deteksinya, sehingga memudahkan dalam pembuatan sistem. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa sampel gambar sebanyak 19 citra. Dimensi sampel citra berukuran 300 x 400 pixel dan 400 x 300 pixel. Setelah sistem selesai dibuat, dilakukan pengujian sistem terhadap karakteristik wajah yang dapat dideteksi. Ketika dilakukan pengujian wajah manusia dalam keadaan frontal, sistem mampu mendeteksi dengan akurasi 100% dan waktu deteksi kurang dari 0.15 detik dan batasan jarak wajah yang dapat dideteksi adalah <= 2,3 m dari kamera. Sistem juga dapat mendeteksi adanya beberapa wajah dalam suatu citra.

Page 1 of 1 | Total Record : 5