cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1: JANUARI 2019" : 6 Documents clear
MODEL INTERAKSI KOMUNIKASI PEMBELAJARANSD/MI Hermansyah Hermansyah; Angga Saputra
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.744 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1291

Abstract

Abstrak: Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi belajar mengajar, pola interaksi dalam hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan model yang di gunakan seorang pendidik dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Interaksi komunikasi dalam pembelajaran memiliki arti yang luas tidak sekedar hubungan guru dan siswa, tetapi berupa interaksi edukatif dalam hal ini bukan hanya sekedar penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar. Pola Interaksi dan komunikasi dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berlangsung, baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Namun interaksi yang penulis maksud di sini adalah interaksi komunikasi pembelajaran yang berlangsung secara khusus dengan ketentuan ketentuan tertentu di lingkungan sekolah lazim disebut interaksi belajar mengajar. Interaksi belajar mengajar mengandung arti adanya kegiatan interaksi dan komunikasi oleh guru yang melaksanakan tugas mengajar disatu pihak, dengan warga belajar (siswa, anak didik/subjek belajar) yang sedang melaksanakan kegiatan belajar.
Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Sciantific Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Nori Saswita Hebri; Nurul Julaifah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.888 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1292

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.  Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.  
Hasil Belajar Ipa Dapat Ditingkatkan Dengan Metode Pembelajaran Discovery Nur Aprilia Utami; Humaidi Humaidi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.696 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1293

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadopsi desain model Kemmis & Teggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode discovery. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas IV SDN 1 Bajur Lombok Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan pelaksanaan dua siklus. Hasil belajar siswa dan observasi meningkat setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran  menggunakan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  IV  SDN  1 Bajur. Abstract:  This research is a classroom action research (CAR) that applies the Kemmis & Teggart model design. This study aims to improve the science learning outcomes using the discovery method. The subjects used in this study turned 35 students in grade IV SDN 1 Bajur, West Lombok. Data collection methods used are observation, interviews and tests. The collected data were analyzed using quantitative descriptive techniques with the implementation of two cycles. Student learning outcomes and observations increase each cycle. Learning uses learning methods that can improve the learning outcomes of science students in grade IV SDN 1 Bajur.
Kompetensi Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif Dengan Program Autoplay di Madrasah Ibtidaiyah Nuruddin Nuruddin; Muhamad Ahyar Rasidi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.242 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1288

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran dengan program autoplay. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan program autoplay tergolong baru. Dalam mendesain media pembelajaran, terlebih dahulu guru memperoleh pelatihan tentang bagaimana mendesain media tersebut. Selanjutnya dilakukan pendampingan dan hasilnya sebagian guru mampu mendesain dan sebagian lagi masih mengalami kesulitan.Abstract:  This study aims to find out about the competence of teachers in designing instructional media with the autoplay program. This research was carried out at MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. The results of the study explained that the use of learning media with the autoplay program is relatively new. In designing instructional media, teachers first receive training on how to design these media. Furthermore, assistance is provided and the results are that some teachers are able to design and some are still experiencing difficulties
Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Siti Rohani
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.97 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1294

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Rangkep pada tema 7 perkembangan teknologi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, dan pelaksana tindakan. Penelitiian ini dilaksanakan di SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 20 siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan ketuntasan belajar secara individual dan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap-tiap siklus, dari 35% pada pratindakan meningkat menjadi 60% pada siklus I, peningkatan kambali terjadi pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III pada tahun pelajaran 2019/2020.Abstract: The purpose of this research is to improve the simple writing skills of grade III students at SDN Rangkep on the theme of 7 technological developments using image media. This research is a class action research with stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. In this research researchers act as Action designers, and implementing action. This research was conducted at SDN Rangkep, North Batukliang District, Central Lombok District with a study subject of grade III students as much as 20 students. Data analysis to determine the increase in student learning outcomes is determined by individualized and classical learning. The results showed that the classical guidance of student learning results increased in each cycle, from 35% in the preview increased to 60% in the I cycle, the increase of k occurs in cycle II to 100%. Based on the results of the study, it can be concluded that the use of image media can improve the writing skills of class III students in the year 2019/2020 lesson.
Aktualisasi Sesenggak Sasak Dalam Teater Tradisional Kemidi Rudat Lombok M. Okta Dwi Sastra F. M. Marijo
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1047.567 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1290

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan nilai kearifan lokal yang berkaitan dengan sesenggak sasak dalam teater tradisional Kemidi Rudat di pulau Lombok. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini juga menggunakan teori semiotika teater sebagai acauan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan nilai yang berkaitan dengan sesenggak Sasak, yaitu: (1) aiq nyereng tunjung tilah empaq bau, (2) siloq rae ketempo karang, (3) aiq nyereng paran keru, (4) mate ima idup todok, (5) ndarak sampi mate leq rebu, (6) ndaraq api ndaraq pendet, (7) demak mpaq salo, (8) alus-alus tain jaran, dan (9) bedeng luar puteq dalem.Abstract:  This study aims to reveal: the value of local wisdom related to Sasaknese proverb contained in the traditional Kemidi Rudat theater on the island of Lombok. The type of this study is qualitative descriptive using Roland Barthes's semiotic as the analysis method. The Theater  semiotic theory is also used in this study as a reference. Data analysis in this study includes data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study are as follows values related to Sasaknese proverb namely (1) aiq nyereng tunjung tilah empaq bau, (2) siloq rae ketempo karang, (3) aiq nyereng paran keru, (4) mate ima idup todok, (5) ndarak sampi mate leq rebu, (6) ndaraq api ndaraq pendet, (7) demak mpaq salo, (8) alus-alus tain jaran, and (9) bedeng luar puteq dalem. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6