cover
Contact Name
Andree E. Widjaja
Contact Email
andree.widjaja@uph.edu
Phone
+6261-80511117
Journal Mail Official
ji.uphmedan@uph.edu
Editorial Address
Lippo Plaza Medan 5th - 7th Floors, Jl. Imam Bonjol No. 6 Medan - 20112, North Sumatra, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal Information System Development
ISSN : 2477863X     EISSN : 25285114     DOI : https://dx.doi.org/10.19166/isd
Jurnal Information System Development (ISD) hadir sebagai wadah bagi para Akademisi, Developer, Peneliti, dan Ilmuwan yang hendak menyumbangkan karya ilmiahnya bagi dunia ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi. Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Sistem Informasi Universitas Pelita Harapan ini menerima publikasi hasil pengembangan atau penelitian terbaru di bidang Sistem Informasi. Topik-topik meliputi pengembangan software desktop, web, mobile, database system, artificial intelligence, data warehouse, data mining, UI/UX programming, IT infrastructure, Internet of Things, Game Development, Cyber Security, dan topik-topik lainnya. Setiap tahunnya, Jurnal ISD terbit dalam dua (2) periode yaitu pada Bulan Januari dan Juli
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)" : 24 Documents clear
Optimasi Algoritma Fuzzy Clustering dengan Menggunakan Algoritma Forest Optimization Kurniawan, Robert; Prabowo, Edhi
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.364 KB)

Abstract

Fuzzy C-Means (FCM) adalah salah satu teknik clustering yang sering digunakan, tetapi memiliki kelemahan yaitu sensitif terhadap local optima dan sensitif terhadap pusat cluster awal. Forest Optimization Algortihm mampu mengatasi kelemahan dari FCM. FOFCM dibangun dengan 2 jenis jarak yaitu Euclidean dan Mahalanobis. FOFCM memiliki performa yang lebih baik dari FCM, karena sebagian besar iterasi FOFCM lebih sedikit dari FCM. FOFCM Mahalanobis menghasilkan nilai fungsi objektif paling kecil pada sebaran data hyperspherical dibandingkan dengan FOFCM Euclidean maupun FCM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa FOFCM Mahalanobis cocok untuk data hyperspherical.
OPTIMALISASI DETEKSI TEPI DENGAN METODE SEGMENTASI CITRA Pangaribuan, Hotma
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.844 KB)

Abstract

Segmentasi citra sebagai bagian dari proses pengolahan citra, adalah kegiatan untuk membagi citra menjadi beberapa bagian atau region, yang bertujuan untuk mengisolasi atau menemukan suatu obyek di dalam citra. Beberapa pertumbuhan kemajuan teknologi baru membuka peluang bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini. Saat ini pengolahan citra mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan. Segmentasi adalah proses pemisahan objek dengan latar belakangnya. Saat ini telah banyak dilakukan penelitian tentang segmentasi.Deteksi tepi merupakan suatu proses pencarian informasi tepi dari sebuah gambar. Deteksi tepi memiliki tujuan antara lain digunakan untuk menandai bagian yang menjadi detail dari sebuah gambar Ada banyak metode dalam melakukan segmentasi salah satunya adalah level-set menggunakan metode roberts, prewit sobel dan frei chan. Histogram citra digunakan untuk mengetahui intensitas dan kontras suatu citra, timing run digunakan untuk mengetahui lamanya suatu proses citra, dan SNR (Signal to Noise Ratio) yang digunakan untuk mengetahui kualitas citra. Pengujian dilakukan dengan melakukan uji coba terhadap Objek citra dan selanjutnya dilakukan analisis citra.Metode Sobel dan Prewitt memiliki proses komputasi yang lebih lebih sedikit jika dibandingkan. Secara umum algoritma segmentasi citra didasarkan pada satu dari dua property nilai intensitas yaitu mendeteksi diskontinuitas atau mendeteksi similaritas. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan sebagai berikut:metode segmentasi yang paling tajam hasilnya yaitu menggunakan Operator Freichen, karena dari sudut pandang horizontal dan sudut pandang Vertikal sama sama menghasilkan hasil yang bagus, Dari hasil pembahasan untuk jenis operator yang paling baik adalah operator Robert, Hasil deteksi pada operator sobel lebih bagus atau tegas dibandingkan dengan operator Robert dan prewitt. Operator Sobel lebih sensitif terhadap tepi diagonal daripada tepi vertikal dan horizontal  Hal ini berbeda dengan operator Prewitt, yang lebih sensitif terhadap tepi vertikal dan horizontal.
Penerapan Algoritma Genetika Pada Pengenalan Paragraf Erwin Saragih, Rejoice Iboy; Nababan, Darsono
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.964 KB)

Abstract

Paragraph consists of sentences which has main idea. In this research, it applied the genetic algorithm to recognize a paragraph. It has several steps to do it, firstly on the alphabet forms word, then sentence, and finally paragraph. The process start from typing the paragraph and then the genetic algorithm will identify the paragraph accordingly by stages which are initial population, selection, crossover and mutation. Genetic algorithm is heuristic searching algorithm which based on nature selection of mechanism and nature genetics. Paragraph is a set of words or other characters with one or more languages are written especially if arranged in a customary order. The final result of this research is that showing the exact paragraph that is targeted.
Analisa Alokasi Memori dan Kecepatan Kriptograpi Simetris Dalam Enkripsi dan Dekripsi Perangin-angin, Resianta; Jaya, Indra Kelana; Rumahorbo, Benget; Marpaung, Berlian Juni R
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.236 KB)

Abstract

Currently the focus of cryptography is on the security and speed of data transmission. Cryptography is the study of how to secure information. This security is done by encrypting the information with a special key. This information before being encrypted is called plaintext. After being encrypted with a key called ciphertext. At present, AES (Advanced Encryption Standard) is a cryptographic algorithm that is safe enough to protect confidential data or information. In 2001, AES was used as the latest cryptographic algorithm standard published by NIST (National Institute of Standard and Technology) in lieu of the DES (Data Encryption Standard) algorithm that has expired. The AES algorithm is a cryptographic algorithm that can encrypt and decrypt data with varying key lengths, namely 128 bits, 192 bits, and 256 bits. From the results of tests carried out for speed and classification memory, it can be concluded that the AES cryptographic algorithm is superior or faster if the size or size of the plaint text is not so large, because for the smaller AES algorithm the speed ratio in terms of encryption will become more fast, it becomes very different for the Blowfish algorithm itself where for large sizes plaint text can be encrypted faster than AES but for smaller sizes Blowfish is certainly slower in that case, for memory allocation in this case from the tests performed it can be concluded that AES requires more storage space or larger memory allocation compared to the blowfish algorithm
Metode Pengacakan Algoritma Fisher Yates Pada Game Edukasi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Damanik, Romanus
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.873 KB)

Abstract

English is a universal language that is important and has a big role in the world of gaming. Therefore, in order to make children learn English in activities they like. An educational game was made, educational games were built aiming to improve children's ability in terms of English. This game is also designed based on Android so that it makes it easier for players to access games without the need for an internet network to play. In programming, this game implements Fisher Yates algorithm to do the randomization process in the game. The Fisher Yates algorithm is an algorithm for generating a random permutation from a finite set, in other words to randomize a set. This game is played by a player, to complete each level of the game, with the higher level of the game will also increase the level of difficulty. Using a database with SQLite to store player names, questions and levels that have been achieved.
Pengamanan Citra Digital Menggunakan Algoritma Pohlig Hellman ginting, wasit
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.677 KB)

Abstract

Image encryption is a technique to protect the confidentiality of images from illegal access. With image encryption, people who do not know how the image is hidden will not know how to open it. Encryption is needed because in today's digital era digital images are easily stored or transmitted through public channels such as the internet. Image transmission through public channels is prone to tapping and storing images in storage media prone to access by parties without authority. For this reason, it is necessary to do a cryptographic method to secure confidential images from parties who do not have the authority to understand the actual image. This study presents an image encryption algorithm using Pohlig Hellman's Algorithm. The Pohlig Hellman algorithm is an algorithm used to compute discrete logarithms in a multiplicative group whose rank is not a safe prime number.Cryptography, Image, Pohlig-Hellman
Perbandingan Data Mining Mengidentifikasi Pola Keterkaitan Variabel Kecelakaan Lalu Lintas Di Polresta Kota Medan Saragih, Rusmin; Sitompul, Juliana Naftali
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.157 KB)

Abstract

This research was conducted to analyze the results of data mining processing on a priori method and the method of k-means clustering in analyzing the comparison of the two methods to factors related to the incidence of traffic accidents that occurred in the POLRESTA Medan area. Analysis of the pattern of the causes of traffic accidents conducted in this study using Apriori data mining methods and k-means clustering. Apriori method is a data mining method that produces association patterns or linkages between variables or itemset based on frequent or frequent itemset. While the k-means clustering method is a method that groups data into different groups so that data with certain patterns will form their respective groups. By using a priori and k-means clustering, a comparative analysis can be obtained between the two methods. This research was carried out by collecting data on traffic accidents obtained from POLRESTA Medan followed by the development of a data mining software that implements the Apriori method and k-means clustering to produce the association and clustering patterns contained in the accident data. The results of the comparison between the two methods can then be information and references to the performance of the two methods in processing traffic accident data in POLRESTA Medan. Keywords: Accidents, Traffic, POLRESTA Medan, data mining, a priori, k-means.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker Prostat Dengan Metode Forward Chaining Saragih, Jepronel; -, Darius; Wirawan, Fermin Andre
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.989 KB)

Abstract

Kanker prostat merupakan kanker paling umum diderita oleh kaum pria, Kasus kanker prostat semakin tahun semakin meningkat jumlah kasus yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Di Hong Kong mengalami peningkatan dari 683 kasus pada tahun 2000, menjadi 1655 pada tahun 2013 dan sebagian besar pasien berada di atas usia 60 tahun (Dr. Hc Cheng, 2017). Pada sekarang ini penyakit kanker prostat sudah dikenal oleh seluruh dunia. Sangat disarankan terhadap masyarakat kaum pria rutin memeriksa atau konsultasi kesehatan sistem reproduksi mereka pada dokter spesialis yang menguasai bidang tersebut. Akan tetapi terdapat masalah yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk memeriksa kesehatannya, dimana masalahnya adalah pasien harus mendaftar dan mengantri lama untuk konsultasi dengan dokter spesialis. Pada sistem ini dapat mendiagnosa dengan baik apakah pengguna yang melakukan diagnosa terkena penyakit kanker prostat atau penyakit lainnya yang bukan merupakan penyakit kanker prostat. Pada sistem ini setelah pengguna melakukan diagnosa, sistem ini dapat menampilkan solusi-solusi untuk penyakit kanker prostat atau penyakit lainnya.Hasil diagnosa dan Solusi dapat di print keluar untuk sebagai dokumentasi pengguna.Kata Kunci: kanker, prostat, sistem, diagnosa
Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Layanan Student Service Centre di Universitas Pelita Harapan Medan Dengan Metode Fuzzy Mamdami Dhamma, Mulia; Guinarto, Griselda; Khomulia, Levina
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.827 KB)

Abstract

Student Service Centre merupakan suatu wadah yang diberikan oleh pihak perguruan tinggi dalam hal memfasilitasi mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi akademik. Evaluasi terhadap layanan Student Service Centre bertujuan untuk melihat seberapa puas mahasiswa terhadap layanan yang diberikan, dan kualitas informasi yang diberikan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu variabel yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan tugas kemasyarakatan, dan dalam perguruan tinggi, mahasiswa berperan sebagai masyarakat. Penerapan metode Fuzzy Mamdani dalam menentukan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Student Service Centre di Universitas Pelita Harapan Medan dilakukan dengan empat langkah, yaitu fuzzyfikasi, pembentukan fungsi implikasi, komposisi aturan lalu diakhiri dengan defuzzyfikasi, dimana pada langkah terakhir didapat nilai output. Metode Fuzzy Mamdani sangat tepat digunakan untuk merepresentasikan suatu bentuk abstrak ke dalam suatu bentuk bilangan angka. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan program Matlab dengan nilai input variabel Tangible 78, nilai input variabel Reliability 76, nilai input variabel Responsiveness 77, nilai input variabel Assurance yaitu 74, dan nilai input variabel Empathy yaitu 79, didapat hasil defuzzyfikasi dengan nilai output 77,1 yang artinya Puas. Berdasarkan program GUI yang telah dibangun dengan nilai input yang sama dan dengan metode Fuzzy Mamdani didapat hasil defuzzyfikasi dengan nilai output 77,12. Kata Kunci: fuzzy, defuzzyfication, Mamdani, KHS
Analisa dan Perancangan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Dalam Memberikan Petunjuk Navigasi Ruangan Pada Universitas Pelita Harapan Kampus Medan Kusuma, Benz Edy; Tanzil, Martin Tricia; Cenderawan, Richard
Journal Information System Development (ISD) Vol 4, No 1 (2019): Journal Information System Development (ISD)
Publisher : UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.534 KB)

Abstract

Penyajian informasi yang signifikan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju. Seiring dengan perkembangan teknologi, Augmented Reality merupakan salah satu komponen dalam penyajian informasi. Dalam perancangan aplikasi Augmented Realiy merupakan penggabungan objek benda maya 2 dimensi dan 3 dimensi yang kemudian hasil tersebut akan diproyeksikan kedalam objek nyata dalam bentuk informasi yang diterima oleh pengguna. Aplikasi penunjuk navigasi ruangan yang dirancang merupakan aplikasi pemodelan ruangan dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi yang menggabungkan teknologi Augmented Reality dengan pemodelan ruangan kampus Medan gedung Aryaduta pada Universitas Pelita Harapan dalam memproyeksikan bentuk objek maya secara real time. Dengan pengembangan penelitian tersebut, penulis menyajikan data berupa survey untuk menganalisa kebutuhan pengguna. Dengan adanya aplikasi penunjuk navigasi ruangan tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna baik mahasiswa baru, staff ataupun pengunjung tamu untuk memperoleh informasi di lingkungan Universitas Pelita Harapan Kampus Medan gedung Aryaduta.Kata Kunci:Augmented Reality, Android, Universitas Pelita Harapan Kampus Medan, Navigasi

Page 1 of 3 | Total Record : 24