cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Tarbiyatuna
ISSN : 20860889     EISSN : 25794981     DOI : -
Journal Tarbiyatuna contains scientific articles and research results in the field of Islamic education include; Islamic Education Thought, Islamic Education Management, Islamic Education Policy, Issues of Islamic Education, Islamic Education Philosophy, Basic Islamic Education, Islamic Religious Education, and Islamic Education Curriculum. This journal is published twice a year, June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2017)" : 14 Documents clear
Implementasi Metode Pendidikan Seks Untuk Anak Dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam) Martini, Martini; Mawardi, Imam
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.442 KB)

Abstract

Pendidikan seks menjadi salah satu isu yang hangat diperbincangkan oleh semua lapisan masyarakat. Topik berkaitan metode pendidikan seks merupakan aspek penting untuk diperbicangkan karena perlu difahami secara jelas dan mendalam sebelum program tersebut dilaksanakan. Ketiadaan metode pendidikan yang efektif akan menghambat atau membuang waktu dan tenaga secara percuma dalam upaya pendidikan. Untuk itu dalam melaksanakan tanggungjawab pendidikan seks harus kembali pada konsep Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan seks dalam Islam. Selain itu, untuk mengetahui metode penyampaian pendidikan seks pada anak serta implementasinya dalam lingkup keluarga. Penelitian ini merupakan suatu penelitian literatur yang biasa dikenal dengan Library Research. Dalam tingkatan penjelasannya, penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode Content Analysis. Hasil penelitian implementasi metode pendidikan seks untuk anak  dalam  keluarga (perspektif pendidikan Islam ) menunjukan bahwa: (1) Pendidikan seks dalam Islam merupakan bagian integral dari pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah. Pendidikan seks adalah upaya pengajaran, penyadaran, dan penerangan mengenai arti, fungsi dan tujuan seks, sehingga anak dapat menyalurkan dengan benar. Pendidikan seks dalam Islam untuk anak adalah sebagai tindakan preventif. Keluarga merupakan tempat yang terbaik untuk menyampaikan informasi tentang seks. Orang yang pertama bertanggungjawab atas pendidikan seks adalah orangtua. (2) Metode pendidikan seks menurut Islam meliputi: keteladanan, pembiasaan, tanya jawab, nasehat, cerita, perumpamaan, dan hukuman. (3) Implementasi metode pendidikan seks untuk anak dalam keluarga disesuaikan dengan katakteristik setiap fase pertumbuhan kejiwaan anak, serta dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.
Konstribusi Praktikum Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Kepedulian Lingkungan Suryawan, Ari; Dian Agustina, Azizah
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.962 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan rasa kepedulian lingkungan melalui Praktikum Bervisi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri  Kemirirejo 3 Kota Magelang, Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain, serta angket kepedulian lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata rata hasil belajar  siswa  kelas eksperimen 90,25 melebihi batas KKM 68, sehingga tuntas secara klasikal dan individual. Rata-rata  hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 90,25 lebih baik dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 77,5. Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 69 % dalam kategori sedang, sedangkan rata rata skor kepedulian lingkunag kelas eksperimen berada pada angka 86 % dengan kategori sangat bagus.
Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang Mujiati, Umi; Triyanto, Andi
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.904 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan stratified  proportional  random. Pengumpulan data diperoleh dengan cara angket/kuesioner, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan  analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan  Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan keluarga berada pada kategori baik (rata-rata  =  48%); (2) Pergaulan teman sebaya berada pada kategori sangat baik (rata-rata 41%); dan (3) Perilaku keberagamaan berada dalam kategori sangat baik  (rata-rata 70%). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan (4) Tidak ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku keberagamaan siswa,  koefisien uji t variabel lingkungan keluarga 0,607 < 2,05 taraf signifikan 5%  nilai t tabel, probabilitas 0,550 > 0,05; (5) Ada pengaruh teman sebaya terhadap perilaku keberagamaan siswa,  koefisien uji t variabel teman sebaya 3,436 > 2,05 taraf signifikan 5%  nilai t tabel, probabilitas 0,002  > 0,05; dan (6) Ada pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku keberagamaan siswa dengan perolehan F = 10.010 dengan    probabilitas  0,001 <  0,05;  Koefisien  determinasi  0,455 mengandung  pengertian  bahwa  pengaruh  lingkungan keluarga  dan teman sebaya terhadap perilaku keberagamaan siswa  adalah  sebesar  40,5%. Sedangkan  54,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diketahui.
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di MI Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Ema Fatimah, Nisfu; Usman, Nurodin
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.224 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo, mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 6 orang, yang terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Fikih dan 3 orang siswa dari 26 siswa yang ada di kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di MI Al Islam Tonoboyo meliputi perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru mencantumkan beberapa  karakater kedalam RPP untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang bertujuan mengembangkan karakter siswa.   Pada proses pembelajaran ada stimulus atau rangsangan interaksi  yang  berfungsi  menanamkan  karakter  selama  proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru juga menggunakan berbagai metode untuk membentuk karakter siswa yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan yang dimilki oleh anak, serta menggunakan pendekatan saintific sehingga dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan siswa sehingga mudah dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini dapat membuat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih dapat terlaksana dengan baik. Faktor yang mempengaruhi impelementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung itu meliputi kegiatan-kegiatan yang diterapkan di madrasah sebagai penunjang keberhasilan pembentukan karakter siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Adapun faktor penghambat meliputi waktu pelaksanaan pembelajaran, peserta didik atau siswa yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda, dan perencanaan pembelajaran.
Pengaruh Faktor Implementasi Metode Pembelajaran Rangking Satu Dalam Keterampilan Menulis Siswa Di MI Muhammadiyah Mendut Maria Ulfa, Siti; Suliswiyadi, Suliswiyadi
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.367 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor implementasi metode pembelajaran rangking satu dalam keterampilan menulis siswa kelas rendah MI Muhammadiyah Mendut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Muhammadiyah Mendut yang berjumlah 113 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui variabel faktor implementasi metode pembelajaran rangking satu, variabel keterampilan menulis siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS For Windows versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor implementasi metode pembelajaran rangking satu MI Muhammadiyah Mendut dalam kategori cukup. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban responden dalam kategori cukup yaitu mencapai 52,63%. Keterampilan menulis siswa MI Muhammadiyah Mendut dalam kategori baik, yang dibuktikan jawaban responden dalam kategori baik yaitu sebesar 68,42%. Analisis korelasi product moment diperoleh nilai rxy hitung sebesar 0,722. Hasil tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh antara faktor implementasi metode pembelajaran rangking satu dalam keterampilan menulis siswa kelas rendah MI Muhammadiyah Mendut.
Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim Dengan Metode Konseling Islam Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang Meisari Silfana, Ike; Imron, Imron
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.451 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim dengan menggunakan metode Konseling Islam di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang. Latar belakang permasalahan dari penelitian ini ialah timbulnya gejala anak asuh yang bermasalah dari segi akhlak terhadap lingkungan, utamanya kurangnya kepekaan terhadap sesama dan juga kondisi lingkungan sekitar. Namun dari segi akhlak terhadap Allah dan pengetahuan keagamaan di asrama cukup baik. Penelitian Ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research (penelitian lapangan) yang sumber data primernya diperoleh langsung dari Pengurus atau Pengasuh. Sedangkan data sekundernya adalah yang bersumber dari dokumentasi. Kemudian data ini dikumpulkan dan dianalisa secara deskriptif kualitatif. Metode deskriptif ialah suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara detil atau holistik (utuh). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan pembinaan akhlak terhadap anak asuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang dengan menggunakan metode Konseling Islam menunjukkan hasil yang baik dan sangat membantu pihak pengasuh dalam melakukan pembinaan. Pengasuh telah melaksanakan program-program dan metode kepengasuhan yang menunjang keberhasilan pembentukan akhlakul karimah anak asuh. Adapun program yang tidak dapat dilaksanakan oleh pengasuh adalah disebabkan karena beberapa faktor penghambat seperti kurangnya fasilitas sebagai sarana pendukung atau media pengempangan potensi anak asuh, kemudian kurangnya kerjasama dengan pihak wali atau keluarga dari anak asuh serta masih minimnya kesadaran anak asuh akan arti pentingnya akhlak terhadap lingkungan dan sesama manusia.
Pendidikan Taruna/Taruni Akademi Militer Dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Spiritualitas Keagamaan Riyanto, Slamet; Tohirin, M
Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.425 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Taruna/Taruni Akademi Militer dalam Membentuk Karakter Bangsa Melalui Spiritualitas Keagamaan pada Pelaksanaan Shalat Berjamaah dan Shalat Sunat Tahajud di Akademi Militer Magelang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif.  Populasi dalam penelitian ini adalah Taruna/Taruni Tingkat III Sermadatar Akademi Militer berjumlah 195 Taruna/Taruni yang beragama Islam dengan perincian 179 Taruna dan 16 Taruni dari jumlah keseluruhan 228 Taruna/Taruni.  Adapun sampel penelitian ini berjumlah 6 Taruna/Taruni dengan perincian 3 Taruna dan 3 Taruni mewakili Taruna/Taruni Tingkat III Sermadatar, dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan observasi yang diberikan kepada responden secara acak.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi pengasuh tentang pentingnya nilai religius dalam pelaksanaan shalat berjamaah dan shalat sunat tahajud merupakan salah satu sumber yang melandasi terbentuknya karakter Taruna/Taruni dan sangat penting pula ditanamkan ekskul keagamaan kepada Taruna/Taruni karena dengan bekal keagamaan yang kuat akan memperkokoh pondasi iman dan moral Taruna/Taruni di masa depan. (2) peran lembaga dalam mendukung pelaksanaan kegiatan keagamaan yaitu menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan, memberikan izin kepada Bintal untuk mengadakan program kegiatan, mendukung adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di dalam maupun di luar kesatrian, serta memberikan teladan yang baik bagi Taruna/Taruni Akademi Militer. (3) pelaksanannya melalui program ekskul keagamaan, termasuk di dalamnya mengintensifkan shalat berjamaah dan shalat sunat tahajud, sehingga menjadi budaya yang positif dan diharapkan meskipun lembaga pendidikan Akademi Militer ini bukan pesantren, namun perilaku santri dapat diterapkan di kehidupan Taruna dan Taruninya.
Konstribusi Praktikum Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Kepedulian Lingkungan Suryawan, Ari; Dian Agustina, Azizah
Jurnal Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.962 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan rasa kepedulian lingkungan melalui Praktikum Bervisi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri  Kemirirejo 3 Kota Magelang, Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis ketuntasan klasikal, analisis ketuntasan rata-rata uji t, analisis uji banding sample t test, dan analisis peningkatan uji Normalized Gain, serta angket kepedulian lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata rata hasil belajar  siswa  kelas eksperimen 90,25 melebihi batas KKM 68, sehingga tuntas secara klasikal dan individual. Rata-rata  hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 90,25 lebih baik dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 77,5. Uji Normalized Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 69 % dalam kategori sedang, sedangkan rata rata skor kepedulian lingkunag kelas eksperimen berada pada angka 86 % dengan kategori sangat bagus.
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di MI Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Ema Fatimah, Nisfu; Usman, Nurodin
Jurnal Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.224 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo, mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 6 orang, yang terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Fikih dan 3 orang siswa dari 26 siswa yang ada di kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di MI Al Islam Tonoboyo meliputi perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru mencantumkan beberapa  karakater kedalam RPP untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang bertujuan mengembangkan karakter siswa.   Pada proses pembelajaran ada stimulus atau rangsangan interaksi  yang  berfungsi  menanamkan  karakter  selama  proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru juga menggunakan berbagai metode untuk membentuk karakter siswa yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan yang dimilki oleh anak, serta menggunakan pendekatan saintific sehingga dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan siswa sehingga mudah dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini dapat membuat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih dapat terlaksana dengan baik. Faktor yang mempengaruhi impelementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung itu meliputi kegiatan-kegiatan yang diterapkan di madrasah sebagai penunjang keberhasilan pembentukan karakter siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Adapun faktor penghambat meliputi waktu pelaksanaan pembelajaran, peserta didik atau siswa yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda, dan perencanaan pembelajaran.
Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim Dengan Metode Konseling Islam Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang Meisari Silfana, Ike; Imron, Imron
Jurnal Tarbiyatuna Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.451 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim dengan menggunakan metode Konseling Islam di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang. Latar belakang permasalahan dari penelitian ini ialah timbulnya gejala anak asuh yang bermasalah dari segi akhlak terhadap lingkungan, utamanya kurangnya kepekaan terhadap sesama dan juga kondisi lingkungan sekitar. Namun dari segi akhlak terhadap Allah dan pengetahuan keagamaan di asrama cukup baik. Penelitian Ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research (penelitian lapangan) yang sumber data primernya diperoleh langsung dari Pengurus atau Pengasuh. Sedangkan data sekundernya adalah yang bersumber dari dokumentasi. Kemudian data ini dikumpulkan dan dianalisa secara deskriptif kualitatif. Metode deskriptif ialah suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu fenomena secara detil atau holistik (utuh). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan pembinaan akhlak terhadap anak asuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang dengan menggunakan metode Konseling Islam menunjukkan hasil yang baik dan sangat membantu pihak pengasuh dalam melakukan pembinaan. Pengasuh telah melaksanakan program-program dan metode kepengasuhan yang menunjang keberhasilan pembentukan akhlakul karimah anak asuh. Adapun program yang tidak dapat dilaksanakan oleh pengasuh adalah disebabkan karena beberapa faktor penghambat seperti kurangnya fasilitas sebagai sarana pendukung atau media pengempangan potensi anak asuh, kemudian kurangnya kerjasama dengan pihak wali atau keluarga dari anak asuh serta masih minimnya kesadaran anak asuh akan arti pentingnya akhlak terhadap lingkungan dan sesama manusia.

Page 1 of 2 | Total Record : 14