cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Warta Perpustakaan Pusat Undip
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)" : 6 Documents clear
PRESERVASI KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 CIWIDEY Mayang Farha Rahma Dini; Salsa Saroya; Rosiana Nurwa Indah
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul preservasi koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan preservasi koleksi dan kendala yang dihadapi pustakawan dalam melakukan preservasi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Informan dalam penelitian berjumlah dua orang yang merupakan petugas struktural Perpustakaan di SMA Negeri 1 Ciwidey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preservasi di perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey telah dilakukan namun belum terlaksana secara maksimal. Kegiatan preservasi yang telah dilakukan, yaitu penjilidan; lem atau perekat; laminasi dan membersihkan ruangan perpustakaan. Adapun kendala yang dihadapi pustakawan dalam preservasi koleksi yaitu, kurangnya kesadaran dari pemustaka untuk turut menjaga koleksi yang ada; kurangnya tenaga pustakawan profesional; dan tidak tersedianya ruangan khusus kegiatan preservasi.Kata kunci: preservasi, perpustakaan sekolah, perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwidey
PERAN PUSTAKAWAN SEBAGAI PERSONAL LIBRARY SERVICE LAYANAN TURNITIN Romdha Nugrahani
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan Turnitin dari penelitian sebelumnya dianggap belum maksimal. Pustakawan merupakan personal library service layanan Turnitin. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pustakawan sebagai personal library service layanan Turnitin dan bagaimana peran pustakawan sebagai personal library service dalam meningkatkan penggunaan Turnitin. Metodologi yang digunakan Kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dan Pembahasan sebagai personal library service layanan Turnitin pustakawan berperan administratif ; memberi layanan uji Turnitin ; konsultasi terkait penggunaan Turnitin. Sebagai personal library service untuk meningkatkan penggunaan Turnitin pustakawan berperan dengan memberikan literasi informasi Turnitin. Kesimpulan peran pustakawan sebagai personal library service dalam layanan Turnitin maupun untuk meningkatkan penggunaan Turnitin sudah cukup baik.Kata Kunci : pustakawan, personal library service, turnitin.
HADIAH KUIS SEBAGAI MOTIVASI KEDATANGAN DI ROAD SHOW PAMERAN PERPUSTAKAAN FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNDIP Sri Endah Pertiwi
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan road show pameran perpustakan dilakukan untuk memperkenalkan koleksi eresource, koleksi buku-buku langka dan koleksi buku-buku ajar karya dosen Undip. Pameran yang dilakukan rutin di fakultas-fakultas lingkunganUndip terutama sosialisasi e-journal dan e-book yang dilanggan perpustakaan dan sosialisasi anti plagiasi Turnitin. Kegiatan literasi informasi untuk memotivasi mahasiswa agar berkunjung di area pameran maka disediakan kuis berhadiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian hadiah menjadi motivasi dan tujuan pengunjung yang datang di pameran fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip tahun 2017dan meneliti pendapat mahasiswa tentang pameran perpustakaan. Populasi yang diteliti sebanyak 92 mahasiswa dengan responden sebanyak 36 orang yang diambil secara simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis studi kasus. Data dianalisa dengan statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian diambil kesimpulan pemberian hadiah menjadi motivasi dan tujuan pengunjung untuk datang di pameran perpustakaan Fakultas Perikanandan Ilmu Kelautan Undip tahun 2017 dengan skor 79%. Pendapat-pendapat mahasiswa tentang pameran dengan skor 75% yaitu bahwa even pameran sangat penting untuk mengetahui koleksi dan layanan perpustakaan Undip dan sharing informasi pengetahuan. Tujuan mengikuti kuis adalah motivasi untuk mendapatkan hadiah. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi pengunjung dalam mengikuti acara pameran dengan adanya kuis berhadiah sehingga kuantitas pengunjung naik dan road show mendapat apresiasi positif dari mahasiswa, dosen dan civitas akademika Undip.Kata kunci : hadiah, kuis, motivasi, pameran, perpustakaan, road show
POLA PEMANFAATAN TURNITIN DI KALANGAN SIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO Suwondo Suwondo; Sri Endah Pertiwi; Romdha Nugrahani; Lis Setyowati
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Plagiarisme merupakan masalah yang seringkali ditemui di dunia akademis. Masalah plagiarisme menjadi semakin kompleks manakala teknologi informasi dan telekomunikasi mulai berkembang, dimana plagiaris memenjadi semakin mudah dan cepat dilakukan. Universitas Diponegoro (UNDIP) sangat menyadari potensi masalah plagiarisme di kalangan akademisi. Sejak Oktober 2015, Universitas Diponegoro melanggankan software Turnitin untuk sivitas akademika UNDIP. Evaluasi pemanfaatan software ini, baik secara kuantitas maupun kualitas, perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana pemanfaatan Turnitin di kalangan sivitasa kademika UNDIP. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis data pemanfaatan Turnitin dari periode Januari 2016 hingga Juli 2019, hasil report yang diunduh dari dashboard Turnitin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan akun Turnitin di Universitas Diponegoro mengalami kenaikan dari tahu ke tahun. Pengguna mulai cenderung memanfaatkan menu filter dan exclude terhadap artikel untuk mendapatkan nilai kesamaan yang disyaratkan oleh masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro. Fitur yang paling banyak digunakan adalah originality check, sedangkan fitur lain, seperti feedback(comments and marks), grading form marks created, peer reviews, quickmarks, summary text comments, bubble comments, voice comments, strikethrough marks, inline textcomments, ets e-rater marks belum banyak digunakan.Kata kunci: plagiarism, check similarity, pemanfaatan turnitin, feedback, kualitas kuantitas karya ilmiah
PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGUJUNGI PERPUSTAKAN DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER Dedeh Ayu Prihatini
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat kunjungan mahasiswa SDM, kenyaman ruang, dan respon petugas perpustakaan Politeknik Negeri Jember dalam mengunjungi perpustakaan. Responden penelitian adalah mahasiswa seluruh jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember. Jumlah responden dalam penelitian adalah 70 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna dalam mengunjugi perpustakaan Politeknik Negeri Jember adalah SDM (0,323), kenyamanan ruang (0,068), dan respon petugas (0,416). Faktor tersebut memiliki variasi nilai uji R square sebesar 71,3% dalam mempengaruhi kepuasan pengguna dan 28,7% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. SDM memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna perpustakaan di Politeknik Negeri Jember. Kenyamanan ruang tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna perpustakaan di Politeknik Negeri Jember. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pengguna adalah respon petugasdengan nilai t hitung sebesar 6,786 dengan hasil signifikansi 0,000. Kata Kunci: SDM, kenyamanan ruang, dan respon petugas.
BLENDED SERVICE LIBRARY SEBAGAI PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN Enny Anggraeny
Warta Perpustakaan Pusat Undip Volumen 14, Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober 2021)
Publisher : UPT Perpustakaan Undip

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang pesat, menjadi salah satu keuntungan bagi perpustakaan, dimana pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses transfer informasi mendominasi sistem kerja perpustakaan perguruan tinggi. E-resources atau sumber informasi secara elektronik semakin digemari dalam era generasi Z. Terlebih dunia tengah mengalami pandemi virus SARS CoV-2, dimana ruang gerak publik dibatasi dan kebutuhan informasi secara online semakin meningkat. Dalam sebuah rencana pengembangan layanan pada Perpustakaan Universitas Diponegoro, telah dilakukan penggalian informasi yang berhubungan dengan minat dan kebutuhan pengguna perpustakaan untuk waktu dekat maupun jangka panjang. Penyebaran pertanyaan seputar kebutuhan pengguna dilakukan melalui sosial media, dengan responden terbesar adalah mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun ajaran 2021/2022. Kajian ini bertujuan untuk mengetehui layanan apa yang diinginkan oleh pengguna perpustakaan Universitas Diponegoro. Dari sejumlah pertanyaan yang dijawab oleh responden dapat disimpulkan sebagian besar mereka membutuhkan layanan online (87%), yang berupa layanan e-Journal dan e-book. Namun demikian, responden tetap menyatakan bahwa membaca buku teks lebih nyaman daripada membaca melalui media layar datar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa layanan campuran, atau Blended Service Library lebih sesuai diterapkan di Perpustakaan Universitas Diponegoro.Kata kunci : layanan online, e-book, e-journal, blended service

Page 1 of 1 | Total Record : 6