cover
Contact Name
Muhammad Syafar
Contact Email
m.syafar@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
alqolam.journal@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
ALQALAM
ISSN : 14103222     EISSN : 2620598X     DOI : -
ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education and Culture No. 80/DIKTI/Kep./2012, 13 Desember 2012. This journal focuses on specific themes of Islamic Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 566 Documents
KHILAFAH DALAM PANDANGAN 'ALI 'ABD AL-RAZIQ Saad, Suadi
ALQALAM Vol 20 No 97 (2003): April - June 2003
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1854.578 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v20i97.648

Abstract

Di dalam Islam, persoalan kenegaraan telah menjadi bahan diskusi berkepanjangan sejak wafatnya nabi Muhammad SAW sampai zaman modem ini. Polemik dan perdebatan di sekitar masalah itu terasa semakin seru pada saat kaum Muslimin memasuki periode modern, lebih-lebih ketika berbagai ideologi besar dunia Barat mulai menanamkan pengaruhnya di dunia Islam. Tema-tema diskusi itu dalam garis besarnya berkisar pada wajib tidaknya kaum muslimin mendirikan negara; bagaimana susunan dari bentuk negara; siapa yang berhak menduduki jahatan Kepala negara; bagaimana posisi syari'ah dalam kaitannya dengan mekanisme pemerintahan, dan lain sebagainya. Bahwa pada zaman modern timbul pula persoalan yang menyangkut "apakah agama harus bersatu dengan negara"; apakah Islam memerintahkan umatnya untuk membentuk dan mendirikan "Negara Islam" atau tidak.Dalam hal ini, kita melihat pentingnya kehadiran para tokoh dan pemikir politik muslim guna memecahkan persoalan mengenai sistem ketatanegaraan dalam Islam. Di antara para tokoh tersebut terdapat beberapa pemikir Islam kontemporer, seperli Ali Abd al-Raziq, yang pemikiran-pemikirannya akan dibahas dalam makalah ini. Kehadirannya dengan gagasan-gagasan yang diterangkan di dalam bukut Al-Islam wa Usul al-Hukm -yang merupakan sumber utama penulis -telah menjadi sebuah alternatif bagi pemikiran politik Islam masa kini. Apalagi masa saat-saat terakhir ini di mana isu tentang negara Islam dan khilafah mulai mencuat kembali.Beberapa waktu lalu dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun televisi, Abdul Wahid Kadungga, salah seorang warga Belanda asal Makassar dan menantu Kahar Muzakar (tokoh NII) yang disangka mempunyai hubungan dengan kelompok "teroris" Jema'at lslamiyah, menyatakan bahwa kini saatnya untuk menegakkan kembali khilafah. Sebaliknya, sebelumnya, secara implisit Ulil Abshar-Abdallah, di Harian Kompas, menyatakan hahwa Islam tidak menuntut berdirinya negara Islam atau sistem khilafah --pernyataan yang mengundang munculnya "fatwa hukum bunuh" atas dirinya, dari sebagian ulama.Saya berpikir, buku ini mendapatkan momentumnya kembali saat ini, dan perlu untuk kita kaji.Kata Kunci: Khilajah, Negara Islam, al-Islam wa Usul al-Hukm
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DAN PENGUATAN KESATUAN BANGSA Hudori, H.M.
Al Qalam Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.604 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i95.461

Abstract

Munculnya konflik- konflik sosialyang berbau SARA di beberapa wilayah Indonesia seperti Ambon, Kupang dan Pontianak serta semakin merebaknya, peredaran dan penggunaan Narkoba di kalangan remaja, membuat banyak orang mempertanyakan tentang efektivitas pendidikan agama yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah. Pengajaran agama yang selama ini diberikan justru memperkuat rasa eksklusivitas tiap kelompok agama sehingga menimbulkan radikalisme agama. Hal ini tentutnya justru melemahkan rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama sebagai bangsa Indonesia.Dalam umat Islam sendiri muncul beberapa gerakan radikalisme, yakni: ekstrim kanan, yang mempunyai tujuan membentuk negara yang berideologikan agama (Islam) dengan cara-cara kekerasan (pemberontakan; dan ekstrim kiri, yakni golongan yang ada dalam maryarakat yang bertujuan menggantikan ideologi negara dengan paham Marxis-Leninis untuk membentuk negara yang memiliki paham komunis.Dalam menghadapi persoalan tersebut, maka dibutuhkan solusi yang tepat. Menurut penulis, langkah-langkah solusi tersebut adalah: meningkatkan pemahaman agama dan menjalin hubungan harmonis antar umat keragama, meningkatkan kompetensi pendidik, memperbaiki kesejahteraan pendidik, mengatasi keterbatasan tenaga didik (guru), menyempurnakan materi pendidikan agama dan menambah sarana dan prasarana pembelajaran. Kata Kunci: Problem Umat, Ekstrim Kanan, Ekstrim Kiri, Mutu Pendidikan
THE IMAGE OF THE HISTORY OF OPPOSITION AGAINST KALAM AND LOGIC REFLECTED IN MODERN LITERATURE Mufti Ali
Al Qalam Vol 19 No 94 (2002): July - September 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1376.186 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i94.1009

Abstract

Sikap para ulama Islam terhadap kalam, logika, serta filsafat Yunani, yang secara umum mereka sebut sebagai 'ulum al-awa'il, terbagi ke dalam dua buah orientasi, yaitu orientasi Tradisional yang menekankan bahwa rasio Islam harus difokuskan kepada usaha memahami dan mengaplikasikan wahyu jauh dari kegiatan filsafat, dan orientasi Rasional yang menyatakan bahwa tradisi Yunani itu tidak bertentangan dengan doktrin Islam. Orientasi Tradisional tersebut belum diperhatikan secukupnya oleh para penulis modern. Lewat ulasan terhadap literatur-literatur modern karya I. Goldziher, G. Maksidi, G.H.A. Juynboll, J. Pavlin, dan P.Sj. van Koningsveld, yang secara eksplisit dan elaboratif memaparkan aliran, tokoh, pendapat, dan argumentasi kaum "oposan" tersebut, kajian ini mengungkapkan bahwa sikap mendukung atau menolak kalam dan logika bukan monopoli aliran keagaaan tertentu. Ulama yang dianggap sebagai wakil dari aliran Tradisional ekstrim sekalipun dapat menjadi pembela utama kalam dan logika dan memberi konstribusi yang sangat berarti bagi kemajuan dua ilmu itu, dan sebaliknya. Kajian ini juga mengungkapkan bahwa kelima penulis modern tersebut tidak merujuk buku Shawn AI-Manthiq Wa Al-Kalam Min Fannay Al-Manthiq Wa Al-Kalam karya Al Suyuthi, sebuah teks yang sangat kaya dalam tema ini.Kata Kunci: opposition, kalam, logic, modern literature.
MENAKAR HERMENEUTIKA DALAM KAJIAN SASTRA NURSIDA, IDA
ALQALAM Vol 27 No 1 (2010): January - April 2010
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/alqalam.v27i1.585

Abstract

The study of literature is signed by an inherent and important activity within it, i.e. interpretation. The activity of literature appreciation and literature criticism, both of its periphery and its orifice, deals with literature studies that should be interpreted. Every interpretation activity of literature works always involves in a hermeneutical process. Hence, hermeneutics occupies a crucial position and it is impossible to disregard it in the analyis of the literature works. Based on that explanation, hermeneutics is something important to discuss comprehensively in order to obtain sufficient understanding. Hermeneutics developed in the literature interpretation deals closely with the development of hermeneutical thoughts, especially on the history of philosophy and theology because it begins to appear from these two subjects. To understand hermeneutics in the literature interpretation, it is necessary to comprehensively understand the history and the concept of hermeneutics, especially dealing with three variants of hermeneutics which develop in the tradition of modern hermeneutics: methodological or theoritical hermeneutics, philosophical hermeneutics, and critical hermeneutics. by understanding these three variants, it enables us to have sufficient understanding on hermeneutics in the literature studies. Keywords: hermeneutics, literature, catharsis, metodelogical level.
KONSEP ILMU (AL-QUR’AN) SEBAGAI WUJUD AJARAN ILMU ALLAH Arifinal, Mochamad
ALQALAM Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (940.664 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v33i1.386

Abstract

Ilmu Pengetahuan Modern tidak mampu menjawab segala permasalahan hidup manusia sehingga dibutuhkan suatu formula baru untuk memecahkannya. Konsep Ilmu (AlQuran) adalah salah satu formula baru (sebagai upaya pemecahan problematika keummatan), dalam upaya penelusuran kembali terhadap Ajaran Ilmu Allah. Tulisan ini adalah upaya untuk mengembangkan kembali gagasan tersebut dalam tulisan-tulisan lanjutan yang berguna untuk pengembangan pemikiran, khususnya pemikiran-pemikiran yang dapat menguatkan penalaran-penalaran manusia terhadap kebenaran yang hakiki. Tulisan dalam bentuk artikel ini adalah sebagai sumbangan pemikiran yang orisinal dalam upaya pengembangan pemikiran ilmiah (objektif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ajaran Ilmu Allah itu terbagi dua, yaitu pertama, Alam Fisika atau ‘ALAM (Khalqiyyah), yang terdiri dari makhluk gaya (Malaikat, Jin dan Ruh); makhluk biologis (Manusia, Tumbuh-tumbuhan dan Hewan); dan makhluk organis (Makro Kosmos seperti Matahari, Bulan dan Bintang (Sistem Tata Surya), dan yang kedua, Ajaran Ilmu Allah (Sosial dan Budaya) atau ‘ALLAMA (khuluqiyyah), antara lain : Al-Asma; Shuhuf; Zabur; Taurat; Injil; dan Al-Quran. Bedasarkan hal itu, manusia perlu terhadap Ajaran Ilmu Allah adalah dalam rangka memelihara kesetimbangan kehidupan sosial budayanya seperti halnya telah setimbang hidup manusia itu secara organis-biologis.
TAFSIR AL QURAN DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH Musaddad, Endad
Al Qalam Vol 17 No 86 (2000): July - September 2000
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1961.968 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v17i86.665

Abstract

TAFSIR AL QURAN DI INDONESIA DALAM LINTASAN SEJARAH (Analisis terhadap Karya Tafsir Departemen Agama)
MAUDUDI’S AND ASH-SHIDDIEQY’S THEORY OF IJTIHAD IN THE ISLAMIC LAW Ilzamuddin Ma'mur
Al Qalam Vol 11 No 63 (1997): Maret - April 1997
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1523.331 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v11i63.477

Abstract

Maududi’s and Ash-Shiddieqy’s Theory of Ijtihad in The Islamic Law
IMPLEMENTASI DAN INISIASI PELEMBAGAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) Patta Bundu
Al Qalam Vol 27 No 3 (2010): September - December 2010
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1414.091 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v27i3.603

Abstract

This research aims at studying the implementation of School Based Management (SBM) that has been implemented both in the Elementary Schools and Junior High Schools, and proposing a model on how School Based Management is institutionalized at a university. The implementation will be focused on three pillars of SBM: school management, effective teaching, and community participation. The result of the research shows that the implementation of SBM at Elementary schools and Junior High Schools still need serious improvement. The understanding on School Based Management based on its three pillars at university (LPTK) is various and still needs socialization to the leaders and lectures. The initial phase is arranged thourgh five steps: socialization, training, workshop, internship, and mentoring, Supporting products of the SBM implementation that have become a guidance book and a reference book may be modified. Keywords: MBS, Effective teaching, LPTK.
PENDIDIKAN HUBUNGANNYA DENGAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA Syarifudin, E.
Al Qalam Vol 11 No 59 (1996): Maret - April 1996
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1019.438 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v11i59.631

Abstract

Pendidikan Hubungannya dengan Ketenagakerjaan di Indonesia
IDE SEKULARISASI THOHA HUSEIN Ghozali, `H.M. Yunus
Al Qalam Vol 14 No 74 (1998): September - October 1998
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.423 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v14i74.444

Abstract

At the beginning of the 20th century, there were many statement/ideas declared by moslem scientist in Islamic world. Some of the ideas were from Thoha Husein. Unfortunately, only few people who concerned about it. Most people, especially moslem, tend to avoid the ideas which is not suit with development then.Nowadays, at the end of the 20th century, people back to Islam. Many_ people began to learn and gain knowledge of Islam . Its ideas and tradition start to be applied as a way of li fe. This phenomena is organized by moslem scientist movement. The impact are in every places and society. Not only in social institution such as mosque, schooletc, but also in the offices and social organization. The changes show that people still beleve in Islam. So that the people especially moslem scientist, realize and concern about the commitment, discipline and Islamic education . They want Islam to be applied in real life.When people back to Islam, they start to analyze and use the ideas of moslem scientist, including Thoha's ideas. And as ideas, Thoha's statement are not always right and absolute. Its changeable. The ideas is opened for criticism. And this is something great that we can find in Islam. As long as still hold in the principles of Islam, everybody free to express their idea. And al­though there are many different opinion and ideas but we see it as one, "Unity and Diversity ".

Page 1 of 57 | Total Record : 566


Filter by Year

1988 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 40 No. 2 (2023): July-December 2023 Vol. 40 No. 1 (2023): January-June 2023 Vol. 39 No. 2 (2022): July-December 2022 Vol. 39 No. 1 (2022): January-June 2022 Vol. 38 No. 2 (2021): July-December 2021 Vol 38 No 1 (2021): January - June 2021 Vol 37 No 2 (2020): July - December 2020 Vol 37 No 1 (2020): January - June 2020 Vol 36 No 2 (2019): July - December 2019 Vol 36 No 1 (2019): Januari - Juni 2019 Vol 35 No 2 (2018): July - December 2018 Vol 35 No 1 (2018): January - June 2018 Vol 35 No 1 (2018): January - June 2018 Vol 34 No 2 (2017): July - December 2017 Vol 34 No 2 (2017): July - December 2017 Vol 34 No 1 (2017): January - June 2017 Vol 34 No 1 (2017): January - June 2017 Vol 33 No 2 (2016): July - December 2016 Vol 33 No 2 (2016): July - December 2016 Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016 Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016 Vol 32 No 2 (2015): July - December 2015 Vol 32 No 2 (2015): July - December 2015 Vol 32 No 1 (2015): January - June 2015 Vol 32 No 1 (2015): January - June 2015 Vol 31 No 2 (2014): July - December 2014 Vol 31 No 1 (2014): January - June 2014 Vol 31 No 1 (2014): January - June 2014 Vol 30 No 3 (2013): September - December 2013 Vol 30 No 3 (2013): September - December 2013 Vol 30 No 2 (2013): May - August 2013 Vol 30 No 1 (2013): January - April 2013 Vol 30 No 1 (2013): January - April 2013 Vol 29 No 3 (2012): September - December 2012 Vol 29 No 3 (2012): September - December 2012 Vol 29 No 2 (2012): May - August 2012 Vol 29 No 2 (2012): May - August 2012 Vol 29 No 1 (2012): January - April 2012 Vol 28 No 3 (2011): September-December 2011 Vol 28 No 3 (2011): September-December 2011 Vol 28 No 2 (2011): May - August 2011 Vol 28 No 2 (2011): May - August 2011 Vol 28 No 1 (2011): January - April 2011 Vol 28 No 1 (2011): January - April 2011 Vol 27 No 3 (2010): September - December 2010 Vol 27 No 3 (2010): September - December 2010 Vol 27 No 2 (2010): May - August 2010 Vol 27 No 1 (2010): January - April 2010 Vol 27 No 1 (2010): January - April 2010 Vol 26 No 3 (2009): September - December 2009 Vol 26 No 2 (2009): May - August 2009 Vol 26 No 2 (2009): May - August 2009 Vol 26 No 1 (2009): January - April 2009 Vol 26 No 1 (2009): January - April 2009 Vol 25 No 3 (2008): September - December 2008 Vol 25 No 3 (2008): September - December 2008 Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008 Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008 Vol 25 No 1 (2008): January - April 2008 Vol 25 No 1 (2008): January - April 2008 Vol 24 No 3 (2007): September - December 2007 Vol 24 No 2 (2007): May - August 2007 Vol 24 No 2 (2007): May - August 2007 Vol 24 No 1 (2007): January - April 2007 Vol 24 No 1 (2007): January - April 2007 Vol 23 No 3 (2006): September - Desember 2006 Vol 23 No 3 (2006): September - Desember 2006 Vol 23 No 2 (2006): May - August 2006 Vol 23 No 2 (2006): May - August 2006 Vol 23 No 1 (2006): January - April 2006 Vol 22 No 3 (2005): September - December 2005 Vol 22 No 2 (2005): May - August 2005 Vol 22 No 2 (2005): May - August 2005 Vol 22 No 1 (2005): January - April 2005 Vol 22 No 1 (2005): January - April 2005 Vol 21 No 102 (2004): September - December 2004 Vol 21 No 102 (2004): September - December 2004 Vol 21 No 101 (2004): May - August 2004 Vol 21 No 101 (2004): May - August 2004 Vol 21 No 100 (2004): January - April 2004 Vol 21 No 100 (2004): January - April 2004 Vol 20 No 98-99 (2003): July - December 2003 Vol 20 No 97 (2003): April - June 2003 Vol 20 No 97 (2003): April - June 2003 Vol 20 No 96 (2003): January - March 2003 Vol 20 No 96 (2003): January - March 2003 Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002 Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002 Vol 19 No 94 (2002): July - September 2002 Vol 19 No 94 (2002): July - September 2002 Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002 Vol 19 No 92 (2002): January - March 2002 Vol 19 No 92 (2002): January - March 2002 Vol 18 No 90-91 (2001): July - December 2001 Vol 18 No 90-91 (2001): July - December 2001 Vol 18 No 88-89 (2001): January - June 2001 Vol 17 No 87 (2000): Oktober - December 2000 Vol 17 No 87 (2000): Oktober - December 2000 Vol 17 No 86 (2000): July - September 2000 Vol 17 No 86 (2000): July - September 2000 Vol 17 No 85 (2000): April - June 2000 Vol 14 No 74 (1998): September - October 1998 Vol 13 No 72 (1998): May - June 1998 Vol 13 No 72 (1998): May - June 1998 Vol 13 No 68 (1997): November - Desember 1997 Vol 13 No 67 (1997): September - Oktober 1997 Vol 13 No 67 (1997): September - Oktober 1997 Vol 13 No 66 (1997): Juli - Agustus 1997 Vol 13 No 66 (1997): Juli - Agustus 1997 Vol 11 No 63 (1997): Maret - April 1997 Vol 11 No 62 (1996): September - Oktober 1996 Vol 11 No 62 (1996): September - Oktober 1996 Vol 11 No 59 (1996): Maret - April 1996 Vol 11 No 59 (1996): Maret - April 1996 Vol 11 No 58 (1996): Januari - Februari 1996 Vol 10 No 56 (1995): September - October 1995 Vol 10 No 56 (1995): September - October 1995 Vol 10 No 55 (1995): July - August 1995 Vol 10 No 54 (1995): May - June 1995 Vol 10 No 54 (1995): May - June 1995 Vol 10 No 53 (1995): March - April 1995 Vol 10 No 52 (1995): January - February 1995 Vol 10 No 52 (1995): January - February 1995 Vol 10 No 51 (1994): November - December 1994 Vol 10 No 51 (1994): November - Desember 1994 Vol 10 No 50 (1994): September - October 1994 Vol 4 No 15 (1988): September - October 1988 More Issue