cover
Contact Name
Jurnal Sinektik
Contact Email
sinektik.pgsd@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
butsinegara@gmail.com
Editorial Address
Sumpah Pemuda Street, No.18, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SINEKTIK
ISSN : 26206560     EISSN : 2620746X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. Target readers of the journal are students, teachers, practitioners of basic science education. Jurnal Sinektik has ISSN: 2620-6560 (Print) and ISSN: 2620-746X (Online) .
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SD N TAMAN SARI 01 PATI Veronica, Indah; Subekti, Ervina Eka; Tsalatsa, Ahmad Nashir
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran karena kurangnya pemanfaatan media berakibat pada kurangnya pemahaman siswa. Penelitian ini mengembangkan media scrapbook pada pembelajaran tematik.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media scrapbook pada pembelajaran Tematik di kelas I.Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati. Data penelitian ini berupa hasil validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi serta respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Sumber data yaitu dari validator, praktisi, dan siswa kelas I SDN Taman Sari 01 Pati.Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan  ADDIE.Kevalidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran Tematik, media yang dikembangkan terbukti valid  berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Media pembelajaran juga dapat diterima siswa terbukti dengan semangat siswa dan respon siswa.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA FOTONOVELA TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN Artikawati, Freliana; Soekirno, Soewalni
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre Eksperimental tipe one group pretest-postest design. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Validasi instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis data diperoleh hasil –thitung sebesar -7,751 yang selanjutnya dibandingkan  dengan –ttabel dengan d.b (N-1) jadi (29-1)= 28 pada taraf signifikan 5% yaitu -2,048. Jadi dapat disimpulkan bahwa –thitung< –ttabel atau -7,751 < -2,048, sehingga ada pengaruh pendekatan saintifik melalui media fotonovela berbasis lingkungan terhadap aktivitas pembelajaran tematik integratif pada siswa kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Al Iman Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 SURUH TAHUN PELAJARAN Ulfah, Sartika Maria; Trisiana, Anita; Widyaningrum, Ratna
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 1 Suruh Kecamatan Tasikmadu ditemukan terdapat kesulitan belajar tematik integratif yang dialami oleh peserta didik kelas 5. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik dan memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar tematik integratif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa kelas 5 SDN 1 Suruh berada pada kategori sedang, berarti hanya mengalami kesulitan pada materi-materi tertentu dan dapat diatasi dengan pendalaman materi-materi tersebut. Sedangkan kesulitan dalam pembelajaran tematik integratif khususnya dalam menulis dan menghitung. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi meliputi: motivasi atau cita-cita, kebiasaan belajar, dan sikap atau perilaku, dan faktor eksternal: lingkungan keluarga dan lingkungan Sekolah. Solusi yang diberikan : membuat kelompok belajar dengan tutor sebaya maupun dengan guru sebagai fasilitator dan pembimbing, memberikan tambahan pelajaran, memberikan motivasi juga nasehat, dan memberikan trik-trik menghitung cepat yang menyenangkan.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK Lestari, Suci Yulianti; Hadi, Husnul; Mushafanah, Qoriati
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dibantu permainan edukatif yaitu mencari kelompok terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV tema 5 “Pahlawanku” subtema 1 “Perjuangan Para Pahlawan” di SD Negeri Raci 01 Pati tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah Pre-Eksperimental Design. Pre-Eksperimental design digunakan dalam penelitian ini adalah Satu-kelompok pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Raci 01 Pati. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas IV menggunakan teknik sampling jenuh. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata 60,50 dan nilai rata-rata posttest sebesar 90,33. Hasil pengujian hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung 10,910 dan ttabel 1,714 dengan tingkat signifikansi 5%. Karena thitung> ttabel, maka Ha diterima berarti model pembelajaran Problem Based Learning berbantu permainan edukatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 5 subtema 1 pada pembelajaran tematik di SD Negeri Raci 01 Pati.
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21 (KAJIAN MODEL PROJECT BASED LEARNING) Yustinaningrum, Bettri
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di abad-21 ini stakeholder dalam dunia pendidikan ditantang untuk mampu menciptakan tatanan pendidikan yang dapat ikut menghasilkan sumber daya pemikir yang mampu ikut membangun tatanan sosial ekonomi sadar-pengetahuan sebagaimana layaknya warga dunia di abad-21. Guru yang menyadari pentingnya pendidikan dalam menjawab tuntutan jaman di era ekonomi global pasti akan berusaha untuk membekali peserta didik mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam menghadapi tantangan di abad-21 adalah model Project Based Learning (PBL). Melalui model  Project Based Learning, peserta didik menggunakan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan untuk menyampaikan menyampaikan gagasan atau ide, organisasi dan management waktu, keterampilan berinkuiri, keterampilan self assessment dan refleksi, partisipasi dalam kelompok, serta keterampilan leadership.
JENIS-JENIS BULLYING DAN PENANGANANNYA DI SD N MANGONHARJO KOTA SEMARANG Muntasiroh, Lina
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tindak bullying bukanlah fenomena baru didunia pendidikan Indonesia. Adanya kasus yang terjadi baru saja di Brebes tentang siswa yang menarik kursi teman perempuannya yang hendak duduk berakibat retak tulang ekor yang mampu menyebabkan kelumpuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bullying dan penangannannya di SD N Mangunharjo Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan dan menggambarkan jenis bulllying yang terjadi dari kelas III-VI SD N Mangunharjo Kota Semarang yang terdiri dari korban dan pelaku bullying. Selain itu juga adanya wawancara dari guru serta kepala sekolah.Jenis-jenis bullying yang terjadi diantaranyabullying verbal dan fisik berupa : memanggil dengan nama orang tua, nama yang lucu,meledek, memerintah, dan menyoraki. Bullying secara fisik berupa melempar bola kertas, mendorong, menarik jilbab, mencubit, menarik kursi yang hendak diduduki, dan memukul. Penanganan yang dilakukan dengan memberikan arahan setiap apel pagi, upacara, teguran, dan hukuman yang mendidik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV Octova, Gifkar Ika; Roshayanti, Fenny; Baedowi, Sunan
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu  media animasi interaktif  terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku SD Negeri 01 Medono Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi-Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung (2,457) > ttabel (2,015) dengan koefisien signifikansi pada taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media animasi interaktif. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,78 dari kelas kontrol yaitu 73,65. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87% dan mencapai kriteria berhasil sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol yaitu 52% dan tidak mencapai kriteria.
PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF Bahar, Muhammad Afif; Trisiana, Anita; Handini, Oktiana
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi didukung video terhadap pembelajaran tematik pada peserta didik kelas V SD N Banyuanyar  III tema 6 sub tema 2 pembelajaran 3. Metode penelitian ini menggunakan tes (pretest-posttest),observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pretest-posttest digunakan sebagai metode utama untuk mengetahui hasil penilaian kognitif. Sedangkan analisis afektif dan psikomotorik digunakan sebagai penunjang hasil belajar pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan signifikan dengan rata – rata pretest sebesar 5,17 dan posttest sebesar 8,41. Kemudian hasil uji paired sample t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig 0,000 ˂ 0,05. Selain itu diperoleh nilai thitung sebesar 8,513. Selanjutnya thitung dibandingkan dengan ttabel dengan (n-1) jadi (36-1) = 35 didapat bahwa  thitung > ttabel atau 8.513 > 2,030. Kemudian, nilai lower -2.63174 dan upper -1.61826 yang berarti Ha diterima. Disimpulkan “Ada pengaruh Metode Demonstrasi didukung Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pembelajaran Tematik Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 3 SD N Banyuanyar III No.160 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019”.
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA DAERAH Handayani, Dyah Tri; Pusari, Ratna Wahyu; Setia Wardana, Muhammad Yusuf
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan model quantum learning berbantu media permainan puzzle terhadap hasil belajar bahasa daerah materi aksara jawa kelas III SD N Jomblang 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain penelitian adalah Pre-Experimental Design (non designs) dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian 40 siswa kelas III SDN Jomblang 02 Semarangyang diambil dengan teknik total sampling. Data yang dikumpulkan sebagai hasil belajar bahasa daerah siswa meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung  sebesar -9,040 dengan p 0,000,. Jadi, model quantum learning berbantu media permainan puzzle  pada materi aksara jawa memberikan pengaruh pada hasil belajar bahasa jawa materi aksara jawa siswa kelas III SD N Jomblang 02.
PENGARUH MODEL (GI) BERBANTU PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SDN 02 KALIOMBO JEPARA Kholidah, Arin Ni'amah; Wijayanti, Arfilia; Ardiyanto, Asep
JURNAL SINEKTIK Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019
Publisher : FKIP-Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantu Permainan Engklek dengan Tema Cita-citaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Kaliombo. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada subtema Aku dan Cita-Citaku masih rendah, sedangkan kriteria ketuntasan minimal 70, 2) Pada saat pembelajaran siswa tersebut bermain sendiri, berbicara dengan teman, bermain dengan teman sebangku, serta tidak mendengarkan guru, 3) Model dan media yang digunakan guru terkadang membuat siswa menjadi bosan sehingga siswa tersebut dalam pembelajaran pasif dan ramai sendiri.Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Group Investigation (GI) berbantu permainan engklek dibuktikan dengan thitung 6,191 > 2,064. ketuntasan belajar individu nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest. ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10