cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 24608734     EISSN : 24609145     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015)" : 10 Documents clear
TINDAK TUTUR DALAM WACANA KELAS VB SD NEGERI 62 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Parli Saptani
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.554 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3145

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur yang dominan dalam membuka, menerangkan , dan menutup pelajaran dalam wacana kelas menyimak pada kelas Vb saat membuka pelajaran di SDN 62 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2012/2013 didasarkan pada kategori tindak tutur (speech act categories) menurut Sinclair dan Coulthard’s (IRF) Penelitian ini merupakan penelitian wacana kelas yang mendeskripsikan wacana kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi rekaman video. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa tindak tutur yang dominan saat pembelajaran, yakni tindak tutur reply sebanyak 82 tindak tutur atau 12, 4% dari seluruh tindak, directive sebanyak 57 tindak tutur atau 8,6% dari seluruh tindak tutur, elicitation sebanyak 53 tindak tutur atau 8% dari seluruh tindak tutur dan nomination 52 atau 7,9% dari seluruh tindak tutur yang mengarah pada tanya jawab dalam pembelajaran dan penunjukkan pada nama siswa untuk meminta respon. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) data yang dominan ditemukan tidak cukup menonjol sebagai data yang menjadi penguatan pembelajaran (2) tindak tutur guru sangat dominan dalam pembelajarqn sehingga mengabaikan pembelajaran siswa aktif. Implikasi dalam pembelajaran dikhawatirkan akan berdampak pada tercapainya komunikatif pembelajaran yang dalam kurun waktu lama akan berdampak pada mutu pendidikan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) SISWA KELAS XII IPS 1 MAN MANNA BENGKULU SELATAN Hindun Muslimah
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.051 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3146

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan  kualitasproses pembelajaran dan kemampuan berbicara dengan metode bermain peran (role play) siswa kelas XII IPS1 MAN Manna  Bengkulu Selatan.  Penelitian ini dilakukan dengan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap repleksi dan  seterusnya sampai perbaikan dan peningkatan dapat tercapai. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, wawancara, dan tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode bermain peran (role play) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan  kemampuan berbicara pada siswa kelas XII IPS 1 MAN Manna Bengkulu Selatan tahun pelajaran 2014-2015 . Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya presentase sikap siswa pada  minat, keaktifan, kerja sama dan sikap pada siklus I 93,75% , pada siklus II menjadi 96,88%. Kemampuan berbicara pada siklus I rata rata kelas 69,09%, setelah tindakan pada siklus II meningkat menjadi 80,41%.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SECARA TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS XI TIK SMK NEGERI 2 KEPAHIANG Alam Sahri
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.389 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3181

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter secara terintegrasi dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas XI TIK SMK Negeri 2 Kepahiang yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, rekaman, dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan pada kegiatan perencanaan implementasikan pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam bentuk menyusun silabus dan RPP berkarakter. Implementasikan pendidikan karakter pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui ucapan langsung serta tingkah laku guru dan siswa yang sesuai dengan indikator pelaksanaan pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang belum diimplementasikan dalam kegiatan ini adalah cinta damai dan peduli lingkungan. Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan evaluasi dilakukan pada proses evaluasi. Sedangkan pada hasil evaluasi belum diimplementasikan. Simpulan penelitian ini adalah pada kegiatan perencanaan pendidikan karakter sudah diimplementasikan secara optimal oleh guru, kegiatan pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter sudah diimplementasikan secara optimal oleh guru dan siswa, tetapi pada evaluasi pembelajaran pendidikan karakter belum diimplementasikan secara optimal karena pembelajaran hanya berfokus pada penilaian hasil belajar.
ROLE PLAYING: METODE MENUMBUHKAN APRESIASI DRAMA DAN BAHASA ALAMI SISWA Ria Ariesta; Amril Canrhas; Imranudin Imranudin
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.575 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3147

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah peran metode Role Playing dalam menumbuhkan apresiasi drama dan bahasa alami siswa. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif, dan data dalam penelitian ini merupakan data sekunder, dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat membantu siswa menumbuhkan apresiasi drama dan bahasa alaminya. Metode ini akan menjadi lebih baik baik lagi jika dilakukan persiapan mengajar dan latiahn penggunaan metode, penggunaan media pembelajaran, memahami gaya belajar dan personalitas pembelajar, dan meningkatkan kualitas peran guru di dalam kelas.
ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK NOVEL PERAHU KERTAS KARYA DEWI LESTARI Iis Sundari
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.126 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3177

Abstract

The research on novel Perahu Kertas by Dewi Lestari, is a research using Genetic Strukturalisme approach. This research aims to determine the intrinsic and extrinsik elements of the novel. The method using qualitive descriptive. The focus of the research are (1) the structure of Perahu Kertas novel that creates its meaning as a whole, (2) social life of the author Dewi Lestari associated with the novel, (3) Indonesian historical bacground or social events conditioned the birth of this novel. The result showed that loving problem, morality, social, education, and profession of the themes of this novel Perahu Kertas. As someone who is konwledgeable, its write gives an understanding about humanity and morality values to people. According to sociological view of Dewi Lestari in this novel and the background of history behind the emergence of Perahu Kertas , a novel by Dewi Lestari.
PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI MTS TARBIYAH ISLAMIYAH DI KABUPATEN REJANG LEBONG Erni Aryati
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.136 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3183

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di MTs tarbiyah Kabupaten Rejang Lebong.  Bagaimanakah prestasi belajar  bahasa Indonesia siswa kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong  ?, adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar  kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif sederhana. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran untuk Siswa hendaknya lebih di motifasi untuk lebih berperan aktif dalam proses balajar mengajar. Tempat penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang lebong. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Agustus- September Data penelitian ini berupa hasil tes prestasi bahasa Indonesia aspek morfologi dan sintaksis.Sumber penelitian ini adalah siswa kelas VIII  MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2015/2016 dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengumupulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa Prestasi Belajar  Bahasa Indonesia siswa  kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong” berada pada rentang 70-79, dengan tingkat rata- rata sebesar 76,5 dan termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran siswa hendaknya lebih di motivasi untuk lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi guru tidak hanya menguasai menguasai aspek morfologis dan sintaksis saja tetapi ada unsur lainnya juga. 
ANALISIS BILINGUALISME PADA NOVEL SUPERNOVA AKAR KARYA DEWI LESTARI Triesna Fuji Hatma
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.763 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3178

Abstract

This study aims to find out, how the analysis of bilingualism on Supernova novel Akar by Dewi Lestari specifically examine 1) How is the form of switch code on Novel Supernova Akar by Dewi Lestari 2) How is the form of mixed code on Novel Supernova Akar by Dewi Lestari  3) How the function context of switch code on Novel Supernova Akar by Dewi Lestari 4) How the function context of mixing code on Novel Supernova Akar by Dewi Lestari. The research data in the form of words in the novel Supernova Akar by Dewi Lestari and the source data used in this study is novel literary work entitled Supernova Akar by Dewi Lestari. The method used in this research is descriptive method. Data collection techniques used are documentation and recording techniques. The products of this research isthe use of bilingualism in Novel Supernova Akar by Dewi Lestari, formof switch codethat is used by a speaker and two speakers, mixed forms are used in order to cool the code, follow the trend, educational exhibit, showing the position and function of the context of the use of switch code and mixed code that is a) transactional function, namely the function of language to tell something to the listener ( to do something), and b) interactional function is linguistic function to maintenance social relathionship, example to negociate role relations, people with the same age solidarity, ship exchange on conversation, saving face to speaker or listener.
PENYUSUNAN TATA BAHASA MELAYU BENGKULU Supadi Supadi
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.265 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3184

Abstract

The purpose of this research is to arrange Bengkulu Malay Grammar. Research method used in this research was descriptive method. Observation, interview, recording and writing on data carts were techniques used in collecting data. Distributional analysis method was used in this research.  The results of this research indicate that from the point of phonology, there is a minimum pair, for example: /c/ and /d/ in /capek/ ‘tired’ and /dapek/ ‘to get’ /m/ and /b/ on /male/ ‘lazy’ and /bale/ ‘revenge’ ; consonant distribution and vowel, for example: [p] on [pai] ‘go’ and [dapek] ‘to get’, [idup] ‘life’, [i] on [iko] ‘ini’, [bini] ‘istri’, [aRi] ‘day’; semivowel, for example duo [duwo] ‘two’, dia [diyo] ‘he/she’. From the point of morphology studied were reduplication, morphophonemic, and word cluster. Reduplication was grouped into two categories, firstly total reduplication, for example, cepek-cepek ‘in a rush’ and secondly part reduplication, for example, termenung-menung, and ‘meditate’. The studied  morphophonemic is a phoneme change, for example, N- + baco   mbaco ‘to read’ and phoneme adding, for example, N- + cat   ngecat ‘ to paint’. Word cluster in this research covers nominal adjectival, adverbial, numerical, verb, pronominal, preposition, conjunction, interrogative, and interjection. From the point of syntax studied were clause, sentence. The studied sentences in this research include informational, interrogative, command, and negation, active and passive sentence.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNEGOSIASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENRE PEDAGOGI SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG Elisah Elisah
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.937 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3182

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bernegosiasi lisan dengan menggunakan model pembelajaran genre pedagogi siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif yang terdiri atas tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan bernegosiasi lisan dan teknik observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bernegosiasi lisan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 58,9 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 70,32 dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 75,08 dengan kategori baik. Selain itu penggunaan model pembelajaran genre pedagogi juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran bernegosiasi lisan.
UNSUR BUDAYA MINANGKABAU DALAM NOVEL MENCARI CINTA YANG HILANG KARYA ABDULKARIM KHIARATULLAH Diah Irawati
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.371 KB) | DOI: 10.33369/diksa.v1i2.3180

Abstract

This research aims to describe (1) function of "maternal uncle" for his nephew (2) prohibition for the same tribe marriage (3) the function of maternal uncles for people in one tribe including in Novel "Mencari cinta yang Hilang" by Abdulkarim Khiaratullah. This research was qualitative research that used descriptive methode which had characteristic was conten analysis, that is a research which have done by examining a literature manuscript by looking at a piece of fact or dialog from the figure that purpose to knowing the element of minangkabau culture that including in novel. Technique of gathering data in this research use documentation technique and writing a note technique. Analysis result show that, first, in overal 'maternal uncle' describing in this novel is responsive and guiding his nephew, its according to rules, which 'maternal uncle' in Minangkabau People is very important to his nephew life. Only 'maternal uncle' from Rahima, Mak Katik which did not a right job. Second, problem about forbidding one tribe marriage is still a trouble on Minangkabau people life, that is reflected in novel that still find a polemic about forbidding one tribe wedding, tradition agreement which very compoting with one tribe marriage whom judging as marriage with own family, in other hand based on religion one tribe marriage is not forbidden thing. Third, this novel also reflect a figure of 'Niniak Mamak' in minangkabau people, there is finish tradition clash, in this novel 'niniak mamak' also finish a problem of one tribe marriage, which is Chaniago clan, on discussion which leading by Datuk Rangkayo Sati as people leader has a decision which a one tribe marriage between Fauzi and Rahima can not continued.

Page 1 of 1 | Total Record : 10