cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
ISSN : 25799037     EISSN : 25798944     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019)" : 7 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul Pipit Puspitowati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.827 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5734

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, (2) hasil belajar penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, (3) kelebihan dan kekurangan penerapan model belajar berbasis pengalaman (experiential learning) menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek hasil karangan deskripsi siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obsevasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Simpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun berjalan sesuai yang direncanakan; (2) Penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dengan menggunakan media gambar terbukti berhasil meningkatkan kemampuan siswa kelas IV MI Riyadlatul Uqul Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi; (3) kelebihan penerapan model belajar berbasis pengalaman dengan menggunakan media gambar yaitu mampu menciptakan situasi belajar yang kondusif, mampu menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran, dan juga mampu merangsang siswa agar lebih berpikir kreatif. Sedangkan, kelemahannya adalah membutuhkan perencanaan waktu dan pelaksanaan yang lama.
Kajian Ekranisasi Novel “Assalamualaikum Beijing” Karya Asma Nadia dalam Bentuk Film “Assalamualaikum Beijing” Sutradara Guntur Soeharjanto Widya Nur Puspitasari; Sigit Ricahyono
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.983 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses ekranisasi yang muncul pada alur, tokoh, dan latar dalam novel “Assalamualaikum Beijing” karya Asma Nadia ke bentuk film “Assalamualaikum Beijing” sutradara Guntur Soeharjanto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Sumber data yaitunovel “Assalamualaikum Beijing” karya Asma Nadia dan film “Assalamualaikum Beijing” sutradara Guntur Soeharjanto. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses ekranisasi pada alur terdiri dari penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. (2) Proses ekranisasi pada tokoh terdiri dari penciutan sebanyak 6 tokoh, penambahan sebanyak 2 tokoh, dan perubahan bervariasi. (3) Proses ekranisasi pada latar terdiri dari penciutan sebanyak 3 latar, penambahan sebanyak 5 latar tempat, dan perubahan bervariasi sebanyak 2 latar tempat dan 2 latar waktu.
Ideologi Pesantren Sebagai Agent of Change pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi (Sebuah Analisis Wacana Kritis) Dwi Andriani
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.598 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks mikro (textual analysis) wacana kritis model Fairclough  dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, (2) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks meso (discourse practice analysis) wacana kritis model Fairclough  dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, (3) ideologi pesantren dengan menggunakan analisis teks makro (socioculture analysis) wacana kritis model Fairclough dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan objek penelitiannya adalah ideologi pesantren dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah model alir (flow model) Miles dan Huberman. Sumber data yang digunakan berasal dari teks novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi setebal 423 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat ideologi-ideologi yang diterapkan di pesantren. Penggunaan kata-kata Islami menunjukkan bahwa di dalam Pesantren diajarkan perilaku-perilaku keislaman;(2) menggambarkan dan mengenalkan pola pendidikan pesantren yang sebelumnya tidak banyak diketahui banyak orang; (3) kisah nyata penulisnya yang menceritakan berbagai usaha dan rintangan dalam mewujudkan impian dan cita-cita.
Pengaruh Penggunaan Metode SQ3R dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Memahami Bacaan SIswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Sawahan Yeti Nur Setyowati
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.608 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5729

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan memahami bacaan; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan memahami bacaan; 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami bacaan. Sampel dalam peneletian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data Primer dan Sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi, Kuesioner dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif dan analisis data secara Inferensial dengan menggunakan teknik analisis of variance (ANOVA) dalam program SPSS. Hasil analisis menunjukkan: 1). Ada pengaruh penggunaan metode SQ3R terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,001 < 0,05). 2). Ada pengaruh tinggi rendah motivasi belajar siswa terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,002 < 0,05). 3). Ada pengaruh penggunaan metode   pembelajaran SQ3R dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami bacaan, dengan nilai F hitung lebih kecil dari F tabel (0,008 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode SQ3R dan moviasi belajar baik secara parsial   maupun   secara   bersama-sama   terhadap   kemampuan memahami bacaan, pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Anik Kusrianti; V. Teguh Suharto
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.517 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5736

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning dengan multimedia dalam pembelajaran menulis puisi dan untuk menjelaskanhasil belajar menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkurmenggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Pangkur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. aktifitas kegiatan siswa dari siklus I dengan persentase 71,88% ke siklus II dengan persentase 87,50% dan apresiasi menulis puisi siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase 71,17% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,75%. Kedua dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan hasil belajar berikut ini (1) prestasi belajar siswa tuntas 87,50% (2) 87,50% siswa mampu menghasilkan puisi dengan kualifikasi baik, (3) 85,25% siswa memiliki tingkat keaktifan belajar baik, (4) 83,75% siswa memiliki apresiasi menulis puisi baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkur Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi.
Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Pembelajaran Model Jigsaw melalui Buku Tulis Halus pada Siswa Kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun Sayekti Sayekti
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.196 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 02 Mojorejo. Mengingat bahwa siswa belum memahami menulis huruf tegak bersambung. Siswa belum memahami menulisbentuk huruf, ukuran huruf, tebal tipisnya penulisan huruf, tanda baca, serta kerapian dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Penelitian mengambil subyek siswa kelas II SDN 02 Mojorejo Kota Madiun yang berjumlah 28. Siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru dalam mengambil gambar (foto) sebagai dokumen. Dari penelitian yang dilakukandiperoleh hasil nilai rata-rata siswa pada kegiatan study awal sebesar 70,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 46%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 80,25 dan persentase ketuntasan sebesar 82%. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus 2 nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran menulis tegak bersambung kembali mengalami peningkatan sebesar 84 dengan persentase ketuntasan sebesar 96%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai.
Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun Ririn Nuryanti
Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.079 KB) | DOI: 10.25273/linguista.v3i2.5733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan pengaruh  kualitas pelaksanaan Literasi Sekolah  terhadap  hasil belajar  berbicara siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun; (2) menemukan pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar berbicara  siswa SD Negeri segugus Taman kota Madiun. (3) menemukan interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat membaca terhadap hasil belajar berbicara  siswa SD Negeri segugus Taman  kota Madiun.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain penelitian factorial 2 X 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk gerakan literasi sekolah dan minat baca, serta hasil belajar berbicara .Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.Teknik  analisis data menggunakan Anava dua jalan dengan program SPSS versi 13. Dari analisis Inferensial diperoleh simpulan: (1) Ada pengaruh kualitas pelaksanaan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok kualitas pelaksanaan gerakan literasi tinggi dengan kualitas pelaksanaan gerakan literasi rendah. (2) Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi berbicara siswa SD secara signifikan antara kelompok minat baca tinggi dengan minat baca rendah. (3) Ada interaksi antara kualitas pelaksanaan literasi dan minat baca terhadap prestasi belajar berbicara  siswa SD secara signifikan ditinjau  dari antara pelaksanaan gerakan literasi dengan minat baca.

Page 1 of 1 | Total Record : 7