cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
ISSN : 25795465     EISSN : 25795473     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. The research results of experimental. 3. The research result of Class Action Research (CAR). 4. Research result of Literature. 5. Islamic studies
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya" : 4 Documents clear
PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) BERBASIS KITAB KUNIG DAN SIGNIFIKANSINYA DENGAN KARAKTER SISWA SMA AHMAD YANI 2 BAURENO BOJONEGORO Munir Munir
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 2 No 2 (2019): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1616

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang berbasis kitab kuning di SMA Ahmad Yani 2 Baureno, dan Signifikansinya pelaksanaan Pendidikan Agama islam berbasis kitab kuning terhadap karakter siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui,kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang juga didukung dengan data-data sekunder yang diambil dari teks-teks yang tentunya terkait dengan tema penelitian ini. Berdasarkan wawancara, analisa data ,observasi ,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI berbasis kitab kuning sangat berpengaruh baik dengan karakter siswa di SMA Ahmad Yani Baureno, yang meliputi ketaatan, kedisiplinan, sopan-santun pada guru, teman, orang tua.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BLOGGING (VLOG) (Studi Materi Makanan Halal Dan Haram Kelas 8 SMP Negeri 4 Lamongan) Zakiyah Yuliya Zulfa
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 2 No 2 (2019): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1617

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya justru semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan bisa digunakan dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam yaitu salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang optimal. Media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) adalah alat bantu pembelajaran yang menyajikan informasi berdasarkan fenomena nyata atau catatan harian seseorang yang disajikan dalam bentuk audio dan visual. Tesis ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG di SMP Negeri 4 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG, untuk mengetahui Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis VLOG. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI SMP Negeri 4 Lamongan yang menggunakan media pembelajaran berbasis VLOG beserta Guru PAI lainnya dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran VLOG . Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi yang menggunakan teknik analisa data dari tahap editing data, kategorisasi data dan penafsiran data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi Pendidikan Agama Islam dengan media pembelajaran berbasis (VLOG) di SMP Negeri 4 Lamongan dibuktikan dengan hasil belajar materi PAI dengan nilai rata rata kelas yang sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis vlog memperoleh rata-rata nilai kelas predikat cukup(C) meningkat menjadi predikat baik(B). Dari penulisan ini dapat dijadikan acuan bagi guru bahwa dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran serta lebih memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam.
METODE PERLAFASS TIPKAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’ĀN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL AZHAR MENGANTI- GRESIK Rosida Alifa Hani
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 2 No 2 (2019): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1618

Abstract

Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Maka untuk memperoleh data yang berkaitan dengan data penelitian, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya dengan mendeskripsikan data penelitian yang diperoleh di lapangan sekaligus dianalisis pada saat pembuatan laporan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah konsep metode PERLAFASS TIPKAS yang telah diciptakan untuk mempermudah santri dalam menghafal Al-Qur’ān tanpa ada rasa takut dalam diri untuk menghafal, untuk implementasi metode ini adalah bahwa santri yang ingin menghafal harus mempunyai niat dan tekad yang kuat juga kesabaran yang utuh. Sedangkan kualitas hafalan Al-Qur’ān santri dengan metode PERLAFASS TIPKAS ini sangat mudah dan hafalannya semakin baik, yang mulanya belum bisa baca jadi bisa lancar bacanya, yang awalnya sudah lancar, bacaan dan hafalannya semakin bagus bergantung pada kemampuan masing-masing santri.
KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER Ahmad Saiful Ulum Imam
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 2 No 2 (2019): Edu-Religia : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/edu-religia.v2i2.1619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi konsep belajar dari Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim dengan buku pendidikan Islam kontemporer, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini berbentuk kajian kepustakaan (Library research), Sumber data diperoleh dalam dua bentuk data, yaitu Data Primer dan Skunder. Adapun data primer yang digunakan adalah Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dan buku pendidikan Islam kontemporer dan data skunder yang digunakan adalah Ayat Al-Qur’an, Hadist, buku,kitab, jurnal, dan literatur lainnya yang relevan. Selanjutnya dianalisis dengan metode Content Analysis dan metode deskriptif kualitatif, Sehingga dapat memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dari hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep belajar Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim memiliki Relevansi dengan buku pendidikan Islam kontemporer. karena kajian dalam kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim banyak memiliki kesamaan dengan konsep belajar buku pendidikan Islam kontemporer. Dan selain itu posisi Pendidikan Adab sangatlah penting dan sangat perlu untuk diimplementasikan baik di dalam saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari, baik mulai zaman dahulu maupun pada era modern saat ini, khususnya bagi seorang Pendidik dan Peseta didik, dengan tujuan di dalamnya agar tercapai sebagai seorang yang berakhlakul karimah, profesional, bertaqwa dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, Agama, dan Negara.

Page 1 of 1 | Total Record : 4