cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Warta Perpustakaan Pusat Undip
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 43 Documents
PERAN ETIKA PROFESI BAGI DUKUNGAN STRATEGIS PROFESIONALISME PUSTAKAWAN Supriyanto Supriyanto
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tatkala peran pustakawan sebagai mediator (fasilitator) bagi ketersediaan informasi keperluan pemustaka, terdistribusi dengan baik, lancar dan berkelanjutan pastinya perpustakaan, pustakawan dekat dengan masyarakatnya. Itulah profesionalisme dengan prospek masa depan bagi yang memiliki keahlian dan keterampilan tertentu dalam bidangnya “kepustakawanan”, yaitu meliputi: pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan dan pengembangan sistem kepustakawanan didukung dengan baik pilar-pilar profesi seperti ilmu (kepustakawanan), organisasi profesi (IPI), etika profesi, dan bermuara pada pengakuan (aktualisasi diri) sebagai hasil akhir dukungan strategis bagi profesionalisme pustakawan. Untuk itu seorang pustakawan sepantasnya mengedepankan strategi pengembangan dengan kesadaran, cita-cita, ilmu pengetahuan dan tekad sebagai satu kesatuan yang utuh.Kata kunci:profesionalisme pustakawan, mediator, etika profesi
“LIPSTIC” PEMANIS PENAMPILAN PUSTAKAWAN: REORIENTASI EKSISTENSI PUSTAKAWAN Ifonilla Yenianti
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDunia kerja adalah area bagi individu menunjukkan kualitas dirinya dalam berbagai hal. Dunia kerja menjadi ajang mengeksplorasi kompetensi diri, menciptakan sesuatu dari ide dan pemikirannya, mengktualisasikan segenap kemampuan diri yang berorientasi pada kemajuan dirinya dan insititusi tempatnya bekerja. Dunia kerja juga merupakan tempatnya individu berkompetisi dengan individu lainnya dalam konteks mempertahankan kualitas diri untuk dapat bertahan sebagai bagian terbaik dari institusi tempatnya bekerja. Demikian halnya dengan pustakawan yang kini telah diakui sebagai profesi yang tidak setiap orang bisa memasuki dunia keprofesian ini tanpa memenuhi persyaratan tertentu. Kehandalan pustakawan ini menjadi titik maju keprofesiannya yang kemudian diorientasikan pada kemampuan mempertahankan kualitas diri. Inilah yang disebut dengan LIPSTIC-nya pustakawan dalam tulisan ini, yakni suatu skill yang mengarah pada Listening, Informatin acceptance, Public relation, Social relationship, Time management, Interpersonal, dan Communication skill. Dan tujuh aspek ini pula yang menjadi bagian dari softskill.Kata kunci: Eksistensi pustakawan, soft skill, profesionalisme
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI UNTUK MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS Romdha Nugrahani
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakSumber Daya Manusia (SDM) pada perpustakaan perguruan tinggi memegang peranan penting dalam keberhasilan perpustakaan menjalankan fungsinya serta berperan dalam mewujudkan tujuan perguruan tinggi, maka dari itu SDM yang berkualitas mutlak diperlukan. Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, perpustakaan perguruan tinggi perlu melakukan pendekatan manajemen, antara lain : 1) Pengadaan SDM dengan seleksi dan kualifikasi sesuai bidang tugasnya ; 2) Pengembangan SDM meliputi peningkatan pengetahuan, peningkatan kemampuan, peningkatan ketrampilan, pengembangan sikap, perilaku, kepribadian dan terbukanya kesempatan untuk mengembangkan karir ; 3) Pemberian kompensasi yang memuaskan ; 4) Pengintegrasian aspek SDM dengan organisasi yang baik agar partisipasi SDM berlangsung maksimal ; 5) Pemeliharaan dan pelepasan SDM yang efektif, terutama dalam mempertahankan karyawan/pegawai yang memiliki loyalitas dan integritas yang tinggi terhadap pekerjaan maupun terhadap institusinya.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Perpustakaan perguruan tinggi, manajemen SDM
SEJARAH SINGKAT KLASIFIKASI : Judul Asli: A Brief History of Classification / oleh Jean Weihs Enny Anggraeny
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PendahuluanAlasan pertama mengapa diperlukan klasifikasi adalah bagaimana manusia akan menyimpan bahan pustaka dan menemukan kembali sesuai yang diinginkan. Proses ditemukannya skema pengklasifikasian bahan pustaka tidak lepas dari sejarah panjang ilmu pengetahuan. Banyaknya penemuan yang ditulis di tablet, buku dan bahan pustaka lainnya membuat manusia berfikir tentang bagaimana cara untuk mengorganisasikannya.
TANGGUNG JAWAB PROFESI PUSTAKAWAN Sri Endah Pertiwi
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTanggung jawab profesi pustakawan meliputi tanggung jawab personal yaitu perannya sebagai pejabat fungsional dimana setiap pekerjaan dihargai dengan angka kredit tertentu. Tanggung jawab institusi yaitu peran dan tugasnya dalam menjaga nama baik institusi di mata masyarakat. Sedangkan tanggung jawab sosial pada masyarakat dengan mengembangkan dan beraktualisasi diri dalam dinamisasi masyarakat.Tanggung jawab internal yaitu pemenuhan layanan pada komunitas pengguna. Tanggung jawab eksternal dengan turut memasyarakatkan kegiatan masyarakat.Kata kunci : eksternal, institusi, internal, pustakawan, tanggung jawab
RESENSI BUKU LIBRARY LIFE STYLE (Trend dan ide Kepustakawanan) Yuniwati Yuven
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Istilah pustakawan (library) dari dulu hingga abad modern ini senantiasa masih menjadi perdebatan. Fenomena yang pernah diteliti oleh Korneliza Pert pada tahun 2002 terhadap masyarakat Kroasia tentang profesi yang diminati, dari tujuh yang ditawarkan maka pustakawan menduduki peringkat ke enam (hal 12). Satu fenomena yang masihkan relevan untuk dibahas ketika memasuki abad ke 21 ini.
MENULIS SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN BUDAYA BACA DAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN Haryani Haryani
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMenulis merupakan sarana seseorang untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain. Bagi pustakawan menulis merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi yang bisa dilakukan oleh semua jenjang baik pustakawan ahli maupun pustakawan trampil. Untuk bisa membuat tulisan yang berbobot seseorang memerlukan banyak bahan bacaan sebagai referensi tulisannya.Seorang yang senang menulis biasanya juga suka membaca. Sehingga kegiatan menulis secara tidak langsung bisa meningkatkan budaya baca pustakawan. Kemampuan menulis pustakawan akan sangat tergantung dari kemampuan berpikirnya. Profesionalisme pustakawan akan dapat dilihat manakala seorang pustakawan bisa menguasai teori teori kepustakawanan, melaksanakan dan mengembangkannya sebagai wujud kompetensi yang dimiliki pustakawan. Ketrampilan menulis pustakawan merupakan salah satu bentuk peningkatan profesionalisme. Karena dari kegiatan menulis akan dapat diketahui ide dan kreatifitas pustakawan yang merupakan cermin dari pemikiran pustakawan. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menulis yaitu kendala psikologis, rasa malas, dan tidak punya cukup waktu.Kata Kunci: menulis, budaya baca, profesionalisme, pustakawan
SEANDAINYA SAJIAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN TIDAK HANYA SEKEDAR BUKU Dicki Agus Nugroho
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTanggal 17 Mei ditetapkan sebagai hari buku Nasional sebagai upaya meningkatkan budaya membaca dan membentuk masyarakat berbudaya literasi. Nasihat Albert Einstein, salah satu yang wajib diketahui merupakan satu tolok ukur kemajuan peradaban budaya literasi. Perpustakaan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi. Pelayanan perpustakaan hendaknya berorientasi pada kepentingan masyarakat sehingga sadar pentingnya pengetahuan dari membaca buku dan lambat laun menjadi suatu budaya literasi.Kata kunci : budaya, buku, literasi, masyarakat, perpustakaan
JEJAK LANGKAH SEJARAH PERPUSTAKAAN Anita Nurmasari
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol 10, No 2 (2017): WARTA PERPUSTAKAAN
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPeradaban manusia tidaklah statis, peradaban manusia berjalan amat dinamis. Dari masa kemasa manusia berusaha mengaktualisasikan dirinya dengan berbagai cara, melalui gambar, melalui tulisan, melalui gerakan dan sebagainya. Sejarah perpustakaan menggambarkan perjalanan manusia yang bermula berkomunilasi dengan gerakan, lewat gambar dan akhirnya lewat tulisan sejak ditemukannya huruf. Huruf-huruf yang terangkai menjadi suatu kumpulan tulisan yang diabadikan diatas daun, di atas batu, kulit binatang dan kemudian tersimpan dalam perpustakaan adalah warisan bagi generasi sesudahnya. Perputakaanpun menjadi kian berkembang dengan teknologi yang kian canggih, melintas batas tanpa sekat antar negara dan antar ilmu pengetahuan yang makin melengkapi.Kata Kunci : tulisan, sejarah, perpustakaan
KAJIAN PEMANFAATAN BAHAN PUSTAKA PADA LAYANAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNDIP Haryani Haryani; Enny Anggraeny
Warta Perpustakaan Pusat Undip Vol. 13, No. 1 (Mei 2020)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan buku pada layanan sirkulasi UPTPerpustakaan Undip. Pada kajian ini akan dilihat rata rata sirkulasi perkapita, rata ratapeminjaman dan pengembalian serta keterlambatan yang di rata rata perbulan maupun perhari yang terjadi pada tahun 2016. Dari data statistik dapat diketahui bahwa untukpeminjaman masih harus ditingkatkan karena jumlahnya masih kecil, sedangkan untukketerlambatan jumlahnya perlu diminimalisir karena jumlahnya cukup tinggi yaitu 0,36 %dari total pengembalian. Sehingga hal tersebut perlu dicarikan solusi agar peredaran bukudapat berjalan baik. Saran dari kajian ini adalah perlu dilakukan kajian ulang terkait dengankebutuhan pemustaka atau melakukan survai kebutuhan informasi pemustaka.