cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
MOTION : Jurnal Riset Physical Education
ISSN : 20873751     EISSN : 27224686     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Motion adalah jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan non penelitian tentang berbagai aspek olahraga, seperti pendidikan jasmani, psikologi olahraga, fisiologi olahraga, kepelatihan olahraga, biomekanika, anatomi, gizi olahraga, olahraga usia dini, pemandauan bakat, dan interdisipliner lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education" : 8 Documents clear
VALIDITAS DAN RELIABILITAS BASKETBALL SKILL CHALLENGE SEBAGAI TES KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BINADARMA Hardiyono, Bayu; Pratama, Riyan
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.829 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas Basketball Skill Challenge sebagai tes keterampilan bermain bolabasket bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Darma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tes dan pengukuran. Uji validitas menggunakan CVR dan uji reliabilitas menggunakan metode tes retes. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Darma yang berjumlah 56 mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tes keterampilan Basketball Skill Challenge mempunyai validitas conten atau CVR sebesar 0, 733 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,836 sehingga dapat dipergunakan sebagai tes keterampilan bermain bolabasket bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Darma.
TINGKAT KESEGARAN JASMANI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG Gemael, Qorry Armen; Aminudin, Rizki
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.803 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.275

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode survei/tinjauan dengan instrumen untuk pengambilan data penelitian ini menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 2 Program studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang yang berjumlah 91 mahasiswa. Jumlah sampel 51 mahasiswa dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 14 orang (15,4%) termasuk dalam kategori Kurang, sebanyak 44 orang (48,4%) termasuk dalam kategori Sedang, sebanyak 29 orang (31,9%) termasuk dalam kategori baik, dan sebanyak 4 orang (4,4%) termasuk dalam kategori baik sekali.
PENERAPAN MODIFIKASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA Hambali, Sumbara
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.745 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.399

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa menggunakan media meja yang di modifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya. Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand adalah sebesar 68,06 atau 61,11% siswa lulus, dan 38,89% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus pertama, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran servis forehand meningkat menjadi 77,78 atau 88,89% siswa lulus dan sisanya 11,11% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar servis forehand siswa kelas VII/A SMPN 1 Kutawaluya.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SMASH BULUTANGKIS UNTUK USIA REMAJA Benovri, Ridho
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.898 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.1421

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model latihan smash pada bulutangkis untuk usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek penelitian adalah atlet bulutangkis PB GSC Kota Padang, PB Formula Kota Padang Panjang, PB SI Padang Pariaman usia remaja yang terdiri dari 45 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, dan instrumen tes smash bulutangkis. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri atas: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal), (3) uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil), dan (4) uji coba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes smash untuk mengetahui tingkat kemampuan smash bulutangkis untuk usia remaja sebelum dan setelah perlakuan atau treatment model smash yang dikembangkan. Setelah hasil pengembangan produk model smash bulutangkis untuk usia remaja ini diuji cobakan dalam skala kecil dan telah direvisi maka tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil) yang telah dievaluasi oleh para ahli kemudian peneliti melakukan revisi produk awal dan memperoleh 25 model smash bulutangkis untuk usia remaja yang digunakan dalam uji coba kelompok besar. Langkah selanjutnya, setelah model mengalami revisi tahap 2 dari ahli maka dilanjutkan dengan menguji cobakan produk kepada kelompok besar dengan menggunakan subjek penelitian sebanyak 45 atlet remaja yang terdiri dari 3 klub bulutangkis yaitu: PB GSC Kota Padang, PB Formula Kota Padang Panjang, PB SI Padang Pariaman. Hasil uji efektivitas pada pre test sebesar 29,9778, dan post test sebesar 41,2000. Selanjutnya, hasil uji signifikasi diperoleh hasil t-hitung = 18.93, df = 44, dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan model latihan smash bulutangkis untuk usia remaja. Maka, model smash bulutangkis ini efektif dalam meningkatkan kemampuan smash bulutangkis untuk usia remaja.
MAKNA DAN PERAN PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN INSAN YANG MELEK JASMANIAH/TER-LITERASI JASMANIAHNYA Widodo, Agung
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.209 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.1432

Abstract

Pendidikan jasmani saat ini mengalami pergeseran makna, orientasi, serta implementasinya pada pengajaran di sekolah seiring dengan munculnya istilah olahraga pendidikan dan pendidikan olahraga. Pengajaran pendidikan jasmani di sekolah yang seharusnya berupa kegiatan pendidikan sering bergeser menjadi kegiatan latihan olahraga. Hal ini menjadi sebuah ironi dalam pendidikan, karena pada hakikatnya pendidikan jasmani itu sendiri merupakan bagian integral dari pendidikan nasional. Pendidikan jasmani bukan sekedar pendidikan untuk jasmani melainkan juga pendidikan melalui aktivitas jasmani. Artinya, jasmani tidak hanya menjadi obyek melainkan juga dapat menjadi subyek. Oleh karena itu, pendidikan jasmani memiliki peran yang penting dalam pembentukan manusia seutuhnya karena tujuan pendidikan jasmani sangat komprehensif yaitu menyasar pada perkembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Melalui pendidikan jasmani diharapkan peserta didik menjadi insan yang terliterasi jasmaninya. Istilah tersebut berasal dari Bahasa Inggris yaitu physical literacy yang dalam tulisan ini disebut dengan istilah melek jasmaniah. Tulisan ini merupakan kajian pemikiran ilmiah yang mencoba memberikan wacana tentang orientasi pendidikan jasmani yang sebenarnya di sekolah dalam upaya membentuk individu yang melek jasmaniah.
PENGARUH LATIHAN TRICEPS PUSH DOWN TERHADAP FLYING SHOOT PADA ATLET HANDBALL KOTA BEKASI 2018” Kusumawati, Mia; Zhari, M. Syahbanu
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.956 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.1491

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan triceps push down terhadap flaying shoot Atlet Handball Kota Bekasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, jumlah populasi 15 orang, Atlet Platcab Kota Bekasi dan sempel yang diambil 15 orang Atlet Platcab Kota Bekasi. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada latihan triceps push down terhadap flaying shoot pada atlet Handball Kota Bekasi sebelum melakukan treatment dan sesudah melakukan treatment, ini terbukti dari hasil uji normalitas nilai signifikan 0,200 lebih besar dari 0,05. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap kekuatan otot lengan karena adanya latihan yang continue sebanyak 12 kali pada latihan Triceps Push Down.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SENAM RITMIK MELALUI SENAM KEBUGARAN JASMANI 2012 DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL Basri, Hasan
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.396 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.1532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan teknik gerak dalam senam ritmik melalui senam kebugaran jasmani 2012 dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas XII dengan menggunakan media pembelajaran audio visual di SMK Mitra Unggul Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research), dengan model desain Kemmis dan Taggart. Data secara keseluruhan berupa data kuantitatif dianalisis secara deskriptif terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 berupa nilai tes hasil belajar antara lain: 1) Data pada prasiklus, skor rata-rata tes uji coba kemampuan teknik gerak senam ritmik melalui senam kebugaran jasmani 2012 dalam pada prasiklus yaitu 67,2 dengan prosentase 21,87% tuntas dan 78,13% belum tuntas, 2) Data pada siklus I, skor rata-rata tes teknik gerak senam ritmik melalui senam kebugaran jasmani 2012 pada siklus I yaitu 72,25 dengan prosentase 43,75% tuntas dan 56,25% belum tuntas, 3) Data pada siklus II, skor rata-rata tes uji coba kemampuan teknik gerak senam ritmik melalui senam kebugaran jasmani 2012 pada siklus 2 melalui dengan media audio visual yaitu 77,77 dengan prosentase 84,37% tuntas dan 15,62% belum tuntas.
IDENTIFIKASI PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEBAGAI PELAKSANA PENELITIAN TINDAKAN KELAS Babang, Veramyta M.M.Flora
Motion: Journal Research of Physical Education Vol 9 No 1 (2018): Motion: Jurnal Research Physical Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam 45 Bekasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.655 KB) | DOI: 10.33558/motion.v9i1.1534

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang ada di kota Kupang sebagai pelaksana Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mulai dari pemahaman guru dalam penulisan PTK, pelaksanaan PTK dan gambaran-gambaran umum tentang pelaksanaan PTK. Sampel penelitian ini adalah guru PJOK tingkat Sekolah dasar di Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, Tahap pertama adalah direncanakan sebagai tahap pendekatan dan identifikasi masalah di lokasi penelitian.Tahap in idilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman guru-guru PJOK tentang PTK. Selanjutnya tahap kedua, Tahap dua adalah pengambilan data yang dilakukan dengan berpedoman pada langkah dan teknik pengambilan data. Hasil dari penelitian ini adalah banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, padahal pada kenyataannya guru-guru PJOK disekolah tempat peneliti mengambil data banyak menemukan masalah yang terjadi di dalam kelas. Oleh karena itu peneliti beserta tim berasumsi bahwa perlu dilakukan pelatihan atau workshop terkait pembuatan PTK yang melibatkan bukan hanya guru PJOK tetapi pengawas atau Penyelia yang mengawas para guru PJOK.

Page 1 of 1 | Total Record : 8