cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
ISSN : 25799037     EISSN : 25798944     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019)" : 7 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi Melalui Penerapan Metode Team Assisted Individualization Pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora Ani Widiastuti
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.733 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa melalui penerapan metode Team Assisted Individualization pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, pemberian tugas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi dan meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 2 Cepu Kabupaten Blora. Pada Prasiklus 12 % yang tuntas. Siklus I keterampilan menulis eksposisi mencapai 38,46% , Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 81%.
Nilai Nasionalisme Dan Moral Dalam Novel Diponegoro Dan Perang Jawa Karya Ms Ardian Gajah Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Yulin Setianingsih
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.269 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dan sikap kepribadian moral yang ada dalam novel Diponegoro dan Perang Jawa: MS Ardian dan penerapannya pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari novel Diponegoro & Perang Jawa: MS Ardian dan data dari hasil observasi dan wawancara yang berlokasi di SMP NEGERI 1 WONOASRI. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan dua teknik analisis yaitu content analysis dan metode deskriptif. Content analysis digunakan saat menganalisis data dari novel, sedangkan metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh saat dilapangan. Hasil temuan penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Nilai nasionalisme dalam novel tersebut banyak ditunjukkan dengan sikap rela berkorban untuk membela negara dan menghargai lambang negaranya (2) Semua sikap kebribadian moral terkandung dalam novel tersebut, yakni Sikap kejujuran, kesediaan bertanggung jawab, kemandirian, keberanian, dan sikap kerendahan hati, dan (3) Hasil analisis nilai nasionalisme dan moral digunakan sebagai bahan tugas dalam kelompok. Ketika kedua nilai dari novel tersebut diterapkan, pada awal pembelajaran siswa hanya mengerti pengertiannya, hal itu dikarenakan guru hanya menjelaskan pengertian secara singkat. Kondisi pembelajaran sangat kondusif karena kegiatan siswa terlalu terfokus pada proses pengerjaan tugas. Meskipun tergolong materi yang berat namun pembelajaran tidak membutuhkan fasilitas yang mewah, cukup perangkat pembelajaran yang lengkap.
Stabilitas Emosi Tokoh Sri Ningsih Dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra) Heni Mayawati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.54 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang (1) bentuk stabilitas emosi tokoh Sri Ningsih dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye, dan (2) teori psikologi Abraham Maslow dalam novel Tentang Kamu. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Deskriptif analitik dilakukan dengan cara pendeskripsian fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Secara etimologi deskriptif dan analisis berarti menguraikan dengan memberikan pemahaman dan penjelasan yang secukupnya. Metode deskriptif analitik digunakan untuk memaparkan stabilitas emosi serta kondisi psikologi tokoh Sri Ningsih dengan teori psikologi Abraham Maslow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Novel Tentang Kamu karya Tere Liye terdapat stabiltas emosi: (a) Tabah dan sabar, (b) Patuh pada orang tua, (c) Tidak mudah putus asa, (d) Mudah beradaptasi, (e) Rasa solidaritas, (f) Kreatif, (g) Inovatif, (h) Baik hati, (i) Rajin, (j) Mempunyai semangat tinggi, (k) Pekerja keras, (l) Persaudaraan, (m) Memiliki rasa percaya diri, dan (n) Bersahabat;  dan (2) Ada lima hierarki kebutuhan: (a) Kebutuhan fisiologis, (b) Kebutuhan akan rasa aman, (c) Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, (d) Kebutuhan akan penghargaan, dan (e) Kebutuhan akan aktualisasi diri.
PBL on Learning Reading Text for Enhancing Learner’s Speaking Ability Yudi Hari Riyanto
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.112 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4655

Abstract

This research is conducted in the teaching and learning process toward the college students during 6 meetings. The teaching and learning itself uses a reading text as one of media to enhance the learner’s speaking ability. In this case, the problems which exist in the reading text must be overcome by college students altogether. Here, the lecturer implements PBL as one of the strategy. The purposes of this research are to find out (1) how effective is the implementation of PBL on learning reading text for enhancing learner’s speaking ability, and (2) how is the learner’s activity and the result of speaking performance test during the implementation of PBL on learning reading text for enhancing learner’s speaking ability. The data were gained from observation from two observers and test given to college students in each meetings. All data were analyzed by using descriptive quantitative study. From the result of observation and test which were already obtained and calculated by researcher, it shows that the effectiveness of PBL is in high level, that is 3,96. It can be said that the learning process is effective to be implemented and for students’ activity during the implementation of PBL is also categorized high, that 3,86. Meanwhile, the result of college student’s learning achievement can also be categorized high, all students get satisfying and excellent score.
Pengggunaan Contextual Teaching Andlearning (CTL) Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Tunagrahita SLB PGRI Kawedanan Magetan I Idawati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.809 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4541

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa tunagrahita kelas III. Fokus penelitian ini meliputi bagaimana kemampuan menulis kalimat sederhana melalui aktivitas penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan di SLB PGRI Kawedanan Magetan.Berdasarkan permasalah yang ditetapkan, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara mendeskripsikan data awal, data siklus I, dan data siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran konstekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan media flash card dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III. Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana ditunjukkan dari meningkatnya rata-rata kemampuan menulis kalimat sederhana dari sebelum dilakukan tindakan 55,5 menjadi 68,4 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 79,5 pada siklus II, berarti terjadi peningkatan 20. Ini artinya kemampuan menulis kalimat sederhana siswa tunagrahita kelas III dapat dikatakan tuntas, karena nilai rata-rata 79,5 diatas KKM 70,0.
The Correlation between Grammar and Writing Achievement of EFL Sophomore Students at STKIP PGRI Pasuruan, Indonesia Lestari Setyowati; Dita Dwi Hardiastikna
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.266 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4542

Abstract

The purpose of this study is to know whether there is a significant correlation between students’ grammar mastery and their ability in writing. This research was conducted using quantitative method by using correlational research design. The target population of this research was all fourth semester students of English Education Study Program at Teachers Training and Education (STKIP) PGRI Pasuruan in academic year 2017/2018. The researcher used test and scoring guide as the instruments of this study. In collecting the data, the researcher conducted the writing test and the grammar test. The finding shows that there is no correlation between students’ writing ability and their grammar mastery for the fourth semester students of English Education Study Program at STKIP PGRI Pasuruan in academic year 2017/2018. The null hypothesis is not rejected because the significant value is 0.876 ≥ 0.05.
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 SISWA KELAS IX SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo Sri Purwanti
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.695 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i1.4653

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks pidato melalui pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3 Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Babadan, Ponorogo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistim siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Kecamatan Babadan sebanyak 22 siswa, yang terdiri-dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh melalui tindakan awal, siklus I, dan siklus II sebagai berikut (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan Konstruktivisme dengan teknik M3 kemampuan menulis teks pidato rendah, banyak kesalahan yang dilakukan sistematika tidak runtut, pemborosan kata, kesalahan ejaan; dan (2) Penggunaan pendekatan Konstruktivisme dengan teknik M3 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks pidato. Pada tindakan awal diperoleh rerata kelas 70.63, siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 adalah 15 siswa sedangkan yang tuntas 7 siswa, dan ketuntasan klasikal 31.81%. Pada siklus I diperoleh nilai rerata 80.18, siswa yang mendapat nilai lebih dari 75 adalah 15 siswa, yang tidak tuntas 7 siswa dan ketuntasan klasikal 68.18%. Selanjutnya pada siklus II nilai rerata 85, 22 siswa mendapatkan nilai lebih atau sama dengan 75, dan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada pembelajaran menulis teks pidato melalui pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3. Oleh karena itu, agar keterampilan menulis teks pidato meningkat, penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan teknik M3 sangat tepat sekali diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 7