cover
Contact Name
Muhammad Dedi Irawan
Contact Email
temansejati.dedi@gmail.com
Phone
+6285358615140
Journal Mail Official
jurti@una.ac.id
Editorial Address
Gedung Fak. Teknik Lantai I Ruang Program Studi Teknik Informatika Universitas Asahan Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
JurTI (JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI)
Published by Universitas Asahan
ISSN : 25807927     EISSN : 26152738     DOI : https://doi.org/10.36294/jurti
Core Subject : Science,
This journal contains researchers' scientific papers related to computer science in the fields of informatics engineering, information technology, computer systems and information systems. This journal is published twice a year, namely June and December. This journal is managed by the Informatics Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Asahan University. Articles / scientific papers that will be published on JurTI is a related article / scientific work in the field of Computer Science or Informatics, Information Systems, Computer Systems, Software Engineering, Information Technology, Computer Networking, Security Systems, Intelligent Systems, Mobile Computing, Cloud Computing, Multimedia and Animation, Data Mining and Robotics.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023" : 22 Documents clear
Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Ketua OSIS Menggunakan Code Igniter 4 Pada SMK Permata Harapan Miftahul Ilmi; Robert Situmorang
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3390

Abstract

Perubahan kebiasaan manusia setelah melewati pandemic Covid 19 mulai terlihat dengan jelas, dimana semua pembiasaan teknologi dan digitalisasi yang terjadi dimasa Covid 19 sudah menjadi kebutuhan manusia. Banyak orang mulai faham pentingnya mengikuti perkembangan teknologi. SMK Permata Harapan merupakan bagian dari komponen yang merasa nyaman dengan digitalisasi dan membutuhkan sebuah sistem informasi digital yang mendukung banyak kegiatan pada sekolah ini, salah satunya adalah e voting yang dibutuhkan untuk melakukan pemilihan ketua OSIS. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi yang memenuhi kebutuhan tersebut dengan metode Research and Development yang berupa penelitian yang menghasilkan sebuah produk. Dalam pengembangan sistem Informasi ini digunakan model pengembangan waterfall dengan lima tahapan yang berurutannya dirasa mampu untuk merancang sistem informasi yang baik dan memiliki nilai guna yang tinggi. Model waterfall ini merupakan metode yang setiap langkahnya harus dilakukan berurut sesuai dengan urutannya dan tidak boleh jalan secara bersamaan. Sistem yang dirancang menggunakan CodeIgniter 4 dan basis data yang digunakan adalah MYSQL. Sistem informasi yang telah dirancang dan diimplementasikan berpotensi untuk digunakan oleh SMK Permata Harapan, sebab sistem yang dirancang telah sesuai dengan alur dan tujuan dari SMK Permata Harapan. Sistem yang dirancang juga memiliki potensi pengembangan yang baik kedepannya
Perancangan Sistem E – Modul Berbasis Web Untuk Program Studi Informatika Universitas Amikom Purwokerto Restiana Tri Oktavia; Hendra Marcos
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3212

Abstract

Pada zaman sekarang banyak sekali mahasiswa yang sudah beralih dari pembukuan secara fisik menjadi pembukuan secara web maupun mobile, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah seperti meningkatkan kualitas minat dan kebiasaan membaca dari manusia. Modul merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan semangat membaca. Didalam proses pembelajaran Universitas Amikom Purwokerto masih menggunakan modul presentasi dari dosen pengampu. Didalam proses pembelajaran terkadang dosen pengampu ataupun mahasiswa itu sendiri lupa untuk memberikan atau meminta materi terkait pembelajaran yang sudah dipaparkan saat pembelajaran berlangsung. Dan diperlukan adanya e-book yang didalamnya terdapat e-modul juga untuk menjadi media belajar tambahan. tujuan dari perancangan ini diharapkan dapat berguna untuk para mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto dalam proses pembelajaran agar lebih baik dan dapat memaksimalkan proses belajar. Berdasarkan tinjauan teori, analisis dan perancangan program yang digunakan dalam bahasa pemrograman PHP dengan editor Notepad++ dan basis data menggunakan XAMPP menghasilkan pemrograman e-modul berbasis web.
Faktor-Faktor Individu Yang Memengaruhi Minat Menggunakan Mobile Payment: Sebuah Literature Review Radinal Setyadinsa; Nurhuda Maulana
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3452

Abstract

Pembayaran melalui ponsel atau perangkat seluler telah menjadi tren penting dalam industri keuangan di era digital yang terus berkembang. Pembayaran mobile memungkinkan pengguna melakukan transaksi melalui perangkat seluler mereka. Menggantikan metode pembayaran konvensional seperti uang tunai atau kartu kredit, penggunaan pembayaran melalui ponsel telah mengubah cara kita membayar. Namun, banyak orang masih ragu untuk menggunakan pembayaran mobile. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis lebih lanjut faktor-faktor individu yang memengaruhi minat menggunakan mobile payment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, kegunaan, kepercayaan, dan keamanan adalah faktor-faktor individu yang mendukung minat menggunakan mobile payment.
Rancangan UIUX Untuk Single Landing Page Menggunakan Model Design Thinking Rudi Hartono; Usep Abdul Rosid; Dede Rizal Nursamsi
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3069

Abstract

Dengan kemajuan teknologi saat ini, sudah seharusnya melakukan berbagai perubahan dalam melakukan promosi bagi pemilik perusahaan atau jasa. Dengan adanya internet peluang jangkauan untuk melakukan promosi akan semakin luas untuk dijangkau. Salah satunya dengan cara menawarkan barang atau jasa melalui halaman website. Salah satu bagian dari website adalah single landing page, yang dapat digunakan sebagai optimasi media promosi dengan menawarkan barang, jasa atau promosi khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merancang UI/UX untuk Single Landing Page Website. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang pada umumnya digunakan dalam rancangan UI/UX. Diharapkan hasil dari penelitian ini adalah merancang UI/UX yang dapat diterapkan sebagai Landing Page untuk media promosi. Dari keseluruhan proses dan hasil yang dilakuan maka dapat disimpulkan merancang UI/UX menggunakan metode Design Thinking, UI Single Landing Page untuk media promosi berbasis internet.
Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Analytical Hierarchy Process Pada SMPN 24 Jakarta Isti Kharoh; Nita Merlina; Nissa Almira Mayangky
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3280

Abstract

Institusi pendidikan tentunya selalu berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa/siswi, orang tua/wali khususnya serta bagi masyarakat pada umumnya. Salah satu layanan yang secara berkala dilakukan Sekolah Menengah Pendidikan Negeri (SMPN) 24 Jakarta adalah pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Pemberian penghargaan dilakukan di setiap akhir Tahun Pelajaran. Permasalahan yang terjadi adalah pihak sekolah hanya berpatokan pada data prestasi akademik saja, padahal kriteria non-akademik juga dapat menjadi dasar penentuan. Selain itu proses penentuan siswa berprestasi masih dilakukan secara konvensional sehingga keputusan dalam menentukan siswa berprestasi seringkali dihadapkan pada kondisi yang dapat menjadikan keputusan tersebut terkesan tidak proporsional. Sehingga diperlukan suatu alat bantu berupa aplikasi yang dapat membantu pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan seperti Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil kuesioner dan perhitungan Analytical Hierarchy Process (AHP) terdapat nilai Eigen vector tertinggi yaitu kriteria Nilai Rapor dengan bobot 0,44 (44%) hal ini menandakan kriteria tersebut memiliki tingkat kepentingan yang lebih besar dibandingkan dengan kriteria nilai sikap 0,42 (42%) dan nilai ekskul 0,14 (14%). Hasil pengolahan data dengan menggunakan aplikasi expert choice menunjukan bahwa alternatif atas nama Radin Akhtar Alvito lebih unggul dari pada I Vena Hawa Tuanaya dari Nilai Sikap, sementara untuk Nilai Rapor dan Nilai Ekskul kedua alternatif ini memiliki bobot nilai yang sama.
Analisis Sentimen RUU KUHP di Medsos Twitter Dengan Metode Naïve Bayes Husni Muzaki; Hendra Marcos
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3215

Abstract

Analisis sentimen merupakan proses pengambilan keputusan opini atau komentar, baik positif, negatif, atau netral dengan menggunakan analisis teks dari berbagai sumber data internet. Internet menjadikan media sosial sebagai basis dasar dalam membangun teknologi, termasuk media sosial Twitter. Twitter menjadi sangat digemari penggunanya karena informasi berita yang disampaikan relatif akurat dan real time. Penelitian mencoba untuk mengangkat tema yang sedang hangat mengenai pro-kontra pengesahan RUU KUHP oleh DPR RI. Algoritma Naïve Bayes digunakan di analisis sentimen ini dengan cara menambang data (text mining) berbasis dokumen. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya, penggunaan model klasifikasi dan akurasi dengan metode Naïve Bayes mendapatkan hasil yang sangat baik, walaupun menggunakan banyak atau sedikit data. Pengambilan data opini dilakukan dengan cara crawling data di Twitter  pada sebuah dokumen secara online. Software yang digunakan untuk analisis sentimen opini ini yaitu RapidMiner Studio 10.0. Software tersebut sangat mudah digunakan karena berbasis open-source dan dapat menganalisa data mining dan akurasi prediksi secara otomatis dan online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat akurasi untuk analisis opini RUU KUHP yaitu 100.00% , mendapatkan opini positif dan negatif dari class precision dan recall masing-masing 100.00%. Dengan melihat hasil akurasinya, metode Naïve Bayes untuk penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal.
Analisis User Experience Pada Website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Diandara Tresya Haniva; Arip Solehudin; Dadang Yusup; Eko Haryadi
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3449

Abstract

Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan salah satu perguruan tinggi yang termasuk kedalam bagian dari sektor pendidikan yang turut berkontribusi dalam digitalisasi pada aspek pendidikan dan pelayanan nya. Selain proses pembelajaran, proses administrasi dan pelayanan yang dilakukan di Universitas Singaperbangsa Karawang juga sebagian sudah dilakukan secara digital. Salah satunya adalah melalui website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang yang dipergunakan untuk melakukan pelayanan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Namun  dalam pengimplementasiannya, website tersebut masih memiliki beberapa permasalahan, diantaranya adalah bahwa fitur pencarian yang ada pada website menghilang ketika website diakses dalam versi mobile, informasi yang ditampilkan pada website masih terjadi duplikasi, fitur reset password masih mengalami error saat digunakan, dan isi website masih berupa template. Sehingga berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan pengujian usability untuk menemukan permasalahan lain demi meningkatkan pelayanan dan mencapai user experience yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi heuristik, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sekumpulan permasalahan yang ditemukan oleh pengguna melalui kuesioner, dan rekomendasi perbaikan berdasarkan prinsip evaluasi heuristik. Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat dipergunakan untuk perbaikan website UPT-TIK Universitas Singaperbangsa Karawang selanjutnya.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Ibu Hamil Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor Deby Andriansah; Gary Gibran Amnesty; Aang Ibnu Ahmad
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3461

Abstract

Penyakit pada ibu hamil merupakan isu kesehatan yang penting dan memerlukan diagnosa yang tepat guna menjaga kesejahteraan ibu dan janin. Dalam upaya memperbaiki efisiensi dan akurasi diagnosa, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pakar berbasis web memakai metode CF untuk diagnosa penyakit pada ibu hamil. Metode Certainty Factor dipakai untuk menggambarkan tingkat kepastian atau keyakinan dari setiap gejala atau tanda yang diidentifikasi dalam diagnosa. Langkah-langkah pengembangan sistem meliputi identifikasi penyakit yang relevan, identifikasi gejala atau tanda, penentuan bobot kepastian, pembentukan aturan berdasarkan kombinasi gejala dan bobot kepastiannya, serta pembuatan basis pengetahuan. Sistem ini kemudian diuji menggunakan data kasus-kasus yang diketahui untuk mengevaluasi keakuratan dan kinerja sistem. Dengan mengimplementasikan sistem pakar berbasis web ini, diharapkan dapat memberikan bantuan dalam proses diagnosa penyakit pada ibu hamil secara cepat dan akurat. Sistem ini dapat menjadi alat yang berguna bagi dokter dan tenaga medis dalam memberikan saran dan tindakan yang tepat guna meningkatkan perawatan kesehatan ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa sistem ini hanya digunakan sebagai alat bantu dan bukan pengganti profesional medis yang berpengalaman.
Implementasi Supply Chain Management (SCM) Pada Toko Bangunan Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Bangunan Sejahtera Pamulang) M. Irfan Bahtiar; Evy Nurmiati
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3176

Abstract

Toko Bangunan Sejahtera Pamulang merupakan toko yang menjual bahan-bahan bangunan yang beralamatkan di di Jl. Siliwangi No.1c, Pamulang Bar., Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem informasi untuk pengelolaan barang dengan menerapakan konssepSupply Chain Managemen (SCM) di Toko Bangunan Sejahtera Pamulang. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalaan pengembangan sistemnya. Sistem Informasi ini diharapakan dapat membantu mempermudan proses-proses yang ada di Toko Bangunan Sejahtera Pamulang.
Evaluasi UI/UX Pada Sistem Informasi Pendaftaran TNI-AD Menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Design Thinking Dadan Subagja; Rudi Hartono; Ruuhwan Ruuhwan
(JurTI) Jurnal Teknologi Informasi Vol 7, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jurti.v7i1.3408

Abstract

User Interface (UI) dan User Experience (UX) merupakan salah satu dari perkembangan dari sebuah teknologi yang dapat digunakan sebagai sarana digital untuk menarik perhatian pengguna serta meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengguna saat menggunakan produk atau jasa tersebut. SUS memudahkan penelitian ini untuk mengukur UX pada sebuah desain aplikasi, Dengan cara ini dapat memudahkan bagaimana peneliti untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Sedangkan Design Thinking adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada pada pengguna (user) dan memberikan solusi berdasarkan pemahaman yang matang akan masalah pengguna. penelitian menggunakan metode design thinking dan system usability scale, hasil penelitian ini berupa peningkatan dari segi pengalaman para pengguna sebelum melakukan penelitian dan sesudah melakukan penelitian, serta mendapatkan pandangan yang lebih baik dari para pengguna serta mendapatkan saran saran yang bisa dilakukan pada peningkatan sistem selanjutnya.

Page 1 of 3 | Total Record : 22