cover
Contact Name
M. Lutfi Firdaus
Contact Email
M. Lutfi Firdaus
Phone
-
Journal Mail Official
pascapendipa@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
PENDIPA Journal of Science Education
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 20869363     EISSN : 26229307     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher education and other educational institution. We encourage scientist, lecturer, teacher and student to submit their original paper to the journal. PENDIPA journal is published by Graduate School of Science Education - University of Bengkulu, three times a year on February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): November - February" : 15 Documents clear
Pengembangan Modul Praktikum Kinetika Enzim Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Nadia Amida; F.M. Titin Supriyanti; Liliasari Liliasari
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.10-14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kinetika enzim berbasis inkuiri terbimbing pada praktikum biokimia untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D). Modul dikembangakan berdasarkan analisis kebutuhan dan Pada tahap pengembangan desain, dilakukan terlebih dahulu penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk menentukan kondisi terbaik dari eksperimen kinetika enzim. Berdasarkan hasil validasi modul sangat layak untuk digunakan dengan persentase rata-rata 91,83%. Berdasarkan angket yang disebar setelah uji coba produk diperoleh hasil bahwa 100% mahasiswa dapat mengamati secara langsung hubungan kinetika enzim dalam kehidupan sehari-hari, mengikuti semua arahan yang diberikan oleh dosen, dan membuat laporan sesuai dengan hasil temuan dalam eskperimen kinetika enzim. Hasil yang cukup rendah yakni 44%  terdapat pada bagian memiliki pandangan yang berbeda dalam menentukan hubungan kinetika enzim dalam kehidupan sehari-hari, menemukan pemecahan masalah dengan segera saat ada kendala dalam eksperimen yang saya lakukan, dan menganalisis data yang diperoleh selama eksperimen kinetika enzim. Pengembangan modul kinetika enzim berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata <g> sebesar 0,53.
Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika Diki Chen; Novita Dwi Putri; Wella Meliza; Yuli Astuti; Langgeng Yoga Wicaksono; Wita Ardina Putri
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.36-39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap mata pelajaran fisika di kelas X Mipa 1 SMA Negeri 1 Adhyaksa Kota Jambi. Minat siswa sangat berperan penting karena jika siswa berminat maka prestasi belajar siswa juga akan semakin bagus. Minat belajar sendiri memiliki pengaruh dalam pencapaian prestasi siswa dalam mata pelajaran fisika, dengan adanya minat belajar akan membantu siswa memahami materi fisika yang cukup abstrak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen angket untuk mengumpulkan data. Angket yang digunakan sebanyak 30 butir pernyataan dengan responden sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 29 siswa mendapatkan hasil yang cukup baik dan sebanyak 1 orang mendapatkan hasil yang kurang baik. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas X Mipa 1 sudah memiliki minat yang cukup terhadap mata pelajara fisika. Siswa yang memiliki minat yang cukup baik memungkinkan untuk melakukan tindakan nyata dari minat yang dimiliki, sedangkan untuk siswa yang memiliki minat yang baik diharapkan dapat berkarir di bidang sains terutama fisika.
Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research Megatro Thathit Wahyunan Widhi; Arif Rahman Hakim; Nur Iva Wulansari; Mohammad Imam Solahuddin; Setyo Admoko
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.79-91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari hasil analisa deskriptif mengenai penerapan model pembelajaran argumentasi berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP). Pengamatan terfokus pada dampak peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan keterampilan argumentasinya dalam bidang mata pelajaran fisika. Pada penelitian ini menggunakan metode library research yang merupakan penelitian studi kepustakaan dengan teknik mengumpulkan data lewat beberapa artikel terpublikasi yang relevan dengan studi kasus yang dikaji. Pelaksanaan peneliti ini dilakukan dengan mengumpulkan data jurnal dan artikel ilmiah yang terpublikasi secara online serta terindeks oleh laman Google Scholar, mengunduh, dan dilanjutkan dengan mengorganisasikan artikel tersebut dalam aplikasi Mendeley. Dalam penelaahan jurnal ilmiah pada penelitian ini dilakukan mengikuti langkah-langkah: (1) organize, yaitu memilih jenis-jenis jurnal yang selaras dengan jenis penelitian; (2) synthesize, yaitu membaca dan merangkum setiap jurnal menjadi sebuah esensi penelitian yang padu dan terstruktur; dan (3) identify, yaitu mengambil kesimpulan dari setiap jurnal dan membuat rangkuman evaluasi dari keseluruhan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dapat meningkatkan keterampilan argumentasi serta pada pemahaman konsep khususnya dalam bidang mata pelajaran fisika. Hasil telaah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis pada Toulmin’s Argumentation Pattern memiliki kelebihan: mempengaruhi keterampilan argumentasi, meningkatkan penguatan dan percepatan pemahaman konsep, membangun pola argumentasi yang lebih baik, memperbaiki kualitas argumentasi, serta menciptakan peserta didik yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan materi dalam pembelajaran. Melakukan kolaborasi dengan metode pembelajaran diskusi, problem based learning, pembelajaran konsep, scaffolding, dan beberapa metode lain juga membuat model pembelajaran ini lebih baik dalam pencapaian peserta didik.
The Ability to Understand Concepts: Cognitive Style, Cognitive Structure, Learning Styles and Learning Motivation Suharto Suharto; Wahyu Widada; Agus Susanta; Saleh Haji
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.15-22

Abstract

Mathematics is a compulsory subject in vocational high schools throughout Indonesia. The ability to understand concepts is a competency that must be possessed in mathematics learning. The purpose of this study was to examine the variables that affect the ability to understand mathematical concepts. The variables are cognitive style, cognitive structure, learning style and learning motivation. This is a survey research, with a sample of 100 people. The sample was selected by simple random technique from all vocational high school students in Bengkulu City. The research instrument consisted of five instruments, namely a test of the ability to understand mathematical concepts, and four questionnaires of cognitive style, cognitive structure, learning styles and learning motivation questionnaire. The research data were analyzed through path analysis using SPSS and the Lisrel Application Program. The results of this study are the variables of cognitive style, cognitive structure, learning style, and learning motivation have a positive direct effect on the ability to understand mathematical concepts. From this study it can be concluded that the ability to understand mathematical concepts through cognitive styles, cognitive structures, learning styles, and student learning motivation is in a good category.
Efektifitas Belajar Fisika Mahasiswa Melalui Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT Afrizal Mayub
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.40-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1). Menghasilkan Paket Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT, (2) Mendiskripsikan efektivitas Pembelajaran Fisika menggunakan Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT, (3) Mendiskripsikan tingkat efektivitas Pembelajaran Fisika menggunakan Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dan (4) Mendiskripsikan peran Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dalam memotivasi belajar mahasiswa, menurunkan miskonsepsi mahasiswa dan wadah pengembangan inteligensi ganda mahasiswa. Metode penelitian dibagi menjadi dua bagian. Pertama, Kegiatan Pra penelitian yaitu membuat Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT yang meliputi: Analysis, Design, Code, dan Testing. Kedua adalah penelitian untuk melihat efektivitas Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT dalam pembelajaran. Selain itu dianalisa juga pengaruhnya terhadap motivasi belajar, penurunan miskonsepsi dan wadah tempat tumbuh-kembangnya inteligensi mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Berdasar hal itu peneliti menetapkan sampel semua mahasiswa S2 IPA semester 1 dan 3 tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 54 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan dalam pembelajaran, hal itu terlihat dari nilai NGain sebesar 0,82 berada dalam kategori tinggi atau sangat efektif. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan untuk memotivasi mahasiswa belajar hal itu terlihat dari score motivasi sebesar 3,88 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan sebagai wadah tumbuh-kembangnya inteligensi ganda siswa, hal itu terlihat dari score yang didapat sebesar 3,94 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik. Program Pembelajaran Fisika Berbasiskan ICT efektif digunakan untuk menurunkan miskonsepsi siswa, hal itu terlihat dari score penurunan miskonsepsi sebesar 3,94 (dari Skala 1-4) berada dalam kategori sangat baik.
Pengembangan, Uji Validitas dan Reliabilitas Tes Diagnostik Five-Tier untuk Materi Getaran Harmonis Sederhana beserta Hasil Uji Coba Widiya Kartika Putri; Frida Ulfah Ermawati
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.92-101

Abstract

Pada pembelajaran Fisika, banyak ditemukan siswa yang mengalami miskonsepsi, sebagai misal pada konsep Getaran Harmonis Sederhana (GHS). Miskonsepsi tersebut harus segera diidentifikasi menggunakan tes diagnostik, salah satunya berformat five-tier. Makalah ini melaporkan hasil pengembangan instrumen tes diagnostik five-tier untuk materi GHS, hasil uji validitas, reliabilitas dan uji coba terbatasnya kepada sejumlah siswa, mengingat instrumen semacam itu belum tersedia. Untuk itu metode research & development diadopsi. Diperoleh 16 butir soal yang siap diuji cobakan. Uji validitas meliputi validitas internal dan eksternal. Validitas internal dilakukan oleh dua orang Dosen Fisika UNESA yang ditunjuk. Validitas eksternal meliputi validitas isi dan konstruk. Validitas isi ditentukan berdasarkan % false positive (FP) dan false negative (FN) yang harus <10%. Validitas konstruk ditentukan berdasarkan korelasi Pearson Product Moment (rxy). Sedangkan reliabilitas ditentukan berdasarkan koefisien Alpha Cronbach (r11) dengan rteori= 0,413 (taraf signifikansi 5 %). Diperoleh FP=0,6 %, FN=2,4 %, rxy= 0,659 dan r11=0,869 sehingga instrumen tersebut valid dan reliabel. Uji coba terbatas menunjukkan bahwa semua siswa uji mengalami lack of knowledge terhadap konsep GHS. Temuan ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa Fisika adalah pelajaran yang sulit bagi siswa.
Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Nia Maharani
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.23-29

Abstract

Dari hasil pengamatan di lapangan, terlihat bahwa mahasiswa pada dasarnya mengalami kendala dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, maka dapat digunakan perkembangan teknologi yang maju pesat saat ini. Salah satu caranya adalah menggunakan Google Classroom. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa dalam topik gerak parabola serta menguji efektivitas Google Classroom dalam proses pembelajaran pada materi gerak parabola. Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang berbasis deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan pra penelitian, eksperimen, evaluasi tes tertulis dan kuesioner. Subjek penelitian adalah pada satu kelas jurusan sistem komputer dengan menggunakan seluruh subjek dalam kelompok belajar (intact grup) untuk diberikan perlakuan (treatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom berjalan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pekerjaan mahasiswa dan hasil kuesioner yang diisi oleh mahasiswa. Selain itu pembelajaran dengan Google Classroom memiliki efektivitas untuk menunjang keterampilan pemecahan masalah dari mahasiswa tersebut yang dapat dilihat dari hasil kuesioner.  
Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Resiko Bencana Tsunami disaat Pandemi Covid-19 Rio Khoirudin Apriyadi; Rani Amelia
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.56-62

Abstract

[Knowledge Level about Tsunami Disaster Preparedness during the Covid-19 Pandemic] Indonesia is an archipelago located among 3 highly active tectonic plates namely Eurasia, Pacific and Indo-Australia. The plate activity resulted in Indonesia being rich in mining materials and minerals. But in addition to being profitable, the activity of the plate is also a potential source of disaster that can occur at any time. The disaster is likely to come without any prior cues, so precautions are needed to prevent or reduce the risk of a natural disaster. Building a culture of harmony coexisting with the risk of disaster, humans can live in accordance with nature. Knowledge of disaster preparedness is very necessary so that disasters can be in risk management so as not to cause harm to people. The research purpose was to find out the level of knowledge of students of SMKN 1 Sragi South Lampung  to tsunami risk preparedness during the Covid-19 pandemic in 2020. This research is quantitative descriptive which analyzed by univariate. The sample in this study amounted to 114 respondents. This study uses primary data. The data collection technique is the online google form questionnaire which was conducted in November 2020. This data was obtained directly from the respondents of Class X students of SMKN 1 Sragi South Lampung. The results of the research data showed that the class X students of SMKN 1 Sragi South Lampung had a fairly good knowledge of tsunami disaster risk management during the Covid-19 pandemic in 2020 with an average score of 66.
Penerapan Model POE2WE Berbasis Virtual Learning pada Materi Listrik Arus Bolak Balik (AC) untuk Melatihkan High Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA Rizqi Lailatul Fajriyah; Budi Jatmiko
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.102-107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model POE2WE berbasis virtual learning untuk melatihkan high order thingking skills (HOTS) pada peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian dua kelas eksperimen yaitu kelas XII Mipa 1 dan XII Mipa 2 di SMA Negeri 1 Pare yang diperlakukan sama. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji-t berpasangan yang digunakan untuk menguji perbedaan pre-test dan post-test, kemudian menggunakan analisis n-gain untuk melihat kriteria kenaikkan nilai, serta uji-t independen untuk melihat rata-rata perolehan konsistensi kedua kelas eksperimen. Model POE2WE berbasis virtual learning dapat dikatakan efektif apabila nilai post-test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pada pre-test, nilai rata-rata n-gain berkategori minimal sedang yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil penerapan, dan tidak ada perbedaan nilai rata-rata gain pada kedua kelas eksperimen agar bias dikatakan konsisten. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model POE2WE berbasil virtual learning efektif untuk melatihkan high order thingking skills peserta didik SMA.
Potensi Ekstrak Daun Malaysia (Chromolaena Odorata) Sebagai Pengawet Alami Ikan Nurhamidah Nurhamidah; Nova Riskiana; Cici Romayanti; Wangi Puspa Kartini; Nadia Amida
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 1 (2021): November - February
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.1.30-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekstrak daun malaysia (chromolaena odorata) sebagai pengawet alami ikan dalam upaya menghindari penggunaan formalin yang berbahaya terhadap kesehatan. Ekstrak yang digunakan sebagai pengawet bersumber dari bahan alami, yaitu daun Malaysia yang diekstrak menggunakan  Aquades. Ikan di rendam dengan ekstrak daun malaysia menggunakan variasi konsentrasi 10%, 20%, 30%, dan 40%  selama 1 jam, 2 jam, 3 jam, dan 4 jam. Potensi ektstrak dilihat dari hasil uji Total Volatil Base (TVB) yang menunjukkan tingkat kesegaran ikan yang masih dapat dikonsumsi setelah selang waktu 12 jam, 18 jam 24 jam, 48 jam, dan 72 jam. Uji organoleptik dilakukan dengan melihat  warna, aroma dan tekstur dari ikan yang telah direndam dalam ekstrak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji organoleptik diperoleh bahwa pengamatan pada waktu 18 jam ikan mulai mengalami kemunduran mutu, sedangkan hasil uji kimia dengan mengukur kadar TVB diperoleh ekstrak daun malaysia dapat berfungsi sebagai pengawet ikan, dengan kondisi optimum konsentrasi 40 % dan lama waktu perendaman optimum selama 1 jam dengan selang waktu pengamatan 18 jam, dimana nilai TVB masih dibawah ambang batas yang diperbolehkan untuk ikan dikonsumsi yaitu 29,1345% N. Ambang batas ikan yang masih layak dikonsumsi jika nilai TVB berada dibawah 30% N. 

Page 1 of 2 | Total Record : 15