cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
semdejafet1908@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Komputer)
Published by STMIK Nusa Mandiri
ISSN : -     EISSN : 25274864     DOI : -
Core Subject : Science,
Kegiatan menonton film merupakan salah satu cara sederhana untuk menghibur diri dari rasa gundah gulana ataupun melepas rasa lelah setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, karena berbagai alasan terkadang seseorang tidak ada waktu untuk menonton film di bioskop. Dengan bantuan media internet, berbagai macam aplikasi nonton film android sangat mudah dicari. Hanya bermodalkan smartphone saja para penonton film dapat streaming berbagai macam jenis film di mana saja dan kapan saja mereka inginkan. Akan tetapi, karena banyaknya pilihan aplikasi nonton film android yang bisa digunakan, terkadang seseorang bingung memilihnya. Untuk itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan para pengguna sebagai alat bantu pengambilan keputusan untuk memilih dengan berbagai macam kriteria yang ada. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP melakukan perankingan dengan melalui penjumlahan antara vector bobot dengan matrik keputusan dengan tujuan agar hasil yang diberikan lebih baik dalam menentukan alternatif yang akan dipilih. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh 36 sampel responden didapatkan kriteria konten menjadi prioritas pertama pengguna untuk memilih aplikasi nonton film android dengan nilai bobot sebesar 0,224. Sedangkan Netflix menjadi alternatif dengan prioritas pertama keputusan pengguna dalam memilih aplikasi nonton film android dengan nilai bobot sebesar 0,352.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018" : 21 Documents clear
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI ATAS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMK SWASTA TANGERANG SELATAN Anggraini Anggraini; Mulyadi Mulyadi
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.04 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa SMK di Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dari 72 siswa dipilih secara acak dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Uji statistik menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua siswa secara simultan dari Bahasa Inggris Kelas XI. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fo = 28,204 dan Sig. 0,000 <0,05. Kontribusi yang diberikan bersama variabel latar belakang pendidikan orang tua siswa memberikan kontribusi 45% terhadap variabel kemampuan berbahasa Inggris. (2) Ada pengaruh signifikan orang tua terhadap kemampuan siswa kelas bahasa Inggris kelas XI SMA Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,48 dan Sig. 0,016 <0,05. Variabel latar belakang pendidikan orang tua dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebesar 13,056%. (3) Ada pengaruh yang signifika terhadap kemampuan berbahasa Inggris. Siswa kelas XI SMK di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 4,881 dan Sig. 0,000 <0,05.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN ASISTEN LABORATORIUM KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS Tati Mardiana
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1280.919 KB)

Abstract

Keberadaan asisten di laboratorium komputer merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang proses pelaksanaan pembelajaran praktikum. Seorang asisten laboratorium bertugas sebagai pendamping dosen pada kegiatan praktikum harus memahami materi praktikum dan mampu membimbing mahasiswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Proses penerimaan asisten laboratorium komputer memiliki beberapa kriteria penilaian baik dari akademik maupun non akademik. Kesalahan dalam pengambilan keputusan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap kualitas asisten laboratorium komputer yang diterima dan berdampak pada menurunnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa terhadap mata kuliah tertentu. Penelitian ini bertujuan membangun sistem pendukung keputusan yang akan membuat rangking alternatif asisten laboratorium komputer untuk mendapatkan solusi terbaik. Ada enam kriteria yang digunakan dalam seleksi penerimaan asisten laboratorium komputer antara lain IPK, prestasi akademik, sikap, tanggung jawab, kepemimpinan, dan kerjasama. Proses pembangunan sistem pendukung keputusan penerimaan asisten laboratorium komputer mengggunakan logika Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Pengujian sistem pendukung keputusan penerimaan asisten laboratorium komputer memiliki akurasi sistem 100% sehingga dapat membantu kepala laboratorium komputer dalam memilih asisten laboratorium komputer yang akan membantu proses pembelajaran di laboratorium komputer secara objektif dan transparan.
PENGATURAN PEMAKAIAN BANDWIDTH DAN AKSES JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN MIKROTIK ROUTER Suryanto Suryanto
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.897 KB)

Abstract

Jaringan komputer sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan atau organisasi era digital saat ini, namun penggunaannya harus diatur agar dapat menunjang kinerja perusahaan. Adanya ancaman keamanan dan penyalagunaanjaringan yang bukan untuk kepentingan kerja kerap menjadi persoalan yang dihadapi oleh perusahaan, untuk itu dibutuhkan suatu metode untuk mengatur agar pemanfaatan dan penggunaan jaringan sesuai dengan peruntukannya. Teknik pengaturan aksesdan pengaturan pemakaian bandwithdengan menggunakan aturan (rule) yang sudah ditentukan perusahaan menjadi solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Aturan tersebut dapat diterapkanpada router mikrotikdi jaringan dengan menggunakan IPTABLES dan aturan tersebut dapat ditujukan pada sebuah IP address, protokol, ataupun content, agar jaringan tersebut diperbolehkan atau tidak untuk diakses. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode experimental yang merancang, membuat dan menguji pengaturan pemakaian bandwidth dan pembatasan akses pada suatu jaringan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaturan pemakaian bandwidth dan pembatasan akses pada jaringan komputer dapat berjalan dengan baik dan aturan dalam penggunaan sumber daya jaringan bisa dijalankan.
PEMBERIAN REWARD BERDASARKAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE AHP PADA PT. ANUGERAH PROTECINDO Rizky Multi Amalia; Dwi Yuni Utami
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.572 KB)

Abstract

Penilaian kinerja karyawan PT. Anugerah Protecindo bertujuan untuk memotivasi individu karyawan dan sebagai penentu dalam pemberian rewardkaryawan namun selama ini belum optimal dikarenakan adanya kecendrungan terpusat pada penilaian kinerja yang menyebabkan penilaian menjadi tidak objektif serta belum ada pembobotan pada kriteria penilaian sehingga belum diketahui kriteria mana yang paling mempengaruhi kinerja karyawan. Penentuan karyawan terbaik dilakukan tidak hanya dengan cara penunjukan langsung oleh pimpinan atau manajer, akan tetapi sebuah perusahaan harus melakukan penilaian kinerja yang telah dilakukan oleh karyawannya dalam jangka waktu tertentu, dan tentunya akan ada sebuah reward atas keberhasilan yang telah dicapai oleh karyawannya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bobot kriteria kinerja karyawan berdasarkan kompetensi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penilaian menggunakan 4 (empat) bobot kriteria yaitu motivasi, kompetensi, keterampilan dan sikap. Sistem pemberian reward karyawan ditentukan dengan menggunakan metode pembagian laba berdasarkan prosentase kenaikan penilaian kinerja yang dicapai oleh masing-masing karyawan. Prosentase kenaikan penilaian kinerja dari standar yang ditetapkan akan dibandingkan dengan total prosentase kenaikan penilaian kinerja seluruh karyawan. Sehingga akan didapatkan sebuah nilai akhir yang akan dikalikan dengan dana yang dialokasikan untuk reward. Hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan semakin tinggi penilaian kinerja karyawan, maka karyawan akan memperoleh reward yang semakin besar
MODEL SUPPORT VECTOR MACHINE BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PREDIKSI PENYAKIT LIVER Numan Musyaffa; Bakhtiar Rifai
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1342.512 KB)

Abstract

Hati adalah organ yang paling besar dan penting bagi tubuh kita. Kita tidak bisa hidup tanpa hati. Penyakit hati merupakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau bahan-bahan beracun sehingga hati tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik serta tidak mudah ditemukan dalam tahap awal dalam mendiagnosis penyakit hati. Penanganan pasien dengan penyakit hati pada tahap awal akan memperpanjang hidup pasien. Banyak penelitian menggunakan model Support Vector Machine untuk memprediksi penyakit hati tetapi nilai akurasi yang dihasilkan kurang akurat. Dalam penelitian yang dilakukan ini model algoritma support vector machine dan model algoritma support vector machineberbasiskan particle swarm optimization untuk mendapatkan aturan untuk memprediksi penyakit liver dan memberikan nilai yang lebih akurat dari akurasi. Setelah pengujian dengan dua model support vector machine dan support vector machine berbasiskan particle swarm optimization, mendapatkan hasil dari model algoritma support vector machine nilai akurasinya 71,36% dan nilai akurasi dari AUC sebesar 0.500, sedangkan pengujian menggunakan algoritma suppport vector machine berbasiskan particle swarm optimization mendapatkan hasil nilai akurasinya sebesar 77,36% dan nilai AUC 0.661 untuk tingkat diagnosa klasifikasi yang baik. Kedua metode ini memiliki berbagai tingkat akurasi sebanyak 6,00% dan selisih nilai AUC 0.161
PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA SUNDA UNTUK ANAK – ANAK METODE ADDIE Syaiful Anwar; Frans Eduard Schadaw; Althafani Althafani
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1397.223 KB)

Abstract

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, diperlukan juga inovasi dan peningkatan kualitas dalam metode pembelajaran di seluruh institusi pendidikan. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui sarana multimedia berupa animasi interaktif dirasa efektif untuk meningkatkan minat belajar anak – anak dalam berbahasa daerah Sunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan aplikasi animasi interaktif pembelajaran bahasa Sunda sebagai penunjang. Menggunakan jenis research and development dengan model ADDIE. Perhitungan kelayakan aplikasi untuk menghasilkan animasi yang interaktif yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan dalam mengenal bahasa Sunda mulai dari anggota tubuh, keluarga, benda terdekat, dan quiz sebagai evaluasi pemahaman pembelajaran. Dengan adanya animasi ini dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari bahasa Sunda dikalangan siswa sekolah dasar. Adapun nilai rata-ratanya sebesar 82.6%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi animasi interaktif yang dihasilkan sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Sunda
MENGENAL WARNA, ANGKA, HURUF DAN BENTUK PADA ANAK USIA DINI MELALUI ANIMASI INTERAKTIF Esty Purwaningsih
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.185 KB)

Abstract

Lima tahun pertama pada anak merupakan usia yang sangat penting untuk perkembangannya. Pendidikan dalam mengenal warna, angka, huruf dan bentuk sebagai awal pembelajaran untuk lebih mengenal benda atau sesuatu yang berada di sekitarnya. Anak kurang memahami pengenalan sesuatu di lingkungan sekitarnya dikarenakan apa yang diajarkan kurang menarik sehingga rasa ingin tahu anak berkurang. Penelitian ini dibuat dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis multimedia dengan metode waterfall sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk membantu pembelajaran dalam memudahkan anak mengenal warna, angka, huruf dan bentuk sehingga anak tidak cepat merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran.
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA SMPN SATU ATAP PAKISJAYA KARAWANG Nurmalasari Nurmalasari; Devi Wulandari
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1079.172 KB)

Abstract

Gadget adalah alat elektronik yang mudah di bawa kemana saja untuk keperluan komunikasi ataupun mengetahui informasi. Pada saat ini gadget sudah lebih berkembang yang awalnya hanya dapat melakukan komunikasi sampai sekarang sudah bisa melakukan apapun yang orang diinginkan sehingga gadget di gunakan oleh banyak orang tua ataupun muda. Gadget dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan ketergantungan pada siswa sekolah manapun, salah satunya adalah siswa-siswi SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap prestasi siswa, mengetahui tingkat konsentrasi belajar, ketergantungan akibat penggunaan gadget, dan mengetahui penyebab dari penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan Crossectional, sampel diambildengan teknik sampling purposive yaitu sebanyak 30 responden. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan lembar observasi. Uji statistic menggunakan R-Square pada perhitungan koefisien determinai dengan nilai 0.055 ini didapat dari x2 yaitu ketergantungan terhadap nilai atau tingkat prestasi siswa dengan presentase sebesar 5,5% maka dapat diprediksikan bahwa nilai signifikan untuk ketergantungan yaitu 0,213 > 0,05 artinya variabel ketergantungan berpengaruh terhadap nilai prestasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi belajar siswa di SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang.
ANALISA PENENTUAN JURUSAN PADA SMA. KARTIKA VIII-1 MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM MAMDANI Hylenarti Hertyana
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1227.343 KB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model eksperimen. Penelitian eksperimen ini mengenai sistem penunjang keputusan untuk penentuan jurusan SMA. Kartika VIII-1 dengan pendekatan Fuzzy Inference System metode Mamdani secara konvensional dan membandingkan dengan hasil Fuzzy Inference System metode Mamdani dengan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan hasil metode Centroid dan Bisektor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh penulis dari SMA. Kartika VIII-1 melalui observasi langsung pada Sekolah dan wawancara secara langsung dengan murid SMA kelas X, Kepala Sekolah dan bagian terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) penjurusan pada siswa Sekolah Menengah Atas(SMA). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut diperoleh 3 variabel input diantaranya Peminatan(PM) yang diambil dari nilai tes peminatan siswa, Psikotest(PS) dari nilai tes psikologi siswa dan nilai Rata-rata Rapor yang diambil dari nilai Rata-rata Rapor mata pelajaran jurusan MIA(Matematika, Biologi, Kimia, Fisika) dan jurusan IIS(Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi). Sedangkan data sekunder diperoleh melalui tulisan ilmiah dan studi literatur. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Fuzzy Inference System(FIS) Mamdani secara konvensional dan yang diaplikasikan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan metode Centroid dan Bisektor pada SPK yang dikembangkan dinyatakan memenuhi tujuan yang diharapkan dan hasil penjurusan siswa bisa lebih cepat dan akurat sehingga informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan.
MUTASI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA SEKERETARIS BADAN LITBANG ESDM DENGAN METODE PROMETHEE Titin Kristiana
JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) Vol 3 No 2 (2018): JITK Issue February 2018
Publisher : LPPM Nusa Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.379 KB)

Abstract

Pemindahan tugas sangat perlu dilakukan sebagai perencanaan karir pegawai dan juga untuk meremajakan suatu posisi jabatan. Ditentukannya suatu kriteria-kriteria dalam pemindahan tugas karyawan tidak terlepas dari tujuan agar karyawan yang akan dipindahkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Terkadang proses pemindahan tugas dan perencanaan karir di dalam suatu perusahaan hanya berdasarkan dari beberapa aspek saja yaitu tingkat pendidikan, keahlian, dan pengalaman sesuai kebutuhan unit kerja. Maksud yang ingin di capai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pemindahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari instansi lain ke Badan Litbang ESDM, Kemudian untuk menerapkan metode promethee dalam sistem pendukung keputusan pemindahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) instansi lain ke Badan Litbang ESDM dengan menggunakan metode PROMETHEE.

Page 1 of 3 | Total Record : 21