cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 8 Documents clear
Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Cilegon Kota Cilegon Rosdiana Rosdiana
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2809

Abstract

Agar peranan guru selalu membuahkan hasil yang optimal, dibutuhkan suatu pelayanan yang berkualitas dan memuaskan wajib ditingkatkan secara terus menerus bagi para guru baik yang baru saja diterima maupun yang sudah lama mengajar di sekolah, sehingga kualitas sumber daya manusia dan kepuasan kerja meningkat. Setelah guru diseleksi dan ditempatkan, guru tersebut harus diberi jaminan supaya mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan pada akhirnya kepuasan tersebut berguna untuk meningkatkan produktivitas mereka. Pengembangan guru melalui pendidikan dan pemberian hak-haknya yang sesuai dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak yaitu guru dan sekolah. Dimana manfaat yang diperoleh guru adalah adanya peningkatan kemampuan atau keterampilan mereka akibat dari kepuasan kerja dari sang guru. Sedangkan manfaat yang diperoleh keseluruhan adalah meningkatnya nilai produktivitas kerja. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada permasalahan yang terkait dengan kualitas sumber daya manusia dan kepuasan kerja serta produktivitas kerja di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cilegon Kota Cilegon, agar dapat segera diketahui faktor apa saja yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja tersebut, sehingga dapat dilakukan usaha-usaha perbaikan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas SDM dan kepuasan kerja secara bersama-sama telah mempengaruhi produktivitas kerja di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cilegon Kota Cilegon, kualitas SDM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Kepuasan kerja juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cilegon Kota Cilegon.. Keyword: Kualitas, Sumber Daya, Produktivitas
Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Jembatan Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia Indah Wahyu Ningsih; Andi Saefullah Anwar; Supiana Supiana; Qiqi Yuliati Zakiah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2608

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep penggunaan Teknologi Informasi dalam pendidikan Islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah Teknologi Informasi merupakan keseluruhan sistem untuk mengelola hasil hingga melahirkan nilai tambah. Pengunaan teknologi Informasi sangatlah bermanfaat dalam  menjembatani refolusi dunia pendidikan Islam di Indonesia. Integrasi Ieknologi Informasi dan komunikasi pada pendidikan Islam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan kemudahan dakwah. beberapa contoh pemanfaatan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran PAI yaitu, teknologi audio, teknologi visual, teknologi visual-audio, dan teknologi berbasis internet. Semua itu dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam
Tujuan Pendidikan Islam dalam Persfektif Alquran Siti Solihat; Cecep Anwar
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2242

Abstract

Pendidikan dalam islam merupakan pondasi yang penting dalam membangun jatidiri sebagai seorang muslim. Muslim yang dibekali dengan pendidikan akan tumbuh menjadi manusia yang paripurna  karena dalam dirinya sudah terinternalisasi nilai-nilai luhur  akhlak yang mulia dan ilmu yang manfaat. Dalam islam tujuan pendidikan adalah sebagaimana tujuan hidup ketika manusia diciptakan yaitu sebagai khalifah dimuka bumi yang tugasnya adalah beribadah hanya kepada Allah. Maka untuk sampai kepada kualitas itu ada proses yang agung dan sistematis yaitu pendidikan. Dalam Alquran banyak sekali ayat-ayat sebagai isyarah terkait dengan tujuan pendidikan dimana hal tersebut menjadi dasar dan panduan untuk penjabaran bagaimana proses pendidikan mesti diwujudkan sehingga tujuannya bisa tercapai. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang sumber datanya diambil dari data primer yaitu jurnal, tesis, makalah prosiding dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan tema tujuan pendidikan islam. Serta data referensi sekunder yaitu buku dan website internet. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggali isyarah yang terdapat dalam Alquran mengenai tujuan pendidikan islam sehingga  tujuan pendidikan islam menjadi lebih terukur, terarah dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan islam yang dikaji dari ayat-ayat Alquran begitu sempurna karena mewadahi kebutuhan jasmani dan ruh manusia dibandingkan dengan pendidikan sekuler yang kering aspek spiritualitasnya.
Strategi Kewirausahaan Yayasan Guna Meningkatkan Sumber Pembiayaan Pendidikan Badrus Zaman
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.480

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis  strategi, penerapan strategi, dan bentuk Pengendalian yayasan  dalam meningkatkan sumber pembiayaan pendidikan melalui wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.  Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Daarul Fath Pengging Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan:           1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Analisis dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah ketua dan bendahara yayasan Al Fath, sedangkan informan adalah direktur pondok pesantren, pengelola wirausaha,  dan alumni pesantren.  Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: 1) perencanaan untuk memulai program kewirausahaan di antaranya penguatan visi-misi, pemantapan   tujuan,  studi kelayakan, penunjukan dan penetapan pengelola  wira usaha serta penghitungan dan penyiapan modal  2) pelaksanaan program kewirausahaan, ketua yayasan menjalankan tugas dalam mengelola dan  mengembangkan wirausaha sebagai berikut : a) menjalankan fungsi manajemen. b) menjalankan etika bisnis c) menjunjung tinggi tujuan pesantren. 3) pengendalian dilakukan melalui penetapan indikator pencapaian dan laporan berkala serta melakukan diskusi bersama pengurus yayasan dan team manajemen pondok pesantren 4) dampak program kewirausahaan meliputi peningkatan sumber pembiayaan, peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta kesempatan  para santri belajar wirausaha 
Implementasi Total Quality Management Berbasis Akhlakul Karimah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di STAIN Mandailing Natal Nuraini Nuraini
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2737

Abstract

Manajemen suatu organisasi merupakan pondasi pokok dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, keberhasilan ataupun kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh baik tidaknya tata kelola manajemen tersebut. Konsep Total Quality Management yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai akhlakul karimah dalam pelaksanaannya merupakan inovasi perbaikan terus-menerus yang tidak hanya berfokus pada output tetapi juga pada proses. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep Total Quality Management berbasis akhlakul karimah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menelaah kemudian menggambarkan tentang keadaan yang menjadi obyek kajian. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang didapatkan kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal masih berorientasi pada hasil bukan dengan proses sehingga diperlukan perbaikan secara berkesinambungan, hal inilah perlu diterapkan konsep Total Quality Management dimulai dari perencanaan, proses, evaluasi dan tindak lanjut sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan.
Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor Muhammad Hidayat Ginanjar; Muhammad Rusdan Yazid; Muhamad Syukur
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2780

Abstract

Manajemen sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan adalah hal yang harus diperhatikan pada setiap lembaga pendidikan. Dalam pengelolaan SDM tersebut harus terdapat perencanaan yang matang dan tujuan yang pasti agar pengelolaan dapat berjalan dengan baik dan  kendala yang ada dapat diminimalisir. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan manajemen. Ini terlihat dari definisi umum dari pendidikan, yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan harus dilakukan dengan maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Fokus penelitian ini mengkaji gambaran umum sistem tata kelola pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Fokus penelitian dikembangkan menjadi beberapa subfokus dengan hasil penelitian antaralain: (1) Perencanaan SDM sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, (2) Sistem perekrutan dan seleksi SDM yang cukup ketat, (3) Sistem penempatan SDM pendidikan cukup memadai, dan (4) Strategi meningkatkan kualitas SDM masuk katagori cukup baik.
Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi Covid-19 Hafizh Jundu Muhammad; Zahruddin Zahruddin; Maftuhah Maftuhah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.2023

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang menghambat proses penerimaan peserta didik baru, sekolah swasta dituntut untuk mengerahkan strategi inovatifnya agar lembaga pendidikan swasta dapat terus eksis mempromosikan sekolah dan diminati orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam dan menyeluruh terkait strategi penerimaan peserta didik baru yang dilakukan di SMA 1 Perguruan Cikini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview. Berdasarkan hasil wawancara didapatkanlah bahwa strategi dengan analisis SWOT dikerahkan untuk menghasilkan sebuah strategi yang tepat guna sesuai dengan kondisi pandemi. Pemanfaatan luas lahan sekolah dan kerjasama dalam program vaksinasi menjadi kunci kesuksesan promosi penerimaan peserta didik baru. Peningkatan yang cukup signifikan terkait jumlah penerimaan peserta didik baru selama kurun waktu 3 tahun terakhir, bahkan hingga dua kali lipat jumlah penerimaan di tahun sebelumnya. Padahal tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun yang cukup sulit untuk bisa melakukan promosi sekolah karena terhambat pandemi yang menimpa seluruh dunia khususnya di Indonesia. Padahal pesaing lainnya yakni SMA swasta lainnya yang ada di daerah Jakarta selatan khususnya terdapat lebih dari 50 sekolah dengan nilai akreditasi A.
Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan Syaifudin Syaifudin; Masykur Hasan; Ilzam Naufal; M Habib Ihsanudin; Azmi Abdillah Agustian
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 5, No 02 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v5i2.3004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana manajemen pesantren dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan. Dalam pengumpulan data, metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif terkait penerapan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Adapun hasil temuan di lapangan dapat diketahui bahwa : (1) manajmen Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 dalam menerapkan bahasa Arab sudah sangat baik berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perencanaan program kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian. Dalam pelaksanaannya menerapkan bahasa Arab, Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 memiliki staf pembimbing bahasa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan, pelaksanaan, maupun pengawasan terhadap jalannya kegiatan kebahasaan, semua elemen pondok bekerja keras dalam menerapkan bahasa Arab, baik kyai, guru-guru dan peserta didik. Metode yang digunakan di Gontor Kampus 7 dalam menerapakan adalah dengan pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, uswatun hasanah.; (2) faktor pendukung dalam menerapkan bahasa Arab adalah adanya kegiatan bahasa, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan di dalam kelas menggunakan bahasa Arab, seluruh guru-guru selalu berusaha menjadi uswah hasanah dalam menerapkan bahasa Arab, adanya reward bagi santri yang memiliki bahasa baik dan punishment bagi santri pelanggar disiplin bahasa. Faktor penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 adalah diperbolehkannya santri-santri baru untuk berbicara bahasa Indonesia selama 3 bulan pertama dalam rangka adaptasi menerapkan bahasa Arab dalam kehidupannya sehari-hari, kurangnya kesadaran santri-santri lama dalam memahami pentingnya bahasa Arab di dalam kehidupan mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 8