cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
ISSN : 25024922     EISSN : 26150867     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini membuat Jurnal Ilmiah hasil-hasil penelitian Teknik Mesin, Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan Nopember dan terdaftar di LIPI dengan kode persi cetak p-ISSN 2502-4922 dan persi online e-ISSN 2615-0867.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 4, Nomor 1, Mei 2019" : 9 Documents clear
METODE REPOSISI ONSTREAM PIPA RAW WATER DENGAN BERBASIS STRESS ANALYSIS Sulardi ,
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.164 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1982

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran kondisi sub standard pipa air baku dan metode reposisi yang dilakukan dalam kondisi onstream. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian terpakai dan merupakan catatan success story pelaksanaan reposisi pipaair baku yang dilakukan pada kondisi onstream. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan  pergeseran sejauh 180 Cm maka pipa air baku berada pada kondisi sub standard dan unsafe condition. Metode reposisi yang dilakukan adalah dengan metode reposisi menggunakan temporary support, jidar ukur elevasi dan pengangkatan dengan chain block secara bertahap bertahap berdasarkan batas aman material pipa. Hasil penelitian menunjukan bahwa akibat pergeseran tersebut pipa mengalami over stress sehingga melebihi batas aman dan harus dilakukan reposisi keposisi dalam batas aman dengan metode pengangkatan. Hasil penelitianjuga menunjukan bahwa metode pengangkatan berdasarkan batas aman tegangan terbukti cocok dan aman digunakan untuk mereposisi pipa air baku pada kondisi onstream. Keberhasilan penggunaan metode kerja ini juga telah direplikasi untuk melakukan pekerjaan sejenis di kilang PT. Pertamina RU V Balikpapan dan terbukti dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik dan aman. Kata kunci : Sub standard, reposisi onstream
ANALISIS PENGARUH PANJANG SUDU TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN ANGIN ATAP RUMAH PADA KECEPATAN ANGIN RENDAH Mujiburrahman ,; Heri Irawan
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.822 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1967

Abstract

Mengingat potensi angin di Banjarmasin tergolong rendah, hasil pengukuran kecepatan angin secara langsung menggunakan anemometer dengan durasi rata – rata perjam yang ada di puncak kemiringan atap berkisar antara 2 m/s sampai 6 m/s. Dengan demikian di butuhkan sebuah sistem konversi angin yang yang optimal pada kecepatan angin rendah di kemiringan atap. Atas dasar pertimbangan peneliti sebelumnya maka turbin atap rumah dalam penelitian ini menggunakan Airfoil savonius karena memiliki self-starting torsi yang baik untuk kecepatan angin yang rendah sehingga memiliki performansi yang baik apabila di aplikasikan pada turbin angin atap rumah. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif turbin angin yang di aplikasikan pada atap rumah, untuk itu pentingnya sebuah eksprimen pengujian dengan membuat model uji turbin atap rumah yang di simulasikan pada wind tunnel untuk mendapatkan parameter desain optimal sebagai rekomendasi mengembangan turbin atap rumah skala besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental (experimental research) yaitu melakukan pengamatan dan pengukuran kecepatan angin di kemiringan atap dengan durasi rata-rata perjam, perhari, dan perbulan menggunakan alat ukur anemometer digital.  Selanjutnya data tersebut dijadikan sebagai parameter awal dalam menentukan variasi kecepatan angin dalam pengujian model eksprimen pada terowongan angin sederhana dengan varibel kecepatan angin kemiringan atap dan panjang turbin terhadap unjuk kerja turbin atap rumah hasil pengujian. Hasil pengujian pada kecepatan angin 2 m/s turbin atap rumah yang memberikan pengaruh paling besar di hasilkan oleh panjang 0,25 m, dengan nilai putaran sebesar 257,1 rpm. Hasil pengujian pada kecepatan angin 3 m/s turbin atap rumah yang memberikan pengaruh paling besar di hasilkan oleh panjang 0,30 m, dengan nilai putaran sebesar 202,4 rpm. Hasil pengujian pada kecepatan angin 5 m/s turbin atap rumah yang memberikan pengaruh paling besar di hasilkan oleh panjang 0,25 m, dengan nilai putaran sebesar 295,6 rpm.
APLIKASI PENGGAJIAN GURU PADA MTS. AL-FURQON BANJARMASIN Dian Agustini; Muthia Farida
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.886 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1959

Abstract

Sistem informasi penggajian  adalah sebuah program penggajian di  dalam suatu pemerintah, lembaga atau  instansi pendidikan, di mana program-program tersebut antara satu dengan lainnya saling berhubungan sehingga secara otomatis computer akan melakukan pengolahan terhadap data-data yang dimasukkan kedalam sistem. Penelitian dengan judul “ Aplikasi Penggajian Guru Pada Mts. Al-Furqon Banjarmasin “, di mana penelitian ini merupakan penelitian terapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi berkaitan dengan sistem penggajian guru pada sekolah tersebut dan mempermudah pembuatan laporan penggajian guru. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode pengamatan langsung (survei), wawancara dan study pustaka. Selanjutnya melakukan analisis sistem dan perancangan desain sistem informasi penggajian yang dilanjutkan lagi dengan pembuatan sistem informasi penggajian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi penggajian guru untuk memberikan kemudahan pada bendahara gaji ketika pembuatan laporan penggaji dan mengelola gaji guru.
Rancangan dan Optimasi Listrik Penerangan Jalan Menggunakan Tenaga Cengkirik Gusti Rusydi Furqon Syahrillah; Sobar Ihsan; Akhmad Maulana
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.422 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1979

Abstract

Salah saru pembangkit  tenaga listrik yang dikembangkan ini adalah dengan berinovasi melalui bentuk dan jenis baling-baling. Pembangkit listrik tenaga angin ini menggunakan baling-baling tradisional yang di namakan dengan cengkirik Pada dasarnya, turbin angin dibuat berbentuk cengkirik ini di rancang untuk menangkap energi dari angin dengan kecepatan rendah yang selanjutnya diteruskan ke rotor yang  berputar karena dorongan dari angin akibat dari kecepatan kendarraan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan secara teoritis  dan eksperimental. terhadap turbin angin. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan rancangan blade cengkirik, tinggi ideal cengkirik ketika di posisikan sebagai penangkap angin pada median jalan raya, kemudian dilakukan pemilihan generator yang sesuai dengan kecepatan angin yang tersedia. Pembangkit Listrik Tenaga Angin mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin bentuk cengkirik  di dapat kecepatan angin akibat pergerakan kendaraan yang di ukur di median jalan antara 1,5 m/s s/d 5,7 m/s. Dengan luas penampang turbin 0.9 m3 di dapat hasil pengujian 3 nilai tertinggi sebesar 6,36 Watt dengan kecepatan angin 4,25 m/s, 7,24 Watt dengan kecepatan angin 4,30 m/s dan 6,32Watt dengan kecepatan angin 4,13  m/s. Hal ini dapat menjelaskan bahwa energi angin dari arus jalan raya, Jalan tol lingkar utara dan jalan tol lingkar selatan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik walau kecepatan angin tidak menentu. Kata kunci : Baling-baling, tenaga listrik,  penerangan jalan
APLIKASI LOGBOOK BERBASISKAN PEMPROGRAMAN PHP DAN MYSQL PADA METRO LINK BANJARMASIN DI PT.INDOSAT DAN XL Ibrahim ,; Fitrah Yuridka
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.171 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1960

Abstract

Logbook atau pencatatan online ini merupakan suatu aplikasi yang berguna membantu proses penyimpanan dan pencarian data kegiatan yang dilakukan oleh setiap karyawan. Pencatatan online ini bisa meningkatkan secara efektif pencatatan dan sistem informasi kegiatan guna kecepatan dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Aplikasi ini dibuat dengan mengaplikasikan Visual Basic 6.0 untuk menghasilkan sistem informasi data kegiatan.
PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR AXIAL MAGNET PERMANEN 3 PHASE Muhammad Suprapto; Saifullah Arief
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.024 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1980

Abstract

Dengan menningkatnya kebutuhan akan energi fosil, maka semakin besar pula pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari gas buangnya. Salah satu solusi dengan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), Turbin angin savonius merupakan turbin angin dengan sumbu vertika yang memiliki banyak kelebihan diantaranya bentuk konstruksi yang mudah dibuat, tidak memerlikan kecepatan angin yang tinggi untuk mulai berputarnya. Turbin savonius memiliki kelemahan pada nilai efisiensi yang cukup rendah. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan turbin angin savonius dan pengujian secara eksperimen terhadap sudu bertingkat dan variasi overlap dengan parameter kecepatan putaran poros. Permodelan dan pengujian akan dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin. Kecepatan angin memiliki pengaruh yang bersar terhadap kinerja turbin angin savonius, semakin besar kecepatan angin maka putaran turbin juga semakain cepat.  pada kecepatan angin 4 m/s turbin savonius 1 tingkat memperoleh putaran shaft speed sebesar 252.7 Rpm. Sedangkan turbin angin savonius bertingkat 2 memperoleh putaran shaft speed sebesar 282.2 Rpm. Kata kunci : Turbin Angin, Savonius, Sudu, Overlap.
ANALISA UJI KEKERASAN PADA POROS PROPELLER KAPAL JENIS STAINLESS STEEL 304 PASCA PENGELASAN DENGAN DUA JENIS ELEKTRODA NSN 308 DAN NC-39 Abdurahim Sidiq; Ice Trianiza
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.079 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1962

Abstract

Pengelasan berperan penting didalam dunia industri, seperti transportasi, pertambangan, konstruksi dan perkapalan. Pengelasan juga bukan hanya sekedar untuk penyambung logam saja tetapi juga dipakai untuk penebalan pengelasan. Salah satu contohnya misalnya pengelasan penebalan pada poros kapal yang aus akibat faktor-faktor lainnya yang mengakibatkan keausan dibagian bantalan poros kapal. Maka dari itu diperlukan pengelasan penebalan dan pengujian kekerasan pada material menggunakan benda uji (spesimen). Metode pengujian kekerasan yang dipakai adalah pengujian vickers yang bertujuan untuk mencari perbedaan pengaruh media pendingin dan elektroda yang berbeda jenis. Kemudian bahan yang digunakan sebagai sampel adalah stainless steel 304 dari bekas poros kapal. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil yaitu nilai tanpa perlakuan 253.97 HV, elektroda NSN 308 pendingin udara 234.68 HV, elektroda NSN 308 pendingin air 253.72 HV, elektroda NC-39 L pendingin udara 215.58 HV, dan NC-39 L pendingin air 421.36 HV. Yang paling baik dalam meningkatkan kekerasan material adalah NC-39 L dengan media pendingin air dengan nilai rata rata 421.36 HV.
PERANCANGAN TURBIN AIR TIPE CROSSFLOW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO Heri Irawan; Mujiburrahman ,
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.587 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1981

Abstract

Dalam suatu PLTMH, turbin air merupakan suatu peralatan yang utama. Turbin air adalah alat yang digunakan untuk mengubah energi air menjadi energi mekanik Turbin air dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa jenis. Berdasarkan klasifikasi ini, maka turbin air dibagi menjadi dua yaitu turbin impuls dan turbin reaksi. Adapun jenis turbin air yang dapat digunakan dalam PLTMH salah satunya yaitu turbin air Crossflow. Turbin air Crossflow adalah salah satu jenis turbin aksi (impuls turbin) yang memiliki efisiensi lebih besar dibandingkan dengan turbin mikro hidro lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan sudut nosel 15o, 30o, dan 35o dan sudut sudu 14o, 16o, dan 18o. Hasil penelitian menunjukan bahwa sudut nosel dan sudut sudu sangat berpengaruh terhadap kinerja turbin. Efisiensi tertinggi sebesar 77% diperoleh dengan sudut nosel 15o dan sudut sudu 16o. Kata kunci : Sudut Nosel, Sudut Sudu, Kinerja Turbin
PERANCANGAN PERAHU PEMBERSIH SAMPAH DI ALIRAN SUNGAI KOTA BANJARMASIN Muhammad Firman; Muhammad Irfansyah
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 4, Nomor 1, Mei 2019
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.013 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i1.1963

Abstract

Upaya dari pemerintah daerah di kalimantan selatan untuk mengembalikan fungsi sungai melalui kegiatan aksi bersih-bersih aliran sungai khususnya kota banjarmasin sudah mulai menjadi perhatian masyarakat dan pemko, untuk menjadikan kota banjarmasin sebagai destinasi wisata air seperti halnya amsterdam. Namun masih belum secara menyeluruh, karena ternyata masih banyak sampah-sampah di aliran sungai kecil yang sulit di bersihkan. Untuk itu sangat perlu adanya koordinasi yang lebih baik dalam menjaga kebersihan lingkungan. Di banjarmasin dalam mengatasi permasalahan sampah sungai sudah menggunakan kapal pembersih sampah untuk sungai besar, sedangkan untuk anak sungai yang kecil-kecil lebih kurang lebarnya antara 2 m sampai 4 meter ada yang menggunakan sampan seadanya yang mana petugas kebersihannya kalau membersihkan sungai tersebut terjun kesungai untuk memunguti sampah sedangkan perahunya untuk penampungan sampah sementara sebelum dibuang kepembuangan sampah akhir. Atas dasar itulah maka sangat diperlukan sebuah desain perahu pembersih sampah yang sesuai dengan kondisi sungai di kota banjarmasin. Sehingga kegiatan bersih-bersih tersebut benar-benar efektif dan efesien. Dari hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Desain perahu pengangkut sampah sudah sesuai dengan yang diharapkan supaya mampu beroperasi di sungai kecil, sempit dan mampu bekerja pada kondisi air dangkal. Kemampuan apung yang didapatkan adalah sebesar = 4716,648 N,  Jika perahu saat kosong bagian perahu yang tidak tenggelam adalah sebesar 3436,7069 N, Sedangkan jika berat perahu terisi maksimal bagian perahu yang tidak tenggelam adalah sebesar 984,2069 N. Titik berat penampang perahu terletak pada Z( Xo , Yo ) = Z( 1650 mm , 750 mm ).

Page 1 of 1 | Total Record : 9