cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@stmik.muralinggau.ac.id
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang, Kec Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi MURA
ISSN : 20856156     EISSN : 26148722     DOI : -
JTI (Jurnal Teknologi Informasi MURA) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies.
Articles 254 Documents
PERANCANGAN MANAJEMEN HOTSPOT DENGAN APLIKASI CAPTIVE PORTAL PADA JARINGAN WIRELESS (STUDI KASUS : DI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER MUSI RAWAS LUBUKLINGGAU) Lestari, Novi
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 4, No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer Musi Rawas Lubuklinggau (STMIK-MURA Lubuklinggau) saat ini sudah menyediakan layanan hotspot yaitu sebuah area dimana pada area tersebut tersedia koneksi internet wireless yang dapat diakses melalui Notebook, Personal Digital Assistant (PDA) maupun perangkat lainnya yang mendukung teknologi tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sistem autentikasi, user management dan monitoring jaringan hotspot untuk memaksimalkan layanan tersebut, diharapkan ketika komputer atau notebook mengakses hotspot akan muncul window login yang mengharuskan user mendaftar dan login terlebih dahulu sebelum memakai hotspot, jadi hanya yang punya account saja yang bisa menggunakan fasilitas ini. Sehingga dengan demikian maka administrator dapat lebih mudah dalam mengatur dan mengawasi pengguna jaringan Wireless Lokal Area Network/Wireless LAN (Hotspot). Penelitian ini bertujuan untuk membuat autentifikasi server pada jaringan Wireless LAN (Hotspot) menggunakan Sistem operasi Linux, FreeRADIUS, ChilliSpot, untuk autentifikasi dan identifikasi pengguna Hotspot di Universitas STMIK-MURA Lubuklinggau. Sehingga dari sisi mahasiswa (user) memiliki kemudahan (praktis) dalam hal melakukan hubungan (konektivitas) ke jaringan Wireless LAN dan dari sisi administrator mempunyai media dalam memantau dan mengontrol user-user yang terhubung ke jaringan serta dapat membatasi penggunaan bandwidth.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGAMAN KENDARAAN RODA EMPAT MENGGUNAKAN JARINGAN GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE COMMUNICATION Arifin, M. Agus Syamsul
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 7, No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beragam cara ditempuh orang untuk mengamankan kendaraan, baik kendaraan roda empat maupun roda dua, salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah kunci yang khusus maupun membuat garasi menggunakan terali yang kuat. Cara-cara seperti ini tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Sistem pengaman mobil yang ada selama ini masih kurang sempurna hal itu bisa dilihat dari banyaknya tingkat kejahatan yang terjadi baik ditempa tumum maupun ditempa tparkir mobil, ditempat umum maupun dijalanan sering terjadi tindak kejahatan pencurian, dan perampokan dikendaraan yang diparkirkan ditepi jalan maupun ditempat parker khusus. Maka berdasarkan pemikiran diatas, dibuat sistem pengaman ini untuk mengurangi tingkat kejahatan pencurian didalam kendaraan dan agar pemiliknya dapat mengetahui dan mendeteksi kondisi mobil. Pada prinsipnya alat ini merupakan suatu system keamanan yang terdiri dari Mikrokontroller dan rangkaian sensor Reed Switch.
PENERAPAN METODE SDLC DENGAN MODEL WATERFALL DALAM PEMBUATAN APLIKASI PROMOSI PRODUK MAKANAN BERBASIS WEBSITE Pratama, Eri Bayu; Meilinda, Eva
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 10, No 1 (2018): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pemanfaatan teknologi pada masa berkembang seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Penggunaan internet dan website juga saat ini sudah meranah ke pengguna kecil sampai ke besar. Secara umum website merupakan suatu penyampaian informasi yang berupa teks, gambar dan video yang didalamnya menyampaikan berbagai macam informasi. Perkembangan website itu sendiri sangat pesat, banyak website-website yang di akses oleh pengguna sekarang untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Salah satu pemanfaatan ini juga dapat diterapkan pada sistem pemasaran. Dalam hal ini penulis akan melakukan pembuatan aplikasi berbasis website untuk mempromosikan produk makanan dengan menerapkan metode software development life cycle (SDLC) model waterfall untuk pembuatan aplikasi tersebut. Pada penerapan metode SDLC dengan metode waterfall ini akan menghasilkan sebuah website dengan sistem pembuatan yang memiliki proses urut, memiliki spesifikasi tersendiri sehingga sistem atau aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kehendak atau lebih tepat sasaran.Kata kunci – Aplikasi Promosi Produk, SDLC, Penerapan Waterfall 
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU SMA NEGERI 2 MUARA BELITI KABUPATEN MUSI RAWAS Elmayati, E
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 3, No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu Perancangan dan Implementasi Sistem Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 2 Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. SMA Negeri 2 Muara Beliti telah menggunakan teknologi komputer, hanya saja penggunaannya kurang optimal karena masih menggunakan aplikasi biasa seperti Microsoft Excel dan Word. untuk meningkatkan Kinerja Para karyawan dan keakuratan data yang dibuat, maka perlu adanya suatu sistem informasi baru. Metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi (pengamatan) langsung terhadap aktivitas yang ada pada bagian panitia penerimaan siswa baru,. metode Dokumentasi dengan cara mengambil atau mengumpulkan dokumen-dokumen yang dianggap perlu dan metode kepustakaan dengan membaca dan mencatat data-data yang ada pada suatu buku atau literature yang berhubungan dengan judul yang akan ditulis secara langsung oleh penulis.
RANCANG BANGUN DAN IMPLEMETASI APLIKASI E-COMMERCE PADA TOKO CAMO DAN MAGMA Paulina, Sri Tita
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 8, No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan E-Commerce pertama kali dikenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan disuatu halaman website. Perdagangan elektronik atau e-dagang (e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemesanan barang, dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www atau jaringan komputer lainya. Toko como dan magma adalah salah satu bisnis yang bergerak dibidang penjualan baju .Adapun jenis produk yang di tawarkan yaitu pakaian laki-laki .Untuk pemesanan pakaian pada toko como dan magma saat ini masih dilakukan secara manual yaitu customer harus datang langsung ketempat untuk memesan produk yang diinginkan sehingga dapat memakan waktu yang cukup lama, dan apabila ada pemesanan di luar kota masih kesulitan. E-Commerce toko como dan magma ini bertujuan untuk membantu dalam pemesanan dan pemasaran produk yang ditawarkan serta dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan kepada customer.
RANCANG BANGUN GAME SHOTER DENGAN FPS CREATOR Syamsul Arifin, Muhammad Agus
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini secara langsung maupun tidak langsung mendorong manusia untuk mendapatkan kemudahandalam berbagai hal. Salah satu teknologi yang terus berkembang pesat adalahpembuatan game. Perkembangan game saat ini sudah menjadi fenomena global. Pengguna game semakin banyak dari tahun ke tahun.Di antara jenis game yang saat ini berkembang pesat dan banyak digemariadalah game 3D ber-genre First Person Shooter (FPS), game ini mengutamakan kecepatan gerakan di dalam permainan. Kelebihan dari game First Personal Shooter adalah memiliki game play atau misi permainan dengan penggunaan senjata dan musuh yang bervariasi serta memiliki tampilan grafis 3D yang sekarang banyak dikembangkan oleh pabrikan game. Disebut First Person Shooter karena pandangan pemain adalah pandangan orang pertama. Pemain melihat tampilan di layar seperti pemain melihat dari mata pemain sendiri. Perancangan pada game ini menggunakan aplikasi FPS Creator versi 1.0.4 dan untuk penulisan script Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) menggunakan aplikasi FPI maker. Dari hasil aplikasi yang sudah dilakukan, bahwa game telah berjalan dengan baik apabila spesifikasi hardware dapat terpenuhi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah : FPS Creator memiliki GUI Interface yang mudah dipahami dan sangat user friendly,memberikan kebebasan mendesain game dengan kemungkinan kustomisasi yang luas,dan dapat mengimport media kita sendiri seperti suara, tekstur, model 3D dan lain sebagainya. Kekurangan game FPS Creator adalah memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi untuk ukuran game ini dan loading game yang cukup lama dibandingkan dengan game lainnya. Untuk kedepannya,pengembangan game bergenre FPS ini juga diharapkan tidak hanya pada platform PC, tetapi juga mobile atau platform lainnya dan game yang dikembangkan tidak hanya sebatas untuk media hiburan saja tetapi agar dapat dikembangkan menjadi media edukasi pembelajaran.
PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PERAWATAN KENDARAAN PADA BAGIAN PERLENGKAPAN SETDA KABUPATEN MUSI RAWAS Lestari, Novi
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 3, No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang terutama teknologi komunikasi sangat berperan serta membangun manusia untuk menyajikan suatu bentuk sistem Informasi yang dapat dengan mudah diakses. Informasi dan pengolahan data yang ditransformasikan lebih cepat dan dapat dieksplorasi lebih luas ke seluruh lapisan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem pengolahan data untuk mempermudah pegawai pada Bagian Perlengkapan Setda Kab. Musi Rawas untuk membuat data kendaraan dinas dan mitra yang akan merawat kendaraan tersebut. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi Pustaka, dan Browsing. Analisis data untuk membangun sistem dilakukan dengan menggunakan perancangan Diagram Arus Data dan Perancangan Entity Relationship Diagram. Penelitian ini menghasilkan data kendaraan dinas pada Sekretariat Daerah Kab. Musi Rawas berbasis database dengan menggunakan Microsoft Acces 2000.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE SMA PGRI 1 LUBUKLINGGAU Zulfauzi, Z
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 4, No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan website SMA PGRI 1 Lubuklinggau. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat ditandai dengan begitu banyak masyarakat, pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan dan lainnya menggunakan media teknologi informasi yang ada diantaranya internet. Website merupakan halaman elektronik pada internet, yang dapat dijadikan sebagai media yang tepat untuk sekolah menyebar luaskan informasi serta keberadaan sekolah secara global. SMA PGRI 1 Lubuklinggau yang terletak dikota Lubuklinggau sampai saat ini belum memiliki website sebagai media alternatif mempromosikan diri dan menyebar luaskan informasi ke masyarakat luas. Informasi yang diberikan ke masyarakat luas selama ini masih menggunakan media informasi local seperti: iklan di radio amater, di surat kabar dan brosur yang dinilai masih kurang efektif jika dibandingkan dengan website. Adapun permasalahan yang timbul dari penelitian ini adalah Dari perancangan dan implementasi website dalam penelitian ini, terbentuknya website SMA PGRI 1 Lubuklinggau yang telah di onlinekan sehingga informasi mengenai SMA PGRI 1 Lubuklinggau dapat diketahui dengan cepat dan mudah oleh masyarakat umum dari tempat yang telah memiliki jaringan Internet.
PERANCANGAN MONITORING SUHU RUANGAN MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS ANDROID DI PT. TUNGGAL IDAMAN ABDI CABANG PALEMBANG Saputra Els, Zulhipni Reno
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 8, No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mikrokontroler kini semakin berkembang pesat dan semakin banyak diminati dalam aplikasi sistem kendali. Bahkan saat ini sudah banyak mikrokontroler yang sudah dalam bentuk modul. Salah satu modul mikrokontroler yang banyak digunakan adalah arduino. Arduino adalah jenis suatu papan yang berisi mikrokontroler. Dipadukan dengan modul Bluetooth menjadikan mikrokontroler ini dapat terhubung melalui perangkat Smartphone. Perangkat board mikrokontroler arduino memungkinkan untuk mengolah data hasil pembacaan suhu dari sensor suhu untuk ditampilkan ke unit penampil (display) menggunakan smartphone berbasis android. Data hasil pengolahan dari board arduino ini akan ditransmisikan menggunakan media wireless Bluetooth yang terkoneksi dengan smartphone android.
PENERAPAN TEKNIK BURST BANDWIDTH UNTUK NETWORK MANAGEMENT PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA LUBUKLINGGAU Kurniawan, Rudi
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 9, No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu perubahan utama di bidang telekomunikasi adalah penggunaan teknologi wireless. Jaringan dapat bekerja dengan efektif dan memberikan produktivitas terbaik, jika secara terus menerus dapat melayani pemakainya. Diperlukan pemilihan berdasarkan pemilihan komputer, aplikasi software dan infrastruktur, termasuk di dalamnya konfigurasi jaringan yang digunakan. Selain harus berfungsi dengan optimal, maka terdapat kebutuhan untuk kinerja (performance). Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak teknik yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Teknik Burst Bandwidth. Teknik ini memungkinkan client untuk mendapatkan alokasi bandwidth lebih besar dari alokasi bandwidth maksimum yang disediakan dalam selang waktu tertentu. Hal ini sangat menguntungkan bagi client yang hanya menggunakan internet untuk aktivitas browsing, karena kecepatan dalam browsing akan bertambah, walaupun hanya beberapa detik saja. Namun hal ini akan membuat proses pembukaan halaman web lebih cepat. Dalam penerapannya, burst bandwidth dapat diimplementasikan ke dalam mikrotik. Dari hasil pengujian, terlihat bahwa teknik burst bandwidth berjalan dengan baik di jaringan internet Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lubuklinggau. Paket data internet dapat dimaksimalkan sehingga kegiatan yang berhubungan dengan browsing menjadi lebih efisien.

Page 1 of 26 | Total Record : 254


Filter by Year

2011 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 1 (2023): Vol 15 No 1 (2023): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Teknologi Informasi Mura Juni Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember Vol 11 No 01 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10, No 1 (2018): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 9, No 2 (2017): JURNAL TEKONOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 9, No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9 No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8 No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8, No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8, No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8 No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7, No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7 No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6 No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI More Issue