cover
Contact Name
Mappanyompa
Contact Email
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Phone
+6282333380383
Journal Mail Official
Mappanyompaputrakaltim@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi guru MI/SD Neuro Psycholinguistics untuk anak MI/SD
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Oktober" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-HALIMY SESELA Ahmad Helwani Syafi’i Ahmad Helwani Syafi’i
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3693

Abstract

Abstrak: Metode merupakan suatu hal yang urgen dalam proses pembelajaran karena dengan penerapan metode yang sesuai dengan materi, diyakini tujuan pembelajaran dapat dicapai, termasuk pembelajaran kitab kuning yang tidak memiliki tanda baca atau disebut kitab gundul di Pondok Khusus Al-Halimy Sesela. Sejumlah metode yang diterapkan pada pembelajaran kitab kuning yaitu metode Bandongan atau Wetonan, Sorogan, Halaqoh, Diskusi, Tanya Jawab, dan metode Ceramah. Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela. Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran kitab kuning di Pondok tersebut. Abstract:  Method is an urgent thing in the learning process because with the application of methods that are in accordance with the material, it is believed that the purpose of learning can be achieved, including learning the yellow book that does not have punctuation or called the bald book in Pondok Khusus Al-Halimy Sesela. A number of methods applied to the study of the yellow book are bandongan or Wetonan, Sorogan, Halaqoh, Discussion, Q&A, and Lecture methods. To find out and analyze the application in the study of the yellow book in The Special Boarding School Al-Halimy Sesela. To find out and analyze the level of difficulties faced by teachers in the application of yellow book learning methods in the cottage.
PERKULIAHAN AKHLAK BERNEGARA DENGAN PEMANFAATAN SELFIE ACTIVITY SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI AGAMA M. Anugrah Arifin, Najamudin M. Anugrah Arifin, Najamudin
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3678

Abstract

Abstrak: Selain masalah bahan ajar, dalam Implementasinya perkuliahan Aqidah-Akhlak juga memiliki kendala dalam teknik pembelajaran yang kebanyakan menekankan perkembangan Kognitif padahal Aqidah-Akhlak seharusnya menekankan pengembangan ranah Afektif. Berdasarkan pengamatan terhadap prilaku dan aktivitas Selfie yang dilakukan oleh kebanyakan orang diera digital ini, peneliti mencoba memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan teknik pembelajaran Aqidah-Akhlak dalam upaya Deradikalisasi melalui pendidikan Agama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research atau CAR) Dengan empat tahapan; Planning, Action,Observation, Reflection, Subyek atau responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Teknik Pertanian semester III tahun akademik 2019-2020.  Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap mahasiswa semester III TA. Ganjil 2019/2020 fakultas Pertanian Jurusan Teknik Pertanian UM. Mataram terhadap penggunaan Teknik Selfie Activity pada mata kuliah Al-Islam III (Akhlak) adalah positif. Kalkulasi data menunjukan bahwa 31 mahasiswa (42, 1%) memiliki sikap positif terhadap penggunaan teknik tersebut. Ada 27 mahasiswa (36, 8%) bersikap negatif terhadap penggunaan teknik tersebut. Ada 11 mahasiswa (13, 2%) bersikap biasa-biasa saja terhadap penggunaan teknik tersebut. Ada 6 mahasiswa (7, 9%) bersikap sangat positif terhadap penggunaan teknik tersebut. Dan,  tidak ada mahasiswa (0%) yang bersikap sangat negatif terhadap penggunaan teknik tersebut. Abstract: In addition to the problem of teaching materials, in the implementation of lectures Aqidah-Akhlak also has constraints in learning techniques that mostly emphasize cognitive development even though Aqidah-Akhlak should emphasize the development of the Affective realm. Based on observations of selfie behavior and activities carried out by most people in this digital age, researchers try to use this to develop aqidah-akhlak learning techniques in deradicalization efforts through Religious education. This research is a classroom action research (CAR) with four stages; Planning, Action, Observation, Reflection, Subject or respondents in this study are all students of Agricultural Engineering study program semester III academic year 2019-2020.  The results showed that the attitude of students of semester III TA. Odd 2019/2020 faculty of Agriculture Department of Agricultural Engineering UM. Mataram towards the use of Selfie Activity Techniques in Al-Islam III (Akhlak) courses is positive. Data calculations show that 31 students (42, 1%) have a positive attitude towards the use of such techniques. There were 27 students (36, 8%) negative attitude to the use of such techniques. There are 11 students (13, 2%) be mediocre towards the use of such techniques. There are 6 students (7, 9%) be very positive about the use of these techniques. And, no students (0%) who are very negative towards the use of such techniques.
PENERAPAN METODE SAVI PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN DAN HADIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK Mardiyah Hayati, Aqodiah Mardiyah Hayati, Aqodiah
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3695

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghapal surat pendek siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist melalui penerapan metode SAVI ( Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual). Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana penerapan metode SAVI dan meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian adalah mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data,penulis menggunakan tehnik observasi,dokumentasi,pengukur alat tes dan angket. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SAVI pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist dapat meningkatkan kemampuan menghapal surah pendek siswa. Dalam penilaian hafalan siswa peneliti menggunakan 3 kriteria penilaian yaitu : (1) kefasihan, (2) hafalan terjemahan (3) kelancaran gerakan. Hal itu berdasarkan skor hasil nilai hafalan siswa dalam ketuntasan belajar pada siklus I memperoleh 84 % dan persentase skor yang diperoleh dari hasil nilai hafalan siswa pada siklus II memperoleh 96 %. Abstract:  This research aims to improve students' ability to memorize short letters in the subjects of the Qur'an Hadith through the application of SAVI methods (Somatis, Auditory, Visual and Intellectual). The issues discussed are how to implement the SAVI method and improve students' short letter memorization skills. This type of research is class action research (PTK). The sequence of research activities includes (1) planning, (2) implementation, (3) Observation and (4) reflection. In the data collection, the author uses observation techniques, documentation, test equipment gauges and questionnaires. Analysis of the results showed that the application of SAVI method in the study of the Qur'an Hadith can improve the ability to memorize short surahs of students. In the assessment of memorization of research students using 3 assessment criteria, namely: (1) fluency, (2) memorization of translation (3) smooth movement. It is based on the score of students' memorization in the completion of learning in the first cycle obtained 84% and the percentage of scores obtained from the results of student memorization in the second cycle obtained 96%.
PENERAPAN METODE TSAQIFA DALAM PEMBELAJARAN AL QURAN DI RUMAH TAHSIN DESA GEGUTU KACANG KECAMATAN REMBIGA Saprun, Mappanyompa Saprun, Mappanyompa
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3689

Abstract

Abstrak: Metode tsaqifa memiliki keistimewaan dari metode yang lain, yaitu menjadikan peserta didik lebih mandiri, lebih aktif dan tidak membosankan didalam proses pembelajaran, artinya peserta didik menjadi lebih aktif didalam proses pembelajaran karena metode yang diberikan didalam buku ini menggunakan pola latihan-latihan kemandirian dan berkesinambungan.  Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang pengumpulan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Data-data penelitian ini diperoleh langsung dari rumah tahsin gegutu kacang kecamatan rembige dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, menyajikan data, hingga memverifikasi dan menyimpulkan data, selain itu juga peneliti menggunakan tindakan kelas (classroom Action Research). Hasil yang diharapakan dalam penelitian ini peneliti menemukan hasil yang bermanfaat untuk kepentingan lembaga rumah tahsin, peneliti berharap (1) Para peserta didik memiliki kemampuan membaca al-Qur’an dengan setandar bacaan yang baik dan benar berdasarkan aturan-aturan didalam membaca al-Quran. (2)  Tercapainya target yang diharapkan yaitu mampu membaca sesuai dengan kaidah tajwid. (3)  Menjadi tambaha refrensi dalam belajar mengajar al-Qur’an.Abstract: Tsaqifa method has the privilege of other methods, namely making learners more independent, more active and not boring in the learning process, meaning that learners become more active in the learning process because the methods given in this book use the pattern of self-reliance and continuous exercises.  The research that the author did was field research which collected data directly from the research location. The research data was obtained directly from the house of tahsin gegutu kacang rembige sub-district using observations, interviews, and documentation. The data collected were analyzed using interactive analysis techniques of Model Miles and Huberman that include data reduction, presenting data, to verify and infer data, in addition to researchers using classroom action research. The results expected in this study researchers found useful results for the benefit of the institution of tahsin house, researchers hope (1) The learners have the ability to read the Qur'an with a setandar good and correct reading based on the rules in reading the Quran. (2) Achieving the expected target of being able to read in accordance with tajwid rules. (3) To be added to the refrensi in learning to teach the Qur'an.
MEGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN SAMI`AH BASARIAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Husnan, Nasarudin Husnan, Nasarudin
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3690

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran merupakan entitas yang tak dapat dipisahkan dari sitem pembelajaran.Pembelajaran yang aktif dan komunikatif dapat tercipta, salah satuntnya oleh media pembelajaran. Media audiu lingual (sami`ah basariyah) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis para pembelajar. Seorang pendidik harus mampu berinovasi bahkan sekurang-kurangnya mengmbangkan media yang telah ada untuk dimanfaatkan. Program Microsoft powerpoint adalah program yang dapat dimanfaatkan oleh guru karena program ini cukup sederhana dan dapat dioprasikan oleh setiap orang. Demikian pula dengan macromedia flash dimana media ini dapat memberikan suasana belajar yang lebih hidup karena macromedia flash dapat menampilkan animasi dan film tiga dimensi. Abstract:Learning media is an inseparable entity from the learning system. Active and communicative learning can be created, one of which is by learning media. Media audiu lingual (sami'ah basariyah) aims to improve the ability to hear, speak, read and write learners. An educator must be able to innovate even at least develop existing media to be utilized. Microsoft powerpoint programs are programs that can be utilized by teachers because they are quite simple and can beoprasikan by everyone. Similarly, macromedia flash where this media can provide a more lively learning atmosphere because macromedia flash can display animations and three-dimensional movies.
ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR Nasrin Nabila Nasrin Nabila
Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI Vol 5, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/ibtidaiy.v5i2.3692

Abstract

Abstrak: Artikel ini  ini bertujuan mengkaji  pendidikan inklusif di sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wanwancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualtatif dengan tiga tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan inklusi adalah sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak yang memiliki kebutuhan khusus belajar bersama di linkungan sekolah reguler tanpa melihat perbedaan, (2) di Indonesia pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di atur dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 15, Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 dari pasal 1-15, dan Surat Edaran Dirjen Nomor 380/C.C6/MN/2003 tanggal 20 Januari 2003 tentang pendidikan inklusif, (3) pelaksanaan pembelajaran pada pendidikan inklusif di sekolah dasar harus mempertimbangkan prinsip pembelajaran dan menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dari semua anak, (4) Untuk anak yang berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum yang telah dikembangkan sesuai dengan standar nasional dan wajib mengikuti ujian nasional, (5) pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Taman Muda Yogyakarta dilaksanakan dengan sistem klasikal, kelas khusus, kelas keterampilan dan kesenian.Abstract:  This article aims to review inclusive education in primary schools.. This research uses qualitative approach with field study method. Data collection techniques from this research are wan interview and documentation. Data analysis is done in a quadative way with three stages, namely data reduction, data display and conclusion/ verification. The results of this study show that (1) inclusion education is an education service system that involves children who have special needs to learn together in regular school links without seeing differences, (2) in Indonesia education for children with special needs is regulated in Law No. 20 of 2003 on the national education system article 15, Permendiknas No. 70 of 2009 from article 1-15, and Circular Letter of the Director General No. 380/C.C6/MN/2003 dated January 20, 2003 on inclusive education, (3) the implementation of learning in inclusive education in elementary schools must consider the principles of learning and adjust to the learning needs of all children, (4) For children with special needs using the curriculum that has been developed in accordance with national standards and must take national examinations, (5) The implementation of inclusion education at SD Taman Muda Yogyakarta shall be conducted with classical system, special class, skill and arts class.

Page 1 of 1 | Total Record : 6