cover
Contact Name
Mumuh Mulyana
Contact Email
Mumuh Mulyana
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@fdi.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi
Published by Forum Dosen Indonesia
ISSN : 25805339     EISSN : 26205718     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia yang mempublikasikan artikel berbasis penelitian (lapangan, kepustakaan, eksperimen) mencakup aspek-aspek manajemen dan kebijakan pendidikan tinggi di Indonesia
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019" : 9 Documents clear
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Dosen dan Pegawai STIKes Muhammadiyah Lamongan Abdul Majid
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.827 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v3i1.211

Abstract

Kinerja pegawai di STIKES Muhammadiyah semakin menurun, dengan masalah tersebut peneliti ingin 1) mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh STIKes Muhammadiyah Lamongan dan 2) untuk mengetahui pengaruh positif gaya kepemimpinan pada kinerja pegawai. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah 83 pegawai bagian administrasi dan dosen STIKes Muhammadiyah Lamongan. Jumlah sampel yang digunakan 74 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan yang digunakan pada STIKes Muhammadiyah Lamongan adalah gaya kepemimpinan demokratis dan 2) gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja Pegawai pada STIKes Muhammadiyah Lamongan.
Mengukur Minat Studi Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor Pada Program Studi Kewirausahaan Sulistiono Sulistiono; Yulia Nurendah; Mumuh Mulyana
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.626 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v3i1.208

Abstract

Data empiris menunjukkan kewirausahaan berimplikasi positif terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kewirausahaan memiliki peranan penting untuk menjadikan masyarakat lebih kreatif dan mandiri. Ketersediaan SDM menjadi penting dalam perekonomian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) minat siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi, 2) besarnya minat siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk melanjutkan studi, 3) jenjang pendidikan yang dipilih siswa SMA dan SMK di Kota Bogor, 4) pilihan jurusan untuk melanjutkan pendidikan lanjut, 5) besar keyakinan pilihan program studi, 6) pengetahuan siswa SMA dan SMK terhadap Program Studi Kewirausahaan, 7) ketertarikan Siswa SMA dan SMK di Kota Bogor untuk mendaftar pada Program Studi Kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan: Minat studi lanjut siswa SMA/SMK Kota Bogor setelah lulus sekolah berada pada level sangat kuat, Mayoritas siswa SMA/SMK Kota Bogor memiliki minat sangat tinggi untuk melanjutkan studi, Jenjang pendidikan yang dipilih siswa siswi SMA/SMK di Kota Bogor setelah lulus adalah jenjang sarjana (84,28%) dan jenjang pendidikan diploma tiga (10,84%), Jurusan/program studi yang dipilih untuk melanjutkan studi terbesar adalah jurusan ekonomi dan manajemen, Siswa yang merasa yakin dan sangat yakin terhadap pilihan program studi/jurusannya ada sebanyak 83,79% dan 45,80% Responden siswa SMA/SMK di Kota Bogor menyatakan pernah mendengar/tahu tentang prodi kewirausahaan, artinya prodi kewirausahaan sudah cukup dikenal di kalangan siswa SMA / SMK di Kota Bogor, serta Responden siswa SMA/SMK di Kota Bogor yang menyatakan berminat untuk mendaftar pada prodi kewirausahaan hanya sebesar 15,23% artinya minat mendaftar pada prodi kewirausahaan masih relative rendah. Kata Kunci: minat studi, kewirausahaan, program studi, siswa SMA dan SMK
Pengaruh Kompetensi Konselor Terhadap Pelayanan Penanganan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada P3KC Udoh Mahfudoh; Dian Handayani
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.315 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v3i1.207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi konselor pada Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC) dalam memberikan pelayanan penanganan kepada korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan, maka analisis kuantitatif dilakukan dengan cara mengkuantitatifkan data-data penelitian ke dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah korban kekerasan yang melapor ke Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC) di tahun 2017 yang berjumlah 139 korban/klien, dan kasus kekerasan dalam rumah tangga berjumlah 71 korban/klien, tetapi hanya mengambil 50 responden korban kekerasan dalam rumah tangga yang telah diselesaikan permasalahannya oleh Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah adalah analisis regresi linier sederhana. Dengan menggunakan analisa regresi, maka hasil penelitian diperoleh didapatkan nilai thitung sebesar 8,191, selanjutnya nilai ini akan dibandingkan dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dan hasil perhitungan yang didapat adalah dk n-2 (50-2=48), maka didapat ttabel sebesar 1,677. Didapat thitung lebih besar dari ttabel (8,191 > 1,677), maka Ha diterima, H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap Pelayanan Penanganan (Y). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi X kontribusi hubungan antara variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap variabel Pelayanan Penanganan (Y) didapat nilai R square sebesar 59 % artinya kontribusi hubungan antara variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap variabel Pelayanan Penanganan (Y) dan 41% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Kompetensi Konselor, Pelayanan Penanganan.
COVER IN JASPT VOL 3 NO 1 JULI 2019 REDAKSI JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.173 KB)

Abstract

COVER IN JASPT VOL 3 NO 1 JULI 2019
Daftar Isi dan Editorial JASPT Vol 3 No 1 Juli 2019 REDAKSI JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.325 KB)

Abstract

EDITORIAL Pertengahan Tahun 2019, JASPT masih melanjutkan edisi sebelumnya dengan menyajikan artikel hasil penelitian yang membahas tentang pengembangan institusi perguruan tinggi dan program studi. Artikel pada edisi ini, relatif beragam, mulai dari minat studi lanjut para siswa SMA dan SMK ke perguruan tinggi sampai dengan pengembangan galeri investasi sebagai unit pendukung dalam perguruan tinggi. Sulistiono et.al telah mendalami proses pengukuran minat studi siswa SMA dan SMK ke Program Studi Kewirausahaan. Hasil studinya, dipaparkan pada tulisan pertama secara lengkap dan lugas, yang dapat menjadi informasi empiris bagi para pengelola program studi Kewirausahaan atau yang sejenisnya. Mahfudhoh dan Handayani memaparkan kompetensi konselor yang pengembangannya menjadi bagian tak terpisahkan dari peran Pendidikan Tinggi. Dalam tulisan ketiga, Majid mengulas kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang dipengaruhi oleh kepemimpinan pemangku jabatan di perguruan tinggi. Uraian ini dapat menjadi landasan bagi perguruan tinggi yang sedang berupaya meningkatkan kinerja para dosen dan pegawainya. Perguruan tinggi yang sedang mengembangkan Galeri Investasi, dapat menyimak hal-hal penting yang telah diuraikan oleh Mulyana et. al dalam tulisan keempat. Tulisan tersebut, mencermati tingkat dan kedalaman pengetahuan para mahasiswa tentang berinvestasi di galeri yang tersedia di kampusnya. Salah satu indikator berkembangnya galeri investasi adalah banyaknya mahasiswa yang melakukan transaksi investasi sebagai efek dari tingkat pemahaman yang dimiliki mahasiswa tersebut. Jika pengetahuan mahasiswa rendah tentang investasi di pasar modal, maka akan mempengaruhi perkembangan galeri investasi di kampus mahasiswa tersebut. Tulisan kelima yang ditulis oleh Fadillah et.al, menguraikan hasil kajian minat studi lanjut para siswa SMA dan SMK ke Perguruan Tinggi. Selain itu, tulisan ini pun, menguraikan program studi yang diminati oleh para calon mahasiswa, yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengelola perguruan tinggi dalam operasionalisasi program studi. Semoga JAS-PT selalu menjadi rujukan bagi para sivitas akademika dalam pengembangan perguruan tinggi. Kami mengundang rekan-rekan sivitas akademika di manapun berada untuk mengirim tulisan-tulisan seputar pendidikan tinggi untuk terbitan mendatang.
Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi Mumuh Mulyana; Lukman Hidayat; Ratih Puspitasari
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.472 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v3i1.213

Abstract

Galeri Investasi Perguruan Tinggi terus dikembangkan di berbagai Kampus. Sebagai bagian dari Pengembangan Galeri Investasi, peningkatan pemahaman mahasiswa sebagai calon investor terkait pengetahuan investasi perlu pula dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur pemahaman mahasiswa tentang Pengetahuan Pasar Modal, Pengetahuan Jenis Instrumen Investasi, Pengetahuan Tingkat Keuntungan Investasi, Pengetahuan Tingkat Risiko Investasi dan Pengetahuan Dasar Penilaian Saham. Penelitian dilakukan bulan Mei – Juli 2019 kepada 200 orang Mahasiswa Anggota Galeri Investasi STIE Kesatuan Bogor. Hasil penelitian menunjukkan masih belum optimalnya pemahaman mahasiswa tentang Pengetahuan Investasi di Pasar Modal (pemahaman kategori baik). Hal yang belum dipahami dengan baik adalah tentang Pihak yang memiliki Kelebihan Dana antara Masyarakat atau Perusahaan, Tempat Memperoleh Saham, masih bercampurnya konsep keuntungan yang diperoleh instrumen investasi di pasar modal dan perbankan, dan bentuk risiko investasi saham berupa tidak mendapatkan dividen dan kemungkinan bangkrut bagi perusahaan yang telah go public. Kata Kunci : pengetahuan investasi, galeri investasi perguruan tinggi, mahasiswa, pasar modal
BACK COVER JASPT VOL 3 NO 1 JULI 2019 REDAKSI JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.38 KB)

Abstract

BACK COVER JASPT VOL 3 NO 1 JULI 2019
Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi Adil Fadillah; Sujana Sujana; Iswandi Sukartaatmadja
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.788 KB) | DOI: 10.36339/jaspt.v3i1.229

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengukur minat siswa untuk studi lanjut, mengidentifikasi jenjang pendidikan dan program studi yang diminati, mengidentifikasi pengetahuan dan minat studi pada program studi Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi, Administrasi Bisnis, Kewirausahaan, Perjalanan Wisata, Bisnis Syariah, Teknologi Informasi, Perpajakan dan Akuntansi Syariah. Penelitian dilakukan pada 2017, dengan 1024 orang siswa-siswi SMA/SMK Kelas XII di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor yang dijadikan responden. Data dianalisa menggunakan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Mayoritas siswa SMA/SMK Kota Bogor berminat untuk melakukan studi lanjut pasca kelulusannya dengan tingkat minat studi lanjut terketegori tinggi dan jenjang pendidikan Sarjana S1 sebagai pilihan utamanya. Prodi Ekonomi dan Manajemen menempati posisi pertama sebagai prodi pilihan para siswa yang sejalan dengan tingginya tingkat keyakinan pilihan para siswa. Rata-rata hanya sebagian responden yang menyatakan mengetahui dan pernah mendengar nama sembilan program studi berikut Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi, Administrasi Bisnis, Kewirausahaan, Perjalanan Wisata, Bisnis Syariah, Teknologi Informasi, Perpajakan dan Akuntansi Syariah. Alasan mendasar yang melatarbelakangi rendahnya minat studi lanjut pada sembilan prodi tersebut adalah para siswa masih harus bertanya kepada Guru dan Orangtuanya terkait tujuan program studi, outputnya serta ketersediaan biaya untuk studi lanjut. Kata Kunci : minat studi lanjut, prodi favorit, program studi
FRONT COVER JASPT VOL 3 NO 1 JULI 2019 REDAKSI JASPT
JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) Vol 3 No 1 (2019): JAS-PT Edisi JULI 2019
Publisher : Forum Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.604 KB)

Abstract

Front Cover JASPT Vol 3 No 1 Juli 2019

Page 1 of 1 | Total Record : 9