cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 01 (2020)" : 7 Documents clear
KEPEMIMPINAN MENURUT PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI Muslim Muslim
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.967 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.686

Abstract

Makalah ini bertujuan menjelaskan akan pandangan Islam tentang kepemimpinan dalam membentuk budaya yang baik pada sebuah organisasi dan pengaruh keteladanan pemimpin terhadap peningkatan kinerja seorang pegawai dalam mengemban amanah pekerjaan. Kerangka yang ingin disampaikan dalam makalah ini ada dalam beberapa poin berikut; konsep dan pandangan Islam tentang kepemimpinan, pemimpin sebagai pencipta budaya dalam lingkungan organisasi, pemimpin sebagai teladan dan pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja pegawai. Makalah ini menyimpulkan bahwa pemimpin yang benar-benar menjalankan tuntunan dan ajaran Islam dalam kepemimpinanannya, akan mampu menciptakan budaya yang baik dalam lingkungan organisasinya dan mempengaruhi kinerja pegawai. Sebuah makalah konseptual dalam melihat hubungan kepemimpinan yang islami dengan budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja pegawai
PENGARUH LAYOUT PERKANTORAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUSAN FARMASI IKASARI PEKANBARU Nadya Erdiana; Irawati Irawati; Hasgimianti Hasgimianti; Rini Setyaningsih
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.433 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.624

Abstract

Abstract Office layout is a condition where the employees used it in an organization, if the layout is arranged well, it will influence their performance at the school.  This research is to know the influence of office layout toward employee performance and to see factors influencing both variables.  It was a quantitative research using simple linear regression technique to study about office layout (X) and employee performance (Y) at Pharmacy Vocational High School of Ikasari Pekanbaru.  This research aimed at knowing whether there was a significant influence of office layout toward employee performance at Pharmacy Vocational High School of Ikasari Pekanbaru.  The subjects of this research were 31 employees using total sampling and the data analysis was helped with SPSS 20.00.  The research findings showed that (1) employee performance level score was 84.87% and it was on very good category, (2) office layout score was 84.96% and it was on very good category, (3) there was a significant influence of office layout toward employee performance at Pharmacy Vocational High School of Ikasari Pekanbaru with 5% significant level 0.550 (0.826>0.3550).  The calculation result of determination coefficient (R Square) was 0.672.  It showed that the influence of office layout toward employee performance was 67.2%, and the rest 32.8% (100%-67.2%) was influenced by other variables that were not mentioned in this research.  The school was expected to upgrade the office layout in order that employee performance could be better.
URGENSI KEPEMIMPINAN GURU YANG KOMPETEN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Heriyansyah Heriyansyah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.701 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.687

Abstract

Sekolah sebagai penyelenggara pedidikan formal sangatlah penting dan berperan dalam memajukan sumberdaya yang berpendiddikan bagi manusia karena didalamnya terdapat kegiatan proses belajar mengajar yang teratur dan terencana. Agar kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, maka harus ada pemimpin yang dapat mengatur dan mengelola kegiatan proses belajar mengajar, yaitu guru yang kompeten yang mengambil peran tersebut. Dalam pembangunan di bidang pendidikan, tuntutan kepemimpinan di sekolah dalam pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar menjadi keharusan, sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan keberhasilan prestasi belajar siswa. Salah satu dalam fungsi manajemen dalam melaksanakan kepemimpinan seorang guru dalam kompetensi mengajar adalah dengan melaksanakan fungsi pergerakan agar peserta didik dapat menerima pengajaran yang baik, yang merupakan bagian dari fungsi manajemen.
PERAN HUMAS DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN MELALUI OTONOMI PENDIDIKAN TINGGI Siti Nur Jannah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.906 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.268

Abstract

Quality management at the moment is a phenomenon that requires special attention for a college, especially private colleges. This means that private universities, especially private universities in the city of Bandung to always be directed at improving quality activities. Because otherwise the private university lacks a place in the hearts of society that ultimately threatens its existence. A publicist is the bridge or the first path of an image that is formed in the community at a particular institution. The importance of applying this public relations strategy in marketing universities in every institution that requires the performance of a publicist to help the course of a work program, as well as public relations can maintain the image of an institution in the institution, so that an institution can be recognized and trusted by public relations strategy. Thus the focus of this study is the quality management of universities related to the study of the influence of visionary leadership and lecturer performance on the quality of the university.
KEBUTUHAN ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAMI DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0 Andi Ujang Yusuf
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.619 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.688

Abstract

Para praktisi pendidikan Islam harus berupaya maksimal untuk merevitalisasi arah, visi, misi, dan target pendidikan Islam. Karena semua menyadari sebagai anak bangsa yang senantiasa berkomitmen dengan nilai-nilai Islam, banyak mendapati pergeseran-pegeseran nilai Islami tersebut ke arah yang tidak Islami, seperti sekularisme, liberalisme, kominisme, kapitalisme, materialisme, dan lainnya yang sangat jauh dari Islam. Ada beberapa perubahan yang berefek terhadap realita alam pendidikan Islam, antara lain adalah perubahan pada lingkungan internal (dalam negeri) yaitu proses refornasi multi dimensi yaitu sedang menuju masyarakat baru yang demokratis dan terbuka dan juga tuntutan reformasi, seperti lahirnya undang-undang otonomi dan desentralisasi. Kemudian pada lingkungan eksternal (luar negeri), seperti pada tahun 2003 telah diberlakukannya perdagangan bebas di negara-negara ASEAN, pada tahun 2020 juga akan menjadi pasar bebas di kawasan Asia Fasific yang tentu akan berpengaruh kuat terhadap alam pendidikan Islam. Belum lagi adalah efek kemajuan teknologi pada era digital ini para generasi umat menjadi manusia-manusia konsumtif, dan materialis. Efek lain dari kemajuan teknologi, dapat menyebabkan manusia menjadi individualis, kehilangan jati diri, dan nilai spiritual yang semakin renggang dari Tuhannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui maksud dengan ilmu manajemen pendidikan yang islami, dan untuk mengetahui yang dibutuhkan ilmu manajemen pendidikan Islami dalam menjawab tantangan tersebut.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADIST Mizanul Hasanah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.052 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.629

Abstract

This study aims to covey to the public that the importance of management information systems for the development of Islamic education. Schools as forming the continuation of education in the family, because education is first and foremost obtained by children is in the family. No matter how good the role of the environment and school is still a family that has an important role in determining the character and mindset of the individual. Islam presents guidelines for humans to shape Islamic education. Islam has a primary source as an information-oriented communication tool that will be delivered to Muslims, namely the Qur’an and As-Sunnah (hadith). The Messenger of Allah was a hacker and a guide and example of how to apply the values contained in the Qur’an in real life. Comunication that has been built by the prophet, family and friends as a form of information about Islam whose guidelines are the Qur’an and the Hadith. So,   the overall goal of the form delivery of information in management must be a system that regulates include components, including the Prophet. All information relating to the religious life of Islam, the problems that exist in the life of all have governed in the Qur’an and Hadith.
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN SISWA Dwi Fitri Ani; Wulan Septi Putri; Zulfa Hidayatul Khoiriyah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 3, No 01 (2020)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.039 KB) | DOI: 10.30868/im.v3i01.649

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah hal yang penting didalam melakukan manajemen sekolah, tanpa kurikulum semua kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan  sesuai dengan apa yang di tujukan. Dewasa ini di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013sebagai bahan panutan dalam melakukan pembelajaran, tetapi terlepas dari itu kurikulum itu sendiri masih memiliki berbagai macam problematika bagi peserta didik. Diantara problem tersebut mengarah pada perkembangan kurikulum yang saat ini  belum berorientasi pada kepentingan peserta didik atau peserta didik sebagai subjek (child orientation), tetapi kurikulum dikembangkan kearah peserta didik yang masih menjadi objek,  serta beban belajar yang dirasa dianggap terlalu berlebih bagi peserta didik yang membawa pengaruh bagi perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengkaji bagaimana kurikulum 2013 tersebut dapat membawa pengaruh terhadap perkembangan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di salah satu sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersumber dari wakil kepala/waka kurikulum di salah satu Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 7