cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya
ISSN : 25795465     EISSN : 25795473     DOI : -
Core Subject : Education,
The purpose of this journal is to publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The research results of islamic edication. 2. The research results of experimental. 3. The research result of Class Action Research (CAR). 4. Research result of Literature. 5. Islamic studies
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Septemeber" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI) BERBASIS KITAB KUNIG DAN SIGNIFIKANSINYA DENGAN KARAKTER SISWA SMA AHMAD YANI 2 BAURENO BOJONEGORO Munir Munir
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.582 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang berbasis kitab kuning di SMA Ahmad Yani 2 Baureno, dan Signifikansinya pelaksanaan Pendidikan Agama islam berbasis kitab kuning terhadap karakter siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui,kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang juga didukung dengan data-data sekunder yang diambil dari teks-teks yang tentunya terkait dengan tema penelitian ini. Berdasarkan wawancara, analisa data ,observasi ,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI berbasis kitab kuning sangat berpengaruh baik dengan karakter siswa di SMA Ahmad Yani Baureno, yang meliputi ketaatan, kedisiplinan, sopan-santun pada guru, teman, orang tua.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BLOGGING (VLOG) (Studi Materi Makanan Halal Dan Haram Kelas 8 SMP Negeri 4 Lamongan) Zakiyah Yuliya Zulfa
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.883 KB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Padahal dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya justru semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan bisa digunakan dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam yaitu salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang optimal. Media pembelajaran berbasis Video Blogging (VLOG) adalah alat bantu pembelajaran yang menyajikan informasi berdasarkan fenomena nyata atau catatan harian seseorang yang disajikan dalam bentuk audio dan visual. Tesis ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG di SMP Negeri 4 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Materi Pendidikan Agama Islam dengan Media Pembelajaran Berbasis VLOG, untuk mengetahui Hasil Belajar Materi Pendidikan Agama Islam Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis VLOG. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI SMP Negeri 4 Lamongan yang menggunakan media pembelajaran berbasis VLOG beserta Guru PAI lainnya dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran VLOG . Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi yang menggunakan teknik analisa data dari tahap editing data, kategorisasi data dan penafsiran data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi Pendidikan Agama Islam dengan media pembelajaran berbasis (VLOG) di SMP Negeri 4 Lamongan dibuktikan dengan hasil belajar materi PAI dengan nilai rata rata kelas yang sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis vlog memperoleh rata-rata nilai kelas predikat cukup(C) meningkat menjadi predikat baik(B). Dari penulisan ini dapat dijadikan acuan bagi guru bahwa dalam penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran serta lebih memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam.
METODE PERLAFASS TIPKAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’ĀN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL AZHAR MENGANTI- GRESIK Rosida Alifa Hani
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.836 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Maka untuk memperoleh data yang berkaitan dengan data penelitian, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya dengan mendeskripsikan data penelitian yang diperoleh di lapangan sekaligus dianalisis pada saat pembuatan laporan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah konsep metode PERLAFASS TIPKAS yang telah diciptakan untuk mempermudah santri dalam menghafal Al-Qur’ān tanpa ada rasa takut dalam diri untuk menghafal, untuk implementasi metode ini adalah bahwa santri yang ingin menghafal harus mempunyai niat dan tekad yang kuat juga kesabaran yang utuh. Sedangkan kualitas hafalan Al-Qur’ān santri dengan metode PERLAFASS TIPKAS ini sangat mudah dan hafalannya semakin baik, yang mulanya belum bisa baca jadi bisa lancar bacanya, yang awalnya sudah lancar, bacaan dan hafalannya semakin bagus bergantung pada kemampuan masing-masing santri.
KONSEP BELAJAR PERSPEKTIF KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM DAN BUKU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER Ahmad Saiful Ulum Imam
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.789 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi konsep belajar dari Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim dengan buku pendidikan Islam kontemporer, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Penelitian ini berbentuk kajian kepustakaan (Library research), Sumber data diperoleh dalam dua bentuk data, yaitu Data Primer dan Skunder. Adapun data primer yang digunakan adalah Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari dan buku pendidikan Islam kontemporer dan data skunder yang digunakan adalah Ayat Al-Qur’an, Hadist, buku,kitab, jurnal, dan literatur lainnya yang relevan. Selanjutnya dianalisis dengan metode Content Analysis dan metode deskriptif kualitatif, Sehingga dapat memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dari hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep belajar Kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim memiliki Relevansi dengan buku pendidikan Islam kontemporer. karena kajian dalam kitab A<da<b Al-’A<lim Wa Al-Muta’allim banyak memiliki kesamaan dengan konsep belajar buku pendidikan Islam kontemporer. Dan selain itu posisi Pendidikan Adab sangatlah penting dan sangat perlu untuk diimplementasikan baik di dalam saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar maupun dalam kehidupan sehari-hari, baik mulai zaman dahulu maupun pada era modern saat ini, khususnya bagi seorang Pendidik dan Peseta didik, dengan tujuan di dalamnya agar tercapai sebagai seorang yang berakhlakul karimah, profesional, bertaqwa dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, Agama, dan Negara.
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEGIATAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO Miftakhul Anam
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.157 KB)

Abstract

Seorang guru harus mampu menumbuhkan sikap disiplin pada siswa agar semua kegiatan sekolah dapat terlaksana dengan baik. Menumbuhkan sikap disiplin pada siswa tentu tidaklah mudah. Seorang guru hendaknya mengupayakan dengan menggunakan metode-metode yang efektif untuk menumbuhkan kedisiplinan pada siswa. Salah satunya dengan metode pembiasaan Pembiasaan merupakan metode yang mengupayakan bagaimana agar seseorang menjadi terbiasa dalam melakukan sesuatu baik itu peraturan, ataupun kegiatan-kegiatan yang lain. Dengan pembiasaan maka seseorang akan merasa terbiasa dan ringan dalam melakukan hal tersebut, sehingga tidak ada lagi perasaan terpaksa. Pembiasaan yang diterapkan tentunya adalah pembiasaan yang positif seperti halnya pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan dalam perilaku sopan santun dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membawa dampak positif bagi kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data digunakan metode analisis deskriptif untuk dokumen-dokumen kualitatif dan analisis statistik dengan program SPSS 16.0 untuk data kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Sistem pelaksanaan kurikulum PAI berjalan dengan baik sesuai dengan kurikulum nasional sebagian menggunakan KKNI. Dalam pendalaman materi dan pengayaan telah diprogramkan dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan pengetahuan serta menambah keahlian para siswa dalam pendidikan PAI, (b)Dalam tahun ajaran 2018/2019 terdapat beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan siswa tentunya sanksi akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah. Adapun report tahun 2018/2019 sikap disiplin siswa dalam kategori 85% Baik dan 15 % kurang baik. Dalam hal ini dilakukan pembinaan intensif tentang kedisiplinan terhadap siswa-siswa yang sering melanggar tata tertib dengan melibatkan guru bimbingan dan orang tua siswa. , (c) Dalam uji statistik inferensial yang telah diuji dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini hipotesis ho ditolak dan ha diterima sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan terbukti. Seperti yang telah disampaikan dalam interpretasi data pengembangan kurikulum PAI berbasis kegiatan terhadap kedisiplinan sebesar 72,0%. Sedangkan sisanya sebesar 28, % dipengaruhi oleh variabel lain selain pengembangan kurikulum. Dalam hal ini faktor-faktor lain seperti faktor pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan lingkungan tempat bermain juga memiliki peranan dalam perilaku disiplin siswa.
PENDIDIKAN AKHLAK DI PESANTREN (Studi Analisis Pendidikan dan Tradisi Pondok Pesantren Manbail Futuh, Beji, Jenu, Tuban dengan Perilaku Keberagaman Santri) Abdullah Muttaqin
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.049 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup dan kehidupan manusia. Salah satu misi utama pendidikan Islam adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dengan misi itu manusia diharapkan menjadi makhluk yang bermoral, yakni makhluk yang bertanggung jawab sepenuhnya atas segala perbuatan yang dipilihnya dengan sadar, yang baik maupun yang buruk. Oleh karena itu, akhlak harus dijadikan sebagai orientasi hidup di setiap masa dan waktu. Letak pentingnya akhlak dapat dilihat dalam firman Allah dalam pembinaan akhlak adalah salah satu cara untuk mencetak tingkah laku manusia yang baik, sehingga ia berprilaku terpuji, sempurna sesuai dengan substansinya sebagai manusia, yang bertujuan mengangkatnya dari derajat yang paling tercela. Dengan dasar tersebut penulis tertarik mnenganalisis pendidikan dan tradisi pondok pesantren Manbail Futuh Beji, Jenu, Tuban.
KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHOZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DENGAN KURIKULUM 2013 M Subhan
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.109 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pokok-pokok pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam, pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulim 2013, dan untuk mendeskripsikan komparasi pemikiran al-Ghozali tentang pendidikan islam. Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan analisis datamya adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan(1)Pokok-pokok pemikiranAl-Ghazali tentang pendidikan Islam secara umum bersifat etis dan religious sehingga lebih mengedepankan aspek afektif dan psikomotorik daripada aspekkognitif. Dengan demikian ,Pendidik menurut Al-Ghozali harus memiliki sifat kasih sayang, ikhlas, serta memberi nasihat yang baik, mampu mengarahkan anak didik pada hal yang positif, mampu mengenal menakar nalar dan intelektual anak didik, mampu merangsang anak didik terhadap ilmu, mampu mengidentifikasi kelompok anak didik dan mampu memberikan suri tauladan yang baik. (2)Pokok pokok pendidikan islam dalam kurikulum 2013 secara global mempunyai tujuan yang sama yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, bangsa yang cerdas ber awal dari lingkungan yang cerdas lingkungan yang cerdas ber awal dari keluarga yang cerdas, dalam hal ini sangat searah dengan tujuan pendidikan yang ada di Negara Indonesia sesuai dengan yang tertulis UUD 1945 yaitu: Mencerdaskan kehidupan bangsa, Mengembangkan manusia seutuhnya, Memiliki pengetahuan dan keterampilan, Sehat jasmani dan ruhani, Kepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.(3).Komparasi pemikiran AL-Ghozali tentang pendidikan islam dengan kurikulum 2013. Pemikiran alghozali dalam pendidikan islam dalam semua karyanya selalu mengarah pada terbentuknya akhlaqul karimah pada setiap diri seseorang dalam kata lain imam alghozali dalam hal pendidikan AL-Ghozali selalu menghendaki dalam semua aspek literature keilmuan haruslah dapat menjadikan para pengembannya untuk selalu menghambakan diri pada Alloh subhanahu wata ala,Komparasinya dengan kurikulum 2013hampir kesemuanya sama dalam artian di dalam kurikulum 2013 dalam semua mata pelajaran bahkan dalam pelajaran umumpun juga di sarankan dalam penyampaiannya agar menyisipkan nilai nilai keluhuran akhlaq, hanya saja karna kurangnya kesiapan dari para pendidik karna berbagai hal yang melatar belakangi, maka tampaknya menurut pandangan sebagian pengampu mata pelajaran, kurikulum 2013 belum saatnya di terapkan di Negara kita tercinta ini.
DESAIN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SDI AR-ROUDLOH MIRU SEKARAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Firdha Adzana Kharismawati
EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2018): Septemeber
Publisher : Program Pascasarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.25 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana desain pengembangan kemampuan public speaking melalui pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences siswa SDI Ar-Roudloh Miru Sekaran Lamongan. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai data yang diperoleh dari lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Konsep Pengembangan Kemampuan Public Speaking Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; Kegiatan Tengah Semester, (2) Implementasi Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; a. Kualitas Proses Pembelajaran, b. Pendekatan One for All, (3) Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Siswa SDI Ar-Roudloh Miru; a. Metode Enjoy Learning, b. Coins Daily

Page 1 of 1 | Total Record : 8