cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 25486756     EISSN : 25486756     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2017): JURNAL EDUCATIO" : 2 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN LATIHAN LOMPAT TALI (SKIPING) DI KELAS VIII 2 SMPN 5 KOTA CIREBON PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012- 2013 Rusmantri, Rusmantri
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2017): JURNAL EDUCATIO
Publisher : Jurnal Educatio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.178 KB)

Abstract

Pengalaman mengajar, selama ini kemampuan lompat jauh siswa SMP masih rendah jauh dibawah lompatan yang ideal. Maka dari itu penulis berkeinginan untuk lebih menekankan peningkatan pembelajaran lompat jauh yang lebih inten untuk meningkatkan hasil belajar terutama hasil lompatan yang optimal. Tujuan utama yang ingin dicapai melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah meningkatkan hasl belajar lompat jauh siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 5 Kota Cirebon melalui latihan lompat tali (skiping). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMPN 5 Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 pada siswa kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 25 ( dua kelas RSBI). Penelitian ini dilaksakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap siklus meliputi : 1. Perencanaan tindakan (planing) 2. Pelaksanaan tindakan (acting) 3. Pengamatan (observing) 4. Refleksi Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja teknik lompat jauh dan observasi. Hasil penelitian pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan latihan lompat tali berpengaruh secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan teknik dan hasil lomptan pada siswa. Semakin tinggi frekuensi dan intensitas pembelajaran/ latihan maka akan semakin tinggi pula hasil kemampuan teknik dan hasil lompatan yang diperoleh. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rerata nilai teknik lompat jauh dari 57,24 menjadi 84,20 atau meningkat 47,1 % , ketuntasan belajar mencapai 100 % dan hasil jarak lomapatan dari rerata meningkat 51,96 % dari rata-rata jarak 257,6 cm. menjadi 391,3 cm. Dari segi sikap, siswa termotivasi menerima konsep latihan kekuatan dengan skiping karena merasa senang dan gembira yang ditunjukan dengan keaktifan siswa pada setiap pemanasan maupun dalam Proses Belajar Mengajar.
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DAYA TAHAN DI AIR DAN DAYA TAHAN DENGAN LARI TERHADAP KEMAMPUAN LARI JARAK MENENGAH 800 METER Nasihin, Zezen
Jurnal Educatio Vol 2, No 2 (2017): JURNAL EDUCATIO
Publisher : Jurnal Educatio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.863 KB)

Abstract

ABSTRAKZezen Nasihin           Dalam melakukan gerakan lari jarak menengah, yang terkait dengan gerakan utama adalah panjang tungkai, panjang lengan, panjang togok, yang secara bersama-sama berperan terhadap hasil lari jarak menengah. Tapi hal tersebut tidak akan lepas dari latihan yang baik dan teratur, jika ingin mencapai hasil yang maksimal.                 Ada tiga macam rumusan masalah yang penulis tetapkan yang berkisar pada apakah ada pengaruh latihan daya tahan di air terhadap kemampuan lari jarak menengah,apakah ada pengaruh latihan daya tahan dengan lari terhadap kemampuan lari jarak menengah,berapa besar pengaruh latihan daya tahan di air  dan daya tahan dengan lari terhadap kemampuan lari jarak menengah.         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan daya tahan di air terhadap kemampuan lari jarak menengah, untuk mengetahui pengaruh latihan daya tahan dengan lari terhadap kemampuan lari jarak menengah, untuk mengetahui pengaruh perbandingan latihan daya tahan di air dan latihan daya tahan dengan lari terhadap kemampuan lari jarak menengah.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan sistem (SPSS) release. Dilaksanakan selama 14 kali pertemuan, dengan menggunakan pola test awal dan test akhir kelompok latihan daya tahan di air dan kelompok latihan daya tahan dengan lari dan sampel yang digunakan 10 orang kelompok latihan daya tahan di air dan 10 orang kelompok latihan daya tahan dengan lari.            Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa kelompok daya tahan di air dapat meningkatkan kemampuan lari jarak menengah 800 m, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata peningkatan  hasil belajar lari dengan latihan daya tahan di air yang diberikan kepada kelompok A (latihan daya tahan di air)  sebesar 3,99 menit atau 8,0 poin dari rata-rata 60,5 poin pada tes awal menjadi 68,5 poin pada tes akhir.dan untuk Kelompok B (latihan daya tahan dengan lari) memperoleh hasil rata-rata sebesar 2,98 menit atau 10,5 poin dari rata-rata 63,0 poin pada tes awal menjadi 73,50 poin pada tes akhir. Kata Kunci: Daya Tahan, Lari Jarak Menengah 

Page 1 of 1 | Total Record : 2