cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23016078     EISSN : 2579471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 7 Documents clear
PENINGKATAN MINAT MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 SUMBERLAWANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 Anies Khusnul Varia
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.492 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sumberlawang melalui pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah TANDUR. Data minat diperoleh melalui lembar observasi selama kegiatan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Teknik analisis kulitatif menggunakan analisis deskriptif dari data-data nontes, yaitu data hasil lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan memadukan serta secara menyeluruh. Pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode kuantum dapat meningkatkan minat belajar siswa siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Sumberlawang. Minat Siswa meningkat dari dari 78% kategori baik pada siklus I menjadi 87% kategori sangat baik pada siklus II.
RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR Dresya Wimayasari; Panji Kuncoro Hadi2; Yunita Furinawati
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.719 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi religiusitas yang terkandung dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan  karya Agnes Davonar. Dimensi religiusitas yang terkandung dalam novel SKUT adalah dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi effect atau penghayatan, dimensi pengetahuan agama dan dimensi pengamalan. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara rinci tentang religiusitas dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar. Data yang digunakan dalam penelitian berupa kutipan-kutipan, kata, maupun kalimat yang terdapat dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan  karya Agnes Davonar sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar itu sendiri. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik studi pustaka dokumen. Dalam hal prosedur penelitian yang digunakan mulai dari empat tahapan yaitu tahap persiapan, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan tahap akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan contentanalysis atau analisis isi dengan membahas atau mengkaji isi novel “ Surat Kecil Untuk Tuhan” Karya Agnes Davonar. Hasil penelitian ini adalah novel “Surat Kecil Untuk Tuhan “ karya Agnes Davonar menampilkan berbagai bentuk dimensi religiusitas  yang meliputi dimensi keyakinan, dimensi praktik agama atau peribadatan, dimensi feeling atau penghayatan, dimensi pengetahuan agama, serta dimensi effect atau pengamalan.
ANALISIS PEMBUATAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN MENYIMAK OLEH MAHASISWA KELAS A SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE Rizmada Azzahra
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.066 KB)

Abstract

 Penelitian dilakukan berdasarkan pentingnya peran sebuah media pembelajaran dalam keberhasilan proses pengajaran. Penelitian ditujukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang efektif sehingga mendukung ketercapaian tujuan pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti sebuah objek. Data yang diteliti adalah hasil pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video pada mata kuliah pembelajaran menyimak. Data dianalisis berdasarkan kriteria media pembelajaran yang efektif, antara lain dilihat dari segi: 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterampilan guru dalam menggunakannya; dan 5) sesuai dengan taraf berfikir anak. Dari analisis data tersebut dihasilkan beberapa simpulan, bahwa 1) media dapat digunakan untuk beberapa kompetensi sekaligus dalam satu tema materi. Dengan demikian, akan membantu guru dalam efektivitas alokasi waktu pembelajaran; 2) beberapa media seperti dalam tema cerpen, berita, dan informasi dapat digunakan sekaligus dalam pengambilan nilai evaluasi pembelajaran; 3) pembuatan media video dapat membantu guru sebagai fasilitator, sehingga guru lebih terkonsep dalam melaksankan pembelajaran. Hasil pembuatan media pembelajaran video oleh mahasiswa tergolong berhasil karena mahasiswa mampu menghasilkan media yang efektif dalam alokasi waktunya, mudah dalam pengoperasiannya, dan menarik dalam tampilannya.
EKSISTENSI BAHASA INDONESIA PADA GENERASI MILLENNIAL Nimas Permata Putri
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.444 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia adalah jati diri sekaligus identitas bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia memegang peranan penting pada semua aspek kehidupan. Saat ini adalah era millennial, masa adanya peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. Hal tersebut berdampak pada perkembangan bahasa Indonesia. Keadaan yang ada sekarang adalah fungsi bahasa Indonesia mulai digantikan atau tergeser oleh bahasa asing dan adanya perilaku yang cenderung menyelipkan istilah asing, padahal padanan dalam bahasa Indonesianya ada, dikarenakan sikap yang meyakini bahwa akan terlihat modern, dan terpelajar dan dengan alasan mempermudah komunikasi di era millennial.Gejala fenomena bahasa di atas dikaji menggunakan sosiolinguistik secara kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berisi kosakata asing yang berjumlah 35, untuk dijawab padanan dalam bentuk bahasa Indonesia oleh responden. Responden dalam penelitian ini adalah SMK Harapan Sukoharjo dan STKIP PGRI Pacitan, yang dijadikan sampel dari populasi dengan menggunakan teknik purposive dan rundom sampling. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode padan dengan alat penentu langue translasional. Hasil yang diperoleh, SMK Harapan Sukoharjo Jurusan Teknik Elektronika Industri berdasarkan kuesioner adalah  seluruh siswa menguasai padanan dalam bahasa Indonesianya dari 9 kosakata, lalu kosakata yang hanya dikuasai sebagian siswa 3 kosakata dan untuk kosakata yang tidak dikuasai padanan bahasa Indonesianya oleh seluruh siswa berjumlah 23 kosakata. Sedangkan dari 35 kosakata bahasa asing, seluruh mahasiswa STKIP PGRI Pacitan semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia, tidak mengetahui padanan dalam bahasa Indonesia dari 16 kosakata, kemudian 6 kosakata dikuasai hanya sebagian kecil mahasiswa dan semua mahasiswa mengetahui padanan dalam bahasa Indonesia 13 kosakata. 
KOMPETENSI PENGUASAAN IDE UTAMA DAN IDE TAMBAHAN DALAM PARAGRAF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 HALBAR DI IBU TENGAH MALUKU UTARA Udin Saubas; Sulami Sibua; Rizmada Azzahra
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.801 KB)

Abstract

Penelitian ini perlu dilakukan karena selama ini belum diperoleh gambaran yang jelas mengenai kriteria kompetensi menulis paragraph yang baik.  Selama ini, siswa lebih ditekankan pada ilmu menulis praktis seperti menulis surat dinas, karya sastra, dll. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kompetensi penguasaan ide utama dan ide penjelas dalam paragraf pada siswakelas XI SMA Negeri 2 Halbar di Ibu Tengah. Data berupa hasil wawancara dengan pihak guru dan tes instrumen pada siswa. Data dianalisis berdasarkan empat indikator pembentuk kompetensi penguasaan ide utama dan ide penjelas dalam paragraf, yaitu kemampuan siswa dalam (1) Pengetahuan tentang paragraf, (2) Memahami pikiran utama dan pikiran penjelas, dan (3) Melengkapi kalimat, (4) Memilih kalimat utama dan kalimat sumbang.  Dari analisis data tersebut dihasilkan,(1) siswa mampu menafsirkan dengan baik hal penting yang ada dalam wacana, (2) secara keseluruhan siswa sudah mampu untuk menentukan ide utama dan ide penjelas dengan benar, namun identifikasi oleh siswa tersebut cenderung menggunakan letak dari kalimat utama pada paragraf.  (3) siswa mampu dengan baik menentukan kata yang terbuang dari sebuah kalimat utuh sehingga terbentuk suatu paragraph utuh dengan kalimat yang saling berkesinambungan, (4) siswa mampu menyusun secara berurutan sehingga terdeteksi kalimat yang sumbang atau menyimpang dari tema paragraf. Dari nilai yang sudah dipaparkan tersebut,dihasilkan rata-rata persentase kebenaran untuk masing-masing kompetensi, (1) kompetensi pengetahuan paragraf: 37,5% (2) kompetensi memahami ide utama dan ide penjelas: 32,8% (3) kompetensi melengkapi kalimat: 32,9% dan (4) kompetensi penguasaan kalimat utama dan kalimat sumbang: 29,8%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk rata-rata persentase siswa dapat menjawab dengan benar adalah lebih dari 25% untuk masing-masing soal. Dengan demikian kemampuan siswa dikategorikan baik.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TATARAN LINGUISTIK PADA PERSURATAN DI DESA BANYUBIRU KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI Titik Istiqomah; Agus Budi Santoso; Ermi Adriani Meikayanti
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.151 KB)

Abstract

Linguistik memiliki peranan penting dalam penggunaan Bahasa. Hal tersebut juga berlaku dalam penggunaan bahasa pada pembuatan surat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam tataran linguistik pada surat keluar Maret 2017 di Kantor Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen atau arsip. Dokumen atau arsip tersebut adalah surat keluar Maret 2017 di Kantor Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi. Analisis data melalui enam tahap yaitu mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah, memeringkat kesalahan, menjelaskan kesalahan, memprediksi tataran kebahasaan yang rawan kesalahan, dan mengoreksi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesalahan penggunaan bahasa dalam tataran linguistik. Pada tataran fonologi ditemukan kesalahan penulisan kata dasar, penggunaan preposisi, penulisan singkatan, penggunaan huruf kapital, dan penggunaan tanda baca. Pada tataran morfologi meliputi kesalahan afiksasi. Pada tataran sintaksis meliputi kesalahan penggunaan kata yang berlebihan. Pada tataran semantik meliputi kesalahan pemilihan kata yang tidak tepat.
ANALISIS TEKSTUAL POSTER PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEKAN ILMIAH MAHASISWA NASIONAL TAHUN 2013 Retno Wulandari; Agus Budi Santoso; Dhika Puspitasari
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.275 KB)

Abstract

Salah satu jenis wacana tulis, yaitu poster Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M).Poster ini menarik untuk dianalisis dari segi tekstualnya karena terdapat banyak penggunaan kata dan kalimat.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) aspek gramatikal; dan (2) aspek leksikal pada poster Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2013.Metode peneletian ini adalah metode penelitian kualitatif.Jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa poster PKM-M Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional tahun 2013.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen atau arsip. Peneliti dalam menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian berupa (1) aspek gramatikal terdiri dari pengacuan 130 data, substitusi dua puluh enam data.Pelesapan tujuh puluh empat data. Konjungsi delapan puluh satu data; dan (2) aspek leksikal terdapat 182 data, terdiri dari repetisi empat puluh lima data. Sinonimi empat puluh enam data.Antonimi tiga puluh data.Kolokasi tiga puluh tiga data, hiponimi dua puluh enam data, dan ekuivalensi dua data.

Page 1 of 1 | Total Record : 7