cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika)
ISSN : 25977512     EISSN : 26141175     DOI : 10.31764/jtam
Core Subject : Education,
Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN (Cetak) 2597-7512 dan ISSN (Online) 2614-1175. Tim Redaksi menerima hasil penelitian, pemikiran, dan kajian tentang (1) Pengembangan metode atau model pembelajaran matematika di sekolah dasar sampai perguruan tinggi berbasis pendekatan konstruktivis (PMRI/RME, PBL, CTL, dan sebagainya), (2) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT dan Non-ICT, dan (3) Penelitian atau pengembangan/design research di bidang pendidikan matematika, statistika, analisis matematika, komputasi matematika, dan matematika terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): April" : 12 Documents clear
Regresi Median Pada Copula Bivariat Geraldus Anggoro Rinadi; Leopoldus Ricky Sasongko; Bambang Susanto
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.618 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.728

Abstract

Abstrak: Analisis regresi adalah analisis yang sering digunakan dalam segala bidang yang bertujuan untuk memodelkan hubungan antara dua jenis variabel tak bebas dengan satu atau variabel bebas. Regresi linier masih memiliki beberapa kekurangan, maka dari untuk mengatasinya dengan regresi median. Copula dapat digunakan untuk mendeteksi hubungan data bivariat dengan peubah-peubah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan kurva kuantil bersyarat terbaik berdasarkan MSE terkecil Data I yaitu copula Plackett sebesar 0.8650. Sedangkan nilai MSE terkecil Data II yaitu copula Gaussian sebesar 0.3954. Nilai MSE terkecil Data III yaitu copula Frank sebesar 0.5575. Terakhir, nilai MSE terkecil Data IV yaitu copula Clayton sebesar 0.3190.Abstract:  Regression analysis is an analysis that is often used in all fields which aims to model the relationship between two types of non-dependent variables with one or independent variables. Linear regression still has several drawbacks, so to overcome this by median regression. Copula can be used to detect bivariate data relations with different variables. The results showed that the best conditional curves based on the smallest MSE of Data I were Plackett copula of 0.8650. While the smallest MSE value is Data II, which is a Gaussian population of 0.3954. The smallest MSE value of Data III is Frank copula of 0.5575. Finally, the smallest MSE value is Data IV which is copula Clayton of 0.3190.
Analisis Jumlah Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Gunung Labuhan Way Kanan Reni Permata Sari; Ma’rufah Hayati MT
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.277 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.756

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Gunung Labuhan yang terdiri dari 19 Desa atau Kelurahan Tahun 2012 dan 2013. Dengan melihat fluktasi atau naik turunnya jumlah penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Gunung Labuhan Way Kanan.  Metode yang digunakan adalah dengan analisis statistika deskriptif menggunakan software Minitab 16.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : Penerima Pajak Bumi dan Bangunan paling banyak tahun 2012 yaitu pada Kelurahan Banjar Ratu sebesar Rp12.800.448 dan paling sedikit pada Kelurahan Gunung Baru yaitu sebesar Rp2.360.961. Untuk  Penerima Pajak Bumi dan Bangunan paling banyak tahun 2013 yaitu pada Kelurahan Banjar Ratu sebesar Rp13.233.132 dan paling sedikit pada Kelurahan Gunung Baru yaitu sebesar Rp2.591.518. Nilai rata-rata Penerima Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2012 yaitu Rp5.353.008 sedangkan tahun 2013 yaitu Rp5.717.279Abstract:  This study aims to analyze data on land and building tax receipts in Gunung Labuhan sub-district consisting of 19 villages in 2012 and 2013. By looking at fluctuations or the ups and downs in the amount of land and building tax revenues. The Method used is descriptive statistical analysis with Software Minitab 16. Based on the result of the study it can be concluded: The most revenue from land and building tax in 2012 is in the Banjar Ratu sub-district of IDR12.800.448 and at least in the Kelurahan Gunung Baru, which is IDR2.360.961. The most acceptance of land and building tax in 2013 is in the Banjar Ratu sub-district of IDR13.233.132 and the least in the Gunung Baru sub-district is IDR2.591.518. The average land and building tax revenue in 2012 was IDR5.353.008 while in 2013 it was IDR5.717.279.
Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Elsa Farapatana; Yunita Septriana Anwar; Abdillah Abdillah
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.716 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.755

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik dengan metode pembelajaran PQ4R pada materi lingkaran kelas VIII SMP yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefenisisan (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan  (develop). Instrumen penelitian adalah lembar validasi komik, lembar kepraktisan komik dan lembar efektifitas komik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komik matematika dengan metode pembelajaran PQ4R termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, bahasa, dan desain dengan skor rata-rata 4.01; (2) komik tersebut termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 4.14; (3) komik tersebut termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4.06. Kemudian pencapaian aktivitas meliputi (1) aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa 4.19; (2) respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 4.27; (3) aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas guru sebesar 4.42; dan (4) hasil belajar siswa efektif dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 4,00 dan persentase rata-rata siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 70 adalah 86%.Abstract:  This study aims to produce comics with the PQ4R learning method on the material of the class VIII of junior high school that has good validity, practicality and effectiveness. This study uses a 4-D model, namely the stage of define, design, and  develop. The research instruments were comic validation sheets, comic practicality sheets and comic effectiveness sheets. The results showed that (1) mathematical comics with the PQ4R learning method included in the valid category of material, language, and design aspects with an average score of 4.01; (2) the comic is included in the practical category with an average score of 4.14; (3) the comic is included in the effective category with an average score of 4.06. Then the achievement of activities includes (1) activities in active teaching and learning activities with an average score of student activity 4.19; (2) student responses to effective learning with students' average response scores of 4.27; (3) activities in active teaching and learning activities with an average score of teacher activity of 4.42; and (4) effective student learning outcomes with an average score of student learning outcomes of 4.00 and the average percentage of students who achieve a minimum completeness score of 70 is 86%.
Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa Ahmad Fadillah
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.185 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.752

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran deduktif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pokok bahasan aplikasi turunan. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah  02 Cipondoh Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa dengan kemampuan penalaran deduktif tinggi mencapai 12,82%, siswa dengan kemampuan penalaran deduktif sedang mencapai 71,8% dan siswa dengan kemampuan penalaran deduktif rendah mencapai 15,38%.Abstract:  The purpose of this research is to know the mathematical deductive reasoning ability of students in solving math story form the subject of derivative applications. This research was conducted in High School of Muhammadiyah 02 Cipondoh Tangerang. Data collection is done by the method of observation, interview, test and study of documentation. Data analysis techniques used qualitative data analysis that included the reduction of the data, the presentation of the data and draw conclusion/verification. Based on the research results obtained by students with high ability of deductive reasoning reached 12.82%, students with middle ability of deductive reasoning reached 71.8% and students with low ability deductive reasoning reached 15.38%.
Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Nutia Rahmatin; Dewi Pramita; Sirajuddin Sirajuddin; Mahsup Mahsup
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.527 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.760

Abstract

Abstrak: Bahan  ajar yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 3 Mataram dalam pembelajaran matematika adalah buku siswa dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Pembelajaran matematika yang mendorong kemampuan pemecahan masalah masih kurang dan belum  dapat dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar  modul  matematika dengan menggunakan metode CPS  merupakan suatu solusi yang tepat  untuk  membantu  siswa dan guru  dalam  pembelajaran matematika yang bertujuan untukmeningkatkan kemampuan siswa dalam bentuk kreative dan  dalam memecahkan  masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Dengan Metode CPS Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VIII SMP. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektian. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modul dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) aspek kevalidan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total penilaian validator adalah 3,92. (2) Aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total nilai siswa81,8 dan angket respon siswa dengan persentase sebesar 100% dan (3) aspek keefektifan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu 100%. Abstract: The teaching materials used by teachers in SMP Negeri 3 Mataram in mathematics learning are student books and LKS (Student Worksheets). Mathematical learning that encourages problem solving skills is still lacking and cannot be developed. Therefore, the need for the development of mathematics module teaching materials using the CPS method is an appropriate solution to help students and teachers in mathematics learning that aims to improve students' abilities in creative form and in solving problems.  This study aims to produce a Learning Problem Model with CPS Subjects in Building Space in Class VIII. In addition, this study was also conducted to determine the quality of the LKS feasibility based on the aspects of validity, practicality and effectiveness.  This type of research is module development research with the development model used in this study is 4-D (Define, Design, Develop, and Disemination) developed by Thiangarajan, Semmel and Semmel. The results of this study indicate that the quality of the products based on (1) the validity aspect meets the valid criteria with the average of the total validator assessment is 3.92. (2) Practical aspects meet the practical criteria with an average total score of 81.8 students and student response questionnaires with a percentage of 100% and (3) effectiveness aspects meet the effective criteria with classical completeness of student learning outcomes that is 100%.
Analisis Tingkat Akurasi Metode Neuro Fuzzy dalam Prediksi Data IPM di NTB Aenul Muhajirah; Eka Safitri; Titin Mardiana; Hartina Hartina; Andi Setiawan
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.48 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.769

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses forecasting dalam menentukan tipe terbaik yang digunakan pada sistem peramalan (forecast). Pada penelitian ini data yang digunakan yaitu data IPM Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB) tahun 2008-2018 untuk memprediksi data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode Artificial Intelligence Neuro Fuzzy yaitu Fuzzy Mamdani dan ANFIS Sugeno yang diterapkan pada Matlab. Adapun tipe yang diuji adalah Trimf, Trapmf, Gbellmf, Gaussmf, Gauss2mf, Sigmf, Dsigmf, Psigmf, dan Primf. Tipe tersebut bertujuan untuk melihat tingkat akurasi berdasarkan hasil error. Hasil peramalan terbaik didapatkan pada tipe Gauss2mf karena menghasilkan prediksi sebesar 69.5 dengan error sebesar 0.95947 dan MAD sebesar 0.530.354, MSE sebesar 1.570035, MAPE sebesar 0.049273.Abstract: This research was conducted to analyze the forecasting process in determining the best type used in the forecasting system. In this study the data used were the data of West Nusa Tenggara Province (HDI) HDI for the years 2008-2018 to predict the 2019 Human Development Index (HDI) data. This study uses Artificial Intelligence Neuro Fuzzy methods namely Fuzzy Mamdani and ANFIS Sugeno applied to Matlab . The types tested were Trimf, Trapmf, Gbellmf, Gaussmf, Gauss2mf, Sigmf, Dsigmf, Psigmf, and Primf. This type aims to see the level of accuracy based on the results of the error. The best forecasting results were obtained on the Gauss2mf type because it produced a prediction of 69.5 with an error of 0.95947 and MAD of 0.530.354, MSE of 1.570035, MAPE of 0.049273.
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD Rosita Nurul Hidayah; Bambang Suteng Sulasmono; Eunice Widyanti
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.82 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.759

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Kecandran 01 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data soal Matematika uraian, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Thnk Pair Share (TPS) dengan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa dapat di lihat bahwa hasil nilai kemampuan berpikir kritis kategori tinggi mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I 35,30 %, sedangkan peningkatan dari siklus I dan siklus II mencapai 47,64%, untuk berpikir kritis tingkat sedang juga mengalami peningkatan dari pra siklus dan siklus I sebanyak 2,93%, sedangkan dari siklus I dan siklus II mengalami pengurangan sebanyak 14,7%. Abstract:  This study aims to describe the application of Think Pair Share (TPS) learning model with puzzle games to improve critical thinking skills of fourth grade students of SDN Kecandran 01 Salatiga. This type of research is classroom action research. The subjects consisting of 21 male students and 13 female students. This research method uses quantitative and qualitative research methods with instruments of mathematical data collection, description, observation, and documentation. The results shouws that the value of critical thinking skills in the high category have increased from pre-cycle and the first cycle for 35.30 %, while the increase from cycle I and cycle II reached by 47.64%, for critical thinking medium level also increased from pre cycle and cycle I as many as 2.93%, while from cycle I and cycle II experienced reduction of 14.7%.
Perbandingan Metode Moving Average dan Metode Naïve Dalam Peramalan Data Kemiskinan Ais Kumila; Baqiyatus Sholihah; Evizia Evizia; Nur Safitri; Safama Fitri
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.257 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.764

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi metode terbaik pada sistem peramalan dengan menggunakan metode Moving Average (SMA, WMA, dan EMA) dan metode Naive. Pada tahap simulasi, kami menggunakan data jumlah kemiskinan penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2002-2018 untuk memprediksi data tahun 2019. Adapun, model dievaluasi untuk melihat tingkat akurasi masing-masing metode berdasarkan nilai MAD, MSE, RMSE dan MAPE. Berdasarkan hasil simulasi data dari metode-metode yang diuji, diketahui bahwa metode Naive paling akurat dengan hasil prediksi tahun 2019 sebesar 737.460 dengan MAD, MSE, RMSE dan MAPE berturut-turut sebesar 41.427,188; 2.711.468.146; 52.071,760; dan 0.043.Abstract: This study aims to predict the best method on the forecasting system using the Moving Average method (SMA, WMA, and EMA) and the Naive method. In the simulation phase, we used data on the Number of Poverty of the Population of West Nusa Tenggara (NTB) in 2002-2018 to predict the Poverty of Population of the Province of West Nusa Tenggara (NTB) in 2019. Meanwhile, the model was evaluated to see the accuracy of each method based on the value MAD, MSE, RMSE and MAPE. Based on the simulation results of the data from the methods tested, it can be seen that the Naive method is most accurate with the results of the 2019 prediction of 737,460 with MAD, MSE, RMSE and MAPE in the amount of 41.427,188; 2.711.468.146; 52.071,760; and 0.043.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD Ekka Kurniasari; Henny Dewi Koeswanti; Elvira Hoesein Radia
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.98 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.761

Abstract

Abstrak: Permbelajaran Make A Match berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri 1 Jipang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas 4, hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa pada evaluasi mengacu pada kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan 65. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 89,39% pada matapelajaran Matematika, dengan rincian pra siklus ketuntasan 42,86% dari 8 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 57,7, siklus I menjadi 73,43% dari 19 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 70,42 dan menjadi 89,39% pada siklus II dari 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 80,64. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 1 Jipang. Abstract: Make A Match method assisted by concrete media on mathematics learning outcomes of 4th grade students at SD Negeri 1 Jipang. The type of the research is used classroom action research which consist of 2 cycles. Each cycle in this reserch pass through 4 stages which are planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were all students in grade 4. Research data was collected through observation, and tests. The observation data of the teacher and students activities were analyzed in completeness of individual and classical learning and then described descriptively. The results showed an increase in the percentage of student learning outcomes in the first cycle and second cycle learning outcomes by grade 4 students, this is indicated by student learning outcomes on evaluation refers to the success criteria that have been determined 65. The average value of student learning completeness in the classical experience increases by 89.39% in Mathematics subjects, with pre-cycle details completeness of 42.86% of the 8 students who achieved success with average of 57.7, cycle I became 73.43% of 19 students who achieved success with average of 70.42 become 89.39% in cycle II, from 21 students who achieved mastery learning with an average of 80.64. Based on the results obtained, it can be concluded that learning using the Make A Match method assisted by concrete media can improve the learning outcomes of 4th grade students of SD Negeri 1 Jipang.
Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD Baiq Olatul Aini; Khaerunnisa Cantika Ayu; Siswati Siswati
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.997 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i1.768

Abstract

Abstrak: Pada aplikasi game puzzle ini berisi materi teori bilangan, aljabar, bangun datar dan bangun ruang. Pada game ini terdapat 15 level dan dibuat dari Appsgeyser. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir melalui minat belajar siswa di SD kelas III, IV, V dan VI. Dampak dari media pembelajaran edugame ini adalah media pembelajaran berpengaruh pada kemampuan berpikir siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman angket dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil validasi dari ahli media dengan skor rata-rata 73,649% dalam kriteria layak, sedangkan respon dari pengguna rata-rata sebesar 80,335% dalam kreteria menarik.Abstract: In this puzzle game application contains material in number theory, algebra, wake up flat and build space. In this game there are 15 levels and are made from Appsgeyser. This study aims to increase students' interest in learning at SD class III, IV, V, and VI. The impact of edugame learning media is learning media influencing student learning outcomes. The research instrument used was the questionnaire and observation guidelines. Based on the results of data analysis, the results of validation from media experts were obtained with an average score of 73,649% in eligible criteria, while the response from users on average was 80,335% in the criteria interesting.

Page 1 of 2 | Total Record : 12