cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
ISSN : 25024922     EISSN : 26150867     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini membuat Jurnal Ilmiah hasil-hasil penelitian Teknik Mesin, Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan Nopember dan terdaftar di LIPI dengan kode persi cetak p-ISSN 2502-4922 dan persi online e-ISSN 2615-0867.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020" : 7 Documents clear
PENGARUH PROSES PENGELASAN PEDA BAJA KARBON RENDAH TERHADAP KEKUATAN TARIK Arif Feriansah
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (940.382 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4033

Abstract

Pada masa sekarang, las SMAW banyak di pergunakan dalam dunia kontruksi contohnya seperti pengelasan plat-plat pada kapal dan pengelasan baja ringan seperti pembuatan rangka gedung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kekuatan tarik terhadap lasan pada baja karbon rendah setelah proses pengelasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan bahan plat baja karbon rendah, jenis las yang dipilih SMAW dengan tegangan 220 volt, kuat arus 110 amper, 120 amper dan 130 amper posisi pengelasan face to face, dengan elektroda E 6013, dimana akan dilakukan pembentukan variasi arus dengan bentuk kampuh V pada baja karbon rendah dengan ketebalan 10 mm, kemudian dilakukan proses pengelasan SMAW dan dilakukan pengujian tarik. Nilai rata-rata dari pengujian tarik tertinggi terdapat pada arus 130 amper dengan nilai sebesar 415,17 N/mm².
PENGARUH CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN TEMBAGA 0,6 MM BERBENTUK SIRIP TERHADAP HASIL EMISI GAS BUANG PADA HONDA BEAT TAHUN 2015 Budiyono ,
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.21 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4029

Abstract

Catalytic Converter  adalah salah satu alat yang digunakan mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi manusai  . Dimana alat tersebut terbuat dari bahan Tembaga  dengan tebal 0,6 mm bahan jenis ini mampu mengurangi emisi gas buang (HC, CO) cukup tinggi antara 80% sampai 16%. Pada penelitian ini penulis mencoba mengkaji bagaimana pengaruh penggunaan catalytic converter berbahan tembaga untuk mengurangi nilai kadar gas CO dan HC pada Honda Beat Tahun 2015. Pengujian ini dilakukan dengan dua tahap yaitu pengujian dengan knalpot standar dan knalpot bercatalytic converter dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm.Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan catalytic converter dengan bahan tembaga dengan model sirip mengalami penurunan kadar emisi gas CO paling efektif pada putaran mesin 1500 rpm sebesar 2,357% dari 4,89% menjadi 2,54% dan nilai kadar emisi gas HC turun pada rpm 1500 sebesar 2726 ppm dari 9.999 ppm menjadi 7273 ppm.
PENGARUH KARAKTERISTIK ENGINE DALAM PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BIODIESEL B-20 TERHADAP NILAI PERFORMANSI Puji Saksono; Marsius Ferdnian
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.548 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4034

Abstract

Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memproduksi bahan bakar alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM). Biodiesel merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat digunakan sebagai bahan bakar engine diesel. Tujuan penelitian adalah menganalisa pengaruh karakteristik engine dalam penggunaan bahan bakar biodiesel B-20 terhadap nilai performansi. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari pengumpulan data, proses overhoul engine, hingga ke proses pengujian performansi dengan dynamometer (dynotest). Peneliti melakukan pengujian dari beberapa jenis engine diesel pada unit alat berat yang digunakan pada perusahaan pertambangan dan marine. Pengujian dari beberapa unit engine yang diuji akan didapatkan bahwa untuk mencapai performansi tertinggi baik torsi dan daya tiap engine akan berbeda nilai putaran engine-nya. Hal ini dikarenakan sistem, teknologi, konstruksi dan tingkat kesempurnaan pembakaran di ruang bakar yang berbeda. Terjadi penurunan nilai performansi untuk semua engine dan jenis injection pump apapun yang digunakan pada saat menggunakan bahan bakar biodiesel B-20 dibandingkan dengan solar. Penurunan nilai performansi engine sangat berhubungan dengan karakteristik engine untuk dapat mengadaptasi perubahan typical characteristic dari bahan bakar biodiesel B-20 yamg tentunya tidak sama seperti solar atau bahan bakar yang digunakan sebelumnya.
PERFORMANSI BIOGAS TYPE DRUM PORTABEL DENGAN VARIASI pH 6.8, 7, 7.2, 7.6, 7.8, 8 Syamsuri ,
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.539 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4030

Abstract

Biogas adalah gas campuran metana ( ), karbondioksida ( ) dan gas lainnya yang didapat dari hasil penguraian material organik termasuk seperti kotoran manusia dan hewan, tumbuhan oleh bakteri pengurai metanogenik pada sebuah biodigester. Pada penelitian ini, biogas digunakan sebagai bahan bakar dengan penambahan variasi  pH dari bahan natrium karbonat dan tawas terhadap  mesin generator set gasoline yang telah dimodifikasi agar dapat bekerja menghasilkan listrik. Eksperimen ini memvariasikan pH slurry 6.8, 7, 7.2, 7.4, 7.6, 7.8. 8 dengan variasi beban listrik 10 watt, 15 watt, 20 watt, 25 watt, 30 watt, 35 watt, 40 watt, 45 watt dan 50 watt. Hal ini bertujuan untuk mengetahui performa daya listrik, efisiensi sistem dan torsi. Dari pengujian ini didapat semakin besar beban lampu maka semakin kecil performa daya listrik yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya listrik terbesar dengan beban lampu 10 watt yakni 30,03 watt. Pada pengujian efisiensi sistem beban listrik semakin besar maka efisiensi sistem cenderung stabil. Efisiensi sistem terbaik dengan kadar pH 7  dibandingkan dengan kadar pH lainnya. Pada pengujian torsi beban listrik semakin besar maka torsi yang dihasilkan juga besar. Pada torsi terbesar dengan kadar pH 7 dibandingkan kadar pH lainnya.
PENGARUH PENGGUNAAN IGNITION BOOSTER 9POWER TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR Imam Prasetyo; Naluri Jagat
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.664 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4031

Abstract

Salah satu untuk memperoleh performa yang optimal pada kendaraan bermotor, faktor yang paling berpengaruh adalah sistem pengapian yang baik dan bahan bakar yang baik. Salah satu komponen yang dapat menambah kinerja pengapian yaitu ignition booster 9Power. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performa yang dihasilkan dari variasi penggunaan 9power pada kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan menggunakan alat uji dynamometer untuk menghasilkan data. Pengujian ini dilakukan dengan menambahkan variasi jumlah 9power yaitu tanpa 9power, 4 buah 9power dan 5 buah 9power. Berdasarkan dari hasil pengujian daya maksimum yang didapat 5 buah 9power sebesar 17.4 HP pada putaran mesin 10061 rpm lebih besar dari pada daya maksimum yang didapat tanpa 9power sebesar 16.8 HP pada putaran mesin 10721 rpm, lalu untuk torsi maksimum yang didapat 5 buah ignition booster 9power sebesar 13.36 NM pada putaran mesin 8607 rpm lebih besar dari pada torsi maksimum yang didapat dengan tanpa ignition booster 9power sebesar 12.91 NM pada putaran mesin 7793 rpm. Dari hasil penggunaan ignition booster 9power dengan jumlah yang berbeda didapat 5 buah yang optimal dibandingkan dengan tanpa ignition booster 9power.
MODIFIKASI MESIN POMPA AIR SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR BENSIN MENJADI GAS Achmad Rijanto; Suesthi Rahayuningsih
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.334 KB) | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.4032

Abstract

Penggunaan bahan bakar dengan biaya yang lebih murah dan ramah lingkungan merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dihindari. Terutama bagi para petani yang menggunakan bahan bakar minyak untuk bahan bakar mesin pompa air sawahnya. Oleh karena itu perlu diambil langkah alternatif substitusi penggunaan bahan bakar yang lebih murah pada penggunaan mesin pompa air sawah, yaitu substitusi dari bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Tujuan penelitian ini adalah memodifikasi mesin pompa air sawah menggunakan bahan bakar minyak minyak (bensin) menjadi berbahan bakar gas LPG (Liquified Petroleum Gas) dan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar mesinnya. Metode yang digunakan adalah metode ekperimental dan modifikasi mesin. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berupa satu unit mesin hasil modifikasi mesin pompa air sawah berbahan bakar bensin menjadi gas LPG, dan konsumsi bahan bakar LPG sebesar 0,300 – 0,360 kg/jam, pada putaran mesin 2000 rpm.
Visualisasi Aliran Turbulen yang Melintasi Vertical Forward Facing Step Melalui Pendekatan CFD Luthfi Hakim
AL JAZARI : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Volume 5, Nomor 2, Nopember 2020
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v5i2.10312

Abstract

Pada penelitian ini, visualisasi aliran yang melintasi vertical forward facing step akan diteliti melalui pendekatan secara simulasi. Simulasi dilakukan untuk melihat pengaruh bilangan Reynolds terhadap karakterik aliran yang melintasi Vertical Forward Facing Step secara 2D. Kecepatan udara yang masuk melalui upstream ditentukan sebesar 1 ms-1 dan 10 ms-1 dengan tiga model viscous yaitu: (1) Spalart-allmaras (2) k-epsilon standard (3) k-omega standard. Hasil simulasi menunjukan berbedaan bentuk profil kecepatan antara 3 model turbulensi yang digunakan, terutama terlihat pada posisi x/H=3 dan x/H=3 dan melalui profil kecepatan. Hasil yang mendekati antara model turbulensi k-epsilon standard dengan k-omega standard namun berbeda dengan model turbulensi Spalart-allmaras.

Page 1 of 1 | Total Record : 7