cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology fields.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023)" : 5 Documents clear
NILAI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI: BSE BAHASA INDONESIA SMA KELAS X Nurliawati Dide
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 6 No 1 (2023)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v6i1.8905

Abstract

Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial antara dua pihak di atas yang berusaha mencapai tujuan yang berbeda yang saling bertentangan untuk mencari solusi dan kesepakatan bersama. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian; mengidentifikasi data, menganalisis data permasalahan dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas X tentang teks negosiasi dan menulis hasil penelitian yang dikaji. Pengecekan keabsahan data dengan cara melakukan diskusi bersama dengan ahli dalam rentan waktu 1 bulan agar menunjukan bahwa penelitian serta kajian ini dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan. Hasil penelitian ini adalah ditemukakkan adanya niali-nilai sosial seperti: (a) etika, (b) moral, (c) agama dan (d) hukum dalam teks negosiasi.
Analisis Kekuatan Diksi dan Pencitraan pada Kumpulan Puisi Kang Komar serta Implikasinya dalam Pembelajaran Puisi di Kelas VI Isti Butsiwati Susanto susanto
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 6 No 1 (2023)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v6i1.8999

Abstract

Penelitian ini mengkaji kekuatan diksi dan pencitraan dalam puisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kekuatan diksi meliputi struktur batin puisi dan pencitraan dalam kumpulan puisi Kang Komar karya Bpk. Edy Sukardi dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran puisi di kelas VI SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data ialah buku kumpulan puisi Kang Komar karya Bpk. Edy Sukardi yang diterbitkan oleh Paedea Press, 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat dilakukan dengan langkah sebagai berikut membaca dan memahami puisi yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kekuatan diksi dalam kumpulan puisi Kang Komar karya Bpk. Edy Sukardi memiliki kosakata mudah dipahami oleh pembaca, dan penggunaan diksi berkaitan dengan struktur batin yaitu tema, nada, perasaan, dan amanat yang terdapat pada puisi tersebut. Jenis citraan dalam kumpulan puisi Kang Komar terdapat enam jenis citraan yaitu (1). Citraan penglihatan berjumlah 30 data: 49 %, (2). Citraan pendengaran berjumlah 10 data: 16 %, (3) Citraan penciuman berjumlah 2 data: 3 %, (4) Citraan perabaan berjumlah 10 data: 6 %, (5) Citraan pencecapan berjumlah 3 data: 4 %, dan (6) citraan gerak berjumlah 7 data: 12%. Untuk citraan yang paling dominan digunakan dalam kumpulan puisi Kang Komar karya Bpk. Edy Sukardi adalah citraan penglihatan yang berjumlah 30 data: 49 %. Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran puisi di SD kelas VI. Kata kunci : Puisi, diksi, citraan, implikasi pembelajaran
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL RADEC DI KELAS V catur endang lestari
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 6 No 1 (2023)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v6i1.11338

Abstract

Banyaknya siswa yang belum mendapatkan nilai KKM pada pembelajaran menulis cerita narasi menjadi latar belakang penelitian ini. Keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa dikelas merupakan masalah pokok dalam penelitian ini. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui pembelajaran radec pada siswa kelas VI SDN Srijaya 04 Tambun Utara Bekasi Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini apabila siswa mendapatkan nilai KKM yaitu 70 pada setiap aspek penilaian dalam menulis karangan narasi maka penelitian dicukupkan pada siklus tersebut. Melalui model pembelajaran RADEC, terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VI SDN Srijaya 04 Tambun Utara Kabupaten Bekasi, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di Prasiklus sebesar 16.06% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 59.31, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 33.33% dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 73.14, dan tambah meningkat di siklus II menjadi 75%, dengan jumlah rata- rata kelas sebesar 82.70. Dengan demikian karena dari semua aspek penilaian menulis narasi nilai siswa memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM). The number of students who have not gotten the KKM score in learning to write narrative stories is the background of this research. The limitation of teachers in applying appropriate learning methods for students in the classroom is the main problem in this study. Therefore, this study aims to determine the process of improving narrative essay writing skills through radec learning in class VI students at SDN Srijaya 04 Tambun Utara Bekasi. The population of this study was class VI students, totaling 36 people. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). Through the RADEC learning model, there is an increase in the ability to write narrative essays for sixth grade students at SDN Srijaya 04 Tambun Utara, Bekasi Regency, this can be seen from the results of research in Pre-cycle by 16.06% with an average class number of 59.31, an increase in the first cycle of 33.33 % with an average number of classes of 73.14, and increased in the second cycle to 75%, with an average number of classes of 82.70. Thus, because of all aspects of the assessment of writing narratives, students' scores meet the minimum completeness standard (KKM).
KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV Soelis Setyoningrum
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 6 No 1 (2023)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v6i1.11339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara penggunaan media dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SD Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. Hipotesis yang penulis ajukan adalah: H1: terdapat korelasi yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. H12: terdapat korelasi yang positif antara penguasaan diksi dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. : Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. Populasi sampel yang diteliti berjumlah 30 siswa dari kelas IVB. Penelitian dilakukan mulai bulan Maret dampai dengan Juni 2021. Data yang digunakan berupa skor yang diperoleh dari skor angket mengenai penggunaan media pembelajaran, skor penguasaan diksi dan hasil tes keterampilan menulis puisi. Adapun uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pearson product moment yang dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Hasilnya, diperoleh kesimpulan statistik bahwa terdapat korelasi positif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi penggunaan media terhadap keterampilan menulis sebesar .319, lebih besar dari skor penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis memiliki nilai koefisien korelasi sebesar .194. Koefisien korelasi antara penggunaan media dan keterampilan menulis lebih dekat dengan 1 maka, penggunaan media dan keterampilan menulis memiliki hubungan lebih kuat. This study aims to ensure that there is a correlation between the usage of learning media towards poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. The research hypothesis that the author proposes are: H1: there is a positive correlation between media and poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. H12: there is a positive correlation between diction mastery and poetry writing skill of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. : positive correlation between media usage and diction mastery and poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. The population samples researched are from class IVB with 30 students. The research is held from March 2021 until June 2021. The data used is the score of questionarre about the media that teacher used and student’s diction mastery score and students’ writing test score in poetry. Hypothesis test is done using Pearson’s Product Moment in SPSS 25.0. The result comes that it is statistically proven that there is a positive correlation between media usage and poetry writing skills. The coefficient correlation of score of media usage towards poetry writing skill is .319 which is much bigger than the coefficient correlation of diction mastery towards poetry writing skill that is only .194. The correlation between media usage is much closer to 1, that means it has stronger positive correlation.
RAGAM BAHASA MAHASISWA SEMESTER 5 (LIMA) SISTEM INFORMASI STMIK PRABUMULIH Annisa Safitri; Syelly Eka Permatasari; Ferjiela Dwi Yosha
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 6 No 1 (2023)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v6i1.11340

Abstract

Bahasa adalah sistem lambang yang dipahami oleh semua penutur bahasa tersebut. Bahasa daerah adalah bahasa yang dituturkan di suatu wilayah dalam sebuah negara berdaulat, yaitu di suatu daerah kecil, negara bagian federal, provinsi, atau teritorial lebih luas. Yang melatar belakangi penelitian ini ialah adanya ragam bahasa dalam keseharian mahasiswa semester 5 (lima) Sistem Informasi STMIK Prabumulih. STMIK Prabumulih berada disalah satu kota yang ada di Sumatera bagian selatan yaitu kota Prabumulih. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ragam bahasa yang digunakan oleh mahasisa Sistem Informasi STMIK Prabumulih yang menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Palembang, bahasa Rambang, dan bahasa Belida. Dan faktor apa saja yang mempengaruhi adanya ragam bahasa mahasiswa semester 5 (lima) Sistem Informasi STMIK Prabumulih menggunakan kajian Sosiolinguistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ragam bahasa yang digunakan mahasiswa semester 5 (lima) sistem informasi STMIK Prabumulih yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan data yang dipakai yaitu wawancara dan observasi langsung. Ada beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya kamera, alat perekam, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa semester 5 (lima) Sistem Informasi STMIK Prabumulih menggunakan salah satu ragam bahasa yaitu ragam bahasa berdasarkan daerah disebut ragam daerah (logat/dialeg). Language is a symbol system that is understood by all speakers of that language. Regional language is the language spoken in a region within a sovereign state, namely in a small area, federal state, province, or wider territory. The background of this research is the variety of languages ​​in the daily lives of 5th semester students of the STMIK Prabumulih Information System. STMIK Prabumulih is located in one of the cities in southern Sumatra, namely the city of Prabumulih. This study aims to determine the variety of languages ​​used by Information System students of STMIK Prabumulih who use three languages, namely Palembang, Rambang, and Belida. And what factors affect the language variety of the 5th semester students of the STMIK Prabumulih Information System using sociolinguistic studies. This research uses qualitative methods with descriptive techniques. Sources of data in this study are the variety of languages ​​used by the 5th semester students of the STMIK Prabumulih information system which consists of three classes. The data collection techniques used were interviews and direct observation. There are several instruments used in this study including cameras, recording devices, and interview guides. Based on the results of research by students in semester 5 (five), the STMIK Prabumulih Information System uses a variety of languages, namely a variety of languages ​​based on regions called regional variations (dialeg).

Page 1 of 1 | Total Record : 5