cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 25988883     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari komunikasi maka tak berlebihan, jika komunikasi dan dakwah ibarat dua sisi mata uang yang berdampingan. Atas alasan inilah, Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram merasa perlu menghadirkan Al-I'lam sebagai media untuk mengkaji dan menganalisa segala tetek bengek yang berkaitan dengan dua isu besar tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022" : 9 Documents clear
Konteks Poligami dalam Film Surga yang Tak Dirindukan (Analisis Semiotika Roland Barthes) Nurliya N.Rohmah; Yaumil Mubarokkah
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8204

Abstract

Perubahan Medium Periklanan Program Keluarga Berencana Advertising Medium Changes for Family Planning Programs Triana Winni Astuty
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8209

Abstract

Abstrak:Program Keluarga Berencana menjadi program pemerintah yang penting untuk dilakukan sebagai upaya mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyukseskan Program Keluarga Berencana adalah melalui iklan. Studi-studi terdahulu menunjukkan bahwa iklan Program Keluarga Berencana di televisi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan Program Keluarga Berencana. Namun, tantangan yang dihadapi televisi semakin bertambah pada era digitalisasi. Terdapat pergeseran medium periklanan Program Keluarga Berencana, dari yang sebelumnya melalui televisi sebagai sumber informasi utama, menjadi melalui media digital atau internet. Artikel ini merupakan studi konseptual yang menggunakan metode kualitatif tinjauan pustaka, dengan tujuan menganalisis faktor dan implikasi dari adanya perubahan medium periklanan Program Keluarga Berencana, dari yang sebelumnya analog menjadi digital. Adapun faktor-faktor tersebut yaitu biaya yang cenderung lebih murah, kemudahan dan kecepatan mengakses informasi, information on demand, iklan dapat ditampilkan untuk target adopter dengan kriteria usia, wilayah, jenis kelamin, dan preferensi lain yang diinginkan, serta memungkinkan interaksi antar pengguna dan pengiklan. Selain itu, setidaknya terdapat tujuh dampak dari pergeseran media analog menjadi media digital dalam kehidupan sehari-hariAbstract:The Family Planning Program is an important government program as an effort to create a balanced population and quality families in Indonesia. One of the efforts made to make the Family Planning Program a success is through advertising. Previous studies have shown that Family Planning Program advertisements on television have a significant influence on the success of the Family Planning Program. However, the challenges facing television are increasing in the era of digitalization. There has been a shift in the advertising medium for the Family Planning Program, from previously being through television as the main source of information, to being through digital media or the internet. This article is a conceptual study that uses a qualitative literature review method, with the aim of analyzing the factors and implications of a change in the advertising medium of the Family Planning Program, from analog to digital. These factors are costs that tend to be cheaper, the ease and speed of accessing information, information on demand, advertisements can be displayed for target adopters with criteria of age, region, gender, and other desired preferences, and allow interaction between users and advertisers. In addition, there are at least seven impacts from the shift of analog media to digital media in everyday life
Makna Toleransi Pernikahan Beda Etnis Dalam Film Bidadari Mencari Sayap Makrifatul Illah
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8205

Abstract

Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Membentuk Kebiasaan Beribadah Anak Berkebutuhan Khusus Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Mataram Endang Rahmawati; Fatimatus Zahra; Muhammad Zulkifli
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8210

Abstract

Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sumbawa dalam Pembentukan Konsep Diri Agits Blaweni; Ofi Hidayat
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8206

Abstract

Aktualisasi Komunikasi Interpersonal dalam Pesan Dakwah Ustadz Muammar Fauzi terhadap Pengembangan Akhlak Santri di Boarding School Muallimin Muhammadiyah Narmada Lombok Barat Yusron Saudi; Sahril Sahril
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8312

Abstract

Relevansi Ilmu-ilmu Islam Dengan Pemikiran Auguste Comte Positivisme Terhadap Dasar Pengembangan Ilmu Dakwah Islam Rudiyanto Rudiyanto; Nawari Ismail
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8207

Abstract

Strategi Kaderisasi Da’i Dayah Perbatasan Safinatussalamah Aceh Singkil Abi Hasan; Sarkawi Sarkawi
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8208

Abstract

Strategi Komunikasi Persuasif Pada Pilkada Serentak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pilkada Kabupaten Lombok Utara 2020) Ishanan Ishanan; Palahuddin Palahuddin
Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol 5, No 2 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/jail.v5i2.8499

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9