cover
Contact Name
Mumuh Mulyana
Contact Email
Mumuh Mulyana
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@fdi.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi
Published by Forum Dosen Indonesia
ISSN : 25805339     EISSN : 26205718     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia yang mempublikasikan artikel berbasis penelitian (lapangan, kepustakaan, eksperimen) mencakup aspek-aspek manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018" : 9 Documents clear
Pengembangan Kualitas Perguruan Tinggi Islam Berdasarkan Keinginan dan Kebutuhan Stakeholder Septin Puji Astuti; Datien Eriska Utami
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.164 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v2i2.205

Abstract

Islamic University have to enhance their quality to make it more survive in this globalisation era. Consequently, it is important to identify the performance of the university. Apart from that, university stakeholder voices are important to be heard and it can be involved to increase the quality of higher education. For that reason, the main aim of this research is to identify Islamic university performance regarding to external stakeholder point of views. Hence, this research applied important-performance analysis to formulate the strategies for lifting the quality of university. For that purpose, 130 external stakeholders were gathered to be interviewed. Finally, it is found thatthe university has to pay more attention to improve the performance of computer facilities, their responsiveness to the development of the world and the fitness of curriculum to real world environment. Kata Kunci: strategi, analisis impotance-performance, stakeholder needs and wants
Evaluasi dan Pemetaan Minat Studi Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor Pada Program Studi Ekonomi Syariah Yulia Nurendah; Mumuh Mulyana; Muanas Muanas
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.668 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v2i2.206

Abstract

Perkembangan ekonomi syariah beberapa dekade ini menunjukkan arah yang positif di tengah gejolak ekonomi dunia yang rentan terhadap krisis. Ekonomi syariah dipandang sebagai sebuah sistem ekonomi yang tidak terguncang akibat krisis yang terjadi di dunia. Ekonomi syariah dinilai sebagai sebuah alternatif dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi dunia. Sehubungan dengan berkembangnya sistem ekonomi syariah, baik di Indonesia maupun di dunia, permintaan terhadap tenaga-tenaga ahli dibidang ekonomi syariahpun semakin tinggi. Oleh karena itu ekonomi syariah juga mulai berkembang pada sektor pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah siswa SMA dan SMK di Kota Bogor mengetahui tentang STIE Kesatuan (brand knowledge). 2) Untuk mengetahui minat siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi. 3) Untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi. 4) Untuk mengetahui apakah jenjang pendidikan yang dipilih siswa SMA dan SMK di Kota Bogor. 5) Untuk mengetahui apakah Program Studi Ekonomi Syariah menjadi pilihan utama para Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor. 6) Untuk mengetahui alasan apa saja yang melandasi siswa SMA dan SMK memilih Program Studi Ekonomi Syariah. 7) Untuk mengetahui apakah siswa SMA dan SMK mengetahui Perguruan Tinggi yang mempunyai Program Studi Ekonomi Syariah. 8) Untuk mengetahui diantara sejumlah Perguruan Tinggi yang mempunyai Program Studi Ekonomi Syariah, Perguruan Tinggi mana yang diminati siswa SMA dan SMK. 9) Untuk mengetahui bagaimana ketertarikan Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk mendaftar pada Program Studi Ekonomi Syariah di STIE Kesatuan. 10) Untuk mengetahui harapan apa saja yang diinginkan Siswa SMA dan SMK ketika diterima/berkuliah di Program Studi Ekonomi Syariah di STIE Kesatuan Adapun hasil dari hasil analisis dan pembahasan sebagai berikut : 1) Mayoritas responden mengetahui tentang STIE Kesatuan sebagai sebuah perguruan tinggi yang bagus. STIE Kesatuan sangat dikenal. Hal tersebut didukung oleh brand image STIE Kesatuan, sebagai kampus yang antara lain memiliki keunggulan memiliki jaringan yang luas, reputasi yang baik, dan lulusan yang berkompeten. 2) Minat responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi sangat tinggi. Adapun alasan yang dikemukakan apabila tidak ingin melanjutkan adalah karena responden ingin bekerja terlebih dahulu dan tidak ada biaya,. 3) Minat responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi sangat tinggi.. 4) Jenjang pendidikan yang dipilih siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi mayoritas pada jenjang sarjana (S1). 5) Mayoritas responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor, mengetahui tentang jurusan ekonomi syariah. 6) Alasan yang melandasi siswa SMA dan SMK memilih Program Studi Ekonomi Syariah ingin mengetahui bagaimana sebuah sistem ekonomi ditata secara syariah. 7) Mayoritas responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor, mengetahui bahwa Institut Pertanian Bogor memiliki program studi ekonomi syariah. 8) Mayoritas responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor, memilih Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor sebagai perguruan tinggi dengan program studi skonomi syariah yang paling diminati. 9) Mayoritas responden siswa SMA dan SMK di Kota Bogor, tidak tahu dan tidak tertarik untuk melanjutkan ke jurusan ekonomi syariah. Adapun dasar yang melandasi responden mayoritas menjawab tidak tahu (sebanyak 365 responden) dan menjawab tidak tertarik (sebanyak 359 responden) adalah berkenaan dengan biaya, dimana mereka memiliki keterbatasan biaya. Selain itu karena adanya keinginan untuk segera berkerja. 10) Harapan yang diinginkan Siswa SMA dan SMK ketika diterima/berkuliah di Program Studi Ekonomi Syariah di STIE Kesatuan ebih banyak pada keinginan responden untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman serta keinginan untuk segera lulus dan dapat bekerja.
Strategi Daya Saing Output Melalui Program Kemahasiswaan Di Departemen Manajemen IPB Selvie Fitriyanti; Lindawati Kartika; Hardiana Widyastuti
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.293 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v2i2.126

Abstract

Abstrak Departemen Manajemen IPB sebagai salah satu pelaksana akademik dengan tiga program studi yaitu Program Sarjana, Program Sarjana Alih Jenis Manajemen serta Program Pascasarjana Mayor Ilmu Manajemen. Departemen Manajemen FEM IPB didirikan dengan tujuan mendukung harapan yang direncanakan oleh IPB salah satunya meningkatkan pencapaian di bidang kemahasiswaan yang masih dinilai rendah oleh Kemenristekdikti. Oleh karena itu dibutuhkan evaluasi dan strategi untuk peningkatan daya saing program kemahasiswaan yang mengaitkan Berdasarkan permasalahan ini maka perlu dilakukan pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard. Tujuan penelitian adalah (1) Mengidentifikasi gambaran umum program kemahasiswaan di Departemen Manajemen FEM IPB pada tahun 2014-2017. (2) Menyusun peta strategi berdasarkan pendekatan BSC pada program kemahasiswaan di Departemen Manajemen FEM IPB. (3) Mengukur pencapaian kinerja dan inisiatif strategis yang tepat untuk meningkatkan kualitas output mahasiswa di Departemen Manajemen FEM IPB. Kata kunci : balanced scorecard, pengukuran kinerja, peta strategi. Abstract Management Department of FEM IPB is one of the academic unit consisting three programme studies: Degree Programme, Shift Degree Programme of Management, and Postgraduate Major Programme of Management Studies. Management Department was established to support the vision and mission of IPB; increase the achievements in students' field which is currently being rated poorly by Kemenristekdikti. Consequently, evaluation and strategy are complimentary for the elevation in the competitiveness among relevant student programme. Based on this issue, measuring the working performance using Balanced Scorecard is required. The aim of this research are (1)Identify the general concept of student programme in Management Department of IPB on 2014 - 2017, (2)Contrive a strategy map based on the BSC to student programs in the Management Department of FEM IPB, (3)To measure performance achievement and initiate strategy for the elevation of competitiveness among the students programme in Management Department of IPB. The results of this research prove that the performance get 63.32% and it was categorized as good performance. Performance can be improved by implementing a strategic program on indicators that are still have low value. Keywords: balanced scorecard, working performance measurement, strategy maps
Integrasi Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Rinda Cahyana
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.653 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v2i2.204

Abstract

Pembangunan masyarakat informasi dalam area geografis tertentu diwujudkan dengan melibatkan sumber daya manusia yang mampu mengubah kondisi masyarakat secara berkelanjutan dari buta menjadi melek dan cerdas digital. Mobilisasi sumber daya manusia dapat dilakukan di perguruan tinggi. Perubahan kondisi masyarakat dapat diusahakan melalui aktivitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artikel ini mendiskusikan pendekatan integrasi relawan TIK dalam sistem pendidikan tinggi dalam bentuk kegiatan intra dan ekstra kurikuler. Keterbatasan program, fasilitas, perangkat, sumber daya manusia, dan dana membuka kesempatan bagi organisasi relawan TIK eksternal kampus untuk bermitra dengan perguruan tinggi dalam melaksanakan program Relawan TIK Abdi Masyarakat. Pintu kerjasama terbuka dan berkelanjutan selama organisasi tersebut mampu untuk terus menyediakan keluaran program kerjasama sesuai standar nasional pendidikan tinggi dan tidak bisa diupayakan sendiri oleh perguruan tinggi. Keywords: Relawan, Teknologi, Pengabdian, Pendidikan Tinggi
COVER IN JASPT VOL 2 NO 2 DESEMBER 2018 adm1n
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.367 KB)

Abstract

COVER IN JASPT VOL 2 NO 2 DESEMBER 2018
Daftar Isi dan Editorial JASPT Vol 2 No 2 Desemer 2018 adm1n
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.659 KB)

Abstract

Di Akhir Tahun 2018, JASPT hadir dengan menyajikan artikel hasil penelitian yang membahas tentang pengembangan institusi perguruan tinggi dan program studi. Harapannya, artikel-artikel tersebut mampu menjadi pelengkap informasi bagi perguruan tinggi terutama yang sedang mempersiapkan untuk akreditasi institusi. Pada tulisan pertama, Cahyana memaparkan konseptual dan peranan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) dalam program pendidikan yang diselenggarakan perguruan tinggi. RTIK sebagai bagian dari stakeholder perguruan tinggi perlu diintegrasikan agar dapat dimanfaatkan peranannya guna pengembangan perguruan tinggi. Suksesnya perguruan tinggi adalah karena terpenuhinya keinginan dan kebutuhan stakeholder. Demikian kurang lebih tema utama yang diuraikan pada tulisan kedua. Astuti dan Utami menyimpulkan bahwa dua hal yang harus dikembangkan dalam meraih kualitas perguruan tinggi adalah lengkapnya sarana komputer dan kesesuaian program pembelajaran dengan kebutuhan dunia kerja. Nurendah et. al. melakukan pemetaan atas minat studi para siswa SLTA ke program studi Ekonomi Syariah. Penelitian tersebut berhasil menyimpulkan tingginya ketertarikan siswa SLTA untuk studi lanjut ke program studi Ekonomi Syariah, dengan alasan ingin mengetahui bagaimana sebuah sistem ekonomi ditata secara syariah. Fitriyanti et. al. mencoba mengevaluasi kinerja perguruan tinggi pada aspek program kegiatan kemahasiswaan, sebagai bagian dari indikator pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti. Dengan alat analisis Balance Score Card, penelitian tersebut telah memetakan komponen-komponen atau sasaran yang sudah terkategori baik, sedang dan rendah. Pramiudi dan Setiawan melakukan studi tentang minat para mahasiswa Diploma dan Sarjana melakukan studi lanjut pada Program S2 Akuntansi. Analisis dan pembahasan disandingkan dengan persepsi mahasiswa atas Program D3 Akuntansi dan Program S1 Akuntansi. Demikian sajian JAS-PT edisi kali ini. Kami mengundang rekan-rekan civitas akademika di manapun berada untuk mengirim tulisan-tulisan seputar pendidikan tinggi untuk terbitan mendatang.
BACK COVER JASPT VOL 2 NO 2 DESEMBER 2018 adm1n
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.485 KB)

Abstract

BACK COVER JASPT VOL 2 NO 2 DESEMBER 2018
Penelusuran Persepsi Mahasiswa Atas Program Studi Akuntansi dan Minat Studi Lanjut Udi Pramiudi; Budi Setiawan
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.278 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v2i2.219

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengukur persepsi mahasiswa tentang kualitas program studi D3 Akuntansi dan S1 Akuntansi STIE Kesatuan serta minat melakukan studi lanjut ke jenjang S2 Akuntansi. Penelitian dilakukan di Agustus 2018 dengan 150 orang mahasiswa sebagai responden. Data dianalisis menggunakan metode Analisis Deskriptif dan Uji beda Persepsi (uji statistik Wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki persepsi awal bahwa penyelenggaraan program D3 Akuntansi STIE Kesatuan, dipersepsikan telah memiliki kualitas yang baik. Pemberian informasi akan keunggulan D3 Akuntansi STIE Kesatuan mampu meningkatkan persepsi positif masyarakat akan kualitas D3 Akuntansi STIE Kesatuan. Mayoritas responden menyatakan berminat untuk studi lanjut pada jenjang magister. Keinginan responden untuk dapat meningkatkan kompetensi diri sesuai dengan tuntutan pekerjaan, menjadi faktor stimulus terkuat dalam membentuk minat studi lanjut. Kata Kunci: program studi akuntansi, minat studi lanjut
Front Cover JASPT Vol 2 No 2 Desember 2018 adm1n
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 2 No 2 (2018): JAS-PT Edisi DESEMBER 2018
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.322 KB)

Abstract

Front Cover JASPT Vol 2 No 2 Desember 2018

Page 1 of 1 | Total Record : 9