cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenpendidikan.uki@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayjend Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta Timur, 13630 Telp.021-8009190. Ext.441. Fax 021-8094050
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : 23015594     EISSN : 27459543     DOI : https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to be a medium for disseminating conceptual ideas of studies and application of theories along with research results in the scope of elementary education, junior/senior high education, and university/college education. Publication about scientific works pays attention to signs in scientific studies that can be accounted for and pays attention to ethics, morals in writing scientific papers
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2021): JULI" : 6 Documents clear
KESIAPAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR PANGUDI LUHUR JAKARTA SELATAN Teguh Supono; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3269

Abstract

Dampak pandemic COVID-19 pemerintah membuat kebijakan dalam proses pembelajaran, dari pembejaran tatap muka menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Dalam berjalannya waktu, ternyata pembelajaran daring tidak bisa berjalan dengan maksimal disebabkan beberapa hal, diantaranya adalah sosialisasi dan persiapan yang belum siap dari segi perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi termasuk kesiapan tentang metode pembelajaran daring. Berdasarkan masalah tersebut, maka Mendikbud Nadiem Makarim menengintrusikan bahwa semua sekolah harus sudah membuka belajar tatap muka pada Juli 2021. Keputusan yang diambil oleh Nadiem Makarim berdasarkan keputusan SKB 4 Menteri yang memberi rambu-rambu tentang sekolah tatap muka. Sekolah Dasar Pangudi Luhir telah memiliki aturan penerapan Protokol Kesehatan berupa Surat Keputusan Kepala sekolah/Yayasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan warga sekolah dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, sebagai dasar pertimbangan menyambut sekolah tatap muka. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan warga Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta selatan, terhadap penerapan protokol kesehataan COVID-19 cukup tinggi, tetapi tetap diperlukan edukasi dan sosialisasi terus menerus, sehingga dapat berdampak positif terhadap rencana pembelajaran tatap muka. Kata Kunci: Kesiapan masyarakat sekolah, social distancing, pembelajaran daring
ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MUTU SDM GURU MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL Vitry Marenden; Witarsa Tambunan; Mesta Limbong
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3270

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video . Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi pada Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal. Untuk menjamin kualitas pembelajaran tatap muka yang lebih bermakna bagi peserta didik di era new normal.Analisis ini melibatkan seluruh populasi (Nonprobability Sampling). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 61 Guru dan 32 siswa kelas VIII.1 siswa SMPN 2 Rantepao. Mutu SDM Guru SMPN 2 Rantepao melalui Pemanfaatan Teknologi cukup baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi, sumber belajar dan sebagai alat evaluasi hasil belajar TCR masing – masing adalah 73,44%, 74,42% dan 72,13% dan juga guru – guru SMPN 2 Rantepao sudah cukup baik dalam menggunakan sumber belajar digital media video sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran dengan TCR 75,30%. Hasil analisis siswa kelas VIII.1 SMPN 2 Rantepao menunjukkan bahwa ternyata Penggunaan Sumber Belajar Digital Media Video tinggi dalam mewujudkan situasi belajar efektif kepada siswa dengan TCR 82,25% pada pembelajaran tatap muka di era new normal. Namun guru – guru SMPN 2 Rantepao masih kurang baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dengan TCR sebesar 63,93% dan merancang sumber belajar digital media video untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan TCR 63,60%. Kata kunci : Sumber Belajar digital, Media Video, Mutu SDM Guru, Era New Normal
ALTERNATIF SOLUSI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI RESIKO PENURUNAN CAPAIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA PANDEMIC COVID 19: (STUDI KASUS ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN) Novita Sari Tanuwijaya; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3272

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi memberikan banyak tantangan dalam kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai upaya menghadapi tantangan tersebut pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan di bidang pendidikan. Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan mengenai proses pembelajaran di masa pandemi ini sempat mengalami beberapa kali perubahan/penyesuaian kebijakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang timbul dari kebijakan sebelumnya. Kebijakan yang diambil saat ini pun, melalui SKB 4 menteri, dengan mengizinkan sekolah tatap muka/offline terbatas pun berpotensi menimbulkan masalah. Dalam penelitian ini akan dikaji salah satu potensi masalah yang mungkin akan timbul dengan adanya kebijakan sekolah offline. Dimana dikarenakan keterbatasan dalam penyampaian materi maka ada potensi penurunan capaian hasil pembelajaran. Melalui kajian secara deskriptif kualitatif dengan mengkaji beberapa sumber kebijakan pemerintah dan kajian literatur maka akan digali bagaimana alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan tersebut. Dari hasil identifikasi masalah dan pemetaan alternative solusi dengan menggunakan metode pohon masalah didapatkan bahwa proses pembelajaran “blended learning” dapat mengurangi potensi penurunan capaian hasil belajar yang diakibatkan karena keterbatasan dalam penyampaian materi pembelajaran di pembelajaran offline. Kata Kunci: pandemic covid 19, kebijakan pemerintah, tatap muka/offline, blended learning
ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PPKn PADA TATAP MUKA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 RANTEPAO Emi Liku; Mesta Limbong; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3273

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dan PPKn pada tatap muka masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantepao dan meningkatkan hasil prestasi siswa . Subjek penelitiannnya adalah guru mapel PPKn. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literartur review dan pohon masalah,pohon harapan,Pohon alternatif/solusi. Teknik pengumpulan data, menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan rendahnya kemampuan guru dalam membuat perencannaan pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Adanya kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan pembelajaran PPKn yaitu kurangnya penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode,teknik-teknik dan media belajar yang tepat. Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya. Sebaiknya pihak sekolah SMPN 2 Rantepao dalam meningkatkan prestasi siswa dan tercapainnya perencanaan pembelajaran PPKn yang baik maka perlu ;1)Mengadakan pelatihan penggunaan metode dan media pembelajaran yang baik sesuai kurikulum covid-19,2)Mengadakan sosialisasi kurikulum darurat covid-19,3)Peningkatan kompetensi guru melalui Musyawarah Guru Mata pelajaran Kata Kunci : Kemampuan Guru,Perencanaan pembelajaran PPKn ,Tatap Muka, Pandemi Covid 19
ANALISIS PERSETUJUAN ORANG TUA TERHADAP RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK SANTA MARIA JAKARTA Nevly Wisano Powa; Witarsa Tambunan; Mesta Limbong
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3274

Abstract

Kegiatan belajar dari rumah atau disebut juga pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi disinyalir memunculkan beberapa dampak negatif bagi peserta didik. Pemerintah kemudian menetapkan untuk memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan syarat-syarat yang ketat yaitu salah satunya persetujuan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persetujuan orang tua terhadap rencana pemelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan survei sederhana kepada orang tua dan pendekatan sebab-akibat melalui analisis pohon masalah, pohon sasaran, dan pohon alternatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SMK Santa Maria Jakarta sebanyak 356 responden. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar orang tua setuju dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Kata Kunci: Persetujan, Orang Tua, Pembelajaran, Tatap Muka
PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI PADA SMK KRISTEN TAGARI Emik Pattanang; Mesta Limbong; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2021): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33541/jmp.v10i2.3275

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perencanaan yang di lakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemic sesuai dengan keputusan pemerintah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang .Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari solusi alternative yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam membuat perencenaan pembelajaran tatap muka yang yang aman dari penularan covid-19. Di dalam perencanaan tersebut beberapa hal yang dapat di lakukan sekolah anatara lain: 1).Melakukan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ,2).Meningkatkan imun peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan, 3).Mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai protocol kesehatan .Pada penelitian ini menggunakan metode kualititaif dengan pendekatan sebab-akibat yang di jabarkan dalam bentuk pohon masalah,kemudian harapan-harapan di jabarkan dalam bentuk pohon sasaran dan alternative solusi yang dapat di lakukan untuk mewujudkan harapan yang telah di tentukan sebelumnya di jabrakan dalam bentuk pohon alternative.Adappun penelitian ini di lakukan di SMK Kristen Tagrai Rantepao . Kata Kunci :Perencanaan, Pembelajaran Tatap Muka, Masa Pandemi

Page 1 of 1 | Total Record : 6