cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JUDIKJARDASMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini sebagai Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bercerita di Pos PAUD Permata Hati Kadipiro Surakarta Irfan Haris, Feri Faila Sufa &
JUDIKJARDASMEN Vol 1, No 2 (2016): JUDIKJARDASMEN
Publisher : JUDIKJARDASMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.395 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bentuk pembelajaran, (2) implementasi pembelajaran karakter dan (3) mengetahui apakah metode bercerita dapat meningkatkan karakter pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita dalam meningkatkan kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan karakter khususnya kedisiplinan dapat ditanamkan pada anak usia dini melalui Aspek Spiritual, Aspek Personal/kepribadian, Aspek Sosial, dan Aspek lingkungan. (2) Dalam implementasinya dibutuhkannya keteladanan dan contoh kedisiplinan dari pendidik dan orang tua yang ditunjukkan pada anak usia dini,untuk membangun pendidikan karakter (3) Metode bercerita mampu membawa suasana kelas lebih alamiah, dan mampu menjadi media untuk memindahkan tatanan nilai karakter disiplin anak sehingga tumbuh dan meningkat. Anak-anak lebih mudah menerima nilai-nilai moral kedisiplinan dari sebuah cerita. Sehingga metode cerita berperan penting dalam sosialisasi nilai-nilai baru kepada anak-anak.Kata Kunci: Kedisiplinan, Metode Bercerita, Pendidikan Karakter
Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini sebagai Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Bercerita di Pos PAUD Permata Hati Kadipiro Surakarta Feri Faila Sufa & Irfan Haris
JUDIKJARDASMEN Vol 1 No 2 (2016): JUDIKJARDASMEN
Publisher : JUDIKJARDASMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bentuk pembelajaran, (2) implementasi pembelajaran karakter dan (3) mengetahui apakah metode bercerita dapat meningkatkan karakter pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita dalam meningkatkan kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan karakter khususnya kedisiplinan dapat ditanamkan pada anak usia dini melalui Aspek Spiritual, Aspek Personal/kepribadian, Aspek Sosial, dan Aspek lingkungan. (2) Dalam implementasinya dibutuhkannya keteladanan dan contoh kedisiplinan dari pendidik dan orang tua yang ditunjukkan pada anak usia dini,untuk membangun pendidikan karakter (3) Metode bercerita mampu membawa suasana kelas lebih alamiah, dan mampu menjadi media untuk memindahkan tatanan nilai karakter disiplin anak sehingga tumbuh dan meningkat. Anak-anak lebih mudah menerima nilai-nilai moral kedisiplinan dari sebuah cerita. Sehingga metode cerita berperan penting dalam sosialisasi nilai-nilai baru kepada anak-anak.Kata Kunci: Kedisiplinan, Metode Bercerita, Pendidikan Karakter

Page 1 of 1 | Total Record : 2