cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 24608734     EISSN : 24609145     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2023): Juni" : 3 Documents clear
STRUKTUR PERCAKAPAN PODCAST PADA CHANNEL YOUTUBE DEDDY CORBUZIER DALAM MENANGANI COVID-19 Reci Apreno; Rohkmat Basuki; Noermanzah
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/diksa.v9i1.21671

Abstract

The ability to speak in public in the digital era 4.0 is increasingly developing using digital media, one of which is podcasts. Podcasts have a different structure from other types of speaking discourse in general. For this reason, the purpose of this study is to describe the structure of podcast conversations on Deddy Corbuzier's youtube channel in dealing with covid-19. This study uses a qualitative approach with qualitative content analysis methods. The source of the data in this study is Deddy Corbuizer's podcast and the data in this study are all oral utterances that occur during the conversation process. Data collection using documentation techniques. The data analysis technique was carried out by content analysis techniques, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study found, speaking turns occur because of an understanding between the speaker and the speech partner in taking their turn to speak, pauses include short pauses and medium pauses, short pauses occur in the middle of speech marked by the phrase ehh and pauses are occurring at the end of the speech because there is no direct response. from the speech partner, overlapping speech occurs because of the speaking turn taking by the speech partner before the speaker gives the opportunity, backchannel occurs because of a response from the speech partner on the sidelines of the speaker's statement in the form of heem, he'eh, yes, okay, and pair Ajesensi is marked by the presence of questions asking how are you at the beginning of the conversation and thanks at the end of the conversation, in this case the questions and greetings already have automatic answers. This shows that in Deddy Corbuzier's podcast conversation there is a complete conversation structure. And has its own characteristics, especially in opening direct conversations to the point without too many introductions like other types of discourse
ANALISIS READER RESPONSE PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DI SMA REJANG LEBONG KELAS XI Widya Putri Dwijayanti; Agus Trianto; Ria Ariesta
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/diksa.v9i1.21705

Abstract

Novel Guru Aini karya Andrea Hirata memiliki keunikan dalam menceritakan perjuangan tokoh utama dalam menggapai cita-cita. Dari keunikan tersebut diperlukan respons pembaca terutama untuk anak SMA, yaitu terkait apakah benar novel Guru Aini karya Andrea Hirata layak untuk dibaca. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana reader respons pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata di SMA Rejang Lebong kelas XI. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dan metode deskriptif analisis. Data penelitian adalah jawaban dari respon pembaca. Sumber data adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata.penelitian bersumber dari tanggapan siswa di SMAN 2 Rejang Lebong, SMAN 4 Rejang Lebong, dan SMAN 5 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata tentang tokoh yang paling menarik di dalam novel Guru Aini adalah guru Desi, Aini, Enun, Saidah, ayah Desi, Debut. Pesan moral yang dapat dijadikan pelajaran di kehidupan sehari-hari yaitu jangan mudah putus asa, harus berani mengambil resiko, harus bertanggung jawab, harus percaya diri dan harus jujur.   Kata Kunci: Novel, Reader Response
KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF HASIL TES UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) Nafri Yanti; Catur Wulandari; Fina Hiasa; Safinatul Hararahap
Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 9 No. 1 (2023): Juni
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/diksa.v9i1.30548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak mahasiswa yang diperoleh dari hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selama tahun 2022 mahasiswa yang melaksanakan UKBI di Kantor Bahasa provinsi Bengkulu sebanyak 175 mahasiswa. Dari 175 mahasiswa tersebut rata-rata skor keterampilan menyimakkan mahasiswa adalah 472 yang artinya berada pada peringkat 5 yaitu semenjana. Predikat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang cukup memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Namun dalam berkomunikasi untuk keperluan keilmiahan, yang bersangkutan sangat terkendala. Untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang kompleks, yang bersangkutan masih mengalami kendala, tetapi tidak terkendala untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang tidak kompleks. Hal ini juga masih jauh dari standar tentang standar kemahiran berbahasa indonesia yang telah dirumuskan pemerintah pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016. Berdasarkan peraturan tersebut dapat disimpulkan bahwa kategori semenjana atau kategori di bawahnya diperuntukan untuk profesi teknisi, asisten ahli, juru masak, petani, peternak, nelayan, pekerja bangunan,tukang kayu, operator mesin, perakit mesin, sopir, pramuwisma, tenaga kebersihan, buruh, pengasuh bayi dan penjaga kebun. Diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa diantaranya meningkatkan intesitas mahasiswa untuk berlatih menyimak.

Page 1 of 1 | Total Record : 3