cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 19795823     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang terbit sejak tahun 2008 dengan Nomor p-ISSN: 1979-5823 (media cetak) berdasarkan SK No. 0005.49/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.06, tertanggal 19 Juni 2008; e-ISSN: 2620-7672 (media online) berdasarkan SK No. 0005.26207672/JI.3.1/SK.ISSN/2018.05, tertanggal 9 Mei 2018. Jurnal Lentera dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung. Terbit setiap semester atau dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1 (2013): Lentera" : 13 Documents clear
AN ANALYSIS OF STUDENTS’ GRAMMATICAL ERRORS IN USING TENSES IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT: A Case Study at the Class IVD of English Department of STKIP-PGRI Bandar Lampung in 2012/2013 Subari, Imam
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As an international language, English is used by people all over the world. It becomes a tool to communicate and build relationship and cooperation in many sectors such as education, health, economy, science and technology. Realizing the importance of English, in Indonesia, English is taught as a compulsory subject from junior high school to university or college level. It is also taught in elementary school as local content. The problem that is stated in this research is that the students still often make grammatical errors in using tenses in writing analytical exposition text. Writing is difficult language skill to be mastered by the students. In writing, the students must master and know the knowledge of grammar so that the students do not make errors, especially in using tenses in their writing.The objectives of this research are to know and describe students’ tenses mastery, to know and describe students’ grammatical errors in writing analytical exposition text, and to know and describe the types of errors the students make in using tenses in writing analytical exposition text. The population of the research is the students of class IVD at English Department of STKIP PGRI Bandar Lampung. The total number are 40 students of this research. In collecting the data, the writer used writing test by asking students to make analytical exposition text in using tenses. To analyze the data and take the last conclusion, the writer used percentage formula.Based on the data analysis, the writer found 476 sentences; there were 95 incorrect sentences or 19.95 %. The incorrect sentences consist of omission error was 32 sentences or 6.72%, addition error was 25 sentences or 5.25%, misformation error was 32 sentences or 6.72% and misordering error was 6 sentences or 1.26%. It can be seen that the students’ ommision and misformation error were the highest error and the students’ misordering error was the lowest error.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Suryati, Wawat
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang siginifikan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Data hasil belajar IPS Terpadu dikumpulkan menggunakan tes yaitu tes objektif. Selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, yang dapat dibuktikan dengan (thitung = 8,044 > ttabel = 2,000) di dapat rata-rata hasil belajar dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VII yang dibelajarkan dan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional ( 82,19>67,2 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung.
THE INFLUENCE OF TEXT TWIST GAME TOWARDS STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT THE FIRST SEMESTER OF THE TENTH CLASS AT SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG IN 2012/2013 Damiri, Adenan
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of learning English in Senior High School is to enable students to use English as a means of communication, in spoken and written form. To support those skills they should master four skills of language, namely: listening, speaking, writing and reading and components of language such as vocabulary, structure, spelling and pronunciation. Students’ vocabulary mastery is influenced by many factors. One of them is the technique, which the teacher uses in teaching. In this research, the writer applied Text Twist Game in teaching vocabulary in the classroom. Then writer analyzed the result of the technique in order to know its influence. The objective of this research is to know whether there is positive influence of Text Twist Game in teaching vocabulary.From the distribution list with df= 68 obtained the t-ratio= 4.89 or significant level of 5% is equal to 2.00. And t ratio t0.95 or significant level of 1% is equal to 2.66. And according to the good examination criterion for the significance level of 5% and 1%. So the writer could conclude that there is positive influence of Text Twist Game towards students’ vocabulary mastery at the first semester of the tenth class at SMA Adiguna Bandar Lampung in 2012/2013 and the average score of the students’ vocabulary mastery who were taught by using Text Twist Game was higher than the average score of the students’ vocabulary mastery who were taught without Text Twist Game at the first semester of the tenth class at SMA Adiguna Bandar Lampung in 2012/2013.
PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Dedi, Fransisca S.O.
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pencapaian tujuan belajar secara tuntas merupakan harapan setiap guru. Beberapa faktor penentu dalam pencapaian tujuan tersebut yakni siswa, guru,fasilitas serta suasana yang kondusif harus bersinergi, agar harapan ini dapat tercapai. Adapun faktor yang aktif yang sangat berperan adalah faktor guru. Guru merupakan faktor kunci dalam pencapaian pembelajaran. Sebagai fasilitator, motivator, bahkan motor penggerak pembelajaran dituntut untuk selalu mengaktualisasikan diri dalam hal melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Salah satu hal penting yang harus tetap diperhatikan guru dalam pembelajaran adalah menerap-kan teknologi pendidikan dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran Agama Kristen. Adapun penerapan tersebut mencakup: (1) Penerapan Domain Desain, (2) Penerapan Domain Pengembangan (Development), 3) Penerapan Domain Penggunaan (Utilization), (4) Penerapan Domain Manajemen, (5) Penerapan Domain Evaluasi.
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SMP PGRI 3 BANDAR LAMPUNG Fauzan, Ahmad
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru memegang peranan utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi professional untuk mengemban tanggung jawab tersebut terutama dalam menumbuhkan motivasi belajarnya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi professional guru pendidikan agama Islam di SMP PGRI 3 Bandar Lampung dalam rangka untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya agar mencapai hasil belajar yang maksimal.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data diperoleh dari metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data kemudian diolah dengan teknik triangulasi data dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Populasi adalah seluruh warga SMP PGRI 3 Bandar Lampung, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik Snowball Sampling yang melibatkan orang-orang yang mengetahui variable penelitian.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa kompetensi professional guru PAI guru SMP PGRI 3 Bandar Lampung belum memenuhi kriteria/ indikator yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, minimnya pemanfaatan media, sarana dan prasarana. Hal ini berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP PGRI 3 Bandar Lampung.
SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI PENDEKATAN KOMPETENSI Dewi, Ratna Sari
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Lembaga Penelitian STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pembelajaran berdasarkan kompetensi, menekankan pembelajaran kecakapan dasar (basic skill, atau life skill), yang secara umum disebut pembelajaran tiga C, yaitu Consience (hati nurani), Compassion (kepedulian sosial), dan Competence (kecakapan). Termasuk ke dalam life skill, yang ditekankan akhir-akhir ini adalah: kecakapan negosiasi, kecakapan mengelola konfliks, dan kecakapan menyantuni pluralisme. Peranan penting guru dalam sistem pendidikan dan pengajaran berbasis kompetensi di sekolah sangatlah jelas. Pentingnya guru dalam sistem pendidikan ditunjukkan oleh peranannya sebagai pihak yang harus mengorganisasi atau mengelolah elemen-elemen lain seperti sistem kurikulum, sistem penyajian bahan pelajaran, sistem administrasi, dan sistem evaluasi. Selain itu, ada beberapa kompetensi kebahasan yang harus dimiliki oleh guru bahasa, yaitu; (1) guru memahami landasan dan wawasan pendidikan artinya guru harus memiliki dan memahami pendekatan sistem dalam pendidikan dengan memahami apa arti landasan pendidikan, filosofis, sosiologis, kultural, psikologis, ilmiah, dan teknologis; (2) guru harus menguasai materi; (3) guru harus menguasai pengelolaan, dan (4) guru harus menguasai evaluasi.
AN ANALYSIS OF STUDENTS’ GRAMMATICAL ERRORS IN USING TENSES IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT: A Case Study at the Class IVD of English Department of STKIP-PGRI Bandar Lampung in 2012/2013 Subari, Imam
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.919 KB)

Abstract

As an international language, English is used by people all over the world. It becomes a tool to communicate and build relationship and cooperation in many sectors such as education, health, economy, science and technology. Realizing the importance of English, in Indonesia, English is taught as a compulsory subject from junior high school to university or college level. It is also taught in elementary school as local content. The problem that is stated in this research is that the students still often make grammatical errors in using tenses in writing analytical exposition text. Writing is difficult language skill to be mastered by the students. In writing, the students must master and know the knowledge of grammar so that the students do not make errors, especially in using tenses in their writing.The objectives of this research are to know and describe students’ tenses mastery, to know and describe students’ grammatical errors in writing analytical exposition text, and to know and describe the types of errors the students make in using tenses in writing analytical exposition text. The population of the research is the students of class IVD at English Department of STKIP PGRI Bandar Lampung. The total number are 40 students of this research. In collecting the data, the writer used writing test by asking students to make analytical exposition text in using tenses. To analyze the data and take the last conclusion, the writer used percentage formula.Based on the data analysis, the writer found 476 sentences; there were 95 incorrect sentences or 19.95 %. The incorrect sentences consist of omission error was 32 sentences or 6.72%, addition error was 25 sentences or 5.25%, misformation error was 32 sentences or 6.72% and misordering error was 6 sentences or 1.26%. It can be seen that the students’ ommision and misformation error were the highest error and the students’ misordering error was the lowest error.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Suryati, Wawat
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.183 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang siginifikan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) Terhadap Hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Data hasil belajar IPS Terpadu dikumpulkan menggunakan tes yaitu tes objektif. Selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional, yang dapat dibuktikan dengan (thitung = 8,044 > ttabel = 2,000) di dapat rata-rata hasil belajar dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VII yang dibelajarkan dan model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional ( 82,19>67,2 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Bandar Lampung.
THE INFLUENCE OF TEXT TWIST GAME TOWARDS STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT THE FIRST SEMESTER OF THE TENTH CLASS AT SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG IN 2012/2013 Damiri, Adenan
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.019 KB)

Abstract

The objective of learning English in Senior High School is to enable students to use English as a means of communication, in spoken and written form. To support those skills they should master four skills of language, namely: listening, speaking, writing and reading and components of language such as vocabulary, structure, spelling and pronunciation. Students’ vocabulary mastery is influenced by many factors. One of them is the technique, which the teacher uses in teaching. In this research, the writer applied Text Twist Game in teaching vocabulary in the classroom. Then writer analyzed the result of the technique in order to know its influence. The objective of this research is to know whether there is positive influence of Text Twist Game in teaching vocabulary.From the distribution list with df= 68 obtained the t-ratio= 4.89 or significant level of 5% is equal to 2.00. And t ratio t0.95 or significant level of 1% is equal to 2.66. And according to the good examination criterion for the significance level of 5% and 1%. So the writer could conclude that there is positive influence of Text Twist Game towards students’ vocabulary mastery at the first semester of the tenth class at SMA Adiguna Bandar Lampung in 2012/2013 and the average score of the students’ vocabulary mastery who were taught by using Text Twist Game was higher than the average score of the students’ vocabulary mastery who were taught without Text Twist Game at the first semester of the tenth class at SMA Adiguna Bandar Lampung in 2012/2013.
PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Dedi, Fransisca S.O
Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2013): Lentera
Publisher : LPPM STKIP PGRI Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.44 KB)

Abstract

Pencapaian tujuan belajar secara tuntas merupakan harapan setiap guru. Beberapa faktor penentu dalam pencapaian tujuan tersebut yakni siswa, guru,fasilitas serta suasana yang kondusif harus bersinergi, agar harapan ini dapat tercapai. Adapun faktor yang aktif yang sangat berperan adalah faktor guru. Guru merupakan faktor kunci dalam pencapaian pembelajaran. Sebagai fasilitator, motivator, bahkan motor penggerak pembelajaran dituntut untuk selalu mengaktualisasikan diri dalam hal melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Salah satu hal penting yang harus tetap diperhatikan guru dalam pembelajaran adalah menerap-kan teknologi pendidikan dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran Agama Kristen. Adapun penerapan tersebut mencakup: (1) Penerapan Domain Desain, (2) Penerapan Domain Pengembangan (Development), 3) Penerapan Domain Penggunaan (Utilization), (4) Penerapan Domain Manajemen, (5) Penerapan Domain Evaluasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 2 (2023): Lentera Vol. 16 No. 1 (2023): Lentera Vol. 15 No. 2 (2022): Lentera Vol. 15 No. 1 (2022): Lentera Vol. 14 No. 2 (2021): Lentera Vol 14 No 1 (2021): Lentera Vol. 14 No. 1 (2021): Lentera Vol 13 No 2 (2020): Lentera Vol. 13 No. 2 (2020): Lentera Vol. 13 No. 1 (2020): Lentera Vol 13 No 1 (2020): Lentera Vol 12 No 2 (2019): Lentera Vol. 12 No. 2 (2019): Lentera Vol 12 No 1 (2019): Lentera Vol 12 No 1 (2019): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2019): Lentera Vol 11 No 2 (2018): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2018): Lentera Vol 11 No 2 (2018): Lentera Vol 11 No 1 (2018): Lentera Vol 11 No 1 (2018): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2018): Lentera Vol 2 (2017): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2017): Lentera Vol 1 (2017): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2017): Lentera Vol 2 (2016): Lentera Vol 2 (2016): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2016): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2016): Lentera Vol 2 (2015): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2015): Lentera Vol 1 (2015): Lentera Vol 1 (2015): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2014): Lentera Vol 2 (2014): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2014): Lentera Vol 1 (2014): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2013): Lentera Vol 1 (2013): Lentera Vol 1 (2013): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (2012): Lentera Vol 2 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 (2012): Lentera More Issue