cover
Contact Name
Muhammad Rizky Nur Prakoso
Contact Email
muh.rizkynp@gmail.com
Phone
+6285647337639
Journal Mail Official
medikons.bkunisri@gmail.com
Editorial Address
muh.rizkynp@gmail.com ahmadjawandi@gmail.com
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
ISSN : 2528424X     EISSN : 2686651X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Guidance and Counseling for Disabled Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Career Planning Psychological Assessment Communication Techniques Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Family Counseling
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS" : 10 Documents clear
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA PAPAN BIMBINGAN TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN SISWAKELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Agnes Sella Inu Frandikga & Sri Hartini
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Informasidengan Media Papan Bimbingan terhadap Sikap Kemandirian Siswa Kelas XI IPS 3 SMANegeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitianini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yangberjumlah 23 siswa. Sedangkan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, sehinggateknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau total yaituseluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Untuk uji coba angket menggunakan kelas XI IPS5 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 23 siswa yang bukanmerupakan responden penelitian. Untuk pengumpulan data, digunakan dua metode yaitumetode pokok dan metode bantu. Metode pokok yang digunakan adalah angket atau kuesioner,sedangkan metode bantunya adalah dokumentasi. Setelah itu, untuk menganalisis datamenggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan informasi dengan media papanbimbingan terhadap sikap kemandirian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta TahunPelajaran 2017/2018, diperoleh nilai thitung sebesar = 16,830. Kemudian dikonsultasikandengan ttabel pada d.b = N – 1 (23-1) = 22, yang menunjukkan ttabel pada taraf siginifikansi1%= 2,819 dan taraf signifikansi 5%= 2,074 dengan demikian maka nilai thitung lebih besardaripada ttabel, atau 2,819<16,830>2,074. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Ho yangberbunyi : “Tidak Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Papan Bimbingan terhadapSikap Kemandirian Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran2017/2018” tidak terbukti dan Ha diterima yang berbunyi : “Ada Pengaruh Layanan Informasidengan Media Papan Bimbingan terhadap Sikap Kemandirian Siswa Kelas XI IPS 3 SMANegeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018”, terbukti kebenarannya.Kata kunci : Layanan Informasi, Media Papan Bimbingan, Sikap Kemandirian Siswa
KORELASI RASA PERCAYA DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Catharina Lidya A.K & Agustinus Roedy Koesdyantho
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubunganantar rasa percaya diri dengan keterampilan sosial di sekolah pada siswa kelasXIPS SMA 6 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA N 6Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, lalu yang menjadi sample dalam penelitianini ialah sebagian siswa kelas X IPS SMA N 6 Surakarta yang berjumlah 30 siswa,pada setiap kelas di ambil 6 siswa secara acak. Penelitian ini merupakan jenispenelitian kuantitatif.Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah metode angket,observasi dan dokumentasi. Metode angketdigunakan untuk mengumpulkan data tentang rasa percaya diri denganketerampilan sosial, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahuidata siswa dan mengumpulkan hasil kegiatan siswa.Untuk menganalisis datadigunakan rumus korelasi product moment.Melalui hasil analisis data yang sudah di hitung dengan menggunakanstatistik menunjukkan bahwa yang diperoleh sebesar 0,467. Selanjutnyanilai tersebut dikonsultasikan dengan pada N = 30 pada tarafsignifikansi 5% yaitu 0,361. Sehingga lebih besar dari atau 0,467>0,361. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “ada hubungan antararasa percaya diri dengan keterampilan sosial pada siswa kelas X IPS SMA N 6Surakarat tahun pelajaran 2017/2018” diterima kebenarannya pada tarafsignifikansi 5%.Kata Kunci:Rasa Percaya diri, Keterampilan Sosial
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN BERPIKIR SISWA KELAS VIIB SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Endah Dwi Lestari
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknyapengaruh layanan konseling kelompok terhadap kematangan berpikir siswa kelas VII B SMPN 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.Bentuk penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII BSMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yangdigunakan adalah kelas VII B SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 sisw. Teknik Samplingyang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkandata mengenai kematangan berpikir siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan konselingkelompok, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan datadata siswa kelas VIIB. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 8,586 kemudian dikonsultasikandengan ttabel pada d.b = (N - 1) = (32 - 1) yang menunjukkan pada taraf signifikansi 1% = 2,744dan taraf signifikansi 5% = 2,040 dengan demikian maka nilai thitung lebih besar dari pada ttabelatau 2,040<8,586>2,744. Sehubungan dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa“Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kematangan Berpikir Siswa KelasVII B SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018”. Terbukti kebenarannya Kata kunci :Layanan Konseling Kelompok, Kematangan Berpikir Siswa
PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 Eni Marlina & Lydia Ersta Kusumaningtyas
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhbimbingan klasikal menggunakan media film terhadap kepedulian social siswa kelas VIII SMP N7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran2017/2018 yang berjumlah 255 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yangterdiri dari kelas VIII A – VIII H yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling danQuota Sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode pokok berupa angket yangdiberikan kepada siswa baik sebelum maupun sesudah diberikannya layanan, serta metode bantuyang berupa observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data menggunakan rumust-tes.Berdasarkan hasil analisis data secara statistic tentang pengaruh bimbingan klasikal menggunakanmedia film terhadap kepedulian social siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran2017/2018 diperoleh sebesar 8,695. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan padadengan db = (N-1) = (40 - 1) = 39 pada taraf sigifikansi 5% = 2,023. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa hasil = 8,695 lebih besar dari atau 8,695 > 2,023. Maka hipotesismenyatakan bahwa “Ada pengaruh bimbingan klasikal menggunakan media film terhadapkepedulian social siswa kelas VIII SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbuktikebenarannya pada taraf signifikansi 5%.Kata Kunci : Bimbingan klasikal, Media film, Kepedulian sosial
PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Erick Tri Saputra & Sri Hartini
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Ada tidaknya Pengaruh Layanan OrientasiTerhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 ColomaduTahun Pelajaran 2017/2018”.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP N 1 Colomadu tahunpelajaran 2017/2018 yang berjumlah 231 orang siswa yang terdiri dari 7 kelas VII A-VII G.Peneliti mengambil sampel sebanyak satu kelas dengan cara mengacak dan diperoleh kelas VIIE. Adapun kelas uji coba instrument adalah di kelas VII A. Dengan demikian teknik samplingdalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angketdipergunakan untuk mengumpulkan data tentang penyesuaian diri siswa, metode observasidipergunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa kesulitan mengalami penyesuaian dirisedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selamapenelitian. Teknik analisis data dengan ????−????????????.Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layananorientasi terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri IColomadu Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan t hitung = 15,602 dikonsultasikandengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% diperoleh =2,032 .Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 15,602 > 2,032. Dengan demikianhipotesis yang berbunyi “ada pengaruh layanan orientasi terhadap kemampuan penyesuaiandiri pada siswa kelas VII di SMP Negeri I Colomadu Tahun Pelajaran 2017/2018” terbuktikebenarannya pada taraf signifikansi 5%.Kata kunci : Layanan orientasi, Penyesuaiam diri
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP POLA HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Putri Intan Dwicahya & Lydia Ersta K
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingankelompok dengan menggunakan media audio visual terhadap pola hidup sehat pada siswa kelasVII A SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yangdigunakan adalah kelas VII A SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 siswa dengan tekniksampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untukmengumpulkan data mengenai pola hidup sehat siswa sebelum dan sesudah pemberian layananbimbingan kelompok dengan menggunakan media audio visual, sedangkan teknik dokumentasidigunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas VII C. Teknik analisis data dalampenelitian ini menggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 9,798.Selanjutnya hasil dari t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1), makad.b = (32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% dan 1% yaitu 2,040 dan 2,744. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 9,798 > 2,744. Dengan demikianhipotesis kerja yang berbunyi “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok DenganMenggunakan Media Audio Visual Terhadap Pola Hidup Sehat Pada Siswa Kelas VII A SMPNegeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi5% dan 1%.Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Media Audio Visual
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS X IPA 3 DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Lisa Aprilia
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Bimbingan Sosialdengan Teknik Permainan terhadap Sikap Kerjasama Siswa Kelas X IPA 3 MAN 1 SurakartaTahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas X IPA 3 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 26siswa. Sedangkan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X IPA 3 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga teknik pengambilansampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau total yaitu seluruh populasidijadikan sebagai sampel. Untuk uji coba angket menggunakan kelas X IPA 2 MAN 1Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 26 siswa yang bukan merupakan respondenpenelitian. Untuk pengumpulan data, digunakan dua metode yaitu metode pokok dan metodebantu. Metode pokok yang digunakan adalah angket atau kuesioner, sedangkan metodebantunya adalah dokumentasi. Setelah itu, untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes.Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan bimbingan sosial dengan teknikpermainan terhadap sikap kerjasama siswa kelas X IPS 3 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran2017/2018, diperoleh nilai thitung sebesar = 7,222. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel padad.b = N – 1 (26-1) = 25, yang menunjukkan ttabel pada taraf signifikansi 5%= 2,060 dan tarafsignifikansi 1%= 2,789 dengan demikian maka nilai thitung lebih besar daripada ttabel, atau2,060<7,222>2,789. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Ho yang berbunyi : “Tidak AdaPengaruh Layanan Bimbingan Sosial dengan Teknik Permainan terhadap Sikap KerjasamaSiswa Kelas X IPA 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” tidak terbukti dan Haditerima yang berbunyi: “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial dengan Teknik Permainanterhadap Sikap Kerjasama Siswa Kelas X IPA 3 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran2017/2018”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Layanan Bimbingan Sosial, Teknik Permainan, Sikap Kerjasama
PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KESADARAN BERSOSIAL MEDIA PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Putri Suci Ayu Ningrum & Sri Hartini
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Bimbingan Sosial DenganMedia Audiovisual Terhadap Kesadaran Bersosial Media Pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri ISumberlawang Tahun Pelajaran 2017/2018”.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS I di SMA N 1Sumberlawang tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 orang siswa. Dari jumlah anggotapopulasi tersebut semuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalampenelitian ini adalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode experiment dengan menggunakan treatment bimbingan sosial, angket, observasidan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kesadaran bersosialmedia, metode observasi dipergunakan untuk mengetahui ciri-ciri kecanduan bersosial media,sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian dandata pendukung lainya. Teknik analisis data denganBerdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dengan , dapat diperoleh kesimpulanbahwa ada pengaruh bimbingan sosial dengan media audiovisual terhadap kesadaran bersosial mediapada siswa kelas XI IPS I SMA Negeri I Sumberlawang tahun pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikandengan t hitung = 21,25 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 dalam tarafsignifikansi 1% diperoleh nilai 2,744. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 21,25 >2,744. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh bimbingan sosial dengan mediaaudiovisual terhadap kesadaran bersosial media pada siswa kelas XI IPS I SMA negeri I Sumberlawangtahun pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 1%. Kata kunci :Bimbingan sosial, Media audio visual, Sosial media
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI KELAS VII D SMP N 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Rully Kartika Ramadhani & Sri Hartini
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan klasikalterhadap sikap tanggung jawab siswa pada tata tertib sekolah di kelas VII D SMP N 7SurakartaTahunPelajaran 2017 / 2018.Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII D SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 32 siswa, sampel yangdigunakan adalah kelas VII D SMP N 7 Surakarta yang berjumlah 32 siswa dengan tekniksampling jenuh atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanmetode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenaisikap tanggung jawab siswa pada tata tertib sekolah sebelum dan sesudah pemberian layananbimbingan klasikal, sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-datasiswa kelas VII D. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 8,882.Selanjutnya hasil dari thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan d.b = (N-1), maka d.b =(32-1) = 31 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,040. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitunglebih besar dari ttabel atau 2,040< 8,882. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi “AdaPengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Pada Tata TertibSekolah di Kelas VII D SMP N 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2017 / 2018” diterima kebenarannyapada taraf signifikansi 5 %.Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Sikap Tanggung Jawab pada Tata TertibSekolah
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPA 1 MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Tri Jumiatun
MEDIKONS Vol 4 No 2 (2018): MEDIKONS
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan PenguasaanKonten Dengan Teknik Relaksasi Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas X IPA 1MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di MAN 1 Surakarta TahunPelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebutsemuanya digunakan sebagai sampel. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian iniadalah total sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untukmengumpulkan data tentang kejenuhan belajar, metode observasi dipergunakan untukmengetahui ciri-ciri kejenuhan belajar, sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untukmemperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dengan t-tes.Berdasarkan dari analisis data dengan t-tes, dapat diperoleh kesimpulan bahwa adapengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi terhadap kejenuhan belajar padasiswa kelas X IPA 1 MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini dibuktikan dengan thitung = 11,459 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (32-1) = 31 dalam tarafsignifikansi 5% dan 1%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,040 < 11,459> 2,744. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Ada pengaruh layanan penguasaan kontendengan teknik relaksasi terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas X IPA 1 MAN 1 SurakartaTahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.Kata kunci : Penguasaan konten, Relaksasi, Kejenuhan belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10