cover
Contact Name
M. Syukri Ismail
Contact Email
msyukri_ismail@staiyasnibungo.ac.id
Phone
+6282278916431
Journal Mail Official
jurnalnurelislam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Sumatera KM.04 Sungai Binjai Kec. Bathin III Kab. Bungo Provinsi Jambi Kode Pos 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
ISSN : 23377828     EISSN : 25276263     DOI : -
NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and October in printed and online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)" : 9 Documents clear
Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan” Perspektif Historis dari Nahdlatul Wathan untuk Indonesia.
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.124

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah diskursus yang menarik terkait Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan” Perspektif Historis, karena melihat Organisasi ini termasuk Organisasi yang besar di Indonesia, dari gebrakan-gebrakan Organisasi ini patut juga kiranya untuk dikaji dari segi kontribusinya dibidang pendidikan, sosial keagamaan dan budaya. Jenis penelitian pada studi ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan buku-buku terkait mengenai gerakan organisasi Nahdlatul Wathan, ataupun subjek-subjek penelitian yang terkait dengan Nahdlatul Wathan dilengkapi dengan teori perubahan sosial menurut Max Weber. Hasilnya adalah diantara salah satu penyebab berdirinya Organisasi Nahdlatul Wathan adalah salah satunya adalah untuk mempersatukan umat Islam di wilayah timur Indonesia bahkan umat Islam di Indonesia dalam bingkai semangat ke arah yang lebih baik khususnya dalam bidang pendidikan, dengan gagasan itu lahir sebuah wadah organisasi keagamaan Islam yang memiliki kegiatan utama dalam bidang pendidikan, sosial dan dakwah Islamiah. Organisasi ini didirikan oleh Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid pada tanggal 1 Maret 1953. Sejak berdiri tahun 1953 tentunya sudah banyak sekali kontribusi Organisasi Nadhlatul Wathan untuk Islam, bangsa ini. Kata Kunci: Integrasi, Interkoneksi “Keislaman, Kebangsaan dan Nahdlatul Wathan”
Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.125

Abstract

Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia tergolong meningkat pesat, banyak bank-bank yang semula bersifat komersial akhirnya membuka cabang perbankan yang bersifat Syari’ah. Perusahaan-perusahaan perbankan tersebut bukanlah hanya sekedar mencoba untuk mengembangkan prinsip Syari’ah di Indonesia, tetapi faktor yang lebih penting adalah permintaan konsumen untuk dibentuknya perbankan Syari’ah. Pada akhirnya sangat diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui seberapa besar partisipasi dan kontribusi masyarakat menabung di Bank Syari’ah, dalam hal ini peneliti akan meneliti di bank syariah mandiri di Muara Bungo dengan judul penelitian Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM Di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriftif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 6000 nasabah Bank Syari’ah Mandiri Muara Bungo. Teknik pengambilan sampel, menggunakan rumus Slovin terdapat jumlah sampel sebanyak 99 responden (nasabah). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 14 item, pernyataan yang dinilai dengan skala Likert 5-1 serta menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji normalitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan uji parsial. Hasil penelitian ini adalah, Berdasarkan analisis regresi pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,282, (28,2%) koefesiaen deteriminasi sebesar 0,079, (7,9%) nilai signifikansi 0,005<0,05; dan t hitung > dari t tabel (2,890 > 1,985) Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Bagi Hasil terhadap Minan Nasabah Pada Tabungan BSM Bank Syari’ah Mandiri Muara Bungo. Persentase sumbangan pengaruh variabel independen (bagi hasil Bank Syari’ah) terhadap variabel dependen (tabungan BSM) sebesar 7,9%, sedangkan 92,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Keywords: Mudharabah, Minat Nasabah, dan Tabungan BSM
Penerapan Model Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Profesional Kinerja Guru Mata Pelajaran MIPA di SMPN 3 Muara Bungo
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.126

Abstract

Rendahnya kualitas professional guru mata pelajaran di SMP N 3 Muara Bungo, adalah permasalahan yang harus dituntaskan. Peneliti menerapkan model Lesson Study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA di SMP N 3 Muara Bungo. Model Lesson Study adalah solusi pemecahan masalah dalam upaya pembinaan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru mata pelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil refleksi pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang 4 standar kompetensi utama yaitu: Pedagogik, kepribadian, Sosial dan Profesional. Ada 4 hal yang harus dikuasai guru yaitu: 1) menguasai materi pelajaran, 2) mampu mendiagnosis tingkah laku siswa, 3) mampu melaksanakan proses pembelajaran dan 4) mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Bertolak dari permasalahan dan pemecahan masalah dengan penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak 2 siklus kegiatan yaitu melalui kegiatan Perencanaan (Plan), kegiatan Observasi (Do) dan kegiatan refleksi (See) pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil professional guru mata pelajaran MIPA. Hasil penilaian kinerja guru mata pelajaran MIPA sebelum penerapan Model Lesson Study nilai kinerja guru mata pelajaran MIPA 70,3 dengan hasil baik, dan setelah penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak dua siklus kegiatan terjadi peningkatan nilai kinerja guru yaitu rata-rata 76,6, walaupun kenaikan sedikit tetapi makna Lesson Study adalah dapat meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA dalam menciptakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, sehingga mutu pembelajaarn di SMP N 3 Muara Bungo dapat meningkat sesuai harapan tujuan pendidikan Nasional. Kata kunci: Lesson Study, Profesional, dan Kinerja Guru.
Pengaruh Efikasi Diri dan Gender Equality Terhadap Motivasi: Study Ex Post Facto Terhadap Guru SMA Swasta di Kabupaten OKU Timur Kota Palembang
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.127

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengalisis pengaruh efikasi diri dan gender equality terhadap motivasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan desain factorial 2x2. Data penelitian untuk tesis ini dikumpulkan melalui kuisioner dengan melibatkan 150 guru di sekolah menengah swasta di oku timur Palembang sebagai responden. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Secara keseluruhan, motivasi guru berbeda bila memiliki efikasi diri tinggi dengan guru yang memiliki efikasi diri rendah. 2) Secara keseluruhan, motivasi guru berbeda antara guru pria dan guru wanita. 3) Bagi guru pria, motivasi guru berbeda antara yang memiliki efikasi diri tinggi dengan yang memiliki efikasi diri rendah. 4) Bagi guru wanita, motivasi guru lebih kuat bila memiliki efikasi diri tinggi dari pada yang memiliki efikasi diri rendah. 5) Terdapat pengaruh interaksi antara efikasi diri dan gender equality terhadap motivasi. Keywords: Efikasi Diri, Gender Equality, Motivasi, Ex Post Facto.
Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.132

Abstract

Pendidikan yang bermutu adalah Pendidikan yang mampu mengembangkan kemampuan, membentuk karakter dan peradaban bangsa. Oleh karena itu harus dikembangkan dalam pendidikan disekolah maupun pesantren nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, kesehatan, ilmu, kecakapan, kreativitas, kemandirian, demokrasi dan tanggung jawab pada anak didik dan seluruh stakeholders pendidikan. Kondisi Saat ini kebanyakan sekolah hanya mengembangkan aspek- aspek pendidikan secara dangkal: dimensi kognitif (hanya menghafal); dimensi ketrampilan (mekanistik); dimensi nilai tidak terurus dan tidak mendalam; dimensi hubungan (ranah interaktif ) tidak tergarap. Padahal seharusnya sekolah berkualitas mampu mengembangkan dimensi kognitif (menguasai pengetahuan sesuai dengan bakat, minat siswa/i nya). Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriftif analisis. Melihat fenomena tersebut penulis mencoba untuk menawarkan sebuah konsep, implementasi dan perkembangan pendidikan Islam dalam bingkai manajemen strategik, dalam proses pembelajaran di sekolah formal maupun non formal dengan tujuan membentengi siswa diera globalisasi agar tetap berpegang pada nilai-nilai qur’an, hadist, ijma’ dan qiyas. Inti dari sebuah konsep manajemen strategik dalam pendidikan Islam memang merupakan hal yang baru sehingga harapan besar pada tulisan ini dapat digunakan di dunia pendidikan Islam yang lebih luas serta lebih mengefektifkan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Jadi mutu lulusan pendidikan Islam tidak dipandang sebelah mata, justru sangat besar peranannya di lingkungan masyarakat. pendidikan Islam sesungguhnya adalah solusi bagi penyakit yang menimpa manusia modern. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang dibangun atas dasar fitrah manusia. Yang senantiasa bertujuan menumbuhkan kepribadian total manusia secara seimbang melalui latihan spiritual, intelektual, rasional diri, perasaan dan kepekaan tubuh manusia.
Dampak Pelaksanaan Supervisi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Padang Utara
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.133

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah pelaksanaan supervise berdampak terhadap kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Padang Utara.Untuk menjawab masalah penelitian ini, Peneliti menyatakan hipotesis yang telah diuji yakni pelaksanaan supervise berdampak positif terhadap kinerja guru. Teknik penelitian ini adalah stratified random sampling, jumlah sampel 65 guru yang dipilih secara acak dari 201 Guru Sekolah Dasar Negeri Padang Utara. Untuk mengumpulkan data dengan angket model skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis yakni statistik deskriptif inferensial dengan menggunakan korelasi dan regresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi berdampak signifikan terhadap kinerja Guru sebesar 20,6%. Berdasarkan temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervise berperan penting dalam meningkatkan kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Padang Utara selain Faktor – factor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kompetensi Pemimpin Membangun Ruh Al-Jama’ah Dalam Sistem Manajemen Pendidikan Islam
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.136

Abstract

Sulitnya menemukan sosok pemimpin yang ideal, salah satumya disebabkan oleh anggapan bahwa jabatan dianggap sebagai “anugerah” yang didapat dengan sedikit perjuangan atau dengan cara-cara yang tidak terhormat. Sosok pemimpin yang dapat menyelesaikan berbagai gejolak yang muncul, yaitu seorang pemimpin yang berkarakter. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain, berwibawa, dan visioner. Ada enam fungsi secara integral yang harus dilaksanakan oleh seorang pemimpin, yaitu: memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara kesinambungan generasi, memelihara harta, dan memelihara kehormatan. Mengelola organisasi dengan pendekatan prilaku manusia (human behavior aproach) perlu dilakukan. Dalam pendekatan keperilakuan (behavioral approach) mencoba mengidentifikasi perilaku yang khas dari pemimpin dalam kegiatannya untuk mempengaruhi anggota-anggota kelompok atau pengikutnya. Perilaku pemimpin ini dapat berorientasi pada tugas keorganisasian ataupun pada hubungan dengan anggota kelompoknya. Perilaku kepemimpinan yang berorientasi pada orang (Concern for People) merupakan fokus bahasan yang penulis anggap memiliki kedekatan makna dan fungsi secara operasional pada upaya pemimpin membangun ruh al-jama’ah (spirit kerjasama tim/team work). Keberhasilan organisasi mencapai tujuannya sangat dipengaruhi oleh kapabilitas pemimpin dalam mengelola sumber daya manusia dengan spirit kerjasama tim (ruhul jama’ah). Untuk meningkatkan efektifitas kepemimpinannya, pemimpin dapat menggunakan pengaruh: (a) rational persuasion, (b) exchange tactics, (c) legitimate request, (d) pressure tactics, dan (e) personal appeals. Termasuk juga; (f) memperhatikan kebutuhan bawahan (teori Abraham Maslow), (g) menciptakan suasana saling percaya antar bawahan dengan pimpinan dan bawahan dengan bawahan, (g) menaruh simpati terhadap bawahan sebagai bagian dari organisasi, (h) memperlihatkan sisi persahabatan dengan bawahan, (i) dan mengutamakan pengarahan diri, mendisiplin diri, mengontol diri.
Pelatihan Asertivitas Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Interpersonal Pada Suami atau Istri Dalam Keluarga Luas (Extended Family)
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan asertivitas untuk meingkatkan kemampuan pemecahan masalah interpersonal pada suami atau istri dalam keluarga luas (extended family). Analisis data menggunakan statistik nonparametrik Mann Whitney U Test yaitu dengan melihat Gained Score (skor selisih) yang diperoleh dari skor pretest dan posttest. Hasil uji beda pada pretes dan posttest menunjukkan koefisien Z sebesar -2.956 p<0,005. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah interpersonal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian perlakuan, dimana kelompok eksperimen memiliki kemampuan pemecahan masalah interpersonal lebih tinggi (mean rank= 12,00) dibandingkan dengan kelompok kontrol (mean rank= 5,00). Selanjutnya, uji beda Wilcoxon terhadap skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen pada koefisien Z sebesar -2,527, p<0,005, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara fase pretest dan fase posttest pada KE, dimana pada fase posttest (mean score= 117,250) suami-istri mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpersonal dibandingkan dengan fase pretest (mean skor= 101,500). Ini menandakan bahwa suami-istri yang mendapatkan pelatihan asertivitas mengalamai peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpesonal dibandingkan suami-istri yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas. Hasil uji beda Wilcoxon terhadap skor posttest dan follow up pada kelompok eksperimen menunjukkan koefisien Z sebesar -2,103, p<0,05. Hal ini menandakan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah interpersonal antara setelah pelatihan asertivitas (post test) dan dua minggu setelahnya (follow-up), pada fase follow-up (mean score=123,875) suami atau istri tersebut kembali mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah interpersonal dibandingkan pada fase posttest (mean score=117,250). Ini berarti bahwa pelatihan asertivitas memiliki pengaruh berarti terhadap kemampuan pemecahan masalah interpersonal.
Konstruksi Model Manajemen Mutu Syariah Dalam Pengelolaan Zakat di Baznas Provinsi Jambi
NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan Vol. 6 No. 2 (2019): (Oktober 2019)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/nuris.v6i2.139

Abstract

Zakat sebagai suatu kewajiban yang mendasar, memiliki penggunaan tertentu menurut ukuran yang telah diatur oleh syariat. Selain memiliki tujuan ibadah, zakat juga bertujuan untuk merealisasikan fungsi-fungsi sosial dan ekonomi dalam masyarakat Islam. Revitalisasi manajerial lembaga zakat ke arah yang lebih baik dan memenuhi standar manajemen mutu menjadi sangat penting, agar mendapat kepercayaan dari publik dan tercapainya tujuan pensyariatan zakat, dan juga harus berdasarkan pada nilai-nilai dan bingkai syariah (comply to syariah principles). Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi model manajemen mutu bagi BAZNAS Provinsi Jambi berdasarkan pada nilai-nilai syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan kepustakaan. Data yang digunakan dalam kajian ini merupakan data sekunder dalam bentuk literatur dan dokumentasi, yang kemudian dianalisa melalui metode deskriptif. Konstruksi model ini diperlukan dalam rangka membangun, mengembangkan dan memantapkan keberadaan ilmu ekonomi Islam, terutama dalam bidang manajemen melalui penelitian yang terus menerus.

Page 1 of 1 | Total Record : 9