cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 19795823     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang terbit sejak tahun 2008 dengan Nomor p-ISSN: 1979-5823 (media cetak) berdasarkan SK No. 0005.49/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.06, tertanggal 19 Juni 2008; e-ISSN: 2620-7672 (media online) berdasarkan SK No. 0005.26207672/JI.3.1/SK.ISSN/2018.05, tertanggal 9 Mei 2018. Jurnal Lentera dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung. Terbit setiap semester atau dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 (2012): Lentera" : 11 Documents clear
PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN DI PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN ., Sudarmaji
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN Taman Baru,SDN Banjarmasin, dan SDN Gedong Harta tergolong rendah sehinggamengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa.Hal ini, diduga karena bahasa Indonesia dianggap sebagai pelajaran yangmudah tetapi membosankan sehingga siswa tidak termotivasi untukmendengarkan penjelasan guru. Salah satu media pembelajaran yangdiharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas III diketiga SD tersebut adalah Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Pengaruh penggunaan media gambar terhadap pembelajaranbahasa Indonesia kelas III SD Negeri di Penengahan, Lampung Selatan.Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode penelitiantindakan kelas yang menerapkan konsep KTSP . Hasil yang diperolehmenunjukkan bahwa penggunaan media gambar lebih efektif jikadikombinasikan dengan metode pembelajaran lain.
SPEAKING SKILL IS THE FOCUS OF ENGLISH LANGUAGE TEACING AT ALL LEVELS Sutiyono, Akhmad
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The main objective of teaching English as a Foreign Language is enables students to use English for communication in real-life situations. However, it is a fact that many students find difficulties in mastering English. They cannot speak English well although they have learned English for years. It is the teachers’ responsibility to encourage students to practice their English at least in the classroom hours. The English teachers should apply various teaching techniques and teaching media that over higher and wider opportunities to use English in real-life situations.All kinds of instructional activities and exercises provided by the English teachers should offer and challenge students to use English orally sothat they will not be afraid of making mistakes in their speaking.
URGENSI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME Hidayat, Nurdin
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan pendidikan terkait dengan Pemerintah secara makro sebagai pembuat kebijakan dan secara mikro Kepala Sekolah sebagai sebagaipengelola sekolah. Sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap manajemen di sekolah, kepala sekolah dituntut untuk dapat bekerja secarabaik dan profesional. Melihat beratnya pekerjaan yang diemban oleh kepala sekolah, maka jabatan ini merupakan jabatan yang tidak dapat di isi oleh sembarang orang. Jabatan ini harus benar-benar di isi oleh orang-orang yang berkompetensi dan profesional. Namun amat disayangkan bahwa: ”Departemen Pendidikan Nasional memperkirakan 70 persen dari 250.000 kepala sekolah di Indonesia tidak Kompeten”. Kesimpulan ini merupakan temuan Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional setelah melakukan uji kompetensi. Banyaknya kepala sekolah yang kurang memenuhi standar kompetensi ini diduga sebagai akibat dari kurang baiknya proses rekruitmen dan pengangkatan kepala sekolah yang selama ini berlaku. Proses pengangkatan kepala sekolah jarang disertai pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan kepala sekolah adalah program kesempatan balajar yang terencana dalam satuan waktu tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja kepala sekolah. Dalam prosesnya, diharapkan ada perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus yang diberikan dengan respon. Dasar filosofis dari pendidikan dan pelatihan adalah berlandaskan nilai-nlai pancasila. Tujuan utama dari pendidikan dan pelatihan kepala sekolah adalah untuk memperoleh kecakapan khusus yang diperlukan oleh kepala sekolahdalam rangka pelaksanaan tugas-tugas kepemimpinan kepala sekolah. Oleh karena itu maka program-program pendidikan dan pelatihan harus dikemas secara rapi, menarik serta menjadi suatu program yang berkelanjutan atau paling tidak merupakan suatu bagian kehidupan dan pelaksanaan tujuan di ulang kembali. Pendidikan dan pelatihan sebagai upaya untuk meningkatkan profesionlisme dapat dilaksanakan dengan dua program, yaitu program preservice dan program in-service training. Program pre-service diperuntukkan bagi calon kepala sekolah yang akan menjadi kepala sekolah. Sedangkan program in-service training diperuntukkan bagi mereka yang telahmenduduki jabatan kepala sekolah. Ada tiga kelompok materi dalam pendidikan dan pelatihan, sehingga dengan adanya materi tersebut dapat memenuhi harapan persyaratan jabatan kepala sekolah. Materi tersebut di bagi dalam kelompok dasar, kelompok inti dan kelompok pendukung.
WOMEN’S ROLES IN THE MEDIA Dewi, Ratna Sari
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this paper is to investigate the changes of women‟s roles on how women were potrayed in the past and how they are potrayed today, especially in four influential media. Therefore, the question rised in this paper is “What are the changes of women‟s roles on how women were potrayed in the past and how they are potrayed today, especially in four influential media?”. This paper shows that there are many proofs showing changes and improvements of women‟s roles on how women were potrayed in the media in the past, and how they are potrayed today, especially in four influential media such as women‟s magazines, television and print media cartoons and fairy tales. When women are depicted in the media, they they are tipically subjected to a greater degree of phisical appearance and more rigid standard of beauty which they are expected to embody. It argued that the central media messages concerning women is that women‟s primary value lies in their physical appearance.
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KBK Rahmawati, Fitriana
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pembelajaran matematika realistik, memberi peluang kepada siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan atau mereinvent pengetahuan matematika. Dalam proses belajar mengajar sesuai dengan sifat matematika realistik yang berbasis masalah, maka strategi umum pembelajaran meliputi pemberian masalah untuk dipecahkan siswa, pemberian kesempatan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pemecahan masalah dan presentasi hasil yang disusul dengan diskusi. Untuk itu situasi pembelajaran sedapat mungkin dibuat menyenangkan, komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dan siswa. Hal ini sangat sesuai dengan potensi yang harus dikembangkan secara optimal dan tuntutan kegiatan siswa dalam proses belajar matematika sesuai dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) kurikulum 2004.Dan dengan pembelajaran matematika realistik ini diharapkan dapat menimbulkan minat sekaligus kreatifitas dan motivasisiswa dalam mempelajari matematika sehingga siswa dapat memperoleh manfaat maksimal baik proses maupun hasil belajarnya.
PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN DI PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN Sudarmaji, Sudarmaji
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.397 KB)

Abstract

Motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN Taman Baru, SDN Banjarmasin, dan SDN Gedong Harta tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini, diduga karena bahasa Indonesia dianggap sebagai pelajaran yang mudah tetapi membosankan sehingga siswa tidak termotivasi untuk mendengarkan penjelasan guru. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas III di ketiga SD tersebut adalah Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media gambar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SD Negeri di Penengahan, Lampung Selatan. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menerapkan konsep KTSP . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media gambar lebih efektif jika dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain.
SPEAKING SKILL IS THE FOCUS OF ENGLISH LANGUAGE TEACING AT ALL LEVELS Sutiyono, Akhmad
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.892 KB)

Abstract

The main objective of teaching English as a Foreign Language is enables students to use English for communication in real-life situations. However, it is a fact that many students find difficulties in mastering English. They cannot speak English well although they have learned English for years. It is the teachers’ responsibility to encourage students to practice their English at least in the classroom hours. The English teachers should apply various teaching techniques and teaching media that over higher and wider opportunities to use English in real-life situations.All kinds of instructional activities and exercises provided by the English teachers should offer and challenge students to use English orally so that they will not be afraid of making mistakes in their speaking.
PENGARUH PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG Suryati, Wawat
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.377 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R pada hasil belajar siswa dengan mengambil pokok bahasan program aplikasi Microsoft Word, (2) aktivitas belajar siswa terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R, (3) respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Aktivitas belajar siswa menggunakan metode observasi, sedangkan untuk respon menggunakan metode angket.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan metode pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Bandar Lampung. Aktivitas belajar siswa pada kelompok eksperimen tergolong cukup aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan metode pembelajaran PQ4R
WOMEN’S ROLES IN THE MEDIA Dewi, Ratna Sari
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.003 KB)

Abstract

The purpose of this paper is to investigate the changes of women‟s roles on how women were potrayed in the past and how they are potrayed today, especially in four influential media. Therefore, the question rised in this paper is “What are the changes of women‟s roles on how women were potrayed in the past and how they are potrayed today, especially in four influential media?”. This paper shows that there are many proofs showing changes and improvements of women‟s roles on how women were potrayed in the media in the past, and how they are potrayed today, especially in four influential media such as women‟s magazines, television and print media cartoons and fairy tales. When women are depicted in the media, they they are tipically subjected to a greater degree of phisical appearance and more rigid standard of beauty which they are expected to embody. It argued that the central media messages concerning women is that women‟s primary value lies in their physical appearance.
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KBK Rahmawati, Fitriana
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.077 KB)

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pembelajaran matematika realistik, memberi peluang kepada siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan atau mereinvent pengetahuan matematika. Dalam proses belajar mengajar sesuai dengan sifat matematika realistik yang berbasis masalah, maka strategi umum pembelajaran meliputi pemberian masalah untuk dipecahkan siswa, pemberian kesempatan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pemecahan masalah dan presentasi hasil yang disusul dengan diskusi. Untuk itu situasi pembelajaran sedapat mungkin dibuat menyenangkan, komunikasi dan interaksi yang baik antara guru dan siswa. Hal ini sangat sesuai dengan potensi yang harus dikembangkan secara optimal dan tuntutan kegiatan siswa dalam proses belajar matematika sesuai dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) kurikulum 2004.Dan dengan pembelajaran matematika realistik ini diharapkan dapat menimbulkan minat sekaligus kreatifitas dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika sehingga siswa dapat memperoleh manfaat maksimal baik proses maupun hasil belajarnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 2 (2023): Lentera Vol. 16 No. 1 (2023): Lentera Vol. 15 No. 2 (2022): Lentera Vol. 15 No. 1 (2022): Lentera Vol. 14 No. 2 (2021): Lentera Vol 14 No 1 (2021): Lentera Vol. 14 No. 1 (2021): Lentera Vol 13 No 2 (2020): Lentera Vol. 13 No. 2 (2020): Lentera Vol. 13 No. 1 (2020): Lentera Vol 13 No 1 (2020): Lentera Vol 12 No 2 (2019): Lentera Vol. 12 No. 2 (2019): Lentera Vol 12 No 1 (2019): Lentera Vol 12 No 1 (2019): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2019): Lentera Vol 11 No 2 (2018): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2018): Lentera Vol 11 No 2 (2018): Lentera Vol 11 No 1 (2018): Lentera Vol 11 No 1 (2018): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2018): Lentera Vol 2 (2017): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2017): Lentera Vol 1 (2017): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2017): Lentera Vol 2 (2016): Lentera Vol 2 (2016): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2016): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2016): Lentera Vol 2 (2015): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2015): Lentera Vol 1 (2015): Lentera Vol 1 (2015): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2014): Lentera Vol 2 (2014): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2014): Lentera Vol 1 (2014): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2013): Lentera Vol 1 (2013): Lentera Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2012): Lentera Vol 2 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera More Issue